Pengertian Media Sosial

Posted on

Pengertian Media Sosial – Pada saat ini siapa sih yang tidak kenal yang namanya media sosial, semua orang tentunya sudah mengenal dan menggunakan media sosial untuk kegiatan sehari-hari mereka seperti hiburan, mengerjakan tugas dll.

Media sosial juga selain banyak manfaat yang didapat, ada juga dampak negatifnya jika tidak digunakan dengan selayaknya, Nah, untuk lebih jelasnya mari simak artikel nya dibawah ini.

Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah suatu media online. Dengan penggunanya mereka dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten termasuk blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki adalah bentuk paling umum dari media sosial yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Jejaring sosial adalah situs web di mana siapa pun dapat membuat situs web pribadi dan kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan komunikasi. Jejaring sosial terbesar saat ini Facebook, Path, Instagram, MySpace dan Twitter.

Ketika media tradisional menggunakan media ceak dan broadcast, media sosial menggunakan Internet. Media sosial mengundang semua yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberikan kontribusi dan umpan balik yang terbuka dan tidak terbatas, membuat komentar dan bertukar informasi.

Dengan kemajuan teknologi internet dan telepon seluler, media sosial telah berkembang pesat. Facebook atau Twitter dapat diakses di mana saja, misalnya karena kecepatan media sosial juga nampaknya menggantikan peran media massa konvensional dalam distribusi berita.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian media sosial menurut beberapa para ahli :

1. Marjorie Clayman

Media sosial menurut Marjorie Clayman adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda menemukan pelanggan dan pelanggan potensial dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

2. M. Terry

Media sosial menurut M. Terry adalah sarana komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk meringkas konten mereka dan menggunakan teknologi transmisi berbasis internet yang berbeda dari media cetak dan media tradisional.

3. Michael Cross

Media sosial menurut Michael Cross adalah istilah yang menggambarkan banyak teknologi yang terhubung dengan orang melalui kolaborasi melalui konten pesan berbasis web, informasi dipertukarkan dan berinteraksi dengan.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi

4. Andreas Michael Haenlien dan M. Kaplan

Media sosial menurut Andreas Michael Haenlien dan M. Kaplan adalah sekelompok aplikasi berbasis internet yang didasarkan pada fondasi ideologis Web 2.0 (platform untuk pengembangan media sosial) dan memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten.

5. Chris Brogan

Media sosial menurut Chris Brogan terdiri dari sejumlah alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan berbagai jenis interaksi yang belum pernah dialami oleh orang awam sebelumnya.

6. Kevin Keller dan Philip Kotler

Media sosial menurut Kevin Keller dan Philip Kotler adalah cara bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, video dan audio satu sama lain dan dengan perusahaan, dan sebaliknya.

Fungsi Media Sosial

Berikut adalah fungsi dari media sosial :

1. Mendengarkan dan Belajar

Perusahaan dapat mendengarkan dan belajar dari media melalui media tersebut. Informasi dari media sosial memungkinkan perusahaan untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar dan bagaimana memuaskan mereka. Informasi yang relevan dapat membantu perusahaan mencapai visi dan misi mereka.

2. Pengukuran

Perusahaan dapat memiliki pengetahuan dan data yang relevan dengan pasar. Dari data ini, perusahaan dapat mengukur dan menentukan langkah-langkah efektif untuk mengukur apakah metode yang digunakan adalah metode terbaik.

3. Berpikir dan Perencanaan

Dengan melihat langkah 1 dan 2 dari apa yang akan dilakukan organisasi untuk memuaskan pasar, organisasi dapat mempertimbangkan dan menetapkan rencana untuk berkomunikasi dengan pasar. Bagaimana teknologi sosial dapat meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

Baca Juga : Pengertian Bank

4, Administrasi

Dengan menggunakan media sosial, profil karyawan perusahaan dapat diatur dalam konteks sosial yang relevan dan relatif di mana posisi pasar saat ini. Dengan mendirikan media sosial, publik dapat dengan mudah menemukan perusahaan dan semua jenis modul administratif.

Tujuan Media Sosial

Tujuan dari media sosial ada empat, yaitu :

1. Membentuk Komunitas

Komunitas online sekarang sangat mudah ditemukan, baik di situs forum maupun di situs jejaring sosial lainnya. Media sosial adalah titik pertemuan bagi orang-orang di Internet yang memiliki minat yang sama untuk berkomunikasi dan bertukar informasi atau pendapat.

2. Media Pemasaran

Jumlah pengguna media sosial jelas menjadi tempat yang sangat potensial untuk memasarkan sesuatu. Bisnis online yang berkembang sekarang sangat dipengaruhi oleh media sosial sebagai lokasi iklan.

3. Menjalin Hubungan Pribadi

Media sosial juga memainkan peran penting dalam menjalin hubungan pribadi dengan orang lain. Ada banyak pengguna media sosial yang menemukan pasangan hidup, teman, dan mitra bisnis di media sosial.

4. Aktualisasi Diri

Bagi kebanyakan orang, media sosial adalah tempat untuk pemenuhan diri. Mereka menunjukkan bakat dan keunikan mereka di media sosial sehingga banyak orang dapat melihatnya. Tidak heran banyak seniman berlomba untuk menjadi terkenal di media sosial mereka.

Karakteristik Media Sosial

Kita dapat mengenal media sosial dari ciri-ciri atau karakteristik yang dimilikinya, adapun karakteristik dari media sosial yaitu:

1. Adanya Keterbukaan

Sebagian besar media sosial menawarkan pengguna kemampuan untuk berkomentar, memberikan suara, berbagi, dan lainnya. Pesan dapat dikirim secara bebas tanpa harus melalui Gatekeeper.

2. Keterhubungan

Media sosial memungkinkan pengguna untuk terhubung ke pengguna lain melalui tautan dan sumber informasi lainnya. Mengirim pesan ke media sosial lebih cepat daripada media lain menghubungkan banyak informasi di media sosial.

Baca Juga : Pengertian Implementasi

3. Adanya Perbincangan

Konten dapat berinteraksi di sebagian besar media sosial, baik itu dalam bentuk reaksi atau percakapan antara pengguna. Penerima pesan dapat dengan bebas menentukan kapan harus berinteraksi dengan pesan.

4. Partisipasi Pengguna

Semua media sosial mendorong pengguna untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik pada pesan atau konten di media sosial. Pesan yang dikirim dapat diterima atau dibaca oleh banyak orang.

Jenis-Jenis Media Sosial

Media Sosial umumnya dibagi menjadi empat, yaitu :

1. Komunitas Online (Forum)

Forum online dan situs komunitas biasanya dibuat oleh individu atau kelompok yang tertarik pada industri tertentu. Pengguna forum ini dapat berdiskusi, mengobrol, dan memposting topik yang sesuai dengan minat mereka.

Beberapa contoh komunitas online:

  • Kaskus.co.id
  • Ads.id.
  • Brainly.co.id
  • Bersosial.com
  • Formaxmanroe.com
  • Indowebster.com
  • Dan lainnya.

2. Social Bookmark

Social Bookmark ini seperti forum bagi pengguna internet untuk menyimpan alamat situs web pilihan mereka. Namun, pengguna situs bookmark sosial baru-baru ini menurun, karena situs ini banyak digunakan untuk spam.

Beberapa contoh situs Social Bookmark yang populer adalah:

  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Slashdot
  • Diigo.com
  • Scoop.it
  • Dan lainnya.

3. Situs Blog

Situs blog juga termasuk dalam kategori Media Sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembaca untuk berinteraksi. Secara umum, blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian pemilik blog dan konten di dalamnya dapat memengaruhi banyak orang.

Beberapa contoh halaman blog yaitu:

  • Maxmanroe.com
  • Sugeng.id
  • Bloggerborneo.com
  • Juragancipir.com
  • Dan lainnya.

4. Social Networks

Social Networks adalah jenis media sosial yang paling dikenal luas dan banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa jejaring sosial yang paling banyak digunakan saat ini yaitu:

  • Youtube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • Dan lainnya.

Demikianlah artikel tentang Media Sosial ini, Semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.