Pengertian Teks Eksposisi

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi – Jika kalian pernah menemukan teks yang berisi ajakan kepada seseorang dengan singkat, spesifik, dan jelas, itu bisa jadi teks eksposisi. Karena sifat teks tersebut ia menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana.

Struktur teks eksposisi sama dengan teks editorial atau opini, dimana terdapat tiga struktur yaitu pernyataan pendapat “tesis”, argumentasi, penyataan atau penegasan ulang. Untuk lebih jelasnya mari simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang menjelaskan topik yang dapat memperluas wawasan pembaca. Gambar dan data statistik biasanya disediakan untuk memperjelas masalah yang disajikan. Tujuannya agar pembaca mendapatkan informasi dan pengetahuan sejelas mungkin.

Dalam penyajiannya, teks eksposisi umumnya memuat masalah dan sejumlah argumentasi yang dibuat oleh penulis untuk mendukung pertanyaan atau topik yang sedang dibahas.

Teks eksposisi dimaksudkan untuk menjelaskan beberapa informasi guna menambah wawasan pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca mendapatkan pengetahuan yang detail tentang suatu masalah atau peristiwa.

Teks eksposisi dapat membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi dan banyak topik lainnya. Mungkin itu penjelasan singkat tentang makna teks eksposisi. Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam dan jelas tentang teks eksposisi, bisa membaca ciri-ciri, struktur, hingga contohnya.

Baca juga: Pengertian Pariwisata

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Berikut adalah ciri-ciri dari teks eksposisi:

  • Menjelaskan informasi pengetahuan
  • Padat dan Singkat
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak
  • Penyampaian teksnya sederhana dan menggunakan bahasa standar
  • Tidak memihak atau tidak memaksakan kehendak penulis pada pembacanya
  • Fakta yang digunakan sebagai sarana konkret dan kontribusi
  • Deklarasi tersebut disertai dengan data yang akurat
  • Teks eksposisi bersifat objektif dan netral
  • Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, kenapa dan bagaimana.

Struktur Teks Eksposisi

Berikut adalah struktur dari teks eksposisi:

1. Judul

Judul harus menggambarkan sesuatu yang akan dibahas dalam teks eksposisi. Judul harus ditulis dengan kata-kata yang pendek, menarik, dan bermakna.

2. Pernyataan Umum atau Tesis

Tujuan bagian ini adalah untuk memperkenalkan topik dan menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena teks yang digunakan oleh penulis dimaksudkan untuk mengungkapkan pendapat, pembaca mungkin berada pada posisi yang setuju atau dalam posisi yang menentang mereka.

3. Argumentasi atau Alasan

Bagian dari teks eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan singkatnya bagian ini akan bergantung pada jumlah mata pelajaran yang telah Anda jelaskan dalam pernyataan umum Anda. Oleh karena itu, Anda telah mengganti nama dan menetapkan topik ini di paragraf. Pengembangan topik ini dalam paragraf dilakukan dengan menggunakan contoh dan alasan.

4. Penegasan Ulang Pendapat (Kesimpulan)

Pengulangan dilakukan berdasarkan argumen yang disajikan di bagian sebelumnya. Pengulangan pernyataan tersebut bersifat sukarela sehingga tidak termasuk dalam semua teks eksposisi.

Baca juga: Pengertian Seni Rupa

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan dan untuk menambah pengetahuan pembaca setelah membaca teks eskposisi, pembaca akan memiliki pengetahuan yang mendetail tentang suatu hal atau peristiwa.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Berikut adalah jenis-jenis dari teks eksposisi:

  • Eksposisi Defini adalah paragraf eksposur yang menjelaskan definisi topik tertentu.
  • Eksposisi proses, yaitu langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.
  • Eksposisi ilustrasi adalah teks yang mendeskripsikan informasi atau penjelasan tertentu dengan cara yang menawarkan deskripsi sederhana tentang suatu subjek dengan subjek lain yang memiliki kesamaan karakteristik atau kesamaan dalam subjek tertentu.
  • Eksposisi laporan yaitu paragraf eksposur yang berisi laporan dari item berita atau penelitian tertentu.
  • Eksposisi perbandingan adalah sebuah pameran dimana ide pokok disajikan dibandingkan dengan yang lain.
  • Eksposisi pertentangan, adalah presentasi yang memuat pertanyaan-pertanyaan kontradiksi antara satu hal dengan hal lainnya.

Baca juga: Pengertian Investasi

Contoh Teks Eksposisi

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Satu di antara manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid makin akrab.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

Demikianlah artikel tentang Teks Eksposisi ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.