Pengertian Aplikasi

Posted on

Pengertian Aplikasi – Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah aplikasi. Namun tahukah Anda betapa pentingnya aplikasi yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone? Berdasarkan ilmu komputer, aplikasinya berupa perangkat lunak atau program komputer.

Perangkat lunak atau program komputer kemudian dijalankan pada sistem tertentu yang sengaja dirancang dan kemudian dirancang untuk dapat menjalankan perintah tertentu yang diinginkan.

Pengembang dan Perancang aplikasi yang disebut developer, merancang atau merakit aplikasi mereka dan kemudian menjualnya. Namun, Anda juga dapat mengunduh berbagai jenis aplikasi gratis dari toko ponsel cerdas Anda.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan fungsi tertentu dengan cara yang dapat diakses pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi android yang menawarkan layanan aplikasi.

Aplikasi itu sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler. Sejak diperkenalkannya iPhone pada 2007 dan App Store pada 2008, aplikasi telah menjadi kendaraan utama bagi pengguna untuk memasuki revolusi ponsel cerdas.

Selain itu, aplikasi tersebut membantu menciptakan angka industri bernilai miliaran dolar. Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar per tahun, sementara aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook bisa mencapai miliaran dolar ke pendapatan mereka setiap kuartal.

Lonjakan popularitas yang besar ini berdampak langsung pada pengiklan. Karena penggunaannya yang meluas, menjadi semakin penting bagi bisnis untuk menggunakan ponsel sebagai saluran periklanan utama mereka.

Baik perusahaan menghasilkan bisnis melalui aplikasi atau iklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler sebagai industri yang berharga dalam skala global. Selain itu, aplikasi seluler juga penting karena keserbagunaannya, yang dapat memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian aplikasi menurut beberapa para ahli:

1. Sri Widianti

Aplikasi menurut Sri Widianti adalah software atau perangkat lunak yang bertindak sebagai tanda akhir pada suatu sistem yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data guna memperoleh informasi yang berguna bagi penggunanya dan sistem terkait.

2. Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Aplikasi menurut Ali Zaki dan Smitdey Comunity merupakan komponen yang berguna untuk mengolah data atau berbagai aktivitas lain seperti membuat atau mengolah dokumen atau file.

3. Eko. I dan Djokopran

Aplikasi menurut Eko. I dan Djokopran adalah proses atau metode aliran data dalam infrastruktur TI yang dapat digunakan oleh pengambil keputusan berdasarkan level dan persyaratan (yang relevan).

4. Hengky W. Pramana

Aplikasi menurut Hengky W. Pramana adalah unit perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan berbagai aktivitas, misalnya sistem komersial, permainan layanan komunitas, periklanan atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

5. Harip Santoso

Aplikasi menurut Harip Santoso adalah sekumpulan file (formulir, kelas, laporan) yang dirancang untuk melakukan tugas terkait tertentu, seperti aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.

Baca juga: Pengertian Software

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi

Setelah memahami aplikasi, maka fungsi dari aplikasi tersebut tentunya tidak jauh dari tujuannya. Yakni untuk menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam berbagai bidang kehidupan. Dari sini, berbagai fungsi aplikasi dapat diperoleh untuk berbagai bidang kehidupan, diantaranya:

1. Bidang Ilmu Pengetahuan

Di bidang ini aplikasi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan. Aplikasi ini juga dapat dirancang untuk membantu seseorang melakukan penelitiannya. Contoh penggunaannya adalah aplikasi yang dapat mencocokkan siswa dengan guru privat atau tutornya.

2. Bidang Pendidikan

Aplikasi pada bidang ini berfungsi sebagai bahan ajar. Contoh aplikasinya seperti Microsoft PowerPoint yang dapat mengungkap berbagai jenis materi dalam pendidikan selain sekedar menulis. Namun bisa juga dalam bentuk video, audio, animasi dan lain-lain agar suasana belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan.

3. Bidang Kedokteran

Aplikasi pada bidang ini dapat membantu dokter dalam berbagai cara. Mulai dari diagnosa penyakit, pemberian obat, perencanaan pengobatan, dan lain sebagainya. Banyak aplikasi yang sedang dikembangkan di bidang medis.

4. Bidang militer

Aplikasi pada bidang militer dapat bertindak sebagai kontrol pesawat. Dengan cara ini tidak ada lagi kontrol manual. Hasilnya, penentuan informasi kendali lebih optimal dibandingkan dengan penentuan manual.

5. Bidang Bisnis

Dari perspektif sektor korporasi, aplikasi dapat berfungsi sebagai alat untuk menghitung jumlah keuntungan dengan lebih cepat, lebih mudah dan akurat. Dengan begitu, karyawan perusahaan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menghitung angka karena aplikasi dapat menggantikan kinerja mereka.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi

Selain beberapa aplikasi yang fungsinya berdasarkan berbagai bidang yang disebutkan di atas, ada juga beberapa fungsi aplikasi umum yang perlu Anda ketahui di bawah ini:

  • Sebagai Pembaharuan Kabar Terkini

Aplikasi juga dapat berfungsi sebagai sarana update berita terkini. Saat pengguna menggunakan aplikasi, notifikasi aplikasi dapat memberikan update berita terbaru. Dengan begitu, seseorang tidak akan ketinggalan berita terbaru saat ini.

  • Media Komunikasi dan Pertemanan

Fitur yang lebih umum ketika seseorang menggunakan aplikasi ini adalah alat komunikasi dan pertemanan. Aplikasi ini memungkinkan Anda menemukan teman tanpa batasan jarak. Artinya seseorang dapat menjalin komunikasi dan persahabatan dengan siapa saja yang ada di dalam maupun di luar.

  • Media Hiburan

Fitur lain dari penggunaan umum adalah dapat menjadi sarana hiburan yang menyenangkan. Seperti beberapa aplikasi yang dibuat untuk bermain game, menonton film, dll. Aplikasi ini dibuat agar tidak ada orang yang bosan dimanapun ia berada.

  • Memudahkan Pekerjaan Seseorang

Kehadiran aplikasi sangat memudahkan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, untuk mencari alamat rumah. Cukup unduh aplikasi Google Maps dari Play Store dan App Store.

Kemudian digunakan untuk melacak alamat. Ketika seseorang ingin melakukan pengeditan foto dan yang perlu mereka lakukan hanyalah menemukan aplikasi pengeditan foto melalui Play Store dan App Store, aplikasi ini cepat dan mudah untuk diunduh dan digunakan.

Klasifikasi Aplikasi

Untuk memudahkan identifikasi jenis aplikasi, aplikasi dapat dikelompokkan menjadi tujuh jenis. Pengelompokan aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Web Based Software, yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai penghubung langsung antara Anda dan Internet.
  2. Business Software, yakni aplikasi yang dibuat dan dikembangkan untuk tujuan bisnis, seperti mengelola sistem keuangan.
  3. Real Time Software, adalah aplikasi dengan kemampuan untuk mengamati, menganalisis, dan mengontrol peristiwa di dunia nyata saat peristiwa itu terjadi.
  4. Personal Computer Software, merupakan aplikasi yang digunakan untuk perangkat pengguna resmi maupun pribadi yang banyak digunakan saat ini.
  5. Engineering and Scientific Software, adalah sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu orang memecahkan masalah non-algoritmik.
  6. System Software, yaitu suatu aplikasi yang dapat mengelola dan mengendalikan proses operasi internal dalam sistem komputer.

Baca juga: Pengertian Wirausaha

Dampak Buruk Aplikasi

Jangan salah, aplikasi tidak hanya memiliki kegunaan tetapi juga ada dampak negatifnya. Dampak negatif dari aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan Data Pribadi

Apakah Anda sering mendengar kata scamming? Kata tersebut memiliki arti penipuan. Penipuan bisa dimulai dengan penyalahgunaan data pribadi, dan aplikasi dapat menjadi sumber bencananya.

Beberapa aplikasi memerlukan izin pengguna untuk mengumpulkan informasi pribadi mereka. Ini bisa menjadi gangguan karena aplikasi ini dapat mengakses kontak, mengakses informasi pribadi pengguna, dan bahkan menggunakannya untuk tujuan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengunduh aplikasi, perhatikan baik-baik izin aplikasi itu.

2. Membawa Virus

Ada banyak aplikasi di luar sana yang menularkan virus, lho. Virus dapat membahayakan ponsel atau komputer Anda, merusak ponsel atau komputer Anda, dan bahkan kehilangan data penting. Untuk melawan virus, gunakan program antivirus yang cukup melindungi ponsel atau komputer Anda.

Seperti yang lainnya, aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, jika Anda tahu betul bagaimana menghindari efek negatifnya, penerapannya pasti tidak akan merugikan Anda.

3. Membuat Anda Menjadi Ketagihan

Aplikasi dapat membuat seseorang bergantung. Alasannya adalah karena aplikasi melakukan berbagai hal magis yang tidak dapat dilakukan manusia, seperti koneksi ke orang lain atau pengalaman bermain game yang mengasyikkan dan itu semua membuat ketagihan atau tidak dikendalikan oleh Anda. Jika Anda tidak ingin kecanduan, batasi penggunaan aplikasi.

4. Merusak Mata

Grafik aplikasi dapat merusak mata jika dilihat dengan intensitas berlebihan. Contohnya seperti mata minus dan lain sebagainya. Untuk melakukan ini, pastikan layar ponsel atau komputer Anda tidak menyala terlalu terang. Selain itu, jangan lupa untuk tidak terus-menerus fokus pada layar. Luangkan waktu untuk sejenak jauh dari layar.

Contoh Aplikasi dalam Sehari-hari

Setelah memahami aplikasinya, maka aplikasi dimaksudkan untuk memudahkan seseorang dalam menjalankan pekerjaan atau aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah contoh yang dapat Anda gunakan setiap hari.

1. YouTube

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi ini? YouTube adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagi video. Saat ini YouTube sudah bisa dijadikan sarana untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang youtuber.

2. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi sosial media berbasis chat yang kini sudah menjadi bagian wajib masyarakat. Terlebih lagi, Whatsapp juga telah menggantikan texting dan telephony yang telah digunakan oleh sebagian besar orang. Dengan menggunakan WhatsApp, seseorang tidak lagi harus mengeluarkan banyak uang pulsa untuk mengirimkan pesan maupun menelpon orang lain.

3. Instagram

Sebuah aplikasi yang tidak kalah populer dengan WhatsApp. Instagram dapat diartikan sebagai kartu nama online seseorang. Kini seseorang yang ingin berkenalan pun tidak akan bertanya, “ boleh tahu kartu nama Anda” akan tetapi “apa Instagram Anda?”. Aplikasi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto, video, stories, dan lain sebagainya. Tak hanya sebatas sebagai sosial media.

Instagram kini bisa digunakan tidak hanya di media sosial, tapi juga untuk menghasilkan uang. Misalnya membuka jasa promosi bisnis, jasa periklanan, selebgram dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel tentang Aplikasi ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.