Pengertian Seni

Posted on

Pengertian Seni – Dari zaman prasejarah hingga sekarang, seni telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Keberadaan seni melekat dalam setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia.

Dan karenanya tidak dapat dipisahkan sampai sekarang. Para ahli seni pun menyampaikan pendapatnya masing-masing. Untuk lebih jelas dalam memahami arti seni, mari simak artikel nya di bawah ini.

Apa Itu Seni ?

Seni adalah ekspresi emosi manusia yang mengandung unsur keindahan dan diekspresikan melalui media yang nyata dalam bentuk suara, penampilan, gerakan dan bisa dirasakan oleh kelima indera manusia.

Ada juga yang berpendapat bahwa seni merupakan segala sesuatu buatan manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat memengaruhi perasaan orang lain. Seni pada dasarnya ialah hasil dari aktivitas batin yang diekspresikan dalam bentuk karya yang dapat mempengaruhi emosi manusia.

Karena keragaman seni bervariasi dari orang ke orang, sulit untuk menjelaskan dan mengevaluasi arti dari seni. Setiap orang memiliki penilaian dan pandangan mereka sendiri tentang apa yang mereka lakukan.

Pengertian Seni Menurut Para ahli

Berikut adalah pengertian seni menurut beberapa para ahli:

Alexander Baum Garton

Menurut Alexander Baum, seni adalah keindahan yang memiliki tujuan positif atau untuk menghibur para pecinta seni sehingga mereka merasa bahagia.

Leo Tolstoy

Menurt Leo Tolstoy, seni adalah ekspresi seseorang yang diberikan kepada orang lain melalui ekspresi dengan tujuan agar mereka dapat merasakan bagaimana pencipta seni merasakan.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, seni berarti tiruan alami yang merupakan bentuk ekspresi dan penampilan yang tidak menyimpang dari kenyataan.

Sudarmaji

Menurut Sudarmaji, seni merupakan segala sesuatu berhubungan dengan manifestasi batin dan pengalaman estetika melalui garis, bidang, tekstur, warna, cahaya dan kegelapan hingga volume objek (karya).

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, seni ialah hasil estetika atau keindahan yang dapat menyentuh perasaan seseorang yang melihatnya. Apapun perilaku atau tindakan manusia yang menciptakan perasaan indah disebut seni.

Sartono Kartodirdjo

Menurut Sartono kartodirdjo, seni adalah sistem yang koheren yang dapat mewakili bagian-bagiannya secara universal dan mampu melakukan komunikasi secara efektif.

Suwaji Bastomi

Menurut Suwaji Bastomi, seni adalah semua kegiatan batin yang menawarkan pengalaman keindahan yang disampaikan melalui bentuk yang hebat dan dapat menyampaikan perasaan takjub dan emosi.

Macam-Macam Seni

Seni Tari

Seni tari adalah bentuk seni yang menggunakan gerakan tubuh sebagai keindahannya. Seorang direktur tari (koreografer) dapat menyampaikan maksud atau pesan tertentu melalui gerakan dansa.

Umumnya tarian dikombinasikan dengan musik. Dengan cara ini, konsistensi dan konsentrasi gerakan tarian menjadi lebih sempurna saat menyampaikan pesan dan perasaan.

Seni Teater

Seni teater adalah seni memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan pikiran seseorang. Hasil imajinasi berhubungan dengan perilaku makhluk hidup, baik secara individu maupun dalam kelompok. Beberapa keterampilan dasar dalam seni teater adalah kemampuan untuk skrip, memahami karakter, dan mengekspresikan karakter dalam skrip.

Seni Sastra

Seni sastra adalah bentuk seni yang dinikmati oleh media mendengar dan melihat. Seni sastra dalam kata-kata dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang indah. Contoh seni sastra seperti puisi (suara) dan kaligrafi (tulisan).

Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media visual atau seni visual. Seni visual fokus pada karya-karya yang bentuk dan bentuknya diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, pahatan, kerajinan tangan, multimedia dan lain-lain.

