Pengertian Trust

Posted on

Pengertian Trust – Pernahkah kamu mendengar istilah akun trust? Nama singkat untuk semua jenis akun adalah akun trust.

Ini adalah akun yang ditangani oleh bagian trust di sebuah bank atau perusahaan. Istilah ini biasanya berlaku di Amerika Serikat dan disebut rekening trust (trust account).

Definisi lain dari akun trust merupakan sebuah akun di mana dananya dipegang oleh pihak ketiga (trustee) untuk kepentingan si penerima (the beneficiary), bisa berbentuk individu atau kelompok.

Akun trust dibuat oleh pembuat akun atau yang dikenal dengan sebutan grantor yang memberikan dana atau aset untuk disimpan dalam akun. Dananya biasa disebut dengan trust fund.

Pengertian Trust

Trust merupakan Peleburan dari berbagai badan usaha menjadi 1 perusahaan baru yang akan dibentuk Maupun untuk mendapatkan kekuatan besar.

Badan usaha yang tergabung dalam trust ini secara yuridis berdiri sendiri, dalam arti hilangnya kebebasan.

Persediaan modal ada di tangan organ yang mengendalikannya. Keyakinan juga dapat muncul melalui pendirian perusahaan induk atau melemahnya unit bisnis.

Dalam bidang akuntansi, pengertian kasar dari trust adalah peleburan beberapa perusahaan yang kemudian datang dengan nama baru.

Tujuan dari tindakan tersebut melibatkan keinginan untuk mendapatkan pengaruh, kekuatan atau monopoli dari bisnis terkait.

Baca juga: Pengertian Performance Appraisal

Pengertian Trust Menurut Para Ahli

1. Edilius dan Sudarsono

Trust merupakan penggabungan perusahaan dalam satu bidang untuk mengendalikan produksi dan distribusi barang dan jasa. Ini juga berlaku untuk tujuan monopoli pasar. Kepercayaan juga bisa diartikan sebagai proses pengelolaan aset oleh pihak lain.

2. Komaruddin

Pengertian dari trust tidak lain adalah bentuk konsentrasi terpusat dari manajemen aset di berbagai unit bisnis.

Secara teknis, perusahaan kehilangan independensinya karena kepemilikan saham ada di tangan manajer utama. Istilah lain untuk perusahaan kepercayaan adalah konsolidasi.

Baca juga: Pengertian Niche Market

Proses Pembentukan Trust

Proses pembentukan dari trust diklasifikan berdasarkan cara pemusatan bisnis atau konsentrasi usaha yang dilakukan. Metode tersebut terdiri dari tiga macam proses, yakni:

1. Konsentrasi Horizontal

Maksud dari konsentrasi bisnis mendatar atau horizontal adalah untuk memusatkan perusahaan yang beroperasi di bidang yang sama.

Tujuan dari konsentrasi horisontal adalah untuk mencapai harga berbiaya rendah untuk mengendalikan pasar dengan risiko minimal.

Manfaat yang dicapai adalah rasionalisasi harga produksi, modal investasi yang terjangkau dan biaya operasional yang lebih rendah.

2. Konsentrasi Vertikal

Konsentrasi bisnis vertikal merupakan peleburan beberapa badan bisnis untuk keperluan proses produksi. Semua kegiatan manajemen dan operasional digabungkan dalam satu perusahaan.

3. Konsentrasi Paralel

Untuk konsentrasi paralel, beberapa perusahaan dalam penawaran produk atau layanan yang berbeda untuk menangani pesanan dari pelanggan yang sama.

Dengan demikian, efisiensi produksi dan distribusi dapat dicapai dengan risiko kerugian yang lebih kecil. Biaya operasi juga menjadi lebih terjangkau.

Baca juga: Pengertian Packaging

Macam-macam Trust

Adapun macam jenis trust, diantaranya:

1. Trust Berdasarkan Obyeknya

  • Private Trust

Private Trust adalah kepercayaan yang diarahkan untuk kepentingan orang atau sekelompok orang tertentu

  • Public Trust

Public Trust adalah kepercayaan yang untuk kepentingan umum.

2. Trust Berdasarkan Cara Terbentuknya

  • Express Trust

Express trus, yakni trust yang dibuat secara tegas oleh pembuat trust. Keyakinan disebut kepercayaan eksplisit jika kehendak atau keinginan pihak-pihak yang menciptakan kepercayaan itu masih dikenal dengan pasti.

  • Implied Trust

Implied Trust, trust yang dibentuk untuk kepentingan settlor tidak disebutkan secara eksplisit dalam langkah-langkah hukum yang membangun perwalian tersebut.

  • Resulting Trust

Resulting Trust, yakni trust yang dapat disimpulkan dari tindakan hukum para pihak.

  • Constructive Trust

Constructive Trust, trust yang tercipta oleh implementasi hukum dan implementasinya ditegakkan oleh pengadilan.

Kelebihan dan Kekurangan Trust

1. Kelebihan Perusahaan Trust

Trust ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Sumber dana perusahaan dapat dijamin karena memiliki lebih dari dua anggota
  • Dapat menerbitkan saham dan obligasi
  • Sistem manajemen perusahaan semakin baik karena setiap anggota ingin mencapai sebuah kesuksesan
  • Dapat memanfaatkan skala ekonomi yang ada.

2. Kekurangan Perusahaan Trust

Namun trus juga memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Pertama, risiko tetap menjadi tanggung jawab perusahaan yang mengakses
  • Pro dan kontra perusahaan yang bergabung akan menghilang
  • Kebebasan perusahaan mana pun di mana merger berlangsung juga sepenuhnya hilang
  • Ketergantungan pada mesin dan barang modal yang ada.

Contoh Perusahaan Trust

Berikut ini beberapa contoh Trust, antara lain:

  • Bank Mandiri adalah kombinasi dari Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Pembangunan Indonesia dan Bank Impor dan Ekspor Bank Indonesia.
  • PT. Bina Makna Indopratama (BMI) sebesar 4%, PT Metro Lintas Nusa (MLN) sebesar 3%, PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan partisipasi PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebesar 8% dan PT Binara Multidaya (BM) sebesar 13%.

Demikianlah penjelasan tentang Trust dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.