Pengertian Database

Posted on

Pengertian Database – Di era modern saat ini, tentu saja sudah biasa teknologi mata di masyarakat. Hal tersebut adalah bukti perkembangan teknologi dan salah satu metode yang paling berkembang pesat tetapi masih awam di masyarakat adalah database.

Pada dasarnya, database atau basis data ini dikenal untuk penggunaan sehari-hari, tetapi kebanyakan dari kita masih belum memahami dengan teknologi yang satu ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak artikel nya dibawah ini.

Apa Itu Database ?

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan secara sistematis di komputer sehingga dapat diperiksa dengan program komputer untuk mengambil informasi dari database itu.

Database merupakan representasi dari kumpulan fakta yang saling terkait yang disimpan bersama dan tanpa pengulangan yang tidak perlu (redundansi) untuk memenuhi persyaratan yang berbeda.

Database ialah kumpulan informasi yang terkait dengan tujuan dan topik tertentu. Database juga merupakan kumpulan catatan operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan yang diorganisasikan dan disimpan dalam komputer secara terpadu menggunakan metode tertentu sehingga mereka dapat memberikan informasi optimal yang dibutuhkan pengguna.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah pengertian database menurut beberapa para ahli:

Gordon C. Everest

Menurut Gordon C. Everest, definisi databse adalah kumpulan data yang mekanis, terpecah, didefinisikan secara formal dan dikendalikan dan sebagai kontrol dalam suatu organisasi.

S. Atte

Menurut S. Atte, pengertian databse atau basis data adalah kumpulan data yang saling terkait yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan dengan kegunaan yang berbeda.

Abdul Kadir

Menurut Abdul Kadir, definisi database atau basis data adalah organisasi catatan yang dihubungkan bersama untuk mempermudah pengambilan informasi.

C.J. Date

Menurut C.J. Date database adalah kumpulan data operasional atau informasi yang sengaja disimpan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi perusahaan.

Schwab dan Fabbri

Menurut Schwab dan Fabbri, definisi database atau basis adalah sistem file terintegrasi yang dikembangkan secara khusus untuk meminimalkan pengulangan atau redundansi data.

Toni Fabbri

Menurut Toni Fabbri, pemahaman tentang database atau basis data adalah file dan sistem data yang terintegrasi di mana file dan data memiliki kunci utama untuk pengulangan data.

Jogiyanto

Menurut Jogiyanto, database adalah kumpulan informasi dan data yang dihubungkan bersama, data disimpan di puing-puing di luar komputer dan perangkat lunak tertentu diperlukan untuk memanipulasinya.

Manfaat Database

Berikut adalah manfaat adanya database:

Memudahkan Akses Data

Dengan database, anda dapat dengan mudah mengakses dan mengambil data karena semua data tertata dengan baik dan rapih.

Integritas Data Terjaga

Database memastikan integritas data yang tinggi, dengan databse akan memastikan keakuratan, aksesibilitas, konsistensi, dan juga kualitas data yang tinggi.

Menjaga Keamanan Data

Database menjamin keamanan informasi dan data, di mana Anda dapat memasukkan kode akses untuk data tertentu yang tidak dapat dibagi.

Kemudahan Berbagi Data

Perangkat lunak databse dapat digunakan untuk berbagi data atau informasi dengan pengguna lain.

Independensi Data Terjaga

Database mempertahankan independensi data ketika orang lain tidak dapat mengubah data meskipun data dapat diakses.

Tidak Terjadi Redudansi

Seperti disebutkan dalam definisi database sebelumnya, database dapat membantu meminimalkan redundansi data. Redundansi itu sendiri adalah terjadinya duplikat data dalam file yang berbeda.

Jenis-Jenis Software Database

MySQL

Salah satu perangkat lunak atau software database yang dapat diakses publik dan kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Linux yaitu MySQL. Keuntungan yang dapat Anda gunakan dengan program MySQL adalah dapat digunakan untuk banyak pengguna. Kelebihan lainnya dari MySQL adalah gratis, cepat untuk query dan dilisensikan secara resmi.

Firebird

Anda dapat mengatakan bahwa perangkat lunak databse jenis ini memiliki fungsi sistem standar dan ringan, yaitu fungsi ANS SQL-99 dan SQL-2003. Kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi Windows, Linux atau Unix.

Ms SQL Server

Perangkat lunak basis data jenis ini adalah manajer basis data yang sering digunakan di Microsoft. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Transact-SQL. Jenis data yang digunakan cukup luas, sehingga sangat efektif untuk mendukung kinerja Anda.

Oracle

Salah satu perangkat lunak basis data sangat jenis ini baik untuk menyimpan data dengan ukuran maksimum hingga Tera Bytes. Oracle paling umum digunakan di perusahaan, terutama perusahaan yang sedang dalam pengembangan karena tersedia secara gratis.

Postgre SQL

Jenis software database ini menawarkan sistem basis data sumber terbuka dengan GPL / Lisensi Publik Umum. Perangkat lunak ini menggunakan bahasa pemrograman C ++, C, SQL, PHP dan lainnya. Saat digunakan untuk pekerjaan pribadi, penggunaan perangkat lunak ini sangat disarankan.

Microsoft Access

Salah satu perangkat lunak database ini paling sering digunakan. Microsoft Akses sangat cocok untuk sebagian besar komputer relasional. Jika Anda melakukan bisnis pada skala pribadi, Anda dapat memilih sistem basis data ini karena sangat mudah digunakan dan format data digunakan sangat sering untuk mempermudah membaca.

Tipe-Tipe Database

Tipe database sendiri umumnya ada 12, yaitu:

  1. Hypermedia database on the web. Yaitu kumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan di situs web, yang terdiri dari beranda dan hyperlink multimedia (gambar, teks, grafik audio, dll).
  2. Distributed database. Merupakan kelompok kerja dan departemen basis data lokal di berbagai kantor dan tempat kerja lainnya.
  3. Operational database. Ini adalah database yang menyimpan data terperinci yang diperlukan untuk mendukung operasi keseluruhan perusahaan.
  4. Relational database. Adalah standar komputasi bisnis dan basis data yang paling umum digunakan saat ini.
  5. Real time database. Merupakan sistem pemrosesan yang dirancang untuk mengatasi beban kerja suatu negara yang berubah, berisi data terus menerus dan tidak berpengaruh pada waktu.
  6. Document oriented database. Ialah salah satu perangkat lunak komputer yang dibuat untuk suatu aplikasi dan didasarkan pada dokumen.
  7. Data warehouse. yaitu gudang data di mana berbagai data dari tahun-tahun sebelumnya masih disimpan.
  8. End-user database. Yaitu database pengguna akhir yang terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan oleh pengguna akhir di workstation mereka.
  9. In memory database. Ini adalah basis data yang tergantung pada memori untuk menyimpan informasi atau data di komputer.
  10. Navigational database. Dalam navigasi basis data atau database, kueri menemukan objek untuk mereka yang mengikuti referensi ke objek tertentu.
  11. Analytical database. Yaitu database untuk menyimpan informasi dan data dari database operasional dan eksternal.
  12. External database. Database yang menyediakan akses eksternal dan data pribadi online.

Fungsi Database

Fungsi dari database yaitu:

  1. Menyederhanakan penyimpanan, mengakses, memperbarui, dan menghapus data.
  2. Mampu menyimpan sejumlah besar data.
  3. Mencegah duplikat data atau inkonsistensi data.
  4. Meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.
  5. Mempertahankan kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan input.
  6. Mengelompokkan data dan informasi sehingga lebih mudah dipahami.

Demikianlah artikel tentang Database ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan baru bagi anda, terimakasih.

Baca juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: