Pengertian Bahasa

Posted on

Pengertian Bahasa – Tahukah kamu ? Bahasa menjadi salah satu alat penghubung yang paling penting di antara banyak orang. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa bahasa merupakan hal yang wajib dan penting dipelajari untuk komunikasi.

Sedangkan bahasa Indonesia ialah bahasa kebanggaan warga negara tanah ibu pertiwi, karena menjadi bahasa resmi Republik Indonesia. Bahasa Indonesia sangat menarik ketika diteliti secara mendalam, karena ternyata mengandung banyak fakta menarik yang belum tentu Anda ketahui.

Apa Itu Bahasa ?

Bahasa adalah alat untuk menyampaikan sesuatu yang dekat dengan hati Anda, atau bahasa merupakan alat untuk interaksi dan komunikasi. Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan ide, pemikiran, konsep dan perasaan.

Dalam studi sosiolinguistik, bahasa dapat digunakan sebagai simbol dan sewenang-wenang dalam bentuk suara, produktif, beragam, dinamis dan yang paling penting adalah manusiawi.

Bahasa ialah sistem yang berarti bahasa itu terdiri dari sejumlah komponen yang memiliki pola tetap dan dapat dilatih. Bahasa ini memiliki sistem simbol suara.

Setiap simbol bahasa dapat melambangkan sesuatu yang disebut makna atau konsep. Dari sini dapat disimpulkan bahwa setiap bunyi atau kata memiliki makna.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian bahasa menurut beberapa para ahli:

1. Santoso

Bahasa menurut santoso adalah suara yang dihasilkan dari bahasa manusia yang tidak disadari. Dengan cara ini, pola bahasa dibentuk sesuai dengan dialek setiap karakter manusia.

2. Wibowo

Bahasa menurut wibowo adalah sistem simbolik yang berarti artikulasi yang dihasilkan oleh media dengan sifat sewenang-wenang atau konvensional.

3. Walija

Bahasa menurut walija adalah komunikasi yang paling penting yang sangat lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, niat, perasaan dan pendapat kepada orang lain alih-alih berbicara. Pemahaman tentang Walija ini muncul pada tahun 1996.

Baca Juga : Pengertian Seni

4. H. G Brown

Bahasa menurut brown adalah sistem komunikasi yang menggunakan sumber suara dari organ bicara yang didengar oleh anggota masyarakat.

5. Harimurti Kridalaksana

Bahasa menurut harimurti kridalaksana adalah sebagai sistem suara masuk akal dan karena itu digunakan untuk komunikasi kelompok orang yang memiliki pikiran sebagai rencana dialektik.

Sejarah Singkat Bahasa

Bagaimana asal mula bahasa? Asal usul bahasa mungkin tidak diketahui secara detail, tetapi ada beberapa teori yang menjelaskan sejarah penemuan bahasa.

Berbagai sumber menunjukkan bahwa jumlah bahasa di dunia adalah antara 6000 dan 7000 bahasa. Jumlahnya termasuk bahasa alami, yaitu kata-kata yang diucapkan, serta bahasa isyarat dan bahasa yang digunakan media lain seperti Braille, siulan, penulisan grafik dan lain-lain.

Fungsi Bahasa

Fungsi bahasa umumnya ada enam, yaitu:

1. Fungsi Imajinatif

Bahasa bertindak sebagai imajinatif ketika dilihat sehubungan dengan mandatnya. Bahasa adalah alat untuk menyampaikan ide, pikiran dan perasaan, baik realitas maupun imajinasi.

2. Fungsi Fatik

Fungsi Fatik adalah bahasa yang digunakan untuk membangun hubungan dan juga menunjukkan perasaan persahabatan dan solidaritas antara orang-orang.

3. Fungsi Referensial

Bahasa berfungsi sebagai referensial jika dilihat dari topik diskusi. Bahasa ini berguna untuk berbicara tentang suatu peristiwa atau objek yang dekat dengan orang yang berbicara. Fungsi referensial meliputi pemahaman sederhana bahwa bahasa adalah alat untuk mengekspresikan pikiran kepada orang lain.

Baca Juga : Pengertian Database

4. Fungsi Direktif

Bahasa sebagai fungsi direktif dari perspektif pendengar. Fungsi direktif berguna untuk mengatur perilaku pendengar. Bahasa tersebut digunakan oleh seseorang untuk membuat seseorang melakukan sesuatu.

