Pengertian Komik

Posted on

Pengertian Komik – Apa itu komik? Mungkin beberapa dari kalian telah familiar dengan kata komik, kisah bergambar yang digandrungi anak-anak sampai orang dewasa. Komik berisikan kisah yang diulas lewat gambar. Sehingga orang yang membacanya seperti menyaksikan film kartun atau animasi.

Karena berbentuk animasi itu, orang tidak jarang berfikir bahwa komik hanyalah bacaan guna anak-anak. Padahal komik tidak sedikit sekali jenisnya, mulai kisah untuk anak di bawah usia hingga kisah dewasa. Menarik bukan? Nah, sebelum membicarakan lebih jauh, silakan simak dulu definisi komik dibawah ini.

Pengertian Komik

Komik adalah hasil dari perpaduan seni dan sastra. Karya seni ini menyampaikan kisah lewat visual atau gambar dan kata-kata. Dalam kisah komik, gambar lebih berpengaruh daripada teks verbal.

Komik dapat ditemukan di sekian banyak media, mulai dari koran, majalah, kitab komik, sampai media sosial. Biasanya, komik dijadikan sarana hiburan. Namun, karya seni ini juga dapat menjadi pesan sindiran sampai media pembelajaran.

Pengertian Komik Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi komik menurut beberapa para ahli:

1. Franz dan Meier

Pengertian komik ialah suatu kisah yang menekankan pada suatu gerak dan tindakan melewati urutan gambar yang diciptakan penulis komik secara khas menyeluruh dengan paduan kata-katanya.

2. Hurlock

Pengertian komik ialah media yang dapat menyerahkan model untuk menambah dan mengembangkan jati diri anak. Komik pun tergolong sarana komunikasi, sarana mengucapkan cerita, pesan, dan hal-hal yang berbau ilmiah laksana genre sastra anak yang lainnya.

3. M.S.Gumelar

Pengertian komik ialah urutan-urutan gambar yang sudah diatur sesuai destinasi dan filosofi penulisnya. Ini menciptakan pesan kisah dalam komik bisa tersampaikan. Komik ialah cenderung diberi lettering yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.

4. Sudjana dan Rifai

Pengertian komik ialah dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Komik dapat menciptakan efektif proses belajar mengajar, menambah minat belajar siswa, dan memunculkan minat apresiasi siswa.

5. Scott McCloud

Pengertian komik ialah kumpulan gambar dengan faedah menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik untuk penikmatnya. Seluruh teks kisah dalam komik tersusun apik dan saling bersangkutan antara gambar (lambang visual) dengan ucapan-ucapan (lambang verbal) yang disajikan penulisnya.

6. Daryanto

Pengertian komik ialah sajian kisah dengan seri gambar yang lucu. dan selalu sukses memikat penikmatnya. Komik ialah menyediakan cerita-cerita sederhana, gampang ditangkap, dan dipahami. Komik seringkali sangat disukai anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: Pengertian Batik

Sejarah Perkembangan Komik

perkembangan komik berawal dari kemajuan kuno di kehidupan gua yang ditemukan semua peneliti.yang kesudahannya berkembang di wilayah eropa dan komik yang berjudul the yelow kid di perkikan sebagai titik mula perkembangan komik di dunia.

Sejarah komik berawal di wilayah Barat. Pada awalnya komik melulu disiarkan di akbar-akbar harian dengan gaya lukisan kartun dimana ia berisii bagian humor dan pun kritikan. Komik yang berasal daripada ucapan ‘comic’ dalam bahasa inggris tersebut sendiri bermaksud ‘bersifat lucu’.

Namun lantas komik-komik berunsur aksi awal diterbitkan. Antara komik-komik aksi yang terawal ialah Superman, Batmandan Captain Amerika. Kewujudan komik sudah berkembang ke Asia pada Perang Dunia ke-2. Jepang yang turut terpengaruh dengan kebiasaan ini sudah berjaya mencipta manga yang adalahidentitas gaya lukisan Jepang.

Sejarah tradisi perkomikan di Indonesia boleh disebutkan sudah dilangsungkan lama, tampak dari banyaknya naskah Jawa dan Bali abad ke-18 sampai ke-19 yang berbentuk serupa komik.Komik canggih di Indonesia hadir sekitar 1930-an. Baru selama 1950-an,komik Indonesia tampil dalam format buku.

