Pengertian Wirausaha

Posted on

Pengertian Wirausaha – Saat ini ada banyak seruan tanpa henti untuk berwirausaha. Salah satu pemicunya adalah ketatnya persaingan pekerjaan. Pemerintah juga mulai membuka jalan untuk memulai wirausaha dengan mudah. Bisa dikatakan kewirausahaan merupakan salah satu mesin penggerak perekonomian negara.

Oleh karena itu, pemerintah banyak membantu pengusaha untuk memulai berwirausaha sehingga angka pengangguran turun dan perekonomian negara akan membaik. Untuk lebih jelasnya mari simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah suatu bisnis mandiri atau kegiatan usaha dimana setiap sumber daya dan kegiatanya menjadi tanggung jawab pelaku usaha, terutama yang berkaitan dengan pengembangan produk baru, penentuan cara pembuatan produk baru, dan penyelenggaraan kegiatan komersial dan pemasaran produk serta pengaturan permodalan perusahaan.

Wirausaha bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dari sebelum diolah. Dapat dijelaskan bahwa wirausahawan adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri, menggunakan segala daya dan daya yang dimilikinya, seperti cara-cara produksi baru dan kecerdasan untuk menentukan suatu produk.

Selain itu, ia mengatur operasi untuk menciptakan peluang bisnis, menyesuaikan modal kerja untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, membeli produk baru, merencanakan pemasaran yang efektif, dan mempersiapkan semua risiko yang mungkin untuk ditangani.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Berikut adalah tentang wirausaha menurut beberapa para ahli:

1. Joseph C Schumpeter

Joseph C Schumpeter mengungkapkan pendapatnya tentang pentingnya kewirausahaan. Dia mendefinisikan wirausaha sebagai orang yang dapat menghancurkan keseimbangan pasar dan menciptakan keseimbangan baru.

Selain itu, wirausaha harus dapat meraup semua manfaat yang akan dihasilkan dari perubahan keseimbangan ini. Joseph juga mengungkapkan bahwa tidak semua pengusaha merupakan inovator yang berperan sebagai inventor atau penemu.

2. Syamsudin Suryana

Wirausaha menurut Syamsudin Suryana adalah seseorang yang memiliki sifat berorientasi tugas dan hasil, selalu percaya diri, mengambil risiko yang wajar, memiliki sikap kepemimpinan langsung, berwawasan ke depan dan berinovasi secara kreatif.

3. Prawirokusumo

Wirausaha menurut Prawirokusumo adalah mereka yang melakukan berbagai upaya kreatif dan inovatif untuk menghasilkan ide dan mengumpulkan sumber daya guna menemukan peluang bisnis dan meningkatkan kehidupan.

4. Frank Knight

Wirausaha menurut Frank Knight adalah orang yang selalu berusaha untuk memprediksi dan merespon berbagai bentuk perubahan pasar. Selain itu juga menyoroti aspek penting dalam memprioritaskan peran wirausaha dalam menghadapi dinamika pasar yang tidak stabil.

5. Marzuki Usman

Wirausaha menurut Marzuki Usman adalah seseorang yang mampu menggunakan dan menggabungkan semua sumber daya yang terlibat dalam suatu bisnis seperti keuangan, material, tenaga kerja, perusahaan dan keterampilan untuk membuat produk dan menciptakan bentuk-bentuk organisasi baru.

Pengusaha harus memiliki kombinasi elemen internal seperti motivasi, komunikasi, semangat, optimisme, dorongan dan kemampuan memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

6. Kathleen

Wirausaha menurut Kathleen adalah seseorang yang mengelola, bergerak, dan berani merangkul berbagai peluang untuk bekerja di dunia bisnis.

7. Zimmerer

Wirausaha menurut Zimmerer adalah proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan menemukan cara baru untuk meningkatkan kehidupan perusahaan.

8. Kasmir

Wirausaha menurut Kasmir adalah seseorang yang memiliki jiwa pemberani dengan sifat tidak takut memanfaatkan segala peluang untuk membuka usaha melalui berbagai kemungkinan.