5. Fungsi Personal

Bahasa bertindak sebagai personal dari sudut pandang pembicara. Artinya bahwa pembicara mengekspresikan sikapnya terhadap apa yang dia katakan. Saat mengajar bahasa, tidak jarang seseorang menunjukkan apakah orang itu bahagia, marah, atau sedih.

6. Fungsi Metalinguistik

Bahasa bertindak sebagai metalinguistik ketika dilihat dalam kaitannya dengan kode yang dapat digunakan. Bahasa sebagai metalinguistik adalah bahasa di mana bahasa ini digunakan.

Struktur Bahasa

Berikut adalah struktur bahasa:

1. Sematik

Sematik berarti memberi tanda. Semantik adalah studi tentang makna yang terkandung dalam bahasa, representasi, kode dan lain-lain.

2. Sintaksis

Sintaksis artinya aturan untuk pembentukan kalimat. Selain itu, sintaksis berguna untuk merujuk langsung ke perintah atau prinsip yang dapat berisi struktur kalimat dalam bahasa lain.

3. Morfologi

Morfologi adalah tata bahasa yang membahas pembentukan kata-kata dalam suatu bahasa. Morfologi juga bisa disebut tata bentuk.

4. Fonologi

Fonologi berasal dari bahasa Yunani, yang berarti suara dan sains. Fonologi dapat diterjemahkan ke dalam sistem suara. Fonologi adalah bagian dari struktur bahasa yang secara umum dapat dianalisis bunyi ujaran.

Teori Bahasa

Teori bahasa pada umumnya ada lima, yaitu:

1. Teori Gesture

Teori ini menyatakan bahwa isyarat adalah bahasa yang mendahului bahasa. Menurut teori ini, penggunaan sistem tanda pada zaman prasejarah dilakukan oleh orang primitif dan juga oleh binatang.

2. Teori Ketakberlanjutan

Teori ini didasarkan pada ide-ide yang bertentangan dengan teori saat ini bahwa bahasa adalah fitur unik yang tidak dapat dibandingkan dengan sesuatu yang ditemukan pada spesies lain. Dengan kata lain, teori ini mengasumsikan bahwa bahasa tiba-tiba muncul dan berkembang sesuai dengan peradaban manusia.

Baca Juga : Pengertian Motivasi

3. Teori Echoic

Teori ini menyatakan bahwa kata-kata yang muncul pertama adalah tiruan dari suara alami. Misalnya suara hujan, sungai, ombak, guntur dan sebagainya.

4. Teori Nativistik

Menurut teori nativistik, bahasa lahir dengan cara alami dan ilmiah dan dikodekan secara genetis. Teori ini menyatakan bahwa orang memiliki naluri khusus untuk mengekspresikan setiap kesan yang diterima sebagai stimulus eksternal.

5. Teori Keberlanjutan

Teori ini didasarkan pada gagasan bahwa bahasa adalah komunikasi yang kompleks, sehingga tidak dapat muncul begitu saja sehingga alat komunikasi dapat menghasilkan hari ini. Teori ini menyatakan bahwa bahasa telah berevolusi dari sistem pra-bahasa ke bahasa yang digunakan saat ini.

Manfaat Bahasa

Berikut adalah manfaat dari bahasa:

1. Pengantar dalam Dunia Pendidikan

Saat memberikan materi dalam dunia pendidikan, bahasa resmi yang dipahami oleh warga yang bersangkutan harus digunakan. Untuk alasan ini, kegiatan belajar mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh siswa.

2. Alat Pengembang Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan

Dalam berbagai upaya mengembangkan budaya yang ada di Indonesia, hal ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa Indonesia. Meskipun setiap suku dan wilayah di Indonesia memiliki bahasa sendiri, kita harus menggunakan bahasa resmi ketika mengembangkan budaya dan ilmu pengetahuan di negara kita, yaitu bahasa Indonesia.

3. Bahasa Resmi Suatu Negara

Ada negara-negara di mana terdapat banyak bahasa daerah, misalnya Indonesia, yang terdiri dari berbagai kelompok etnis. Oleh karena itu, bahasa resmi diperlukan untuk menyatukan semua warga negara Indonesia dari berbagai suku. Dalam hal ini bahasa resmi kami adalah bahasa Indonesia.

Demikianlah artikel tentang Bahasa ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan baru bagi anda, terimakasih.

Related posts: