Pengertian Komputer

Posted on

Pengertian Komputer – Pada zaman modern seperti sekarang ini komputer sudah tidak lagi asing bagi kita, bahkan kita dapat jumpai komputer di rumah, di kantor di sekolah dan lain sebagainya.

Lalu seperti apa bentuk komputer itu? apa fungsi komputer? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan hal-hal tersebut, mari kita simak penjelasan tentang komputer di bawah ini.

Apa Itu Komputer ?

Komputer adalah perangkat elektronik atau perangkat yang dapat memproses data sesuai dengan prosedur yang dirumuskan sebelumnya untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi penggunanya.

Komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling terhubung yang membentuk sistem yang berfungsi. Nah, sistem di komputer dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sehingga dapat menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian komputer menurut beberapa para ahli:

1. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, komputer adalah mesin komputasi elektronik yang cepat dan menerima informasi input digital, yang kemudian dapat memprosesnya sesuai dengan program yang disimpan dalam memorinya dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.

2. Wiliam M. Fuori

Menurut Wiliam M. Fuori, komputer adalah alat pengolah data yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logis dan tidak ada campur tangan manusia.

3. Sawyer dan Williams

Menurut Sawyer dan Williams, komputer adalah mesin serba guna yang dapat diprogram, menerima data dan mengolah data atau mengolahnya menjadi informasi yang dapat digunakan.

4. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai tugas, termasuk menerima input, memproses input, menyimpan perintah dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.

5. Donald H. Sanders

Menurut Donald H. Sanders, komputer adalah sistem elektronik yang memproses, mendesain, dan mengatur data dengan cepat dan tepat, sehingga dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data dan memproses data untuk menghasilkan keluaran berdasarkan perintah yang disimpan dalam memori.

6. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan memproses hasil, dan memberikan output dalam bentuk informasi.

Sejarah Singkat Komputer

Seorang ahli matematika bernama Charles Babbage asal Inggris adalah yang pertama di dunia yang berani mengirim surat kepada para ahli dari Kerajaan Inggris untuk mengembangkan alat perhitungan mekanis, yaitu komputer.

Ide ini secara tegas dinyatakan dalam surat berjudul Catatan tentang Penggunaan Mesin dalam Perhitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Surat yang dia kirim pada tanggal 14 Juni 1822.

Gagasan Charles termotivasi oleh masalah bahwa orang awam pada saat itu membuat kesalahan perhitungan meskipun menggunakan tabel matematika.

Itulah sebabnya ia ingin mengembangkan mesin penghitung mekanis yang terinspirasi oleh pengembangan mesin penghitung oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal dan Gottfried Leibniz.

Ketika Charles terus mengembangkan mesin komputer sehingga mereka dapat diprogram oleh manusia, mereka tidak bisa selesai. Kemudian mesin tersebut dilanjutkan oleh putranya.

Bagian dari mesin diferensial yang dirakit oleh putranya sekarang dapat dilihat di Museum London Science. Selain putranya, yang membantu dengan perakitan ide itu dikembangkan oleh berbagai pihak untuk menjadi komputer canggih yang kita kenal sampai sekarang.

Fungsi dari Komputer

Berikut adalah fungsi adanya komputer:

1. Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pemrosesan data untuk menghasilkan output yaitu informasi. Secara umum, data yang diproses di komputer adalah dalam bentuk teks, gambar, audio, video, grafik dan data lainnya.

2. Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai penyimpanan untuk data sehingga dapat dengan mudah ditemukan dan digunakan kembali. Data dapat disimpan dalam memori internal atau eksternal pada komputer.

3. Data Movement

Fungsi lain dari komputer adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain atau berbagai perangkat output lainnya.

4. Data Output

Fungsi komputer selanjutnya adalah menghasilkan keluaran atau informasi setelah melalui pengolahan data. Informasi ini dapat dilihat pada monitor, printer, dan speaker.

5. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data diterima oleh aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau perangkat lain.

Jenis-Jenis Komputer

Jenis komputer ada tujuh (7), yaitu:

1. Komputer Desktop

Seperti namanya, ini adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

2. Komputer Tower

Ini adalah komputer yang lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di samping atau di atas meja. Komputer ini dapat ditambahkan ke perangkat pendukung karena memiliki slot ekspansi.

3. Handbook (Sub-notebook)

Ini adalah jenis komputer yang umumnya lebih kecil dari notebook. Secara umum, Handbook memiliki prosesor dengan spesifikasi yang rendah.

4. Komputer Laptop

Ini adalah jenis komputer yang dapat ditempatkan di pangkuan pengguna. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang terintegrasi dan mudah dibawa.

5. Komputer Notebook

Ini semacam laptop, tetapi dengan ukuran lebih tipis. Umumnya lazim di kalangan siswa, guru dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputasi yang kecil dan ringan.

6. Komputer Palmtop

Ini adalah komputer yang kecil dan dapat dipegang. Jenis komputer ini sudah sangat jarang digunakan sejak penemuan smartphone.

7. Komputer Portabel

Ini adalah jenis komputer yang mudah dibawa ke mana pun Anda menggunakannya untuk penelitian dan pergerakan di tempat. Jenis komputer ini kurang populer karena umumnya berat dan lebih besar daripada laptop.

Komponen Komputer

Komponen komputer ada tiga yaitu input, proses dan output. Berikut penjelasannya:

1. Komponen Input

Komponen input adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai akses ke tugas-tugas yang ditransfer ke komputer. Contohnya adalah:

  • Microphone. Komponen yang memberikan input dalam bentuk suara
  • Pemindai atau Scanner. Untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer ke dalam file digital
  • Mouse. Adalah koneksi mouse antara layar dengan user atau pengguna. Selama operasi, mouse ditampilkan sebagai penunjuk pada layar monitor
  • Trackpad. Ini bekerja persis seperti mouse, tetapi hanya berbeda bentuknya
  • Pen. Hanya tersedia jika layar yang digunakan adalah layar sentuh. Ini bekerja seperti mouse. Untuk mengeluarkan perintah, cukup tekan ujung pena di layar
  • Keyboard. Keyboard adalah komponen yang digunakan untuk input dalam bentuk data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Huruf A hingga Z, angka 0 hingga 9 dan perintah lainnya ada di keyboard.

2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya adalah memproses perintah yang diberikan oleh pengguna dan kemudian menampilkannya pada komponen keluaran. Berikut adalah bentuk dari komponen proses:

  • Hard Disk. Gunanya menyimpan semua interpretasi yang diperlukan oleh komputer permanen pada sistem operasi komputer
  • RAM (Memori). untuk menyimpan semua aktivitas komputer untuk sementara waktu
  • Prosesor. Merupakan komponen utama untuk pemrosesan data
  • Motherboard. Yaitu tempat semua komponen merujuk dan sebagai koneksi antar komponen input, proses dan output.

3. Komponen Output

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang sebelumnya telah diproses.

  • Printer. Adalah alat untuk mencetak data di atas kertas
  • Speaker. Memberikan output berupa audio kepada pengguna
  • Monitor. Komponen yang menunjukkan proses yang dijalankan komputer.

Demikianlah artikel tentang Komputer ini, di era digital saat ini, kecerdasan buatan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mesin pencari Google, asisten virtual untuk smartphone, mobil dengan kontrol otomatis, robot, dan lainnya. Semoga bermanfaat terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: