Pengertian XAMPP

Posted on

Pengertian XAMPP – Pernahkah kalian mendengar tentang software XAMPP? Nama XAMPP barangkali masih tersiar asing ditelinga beberapa masyarakat Indonesia. Kendati demikian, aplikasi atau software komputer yang satu ini sebetulnya sudah paling populer dan tidak sedikit digunakan, khususnya oleh semua pelaku IT yang baru masuk dan belajar di ranah dunia web developer.

Nah, untuk Anda yang sedang memperdalam ilmu penciptaan website, mempelajari mengenai apa tersebut XAMPP ialah tahapan mula yang wajib dilaksanakan jika hendak menghemat anggaran. Pasalnya, XAMPP dapat menggantikan peran web hosting dengan teknik menyimpan file situs kedalam hosting lokal (localhost) supaya bisa dipanggil lewat browser.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya dipungut dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Sementara imbuhan huruf “X” yang ada pada mula kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa software ini dapat dijalankan di empat sistem operasi berbeda, laksana OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Sejarah mencatat, aplikasi XAMPP pertama kali dikembangkan oleh kesebelasan proyek mempunyai nama Apache Friends dan sampai ketika ini telah masuk dalam rilis versi 7.3.9 yang dapat didapatkan secara cuma-cuma dengan label GPL (General Public License).

Jika diulas secara gamblang, setiap huruf yang terdapat di dalam nama XAMPP menurut keterangan dari para berpengalaman memiliki makna sebagai berikut:

X = Cross Platform
Merupakan kode penanda guna software cross platform atau yang dapat berjalan di tidak sedikit sistem operasi. Jadi, terdapat XAMPP guna Windows, xampp for mac, dan juga Linux. Semua itu mempunyai sifat free download xampp.

A = Apache
Apache ialah aplikasi web server yang mempunyai sifat gratis dan dapat dikembangkan oleh tidak sedikit orang (open source).

M = MySQL / MariaDB
MySQL atau MariaDB merupakan software database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus susunan melalui database.

P = PHP
Huruf “P” yang kesatu dari akronim kata XAMPP ialah inisial guna menunjukkan keberadaan bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini seringkali digunakan untuk menciptakan website dinamis, misalnya dalam situs berbasis CMS WordPress.

P = Perl
Sementara itu, guna huruf P selanjutnya adalah singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang kerap dipakai untuk memenuhi sekian banyak macam kebutuhan. Perl ini dapat berjalan di dalam tidak sedikit sistem operasi sampai-sampai sangat luwes dan tidak sedikit digunakan.

Baca juga: Laporan Keuangan : Pengertian, Jenis, Tujuan, Sifat, Fungsi dan Manfaatnya

Fungsi XAMPP

Program software XAMPP bermanfaat sebagai server lokal guna mengampu sekian banyak jenis data situs yang sedang dalam proses pengembangan. Dalam prakteknya, XAMPP dapat digunakan guna menguji kinerja fitur ataupun memperlihatkan konten yang terdapat didalam website untuk orang beda tanpa mesti terkoneksi dengan internet, lumayan akses melewati Xampp control panel, atau istilahnya situs offline.

XAMPP bekerja secara offline layaknya web hosting biasa tetapi tidak dapat diakses oleh tidak sedikit orang. Maka dari itu, XAMPP biasanya tidak sedikit digunakan oleh semua mahasiswa maupun pelajar untuk menyaksikan hasil desain situs sebelum akhirnya diciptakan online memakai web hosting yang biasa dipasarkan dipasaran.

Baca juga: Tanggung Jawab : Pengertian, Macam, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Bagian-bagian Penting di Dalam XAMPP

Berikut adalah bagian-bagian terpenting di dalam saftware XAMPP:

1. Htdocs

Htdocs adalah nama suatu folder unsur dari XAMPP yang bermanfaat untuk menyimpan sekian banyak file dan dokumen yang akan diperlihatkan kedalam website. Kapasitas penyimpanan di dalam menu htdocs sendiri bergantung untuk harddisk yang terpasang di perlengkapan komputer.

2. Control Panel

Seperti namanya, Control Panel menyerahkan kita akses lebih leluasa dalam menata database, mengunggah file, atau mengerjakan setting lebih detail berhubungan jeroan website. Dari dalam Control Panel anda juga dapat mengatur stop dan star software XAMPP supaya tidak memberatkan kinerja komputer.

3. PhpMyAdmin

Sama seperti fungsi PhpMyAdmin pada web hosting sesungguhnya, peran PhpMyAdmin dalam software XAMPP pun diplot sebagai pengatur konfigurasi MySQL. Bagi membuka phpMyAdmin di XAMPP metodenya Anda dapat langsung mengetikkan URL http://localhost/phpMyAdmin.

Komponen XAMPP

Berikut ini terdapat sejumlah komponen dari xampp, terdiri atas:

1. XAMPP 1.8.3 untuk Windows, yaitu:

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • FileZilla FTP Server 0.9.41
  • Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
  • Strawberry Perl 5.16.3.1 Portabel
  • XAMPP Control Panel 3.2.1 (dari hackattack142).

2. XAMPP 1.8.3 untuk Linux, yaitu:

  • Apache 2.4.4
  • MySQL 6.5.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • OpenSSL 1.0.1e.

Baca juga: Saham : Pengertian, Peran, Jenis, Manfaat, Risiko, Nilai dan Tujuannya

Cara Install XAMPP di Laptop dan PC

Setelah mengenal lebih jauh dalam definisi XAMPP, Anda pasti penasaran dong bagaimana langkah-langkah teknik menginstall XAMPP di Laptop atau PC? Bagaimana dengan keunggulan dan kelemahan XAMPP? Caranya tidak jauh bertolak belakang kok dikomparasikan dengan teknik menginstall software komputer pada umumnya. Berikut petunjuk instalasi XAMPP selengkapnya:

  • Anda mesti menyiapkan file XAMPP terlebih dahulu dengan teknik mengunduh lewat link sebagai berikut http://www.apachefriends.org/en/index.html. Tenang, file ini mempunyai sifat gratis kok, jadi kita tidak butuh mengeluarkan ongkos lisensi sepeserpun.
  • Setelah file sukses didownload dengan sempurna tahapan selanjutnya ialah menyiapkan space/ ruang harddisk di laptop atau komputer dengan paling tidak masih mnyisakan ROM sebesar 1GB untuk menampung gambar, teks, video, dan dokumen website.
  • Jalankan file xampp-windows-x64-7.3.9-0-VC15-installer atau versi lainnya yang lebih mutakhir.
  • Akan terdapat jendela baru yang tersingkap sebagai indikasi dimulainya proses instalasi. Pada proses ini Anda bakal diminta guna memilih bahasa Indonesia atau English, pilih saja yang bahasa Indonesia lantas klik next.
  • Setelah itu, Anda bakal diminta guna memilih komponen yang bakal digunakan. Standar guna server web berbasis CMS WordPress memakai MySQL, FileZilla FTP server, dan Apache, sementara dari bahasa pemrograman dapat menceklist opsi phpMyAdmin, PHP, dan Perl. Kemudian klik next.
  • Pada etape ini anda diminta guna memilih tempat file XAMPP yang bakal diinstal, pakai saja pengatuan default kemudian klik next/install.
  • Tunggu sejumlah menit hingga proses instalasi XAMPP berlalu yang ditandai dengan bar progress seluruhnya pulang menjadi warna hijau.
  • Anda sudah dapat menjalankan program XAMPP di laptop atau PC Windows untuk menciptakan website secara offline memakai localhost.

Kelebihan dan Kekurangan XAMPP

Setiap software pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan dari xampp:

1. Kelebihan :

  • Database Storage Engine ini tidak sedikit digunakan oleh programmer lagi pula oleh web pengembang karena sifatnya yang free. Bagi yang expert telah ada yang bayar.
  • Kemampuannya sudah dapat diandalkan, memiliki kapasitas yang lumayan mumpuni selama 60.000 tabel dengan jumlah record menjangkau 5.000.000.000 bahkan guna yang terbaru telah lebih.
  • Keamanan datanya lumayan aman walaupun tidak sehebat Postgre lagipula Oracle.
  • Engine ini multiplatform sehingga dapat diaplikasikan di sekian banyak sistem operasi. My Sql sesuai diaplikasikan diaplikasi ruang belajar kecil dan menengah.
  • Kelebihan sangat utama engine ini ialah kecepatannya.

2. Kekurangan :

  • Tidak sesuai untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik guna menyimpan data maupun guna memproses data.
  • Memiliki keterbatasan keterampilan kinerja pada server saat data yang ditabung telah melebihi batas maksimal keterampilan daya tampung server sebab tidak merealisasikan konsep Technology Cluste.

Demikianlah penjelasan tentang XAMPP dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..