Pengertian Proposal

Posted on

Pengertian Proposal – Yang dimaksud dengan proposal adalah surat dari penulis dengan maksud menjelaskan rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca agar dapat memperoleh pemahaman yang lebih jelas dan rinci tentang tujuan kegiatan. Sebuah proposal diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas kepada pembaca sehingga dapat memahami maksud dan tujuan dari proposal tersebut.

Secara umum, proposal adalah program atau rencana kegiatan yang hanya merupakan saran. Saran dapat dikatakan saran tertulis untuk melakukan suatu kegiatan yang ditujukan pada topik-topik yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

Pengertian Proposal

Proposal adalah bentuk perencanaan kegiatan yang dilaksanakan secara formal dan standar. Ini juga dapat dinyatakan sebagai dokumen tertulis dari pengusaha yang menggambarkan semua elemen internal dan eksternal yang relevan dari kegiatan atau proyek baru.

Saat ini pembuatan proposal dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Penting bagi pengusaha untuk menjelaskan profil bisnis atau perusahaan baru yang perlu dideskripsikan mulai dari proyek yang sedang dilaksanakan, yaitu pemasaran, penelitian dan pengembangan, pengelolaan risiko bisnis, masalah keuangan dan diakhiri dengan perencanaan waktu.

Uraian setiap aspek sangat penting dilakukan agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang kegiatan atau produk yang akan dipresentasikan, kemana proposal akan diambil dan bagaimana wirausahawan dapat mengimplementasikan proposal bisnis tersebut. Sebelum memulai bisnis, seorang wirausahawan harus mempersiapkan dan menentukan langkah yang tepat untuk mencapai kesuksesannya.

Langkah-langkah ini mencakup semua yang akan Anda lakukan, manajemen bisnis, pemasaran, pemilihan produk, risiko yang perlu ditangani, dan masalah keuangan. Bagian-bagiannya diatur dengan jelas dan ditulis dalam bentuk sugesti.

Penjelasan mengenai elemen bisnis yang dihadirkan sangat penting untuk menjelaskan produk yang ditawarkan. Sama pentingnya dengan proposal bisnis, pembuatan proposal bisnis hanya boleh dilakukan oleh pengusaha dan tidak hanya dengan menyalin proposal bisnis orang lain.

Proposal bisnis pada dasarnya berisi tujuan dan strategi. Tujuan adalah apa yang ingin dicapai perusahaan, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai tujuan bisnis. Strateginya termasuk mempersiapkan perusahaan untuk situasi yang ada.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi proposal menurut beberapa para ahli:

1. Rieefky

Proposal menurut Rieefky merupakan bentuk perencanaan kegiatan yang dilakukan baik dalam bentuk formal maupun standar.

2. Hasnun Anwar

Proposal menurut Hasnun Anwar adalah rencana yang bermanfaat yang dirancang untuk kegiatan tertentu.

3. Jay

Proposal menurut Jay adalah alat manajemen standar yang dapat digunakan manajemen secara efisien.

4. Hadi

Proposal menurut Hadi adalah proposal terstruktur untuk agenda kerja sama bisnis lembaga-perusahaan dan usulan kegiatan pemecahan masalah.

5. Keraf

Proposal menurut Keraf adalah saran atau undangan kepada seseorang atau lembaga untuk melakukan atau menyelesaikan pekerjaan.

6. Menurut KBBI

Pengertian proposal menurut KBBI adalah rencana yang dirumuskan dalam bentuk proyek kerja, perencanaan yang sistematis, matang, dan mendalam yang dilakukan oleh peneliti sebelum dilakukan penelitian, baik penelitian lapangan maupun penelitian pustaka. Keterampilan menulis proposal harus dimiliki oleh setiap orang yang berpendidikan agar terbiasa berpikir logis-sistematis seperti pada tahap penulisan proposal.

