Pengertian Budaya

Posted on

Pengertian Budaya – Di dalam kehidupan, manusia tidak pernah lepas dari budaya dan adat istiadat. Keberadaan budaya sangat penting karena berfungsi sebagai identitas dan karakteristik masyarakat itu sendiri.

Maka tidak heran, setiap golongan atau kelompok memiliki budaya yang berbeda. Lalu apa sih budaya itu? Mari simak artikel tentang budaya di bawah ini.

Apa Itu Budaya ?

Budaya adalah cara hidup yang dikembangkan dan dimiliki oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak elemen yang kompleks, termasuk sistem keagamaan, politik, bahasa, adat istiadat, bangunan, alat, pakaian dan karya seni.

Bahasa dan budaya merupakan bagian integral dari manusia yang oleh banyak orang dianggap sebagai warisan genetika. Jika seseorang mencoba berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan menyeimbangkan perbedaan, itu membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya ialah gaya hidup holistik. Budaya juga bersifat kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya yang membantu menentukan perilaku komunikasi. Unsur difusi sosial dan budaya dan mencakup banyak kegiatan sosial manusia.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian budaya menurut beberapa para ahli:

1. Edward Burnett Tylor

Dalam bukunya “Primmitive Culture” Tylor menjelaskan bahwa budaya adalah keseluruhan yang kompleks dan jelas yang berisi pengetahuan, kepercayaan, keahlian, hukum, moralitas, adat istiadat, dan keterampilan lainnya. Serta kebiasaan yang dipertahankan orang dalam kehidupan mereka dan dalam posisi mereka sebagai anggota masyarakat.

2. Linton

Lintoh menyampaikan bahwa pemahaman budaya adalah memegang pola dan pengetahuan yang merupakan kebiasaan yang dihasilkan dari warisan anggota masyarakat secara keseluruhan.

3. Branislaw Malinowski

Sementara Branislaw Malinowski berpendapat bahwa budaya adalah unit yang terorganisir secara unitaril yang dibagi menjadi dua aspek dasar, yaitu serangkaian artefak dan sistem bea cukai.

4. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya adalah hasil dari perjuangan masyarakat melawan alam dan juga terhadap zaman yang menunjukkan kemakmuran dan kemuliaan dalam kehidupan manusia di bawah kondisi sulit dan hambatan untuk kemakmuran dan kebahagiaan dalam hidup nya.

5. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah perilaku keseluruhan orang dan hasil yang dicapai melalui proses pembelajaran dan semuanya diatur dalam kehidupan masyarakat.

Unsur-Unsur Budaya

Berikut adalah unsur-unsur dari sebuah budaya:

1. Bahasa

Bahasa adalah pelafalan yang indah dalam unsur budaya maupun dalam kebudayaan yang dapat menjadi alat mediasi yang paling penting bagi setiap orang untuk melanjutkan atau menyesuaikan budaya. Ada dua bentuk bahasa, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan.

2. Peralatan Hidup dan Teknologi

Jumlah total teknologi yang dimiliki masyarakat. Termasuk cara bertindak secara keseluruhan. Ini menyangkut pengumpulan dan pemrosesan bahan baku untuk produksi peralatan kerja seperti pakaian, alat transportasi dan kebutuhan lain dalam bentuk benda material.

3. Sistem Mata Pencaharian

Sistem mata pencaharian adalah semua upaya manusia untuk mendapatkan barang dan layanan yang Anda butuhkan. Mata pencaharian atau sistem ekonomi termasuk berburu dan mengumpulkan makanan, pertanian, peternakan, perikanan atau perdagangan.

4. Kesenian

Kesenian dapat diartikan sebagai semua keinginan manusia untuk mencapai suatu keindahan. Berbagai bentuk keindahan muncul dari imajinasi kreatif yang dapat memberi kepuasan batin manusia. Secara keseluruhan, bentuk seni dibagi menjadi tiga garis besar, yaitu seni visual, seni suara dan seni tari.

5. Sistem Kemasyarakatan

Sistem kemasyarakatan adalah sekelompok orang yang merasa bersama dengan yang lainnya. Ini adalah unsur warisan budaya yang sangat penting bahkan dalam struktur sosial unsur ini menghitung garis darah dari pernikahan dan hubungan darah manusia.

6. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan membahas ilmu kondisi alam di sekitar manusia dan sifat-sifat perangkat yang digunakan. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang lingkungan alam, flora dan fauna, tubuh manusia, waktu, sifat dan perilaku manusia, ruang, angka dan lainnya.

7. Sistem Religi

Sistem religi atau kepercayaan yaitu hal-hal yang terkait atau berhubungan dengan kepercayaan. Unsur sistem religi adalah salah satu elemen budaya yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sistem ini bertindak sebagai pengatur kehidupan antara manusia dengan penciptanya.

Faktor-Faktor Budaya

Ada dua faktor budaya, yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat. Berikut penjelasannya:

1. Faktor Pendorong

  • Adanya niat untuk melestarikan budaya
  • Timbul dan tertanam dalam hati untuk cinta terhadap budaya
  • Ada generasi mendatang yang siap melanjutkan budaya
  • Ada perubahan di lingkungan yang dapat mendukung pengembangan budaya
  • Mempertahankan budaya agar tidak hilang.

2. Faktor Penghambat

  • Jumlah budaya asing memasuki budaya lokal yang bisa mengubahnya
  • Generasi selanjutnya yang tidak tertarik dengan budaya lokal
  • Tidak ada rasa untuk mempertahankan kembali budaya lokal
  • Menganggap budaya sebagai hal yang kuno dan membiarkannya menghilang atau lenyap begitu saja.

Ciri-Ciri Budaya

Berikut adalah ciri-ciri dari budaya:

  1. Elemen budaya yang berbeda agar saling berhubungan
  2. Budaya selektif dan mewakili pola perilaku pengalaman manusia, yang jumlahnya terbatas
  3. Budaya itu bersifat dinamis, yaitu sistem yang terus berubah
  4. Budaya dapat diajarkan dari orang ke orang, dari kelompok ke kelompok dan dari generasi ke generasi
  5. Budaya memposisikan dirinya melalui simbol
  6. Etnosentris (anggap budaya Anda sendiri yang terbaik atau standar untuk menilai budaya lain)
  7. Budaya bukan bawaan, tetapi dipelajari.

Fungsi Kebudayaan

Berikut adalah fungsi dari kebudayaan:

  1. Masyarakat menjadi lebih saling menghormati
  2. Sarana membangun sosialisasi
  3. Ada perasaan toleransi dan empati
  4. Media pembelajaran
  5. Memperkuat rasa nasionalisme
  6. Dan lain lain.

Wujud Budaya

Berikut adalah wujud yang dihasilkan dari budaya:

1. Aktifitas

Aktivitas adalah salah satu kegiatan dan tindakan di mana interaksi antar individu dalam masyarakat akan berlangsung. Kegiatan spesifik yang dapat diamati dan didokumentasikan.

2. Hasil Budaya

Hasil budaya merupakan peninggalan dalam bentuk karya, benda atau benda fisik. Produk budaya adalah yang paling konkret dari dua bentuk.

3. Gagasan atau Ide

Gagasan atau Ide adalah pola pikir. Pola pikir terdiri dari kumpulan ide-ide abstrak. Dengan kata lain, orang memiliki harapan atas segala yang mereka lihat dan hidup dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Contoh Budaya di Indonesia

Berikut adalah contoh budaya-budaya yang terdapat di Indonesia.

  1. Musik keroncong
  2. Musik dangdut
  3. Rumah adat papua
  4. Ngaben
  5. dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang Budaya ini mari cintai budaya lokal dan jangan terpengaruh dengan budaya luar. Semoga bermanfaat terimakasih.

Baca juga Artikel Lainnya >>>