Ciri-ciri Komik

Ciri-ciri komik yaitu:

  • Berfungsi untuk menyampaikan kisah yang berisi pesan dan informasi dengan memakai teks dan gambar.
  • Gambar dan teksnya proporsional sehingga menciptakan pembaca komik seolah-olah terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.
  • Menggunakan bahasa pembicaraan sehari-hari yang gampang dipahami.
  • Umumnya isi kisah komik bertajuk kepahlawanan yang menciptakan pembacanya memiliki rasa atau sikap kepahlawanan.
  • Penggambaran watak dalam komik diciptakan secara sederhana supaya pembaca mudah mengetahui isi kisah dan menciduk pesan yang akan dikatakan dalam cerita.
  • Terdapat humor yang disajikan secara lugas sampai-sampai akan mudah dicerna pembaca dan lazimnya humor yang disajikan tidak jarang terjadi dan terdapat di masyarakat.
  • Teks atau kata-kata seringkali disajikan dalam gelembung-gelembung yang diserasikan dengan gambar.

Syarat Menggambar Komik

Berikut merupakan syarat-syarat untuk menggambar sebuah komik:

1. Memiliki Topik dan Tujuan

Tentu saja ini masuk kriteria menciptakan komik, topik dan destinasi menilai arah dan tujuan penciptaan komik ini. Seperti seperti cerminan imajinasi, dan teknik teknik menggambar komik itu adalah dari topik dan tujuan penciptaan komik.

Tujuan komik umumnya ialah untuk sebagai media hiburan, namun pun mempunyai tujuan lainya laksana komersial, atau mengisahkan suatu kisah, atau mencurahkan khayalan pembuat komik.

2. Membuat Kalimat Dalam Komik yang Efektif

Ini pasti saja masuk kriteria sebab untuk memudahkan pembaca, serta membuat kisah singkat nan efektif. Dan destinasi lain supaya kalimat pembicaraan efektif ialah untuk gampang di ingat pembaca dan dalil lainya juga.

3. Gambar

Gambar mesti cocok topik, atau gagasan yang dibuat. Gambar bukan gambar apa saja, tetapi gambar tertentu yang cocok komik. Dan gambar mesti cocok dengan teks yang ada.

Dan kiat mengggambar komik dengan menggambar komik dengan baik dan kiat tertentu biar gambar baik. Dan sediakan alat, bahan guna menggambar komik seperti kertas, pensil gambar dan lainya.

Baca juga: Pengertian Harga

Jenis-jenis Komik

Sama laksana halnya dengan sekian banyak jenis genre sastra anak yang lain, komik pun terbagi kedalam sejumlah kategori-kategori.

1. Berdasarkan Medianya

  • Komik Strip (Comic Strip)

Komik strip adalah jenis komik yang melulu terdiri dari sejumlah panel gambar saja. Akan tetapi andai dilihat dari sisi isinya komik ini sudah mengungkapkan usulan isi yang utuh.

Karena gambarnya yang melulu sedikit sehingga usulan yang dikatakan juga tidak terlampau banyak, seringkali hanya melibatkan satu konsentrasi pembicaraan saja laksana tanggapan terhadap sekian banyak peristiwa-peristiwa atau isu-isu yang sedang terjadi. Komik strip seringkali sering ditemukan dalam sekian banyak majalah anak dan surat kabar laksana majalah Bobo.

Komik Buku

Komik buku adalah jenis komik yang dikemas dalam format buku dan seringkali dalam satu kitab hanya memperlihatkan sebuah kisah yang utuh. Komik buku seringkali berbentuk seri dan satu judul kitab komik sering hadir berpuluh seri dan laksana tidak terdapat habisnya.

Komik-komik itu ada yang memang menampilkan kisah yang berkelanjutan, namun ada pun yang tidak. Contoh komik populer pada masanya ialah Elex Media Komputindo.

Komik Online

Internet yang menyerbu dunia menciptakan segalanya dapat dilakukan secara online tergolong baca komik. Bahkan website komik online sangat tidak sedikit pengunjung dan penggemarnya. Para komikus yang berbakat pun dapat mengembangkan diri di sana.

Salah satu website komik online yang populer ialah Webtoon Line. Aplikasi komik asal Korea ini memuat ratusan komik masing-masing harinya. Komikusnya juga dari sekian banyak negara laksana Korea, Jepang, Thailand dan Indonesia.

2. Berdasarkan Genre

  • Komik Anak

Komik yang berisikan cerita-cerita simpel tentang hewan, buah dan kehidupan sehari-hari.

  • Komik Humor dan Petualangan

Komik humor dan petualangan ini adalah komik yang paling tidak sedikit digemari oleh anak-anak. Komik humor adalah komik yang isinya memperlihatkan sesuatu yang lucu dan mengundang pembaca guna tertawa saat pembaca sedang merasakan komik tersebut. Aspek humoris itu dapat didapatkan melalui sekian banyak cara baik melewati gambar maupun melewati kata-kata.

Sedangkan komik petualangan merupakan komik isi ceritanya berupa petualangan dalam laksana pencarian, pembelaan, perjuangan perkelahian atau juga aksi yang beda yang tergolong jenis petualangan. Biasanya komik ini mengisahkan dua kumpulan tokoh yakni protagonis dan antagonis.

Kelompok protagonis merupakan kumpulan yang baik dan antagonis merupakan kumpulan yang jahat. Biasanya antar kedua kumpulan tersebut memperebutkan sesuatu atau pun menjaga sesuatu dan seringkali cerita dalam komik jenis ini selalu selesai dengan kumpulan protagonislah yang memenangkan kisah walaupun pada tadinya kelompok protagonis berikut yang memiliki tidak sedikit kesulitan.

  • Biografi dan Komik Ilmiah

Komik biografi seringkali menceritakan cerita kehidupan seorang figur sejarah yang diperlihatkan dalam format komik. Sedangkan, komik ilmiah seringkali berisi gabungan antara komik dan arasi. Contoh komik yang berisi gabungan dari komik dan narasi antara beda penemuan listrik, penemuan lampu, penemuan telepon dan beda sebagainya.

  • Komik Misteri dan Horor

Komik ini seringkali untuk umur dewasa, sebab ada taampilan gambar yang tidak layak serta mencekam untuk disaksikan anak-anak. Jalan ceritanya pun diciptakan berliku dan rumit sampai-sampai pembaca semakin penasaran.

  • Drama dan Romantis

Nah, untuk anak-anak baru gede, genre ini tentu yang sangat ditunggu-tunggu. Kisah-kisah percintaan manis ABG dengan keajaiban-keajaiban ala komik tentu memikat semua remaja. Kisahnya diciptakan sangat manis, kemudian dibumbui cerita sedih yang menciptakan mata berkaca-kaca.

3. Berdasarkan Jenis Cerita

  • Komik Edukasi

Komik pendidikan atau edukasi bisanya bermanfaat sebagai hiburan dan sebagai media edukatif.

  • Komik Promosi (Iklan)

Komik jenis ini digunakan diciptakan untuk kebutuhan promosi suatu produk.

  • Komik Wayang

Komik wayang adalahkomik yang isi ceritanya tentang kisah perwayangan laksana Mahabharata, Ramayana, dan beda sebagainya.

  • Komik Silat

Komik silat adalah komik yang paling popular, sebab tema yang disajikan dalam komik berupa adegan laga atau pertarungan yang sampai saat ini tetap menjadi idola. Misalkan komik Naruto, One Piece, Dragon Ball dan beda sebagainya.

Fungsi Komik

Fungsi dari komik dapat disaksikan di bawah ini, yakni:

  • Sebagai sarana Memberi Informasi dan edukasi
  • Media yang bisa Menghibur untuk pembaca
  • Melakukan pengungkapan ekspresi atau pesan Penulisan untuk khalayak ramai.

Baca juga: Pengertian Tsunami

Tujuan Komik

Berikut ini adalah tujuan komik:

  • Untuk mengembangkan kreativitas seseorang dengan memakai gambar serta mengembangkan daya imajinasi
  • Untuk mengaplikasikan seni ke dalam komik atau karikatur
  • Untuk menjadi hiburan masyarakat yang membacanya.

Demikianlah penjelasan tentang Komik dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..