Baca juga: Lengkap! Pengertian UMKM Berikut Undang-undangnya

Cara Membuat Proposal

Saat mengajukan proposal, berbagai aspek harus diperhatikan, yaitu:

  1. Pihak yang menyelesaikan proposal harus menunjuk seseorang yang memahami penyusunan proposal dan juga terkait dengan kegiatan yang berlangsung
  2. Mempersiapkan proposal dengan menyiapkan informasi yang ada berupa informasi dan gagasan untuk disetujui seluruh panitia
  3. Mempersiapkan draft proposal secara sistematis, menarik dan detail
  4. Saran melalui persetujuan forum penasehat untuk evaluasi dan review
  5. Proposal yang telah diperbaiki kemudian digunakan sebagaimana mestinya
  6. Proposal akan direproduksi dan tersedia untuk penerima internal dan eksternal.

Struktur Proposal

Berikut adalah struktur dari proposal:

1. Sampul

Proposal kegiatan harus memiliki sampul dengan logo kegiatan atau dapat menggunakan logo organisasi. Sampul tersebut menunjukkan nama kegiatan yang akan dilakukan. Badan yang melaksanakan kegiatan tersebut tercantum di bagian bawah.

2. Latar Belakang

Latar belakang harus diklasifikasikan secara tertulis. Tidak semua background ditulis, tapi background dimulai dari hal-hal yang umum hingga hal-hal yang khusus.

3. Nama Kegiatan

Nama kegiatan atau aktivitas adalah nama yang diberikan untuk aktivitas tersebut.

4. Tema

Tema kegiatan akan ditulis sesuai dengan subjek yang disepakati dalam kesepakatan bersama dengan forum atau topik yang tersedia sebelumnya.

5. Tujuan

Tujuan dari kegiatan adalah tujuan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan memuat alasan-alasan kegiatan tersebut.

6. Jenis Kegiatan/Acara Kegiatan

Jenis kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Semua templat bisnis harus dicatat saat agensi melihat jumlah kegiatan yang direncanakan. Setiap kegiatan perlu dijelaskan maksud dan tujuannya.

7. Sarana Promosi

Sarana promosi adalah manfaat mensponsori materi iklan felt dari spanduk, pakaian, brosur, browser, spanduk, audio dan persentase sponsor. Persentase kontribusi sponsor menentukan ukuran atau dimensi logo sponsor.

8. Etimasi Anggaran

Estimasi anggaran adalah jumlah total anggaran yang akan digunakan. ditulis secara detail dengan harga. Mulai dari equipment, administrasi, konsumsi, piala, plakat, panggung, sound dan masih banyak lagi. Perkiraan anggaran merupakan masalah penting karena badan-badan tersebut terutama berkaitan dengan anggaran.

9. Penutup

Penutupan tersebut merupakan permintaan ungkapan terima kasih dan permintaan maaf kepada instansi. Tanda tangan dan stempel harus tersedia apakah proposal tersedia pada tanda tangan dan stempel.

10. Susunan Kepanitiaan

Susunan panitia harus disediakan karena sponsor dapat mengenakan busana dengan menggunakan perhitungan struktur panitia.

Baca juga: Beginilah Teknik Wawancara Yang Baik, Benar dan Berkualitas

Ciri-ciri Proposal

Proposal memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali. Berikut adalah ciri-ciri dari proposal.

  1. Terorganisir secara sistematis dan memiliki struktur penulisan standar. Usulan penelitian meliputi informasi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, teknis pelaksanaan dan pelaporan. Sedangkan usulan kegiatan terdiri dari nama kegiatan, pokok bahasan, konteks kegiatan, tujuan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, susunan pengurus, anggaran dan kesimpulan.
  2. Memiliki kekuatan persuasif yang dapat meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pihak yang mempresentasikan presentasi di masa sekarang dan di masa yang akan datang.
  3. Proposal berisi ringkasan kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan. Oleh karena itu, dalam proposal Anda akan menemukan rincian rencana yang akan dilaksanakan, seperti konteks, tujuan, program kegiatan dan teknis pelaksanaannya.
  4. Ada pihak yang mengajukan proposal yaitu pengurus kegiatan, peneliti atau pelaku ekonomi, tergantung jenis proposalnya.
  5. Ada kelompok sasaran yaitu pihak dengan lembaga pemberi persetujuan, sponsor, atau donor yang memberikan bantuan keuangan.
  6. Biasanya menggunakan bahasa yang baku.
  7. Terdapat gambaran suatu kegiatan secara umum yang berfungsi memberikan gambaran lengkap kepada pembaca tentang kegiatan yang akan dilakukan.
  8. Sarannya ringkas, padat, dan jelas tanpa bertele-tele, sehingga audiens segera memahami poin-poin penting.
  9. Disiapkan terlebih dahulu rencana kerja sehingga penerima tahu gambaran besar kegiatan yang akan disetujui.
  10. Memiliki tujuan yang jelas agar proposal dapat diterima dan disetujui oleh pihak yang memiliki kewenangan atau sponsor untuk perizinan.

