Pengertian Musik

Posted on

Pengertian Musik – Indonesia kaya akan ragam suku, tradisi, dan seni musik, mulai dari Aceh hingga Papua. Keragaman ini merupakan kekayaan dan warisan budaya. Salah satu seni musik adalah musik daerah.

Mungkin kita mendengarkan musik atau lagu hampir setiap hari. Baik itu lagu Indonesia, lagu Barat, ataupun lagu lainnya. Media untuk mendengarkan musik pun bermacam-macam. Jika dulu kita mendengarkan musik dalam bentuk CD atau kaset, kini musik dapat didengarkan melalui berbagai platform atau aplikasi musik online.

Pengertian Musik

Musik adalah suara yang disusun untuk memuat lagu, irama, dan keharmonisan, terutama dari suara alat musik yang dapat menciptakan sebuah irama. Musik adalah fenomena yang sangat unik yang dapat diciptakan oleh alat-alat yang berbeda.

Ada banyak fungsi musik, seperti hiburan, ekspresi diri, alasan bisnis dan ekonomi, upacara dan ritual, menenangkan hati, mediasi, dan sebagainya. Musik secara umum dibedakan menjadi musik tradisional dan musik modern.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian musik menurut beberapa para ahli :

1. Dello Joio

Musik menurut Dello Joio ialah musik dapat memperluas pengetahuan dan pendapat serta mengetahui banyak hal lain di luar musik. Pengenalan musik akan meningkatkan rasa penghargaan terhadap nilai seni dan menjadi sadar akan dimensi lain dari realitas yang sebelumnya tersembunyi.

2. Adjie Esa Poetra

Musik menurut Adjie Esa Poetra adalah tata bunyi yang tidak hanya normatif secara moral, tetapi diakui harmonis, berdasarkan kalkulasi para fisikawan.

3. David Ewen

Musik menurut David Ewen yaitu ilmu dan seni perpaduan ritmik dan ragam nada, baik vokal maupun instrumental, termasuk melodi dan harmoni sebagai ungkapan apapun yang ingin diungkapkan, terutama secara emosional.

Baca Juga : Pengertian Agama

4. Aristoteles

Musik menurut Aristoteles merupakan penyalur kekuatan representasi yang dihasilkan dari pergerakan rasa dalam rangkaian nada (nelodies) yang berirama.

5. Jamalus

Musik menurut Jamalus adalah sesuatu yang menciptakan karya seni berupa suara berupa lagu atau gubahan, mengungkapkan pikiran dan perasaan pencipta melalui unsur-unsur utama musik yaitu irama, melodi, harmoni. serta bentuk atau komposisi lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

Unsur-Unsur Musik

Seni musik dapat dibentuk atas dasar komponen dan elemen tertentu. Berikut ini penjelasan tentang unsur-unsur musik secara umum dan apa artinya.

  1. Timbre, merupakan sifat antara dua nada yang memiliki kekuatan dan nada yang sama saat instrumen dirancang.
  2. Dinamika, adalah tanda reproduksi suara pada volume tinggi atau rendah.
  3. Tempo, yaitu ukuran kecepatan bilah lagu.
  4. Harmoni, yakni bentuk harmoni dengan akor atau bunyi.
  5. Tangga Nada, ialah urutan not yang disusun dalam skala.
  6. Birama, adalah pukulan atau getaran berulang yang muncul secara teratur pada waktu yang sama.
  7. Irama / ritme, merupakan rangkaian gerakan teratur yang menjadi elemen dasar musik.
  8. Melodi, yaitu ungkapan yang terdiri dari nada-nada dalam urutan teratur, interval, dan akut.

Fungsi Musik

Musik memiliki beberapa fungsi dan tujuan didalam kehidupan manusia di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa fungsi musik secara umum:

  1. Sebagai profesi dan sarana penghidupan
  2. Sebagai sarana estetika dan keindahan
  3. Sebagai salah satu bentuk budaya daerah
  4. Sebagai musik pengiring tarian
  5. Sebagai ritual dan upacara keagamaan
  6. Sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran
  7. Sebagai alat komunikasi
  8. Sebagai sarana hiburan dan rekreasi
  9. Sebagai alat ekspresi diri.

Jenis-Jenis Musik

Berikut adalah jenis-jenis musik secara umum :

1. RnB

RnB adalah singkatan dari “rhythm” & blues” yaitu genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika Amerika pada tahun 1940. Sebuah band RnB biasanya terdiri dari seorang pianis atau dua gitaris, penyanyi, bass, drum, dan saksofon.

Baca Juga : Pengertian Pasar

2. Dangdut

Dangdut sebagai genre musik andalan di tanah air, bentuk musik ini berfokus pada musik Malaysia tahun 1940-an, penyanyi paling terkenal dengan ratusan lagu, yaitu Raja Dangdut Rhoma Irama.

3. Country

Jenis musik ini berasal dari Amerika Serikat bagian selatan di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920-an. Ciri khas musik country adalah instrumen senar yang digunakan. Musik ini juga merupakan sinonim dari Konoi. Musik ini enak didengar saat Anda berjalan jauh dan memulai hari. Taylor Swift adalah contoh artis populer yang membuat jenis musik ini.

4. Hip Hop

Hip hop ini adalah jenis musik yang terdiri dari musik ritmis dan elegan yang biasanya terdiri dari suara rap dan ritmis. Penyanyi biasanya membaca lirik seperti biasa, namun dengan ritme tertentu.

5. Klasik

Salah satu jenis musik yang berakar pada tradisi musik barat dan sudah ada sejak abad ke 11, tokoh musik klasik terkenal seperti Beethoven dan Johann Sebastian Bach.

6. Reggae

Genre musik ini berasal dari Jamaika pada akhir 1960-an. Reggae dipengaruhi oleh jazz Amerika dan Rnb. Salah satu elemen paling terkenal dari musik reggae adalah ritme yang tidak biasa yang berasal dari gitar atau piano.

7. Jazz

Genre musik ini berasal dari Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini dikenal dengan muatan melodinya. Jazz memiliki pengaruh besar pada budaya Afrika Barat dan Eropa.

Baca Juga : Pengertian Media Sosial

8. Electronic

Musik jenis ini memanfaatkan sepenuhnya teknologi elektronik, contoh alat musiknya adalah gitar listrik, telharmonium, dan organ Hammond.

9. Blues

Berasal dari Afrika-Amerika dan diterbitkan pada abad ke-19, ciri khas musik blues ini adalah teks pertama yang terdiri dari 1 ayat yang diulang empat kali.

10. Rock

Rock ini adalah musik populer dari musik rock and roll di USA tahun 1950-an, musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll, musik rock difokuskan pada gitar listrik, band rock didominasi oleh laki-laki.

11. Pop “Populer”

Jenis pop ini yaitu jenis rock and roll modern yang didirikan pada tahun 1950-an dan telah menjadi genre paling populer saat ini.

Demikianlah artikel tentang Musik ini, semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi anda, Terimakasih.