Seni Musik

Seni musik adalah karya seni yang menggunakan suara sebagai elemen utama. Selain itu, ada elemen lain dalam musik seperti harmonisasi, melodi dan notasi. Selain alat musik, suara musik juga berasal dari orang-orang, misalnya accappella atau beatbox.

Fungsi Seni

Ada 2 fungsi seni yaitu fungsi untuk sosial dan fungsi untuk individu, berikut penjelasannya:

Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan. Dalam hal ini, seni juga bertindak sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sosial ini.

  • Seni Sebagai Media Kepercayaan atau Agama

Seni memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan kepercayaan atau agama kepada orang-orang. Ini bisa dilihat dari pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu spiritual, kaligrafi dan lainnya.

Contoh fungsi seni dalam agama dapat ditemukan di candi Borobudur dan Prambanan. Relief di dinding kuil adalah ilustrasi kitab suci Buddha dan Hindu.

  • Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  1. Pendidikan formal. Yaitu pendidikan dari lingkungan sekolah
  2. Pendidikan non formal. Yaitu pendidikan dari masyarakat
  3. Pendidikan informal. Yaitu pendidikan dari lingkungan keluarga.

Melalui seni, individu dapat belajar sesuatu tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Sebagai contoh seorang siswa dapat belajar musik atau teater di mana kegiatan ini dapat mengekspresikan dirinya kepada orang lain.

  • Seni Sebagai Media Informasi

Seni juga dapat menjelaskan hal-hal kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster dengan nilai artistik yang berisi informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi dan pemberian program pemerintah.

  • Seni Sebagai media Hiburan

Sebagian besar elemen seni yang berhubungan dengan hiburan di mana aktor dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman bisa merasa bahagia, marah, dan terharu ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Demikian juga orang yang melihat, mendengar, merasakan karya seni. Orang-orang dapat merasa terhibur ketika melihat lukisan, menonton film, atau menonton konser musik.

Fungsi Seni Bagi Individu

Seni memiliki fungsi bagi individu untuk memenuhi kebutuhannya. Bentuk kebutuhan tersebut meliputi:

  • Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Manusia adalah makhluk yang dapat menghargai keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam memenuhi kebutuhan fisik ini, seniman memainkan peran penting dalam menciptakan berbagai objek bernilai artistik untuk memenuhi kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan lainnya.

  • Sebagai Alat Pemenuhan kebutuhan Emosional

Emosional adalah perasaan di dalam diri orang, baik itu perasaan suka cita, marah, sedih, emosi, cinta, benci dan lain-lain. Semua orang harus membiarkan emosi mereka pergi sehingga kondisi mental mereka tetap normal.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional ini, orang membutuhkan dorongan dari luar. Misalnya seseorang yang memiliki jiwa untuk seni dan estetika akan mengekspresikan perasaan mereka melalui musik dan lukisan.

Atau jika seseorang merasa stres, mereka perlu waktu untuk bersantai, menonton film atau melakukan hal-hal lain untuk mengurangi stres psikologis mereka masing-masing.

Contoh Seni Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seni Musik

Seni musik telah berkembang sejak zaman Renaissance dan terus berkembang sampai saat ini. Berbagai jenis musik itu sendiri termasuk musik klasik, jazz, pop, bosa, tradisional, rock dan sebagainya. Jenis musik ini berkembang seiring berjalannya waktu. Contoh lain dari seni musik, selain musik dan lagu, ada juga puisi, karya sastra dan sebagainya.

Seni Rupa

Seni rupa dibagi menjadi dua bagian sesuai dengan fungsinya, yaitu seni rupa terapan atau pakai (Applied Art) dan seni rupa murni (Fine Art). Contoh seni rupa murni adalah lukisan, patung, grafik, dan lainnya. dan contoh seni terapan seperti seni buatan tangan (sulaman, seni lipat, renda, dll), Seni dekoratif (dalam dan luar), seni periklanan (iklan, poster, spanduk) dan lainnya.

Demikianlah artikel tentang Seni ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan baru bagi anda, terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: