Pengertian Public Relations : Fungsi, Tugas dan Gajinya

Pengertian Public Relations – Sebagai makhluk sosial kita tentunya membutuhkan interaksi satu sama lain yang bertujuan untuk mempermudah dan saling tolong menolong dalam berbagi kegiatan.

Interaksi dalam hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan baik dari pihak atasan maupun pihak bawahan, interaksi ini di pandang masyarakat luas sebagai suatu kegitan yang saling menguntungkan.

Pengertian Public Relations

Public Relations merupakan proses interaksi di mana hubungan masyarakat menciptakan opini publik sebagai kontribusi yang menguntungkan kedua belah pihak dan mempromosikan pemahaman, mempromosikan motivasi, partisipasi publik, mempromosikan itikad baik, kepercayaan dalam saling pengertian dan citra publik yang baik.

Public Relations ialah upaya yang direncanakan dengan sengaja untuk membangun, memelihara dan saling pengertian antara suatu atasan dengan karyawannya.

Pendapat ini menunjukkan bahwa Public Relations dipandang sebagai suatu proses atau kegiatan yang bertujuan untuk membangun komunikasi antara organisasi dan pihak-pihak di luar organisasi.

Public Relations merupakan interaksi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ini adalah pekerjaan profesional di bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting untuk pencapaian tujuan organisasi yang tepat dan berkelanjutan, karena hubungan masyarakat adalah kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan,

Public Relations yaitu fungsi manajemen khusus yang berkontribusi pada pembentukan dan pemeliharaan komunikasi timbal balik, pemahaman, dukungan dan kerja sama antara organisasi dan publik, membawa serta masalah-masalah manajemen dan membantu manajer untuk mengetahui dan bereaksi terhadap opini publik.

Ini menggaris bawahi tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publik, membantu manajemen menjaga kecepatan dan memanfaatkan perubahan secara efektif dan berguna sebagai sistem peringatan cepat untuk mengantisipasi tren dan penelitian serta teknik komunikasi yang mapan yang digunakan sebagai alat utama.

Sejarah Public Relations

Dalam sejarahnya, istilah public relations telah diperkuat oleh kegiatan perintis Ivy Ledbetter Lee, yang berhasil mengatasi kelumpuhan batubara AS pada tahun 1906. Atas upaya ini, ia din0batkan sebagai bapak Public Relations.

Perkembangan hubungan masyarakat sebenarnya dapat dikaitkan dengan keberadaan manusia. Elemen-elemen untuk memberikan informasi kepada masyarakat, keyakinan masyarakat dan integrasi masyarakat adalah fondasi bagi masyarakat.

Sasaran, teknik, alat, dan standar etika berubah seiring waktu. Misalnya, selama suku-suku primitif, mereka menggunakan kekerasan, intimidasi atau bujukan untuk menjaga pengikut mereka di bawah pengawasan. Atau menggunakan benda ajaib, totem (benda suci), tabu (benda tabu) dan kekuatan gaib.

Penemuan tulisan akan mengubah metode persuasi. Opini publik sudah mulai berperan. Ketika itu adalah Mesir kuno, para ulama membentuk opini dan pengguna keyakinan.

Pada saat Pertandingan Olimpiade Yunani kuno, mereka mulai berkembang untuk bertukar pendapat dan meningkatkan hubungan dengan orang-orang. Evaluasi opini atau opini publik adalah perkembangan terbaru dalam sejarah manusia.

Fungsi dasar Pulic Relations adalah dalam Revolusi Amerika. Ketika ada gerakan yang direncanakan dan dieksekusi. Pada prinsipnya, setiap fase pengembangan menunjukkan perbedaan dalam strategi pengaruh publik dan menciptakan opini publik untuk pengembangan organisasi.

Pentingnya Public Relations

Sebuah survei dari American Advertising Federation (AAF) di antara 1.800 manajer perusahaan. Para manajer ditanyai departemen mana yang paling penting untuk kesuksesan perusahaan mereka.

Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan masyarakat menempati tiga tingkat teratas setelah pengembangan produk dan perencanaan strategis, diikuti oleh periklanan, penelitian, pengembangan dan hukum.

Tujuan Public Relatios

  1. Penciptaan pemahaman publik (public understanding). Pengertian tidak berarti persetujuan atau penerimaan dan persetujuan tidak berarti penerimaan. Di sini public relations memahami organisasi atau perusahaan dalam hal produk atau layanan, kegiatan, reputasi, perilaku manajemen, dll.
  2. Membangun kepercayaan pada publik (keberadaan kepercayaan publik pada perusahaan).
  3. Menciptakan dukungan publik (ada unsur dukungan publik untuk perusahaan) dalam bentuk materi dan spiritual.
  4. Menciptakan kerja sama publik (adanya kerja sama publik untuk melawan perusahaan lain).
  5. Menumbuhkan dan mengembangkan citra positif suatu perusahaan bagi publik eksternal, masyarakat dan konsumen.
  6. Saling pengertian antara kelompok sasaran dan perusahaan.
  7. Pengembangan sinergi antara fungsi pemasaran dan hubungan masyarakat.
  8. Efektif dalam membangun kesadaran merek dan pengetahuan merek.
  9. Mendukung bauran pemasaran.

Fungsi Public Relations

  1. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan itikad baik, rasa saling percaya dan saling pengertian serta citra yang baik dari masyarakat pada umumnya.
  2. Menciptakan opini publik yang dapat diterima yang juga dapat menguntungkan semua pihak.
  3. Dapat mencapai tujuan tertentu sesuai dengan harapan publik, tetapi itu adalah organisasi atau perusahaan tertentu. Sangat penting bagaimana organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang murah dan menyenangkan. Dimungkinkan untuk mencapai kinerja dan produktivitas yang optimal.
  4. Upaya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publik dan untuk dapat menciptakan opini publik sebagai efek, yang sangat berguna, merupakan kontribusi bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Tugas Public Relations

  1. Mengatur dan bertanggung jawab untuk menyediakan informasi secara lisan, tertulis melalui tampilan visual untuk umum.
  2. Memantau, merekam, dan mengevaluasi tanggapan dan pendapat publik (umum).
  3. Meningkatkan citra organisasi.
  4. Tanggung jawab sosial, di mana public relations adalah instrumen yang bertanggung jawab untuk semua kelompok yang memiliki hak untuk tanggung jawab tersebut.
  5. Membuat komunikasi timbal balik yang meyakinkan dengan publik.

Metode Public Relations

1. Penelitian (Research)

Penelitian memainkan peran yang sangat penting sebagai kegiatan pendukung dalam kinerja fungsi PR, baik untuk mendapatkan data, data di bidang citra perusahaan, persepsi, pendapat dan opini publik secara akurat, dan dalam rangka menanggapi publik sebagai Goal sebagai tujuan politik, layanan, program kerja, kegiatan bisnis.

2. Perencanaan (Planning)

Setelah menerima hasil laporan dalam bentuk data dan fakta dari penelitian, PR membuat rencana kerja. Dalam hal ini, rencana kerja tidak dibuat berdasarkan keinginan yang dipaksakan dan tidak rasional. Perencanaan yang baik adalah rasional, fleksibel dan berkelanjutan.

3. Pelaksanaan (Action)

Implementasi terjadi setelah semua pihak menyetujui rencana yang tepat. Implementasi kerja adalah kegiatan operasional untuk melakukan apa yang direncanakan.

Kembalinya kepercayaan dan citra perusahaan dicapai melalui kombinasi pekerjaan, peralatan, informasi, waktu, tempat, dan uang.

Implementasi ini dianggap berhasil jika tujuan telah tercapai. Dalam hal ini, berbagai metode dan teknik digunakan, termasuk pendekatan karyawan (publik internal) dan pendekatan publik (publik eksternal).

Untuk membalikkan kepercayaan publik dan citra perusahaan, pendekatan publik diutamakan karena menggabungkan pandangan publik.

4. Penilaian (Evaluation)

Penilaian ini adalah fase di mana program dan rencana dapat ditinjau. Langkah ini bermanfaat untuk mengidentifikasi masalah yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.

Gaji Public Relations

Gaji Public Relations rata-rata di Indonesia adalah Rp4.373.213 per bulan. Perkiraan gaji didasarkan pada 266 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada staf Public relations dan dikumpulkan dari tawaran kerja selama 36 bulan terakhir.

Demikianlah penjelasan tentang Public Relations dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.

Baca juga artikel lainnya :