Pengertian Software

Posted on

Pengertian Software – Pesatnya perkembangan teknologi software komputer mendorong masyarakat untuk berkreasi dan menggunakan kemajuan teknologi software ini untuk berbagai keperluan. Dalam dunia bisnis, teknologi perangkat lunak komputer digunakan untuk pengolahan data.

Penyimpanan data (filling) dan pengolahan data numerik sehubungan dengan pekerjaan kantor. Selain mengolah kata dan angka, hampir semua perangkat telah dimasukkan ke dalam teknologi perangkat lunak komputer. Mulai dari mainan anak, kamera digital, handphone, pilihan hiburan, peralatan rumah tangga dan lain-lain.

Pengertian Software

Software adalah bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak terlihat karena merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer dalam bentuk program yang dapat melakukan suatu pekerjaan.

Disebutkan juga bahwa istilah software terdiri dari data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, bukan dalam bentuk fisik, tetapi dapat digunakan oleh pengguna melalui perangkat komputer.

Software atau perangkat lunak adalah jembatan yang menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga dia dapat menjalankan perintah tertentu. Tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah mesin yang tidak dapat menjalankan perintah apa pun dari pengguna.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian software menurut beberapa para ahli:

1. Wilman dan Riyan

Software menurut Wilman dan Riyan merupakan perangkat operasi yang berfungsi untuk menjalankan berbagai komponen pada perangkat keras yang bersifat virtual (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi pengguna.

2. Imam Prayogo Pujiono

Software menurut Imam Prayogo Pujiono adalah program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa sehingga ketika dijalankan memberikan perintah kepada komputer atau perangkat keras atau perangkat lunak lain untuk melaksanakan suatu tugas, perintah bahkan beberapa persyaratan yang dibuat oleh pengguna.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Software menurut Melwin Syafrizal Daulay adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan untuk semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menghubungkan interaksi antara pengguna dan komputer.

4. Roger S. Pressman

Software menurut Roger S. Pressman adalah instruksi program dalam komputer yang bila dijalankan oleh pengguna akan memberikan fungsi dan kinerja sebagaimana yang diinginkan oleh pengguna. Dengan kata lain, perangkat lunak memerintahkan komputer untuk berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah pengguna.

5. Wiwit Siswoutomo

Software menurut Wiwit Siswoutomo adalah kehidupan dari sebuah perangkat keras atau komputer, karena tanpa perangkat lunak komputer hanyalah perangkat keras yang mati dan tidak dapat digunakan.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi

Jenis-jenis Software

Berikut adalah jenis-jenis dari software pada komputer:

1. Malware

Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak sistem di komputer dan jaringan komputer, tetapi tanpa izin pemiliknya. Kata lain untuk malware ini adalah virus komputer. Jenis perangkat yang terdapat dalam virus komputer ini adalah trojan, alat periklanan, worm, rootkit, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

2. Open Source Software

Open source software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya dapat diperiksa, dimodifikasi, ditingkatkan bahkan didistribusikan. Karena sifat perangkat lunak ini terbuka, pengembangan oleh komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka.

3. Freeware

Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa batas waktu. Secara umum, freeware ini didonasikan ke berbagai komunitas, tetapi freeware ini juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya.

Namun, ketika pengembang aplikasi berhenti mengembangkan produk untuk freeware lain atau mengumumkan freeware tersebut sehingga dapat dikembangkan bersama, freeware tersebut menyediakan kode sumbernya.

4. Free software

Free software adalah jenis perangkat lunak yang dapat dimanipulasi secara bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah, dan dimodifikasi dengan berbagai pengaturan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna berikutnya.

Siapapun yang dengan bebas menggunakan perangkat lunak ini dapat memasarkan dan mendapatkan keuntungan dari distribusi dan modifikasi kode sumber. Selain itu, software ini dapat dibagikan secara gratis.

5. Shareware

Shareware adalah perangkat lunak uji gratis dengan fungsi terbatas seperti ketersediaan, fungsionalitas, dan kenyamanan, yang sayangnya tidak dapat digunakan sepenuhnya.

Perangkat lunak pengujian ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak sebagai strategi pemasaran ke dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware sering disebut sebagai trialware.