Baca juga: Pengertian Norma

Ciri-ciri Wirausaha

Berikut adalah ciri-ciri dari wirausaha:

1. Berorientasi Pada Hasil

Menjadi seorang pengusaha berarti Anda harus selalu menyesuaikan diri dengan setiap hasil yang Anda peroleh. Ini sangat penting karena dalam dunia bisnis pasti akan ada kendala yang akan membuat Anda berhenti. Namun kendala tersebut juga membuat Anda merasa tertantang agar hasil yang diinginkan bisa tercapai sesuai jadwal.

2. Selalu Menatap Masa Depan

Pengusaha sejati selalu memikirkan situasi yang akan datang. Misalnya, mencari cara untuk memulai bisnis yang lebih sukses di masa depan adalah hal yang masuk akal. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus memiliki intuisi yang kuat agar dapat mengembangkan ide-ide baru di kemudian hari.

3. Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang pengusaha juga harus memiliki jiwa kepemimpinan. Bagaimana jika Anda memulai bisnis tetapi tidak memiliki kepemimpinan sama sekali? Apakah aktivitas tersebut tidak berhasil? Karena ketika Anda berwirausaha, otomatis Anda menjadi bos.

Jika terjadi masalah secara tiba-tiba, Anda perlu waspada dan memperbaiki masalahnya. Anda juga perlu memikirkan solusi untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, Anda perlu membimbing karyawan, terutama dalam meningkatkan kinerjanya di dalam perusahaan.

4. Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan selalu siap mengambil resiko. Karena risiko itu selalu ada dengan setiap keputusan yang Anda buat, meskipun peluang risiko itu besar atau kecil. Beberapa resiko yang dapat muncul dalam bisnis adalah kecelakaan, kebakaran, pemadaman bahkan terjadinya kerugian.

Saat Anda mengambil risiko, Anda juga perlu tenang dan berusaha mencari jalan keluar. Karena semakin besar usahanya, semakin besar risikonya. Semakin besar bisnisnya, semakin besar keuntungannya.

5. Selalu Percaya Diri

Berpikir positif saja tidak cukup, tetapi Anda juga harus berani dan percaya diri. Yakinlah bahwa bisnis yang dimulai sendiri ini bisa sukses. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, hal ini juga dapat menunjang pekerjaan yang dilakukan. Sehingga jiwa menjadi lebih termotivasi untuk membangun bisnis yang sukses.

6. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif penting ketika Anda ingin memulai wirausaha. Berpikir positif sangat penting terutama bagi Anda yang mengambil keputusan di suatu perusahaan. Dalam kewirausahaan khususnya, ada kemungkinan gagal, hal tersebut yang membuat takut banyak orang untuk memulai bisnis.

Ketika berpikir positif, rasa takut tersebut secara tidak langsung berubah menjadi sikap optimis bahwa kegiatan yang dilakukan akan berhasil. Hal ini juga membuat Anda semakin bersemangat menjalankan bisnis.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Karakter Seorang Wirausaha

Setelah mengetahui ciri-ciri seorang wirausaha, anda juga perlu mengetahui karakter atau sikap dari seorang wirausaha. Berikut adalah karakternya:

  • Haus akan kesuksesan
  • Rasa ingin tahu
  • Pekerja keras dan bertekad dalam bisnis
  • Memiliki fase dengan aliran yang jelas
  • Memiliki motivasi yang kuat dan selalu bekerja keras
  • Mengutamakan keuntungan
  • Penuh semangat dan selalu berinisiatif positif
  • Memiliki kemampuan dan keberanian untuk mengambil resiko
  • Suka hal-hal yang menantang
  • Dapat menerima dan menyampaikan saran dan kritik tentang suatu tindakan yang diambil
  • Inovatif, orisinal, kreatif dan fleksibel
  • Bergaul dengan siapapun
  • Memiliki pengetahuan bisnis yang hebat
  • Selalu meningkatkan keterampilannya dan mencoba menemukan keterampilan lain dalam dirinya
  • Memiliki arah masa depan
  • Selalu optimis ketika mengerjakan sesuatu.

