Pengertian E-Book

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – E-Book atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Buku Elektronik atau buku digital merupakan buku dalam versi elektronik. Ini adalah buku yang dicetak dari berbagai jenis informasi digital dalam bentuk “teks, gambar, audio, video” dan dapat dibuka di komputer, tablet, telepon pintar, dan perangkat serupa lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan bentuk buku yang biasa, e-book juga berisi informasi dalam bentuk teks dan gambar. Tidak hanya itu, E-Book juga memiliki video dan audio sebagai pelengkap untuk membuat informasi atau materi mudah dimengerti.

E-book atau buku elektronik memiliki berbagai format yang dapat dibuka pada perangkat elektronik seperti PDF, TXT, HTML, XML, Mobi dan banyak lainnya. Format e-book yang paling umum adalah dengan format PDF. Karena buku elektronik dapat dibuka dalam format PDF walaupun perangkat elektronik yang kita gunakan offline.

Fungsi E-Book

Ada beberapa fungsi dari Ebook adalah:

  1. Untuk sarana pembelajaran
  2. Untuk mendia pembelajaran
  3. Untuk media bisnis.

Tujuan E-Book

Tujuan dari dibuatnya Ebook adalah:

  1. Menjadikan mudah proses pembelajaran
  2. Menjadikan mudah seorang guru memberi tugas
  3. Menjadikan mudah untuk belajar kelompok secara online untuk murid
  4. Guru bisa memberikan materis meskipun guru sedang bertugas diluar
  5. Bisa melaksanakan ujian online karena lebih mudah.

Format E-Book

Ada berbagai format e-book atau buku elektronik yang banyak digunakan. Popularitasnya tergantung pada ketersediaan berbagai buku elektronik dalam format ini dan kesederhanaan perangkat lunak yang digunakan untuk membaca jenis format ini. Berbagai jenis format dari e-book adalah sebagai berikut.

1. Teks Polos

Teks polos adalah format yang sangat sederhana yang ditampilkan di hampir setiap perangkat lunak pada PC. Pada beberapa perangkat seluler, Anda dapat membaca menggunakan langkah perangkat lunak dengan menginstalnya terlebih dahulu.

2. PDF (Portable Document Format)

File PDF dibuat oleh Adobe untuk produk Acrobat. Format ini secara tidak langsung adalah format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak dalam format ini mencakup semua platform komputer dan perangkat genggam seperti smartphone, tablet, dan lainnya.

Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena sebagian besar konten yang tersedia diambil untuk bentuk A4 atau huruf. Keduanya tidak mudah dibaca jika direduksi menjadi layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku elektronik bisa menyusun ulang tampilan sebagian dokumen PDF, seperti Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

3. JPEG

Format JPEG lebih besar daripada informasi teks yang dikandungnya. Oleh karena itu, format ini sering tidak digunakan untuk buku elektronik dengan banyak teks, tetapi untuk format buku komik atau mangan yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.

4. LIT

Format LIT adalah format dari Microsoft Reader yang digunakan untuk mengadaptasi teks dalam buku elektronik dengan lebar perangkat seluler yang dibaca. Format ini memiliki keuntungan bahwa huruf-hurufnya mudah dibaca.

5. Docx

Format Docx adalah format Microsoft Word yang umum dan tersebar luas di Internet saat ini. Format ini digunakan sangat sering karena pengguna Microsoft Word menggunakan file output sangat banyak dan sangat kecil dan lebih banyak atau lebih berbeda huruf membuatnya lebih populer.

6. HTML

Gambar dan teks dapat ditampung dalam format HTML ini. Tata letak teks dan gambar dapat diatur, tetapi hasil pada layar kadan tidak dapat disesuaikan saat dicetak.

7. AZW (Amazon World)

Sebagai format Amazon berpemilik, yang kadang-kadang selaras dengan dan tanpa DRM (Digital Rights Management) dengan format MOBI, DRM dalam format ini khusus ditujukan untuk produk Amazon dengan nama “Kindle Amazon”

8. EPUB (Electronic Publication)

Format terbuka ditafsirkan oleh Forum Buku Digital Terbuka dari forum penerbitan digital internasional “IDPF”. EPUB memiliki referensi XHTML dan XML standar. Yang merupakan standar pengembangan. Spesifikasi EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble dan Apple, masing-masing dengan DRM sendiri. Formatnya tidak kompatibel satu sama lain, saat ini ada versi yang diperbarui, ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.

9. KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)

Ini didasarkan pada prinsip ePub, yang dikembangkan ketika Palm File Database (PDB) Amazon dibungkus dengan Digital Right Management (DRM).

10. MOBI (Format MObiPocket)

Ditampilkan dengan perangkat lunak membaca mandiri. MobiPocket tersedia di semua PDA dan smartphone. Aplikasi MobiPocket pada PC Windows dapat dikonversi menjadi file Chm, Doc, Html, OCF, Pdf, RTF dan Txt dalam format ini. Kindle juga dapat menampilkan format ini.

11. PDB (Palm File Database)

Dapat berisi beberapa format buku elektronik berbeda yang ditampilkan untuk perangkat berdasarkan sistem operasi Palm. Umumnya digunakan untuk buku elektronik dalam format PalmDOC (AportisDOC) dan dalam format eReader.

12. PRC (Palm Resource File)

Seringkali berisi alat bacaan MobiPocket, tetapi terkadang juga alat bacaan eReader atau AportisDOC.

13. CHM (Compressed HTML)

Fitur ini biasanya digunakan untuk file bantuan Windows dan terkenal karena mendistribusikan teks dan materi pendukung lainnya di web.

14. XHTML

Versi khusus HTML dibuat sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data ePub.

15. XML

Tujuan bahasa markup untuk pertukaran data buku digital umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed, meskipun beberapa format lain telah ditentukan.

16. Open Elektronic Book Package

Format ini populer dengan OPF FlipBook. OPF adalah format buku elektronik berdasarkan XML dan dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini disebut FlipBooks karena perangkat lunak presentasi menampilkan buku dalam format 3D yang dapat dibuka-buka (flipping).

Manfaat Ebook

Berikut manfaat dari Ebook:

1. Dapat Dibaca Kapanpun dan Dimanapun

Khusus bagi Anda yang gemar membaca, mungkin sulit membawa banyak buku untuk dibaca. Dengan e-book, Anda tidak perlu repot membawa berbagai jenis buku favorit Anda. Cukup dengan perangkat yang dapat menjelajahi Internet dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup, Anda dapat membaca ribuan informasi dalam satu perangkat elektronik.

Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah membacanya di mana pun dan kapan pun Anda mau.

2. Aman dan Abadi

Punya banyak buku tapi sering hilang diambil orang atau lupa naruhnya dimana. Jika tidak hilang, ada beberapa yang dimakan oleh rayap, sehingga sulit untuk menemukan informasi yang Anda inginkan.

Anda tidak perlu lagi khawatir tentang e-book jika informasi yang Anda cari hilang, basah, atau dimakan rayap. Karena pada dasarnya e-book adalah soft copy permanen dan tidak mudah rusak.

Anda bahkan dapat memberikan eBuku kepada anak Anda nanti.

Namun, jika perangkat elektronik Anda mengandung banyak virus, sangat mungkin file e-book Anda akan hilang. Tapi jangan khawatir. Jika eBook tidak lagi ditampilkan, cukup unduh lagi dan simpan di perangkat elektronik Anda.

3. Gratis dan Mudah Didapat

Apakah Anda ingin memiliki banyak koleksi buku? Tetapi masalahnya adalah tidak punya uang untuk membelinya? Jangan khawatir, cukup unduh e-book dari situs-situs e-book seperti Amazon.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak punya uang karena ada banyak jenis informasi yang tersebar di internet yang ingin Anda dapatkan. Semuanya bisa Anda dapatkan secara gratis. Sekarang Anda dapat mengumpulkan buku-buku favorit Anda dalam bentuk e-book.

Demikianlah artikel tentang Pengertian E-Book, Fungsi, Tujuan, Format dan Manfaatnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga artikel Lainnya >>>