6. Commercial Software

Commercial software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersial yang dapat dibeli oleh pengembang perangkat lunak, distributor, dan pengembang perangkat lunak lainnya.

Namun demikian, merupakan prasyarat bahwa pengguna software ini tidak diperbolehkan mendistribusikan software secara gratis atau tanpa izin penerbit atau menyebarkannya kepada pihak lain.

Beberapa contoh perangkat lunak komersial adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Visual NET, dan sebagainya. Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.

7. Firmware

Firmware adalah perangkat lunak yang berada di ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat diubah meskipun tidak dialiri daya dan area penyimpanan di ROM tidak dapat diubah. Namun, ini dapat diubah tergantung pada jenis ROM seperti EEPROM atau FlashROM. Semua ini tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Pengertian Wirausaha

Fungsi Software

Berikut adalah fungsi dari software:

  • Memproses tanggal, pesanan, atau instruksi khusus sehingga pengguna dapat menggunakan komputer mereka sesuai keinginan mereka.
  • Sarana interaksi yang menghubungkan pengguna ke perangkat keras mereka.
  • Mengidentifikasi program di komputer.
  • Menyediakan fungsionalitas dasar perangkat keras untuk pengoperasian. Seperti ketersediaan sistem operasi di komputer.
  • Penerjemah instruksi perangkat lunak lain ke dalam bahasa mesin agar dapat dipahami oleh komputer.

Macam-macam Software

Macam-macam software sendiri dibagi menjadi enam, yaitu:

1. Program Aplikasi (Aplication Software)

Program aplikasi adalah paket program yang telah dikembangkan dan dibuat khusus untuk kebutuhan khusus. Contohnya:

  • Processor atau Word Processing(Pengolah Kata)
  • Program Spreadsheet
  • Program database
  • Program CAD (Computer Aided Design)
  • Program Layout Artikel (Publisher)

2. Word Processing/Processor (Pengolah Kata)

Processor adalah program aplikasi yang menggunakan teks (text basic) selama beroperasi. Seperti:

  • Wordstar Professional
  • Word Perfect
  • Chiwriter
  • Microsoft Word
  • Word Star

3. Program Database

Program database adalah program aplikasi yang dapat digunakan untuk merancang atau membuat dan mengelola database.

  • Database
  • Foxpro
  • Microsoft Acces

4. Program Spreadsheet

program spreadsheet adalah program aplikasi yang bekerja secara otomatis untuk keuangan, akuntansi, atau kalkulasi. Contohnya:

  • Lotus 123
  • Microsoft Excel
  • Quatro
  • Supercheck

5. Program Cad (Computer Aided Design)

Program Cad adalah program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis). Contohnya:

  • Auto Cad
  • Corel Draw
  • Pro Design
  • Adobe Photoshop

6. Program Layout Artikel (Publisher)

Program layout adalah program aplikasi dengan fungsi khusus untuk menyesuaikan tata letak objek yang digunakan pada sampul media cetak atau elektronik. Contohnya:

  • Newmaster
  • Harvard Publisher
  • Ventura
  • Page Maker.

Baca juga: Pengertian Norma

Contoh Software

Berikut adalah contoh software/ perangkat lunak yang ada di komputer:

  1. Google Chrome (berfungsi untuk mengakses jaringan online / jaringan internet)
  2. Mozilla Firefox (fungsinya untuk mengakses jaringan online).
  3. Microsoft Office Word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik dokumen).
  4. Microsoft Office Powerpoint (fungsinya untuk membuat presentasi, membuat video, mengedit foto, dll).
  5. Microsoft Excel (bekerja kurang lebih seperti Microsoft Word untuk membuat atau mengedit dokumen).
  6. Format Factory (berfungsi untuk mengubah format foto, video atau musik / lagu).
  7. VCL Media Player (berfungsi untuk memutar video / film).
  8. AIMP3 (fungsi digunakan untuk memutar musik / lagu).
  9. Faststone capture (berfungsi untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
  10. Recycle Bin (berfungsi untuk melihat atau mengembalikan file yang terhapus).
  11. Coreldraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
  12. Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto / gambar).
  13. Opera mini (fungsinya untuk mengakses jaringan online / jaringan internet).
  14. Java (fungsinya untuk mencari aplikasi atau game).
  15. CCleaner (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).

Demikianlah artikel tentang Software ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.