Tujuan Wirausaha

Seseorang yang dengan tekun memulai bisnis pasti memiliki tujuan yang kuat di awal. Gol-gol ini dapat mencakup tujuan pribadi atau tujuan lainnya. Berikut adalah tujuan dari wirausaha:

1. Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Semakin terlibat dalam dunia kewirausahaan, masyarakat akan semakin sukses. Mengembangkan bisnis di suatu daerah akan menciptakan lapangan kerja yang membutuhkan berbagai macam sumber daya alam dan manusia di sekitarnya. Dengan begitu, roda ekonomi masyarakat akan lebih hidup.

2. Membentuk Wirausaha yang Berkualitas

Semakin banyak orang yang aktif di dunia usaha, maka semakin banyak pula pengusaha yang akan menimbulkan persaingan usaha. Makanya, yang bertahan adalah wirausahawan berkualitas. Pengusaha yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidangnya.

3. Membangun Karakter Wirausaha

Seorang pengusaha harus memiliki keterampilan bisnis yang mahir. Hasil dari karakter wirausaha berupa kesuksesan membuat orang percaya bahwa suatu saat jika mereka membentuk karakter wirausaha mereka akan sukses.

4. Menyebarkan Pengaruh Wirausaha

Orang cenderung meniru perilaku seseorang ketika mereka merasa melakukan hal yang positif. Seperti halnya kewirausahaan, orang pada umumnya tertarik berwirausaha ketika melihat seseorang yang berhasil berwirausaha. Menyadari hal tersebut, masyarakat tertantang untuk mencari cara bagaimana menjadi pengusaha yang baik dalam membangun bisnis.

Baca juga: Pengertian Investasi

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, berikut adalah cara-caranya:

1. Memiliki Skill sebagai Pengusaha

Pentingnya keterampilan sebagai wirausahawan bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk menjadi wirausaha yang sukses. Pola pikir kewirausahaan perlu dibentuk sejak awal sebelum sebuah bisnis dibangun.

Keterampilan ini termasuk memahami pasar sasaran, memahami kebutuhan pasar, kemampuan membaca peluang, keterampilan komunikasi yang baik, dll. Semua keterampilan ini berguna bagi wirausahawan karena diperlukan selama tahap konstruksi bisnis.

2. Memiliki Akses Permodalan

Untuk memulai bisnis, Anda membutuhkan modal. Akses permodalan yang baik memberikan kontribusi untuk kelancaran proses bisnis dan tentunya mempercepat proses produksi.

Modal untuk bisnis adalah salah satu kunci agar bisnis berfungsi dan tetap bebas repot. Anda bisa mengumpulkan modal dari mana saja. Baik itu investor, uang Anda sendiri atau bahkan bank.

3. Mampu Menghasilkan Solusi

Seorang wirausahawan adalah orang yang mampu menemukan solusi yang tepat atas suatu masalah yang sedang terjadi. Solusi yang ditawarkan benar-benar memenuhi kebutuhan pasar.

Dengan menciptakan solusi yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah diterima pasar. Ini membantu menjaga bisnis tetap berjalan lancar karena meningkatkan penjualan.

4. Cepat Mengambil Kesempatan

Pengusaha juga harus pintar dalam menangkap peluang. Persaingan yang sangat ketat dalam berwirausaha akan memperlambat penjualan. Oleh karena itu, pengusaha harus segera memanfaatkan peluang yang ada agar tidak tertinggal oleh pesaing.

Peluang yang bisa diraih dengan cepat bisa berupa peluang mewujudkan ide, kecepatan mendapatkan momentum, bahkan kecepatan menangkap target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat.

Mengambil risiko dengan cepat bukan berarti tanpa pikir panjang. Pengusaha harus mempertimbangkan setiap langkah secara akurat dan cepat agar tidak salah langkah.

5. Pandai Mengatur Wirausaha

Ada banyak hal dalam bisnis yang perlu diatur. Baik itu manufaktur atau aktivitas internal seperti hubungan keuangan. Setiap proses bisnis penting dan tidak dapat diabaikan.

Anda dapat berinvestasi pada teknologi yang tepat untuk mempermudah pekerjaan Anda dan tetap fokus pada bisnis. Misalnya cara membeli mesin khusus agar produksi menjadi lebih cepat dan ekstensif, hal tersebut akan membantu produksi perusahaan anda.

Demikianlah artikel tentang Wirausaha ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.