Fungsi Proposal

Fungsi proposal yang diajukan meliputi:

  1. Dapat digunakan untuk mengajukan tawaran dari berbagai lembaga.
  2. Digunakan untuk memulai bisnis.
  3. Melakukan penelitian tentang topik sosial, budaya, ekonomi, dan lainnya.
  4. Dapat digunakan untuk mengatur acara seperti perayaan, seminar, kursus pelatihan, kompetisi, dan lainnya.

Tujuan Proposal

Tujuan pembuatan atau penulisan proposal adalah:

  1. Untuk mendapatkan dukungan
  2. Agar mendapatkan dukungan finansial
  3. Untuk mendapatkan perizinan.

Kaidah Bahasa Proposal

Kaidah bahasa proposal dari proposal adalah:

  1. Penggunaan istilah ilmiah yang berkaitan baik dengan kegiatan yang akan dilakukan atau dengan bidang ilmiahnya
  2. Menggunakan kata kerja tindakan untuk mengungkapkan langkah-langkah aktivitas atau metode penelitian.
  3. Menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisian, seperti merupakan, yaitu, yakni, adalah.
  4. Menggunakan kata-kata yang mengandung arti detail, seperti pertama, kedua, selain itu.
  5. Menggunakan kata-kata yang bersifat ke-akan-an, seperti akan, diharapkan.
  6. Menggunakan nama kata atau arti sebenarnya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara pemohon dan penerima proposal.

Baca juga: Begini Cara Memahami Naik Turunnya Inflasi

Manfaat Proposal

1. Manfaat Bagi Peneliti

Memperoleh ilmu dan pengalaman dalam penelitian terutama dalam hal kepuasan penggunaan gigi tiruan sebagian lepasan dari segi estetika dan fonik.

2. Manfaat Bagi Institusi Penelitian

Hasil penelitian ini sebaiknya digunakan sebagai data tentang derajat estetika dan kepuasan fonetik pada pasien gigi tiruan sebagian lepasan. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan informasi tambahan dan dikembangkan oleh peneliti tambahan dalam penelitian kedokteran gigi dengan tujuan yang sama.

3. Manfaat Bagi Masyarakat

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada masyarakat tentang indikator apa saja yang dapat digunakan untuk menentukan baik atau tidaknya gigi tiruan sebagian lepasan untuk fungsi estetika dan fonetik.

Jenis-jenis Proposal

Dari segi jenis proposal, secara garis besar proposal dibagi menjadi empat jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Proposal Kegiatan

Proposal jenis ini banyak digunakan di masyarakat karena merupakan proposal untuk menghasilkan rencana kegiatan individu dan kelompok seperti proposal penyelenggaraan perayaan, perlombaan, dan lainnya.

2. Proposal Proyek

Proposal proyek adalah proposal yang terkait dengan dunia kerja dan umumnya mencakup sejumlah proyek dalam konteks bisnis atau komersial. Misalnya seperti proposal proyek untuk membangun kantor.

3. Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah proposal yang ada hubungannya dengan dunia usaha atau dunia bisnis. Ini juga bisa merujuk ke grup atau perusahaan individu. Contohnya seperti proposal pendirian unit usaha, tempat usaha, dan lain-lain.

4. Proposal Penelitian

Proposal penelitian banyak digunakan dalam sains, seperti penelitian untuk tugas kelulusan, skripsi, dan lainnya. Biasanya jenis proposal ini digunakan untuk mengajukan suatu kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan.

Demikianlah artikel tentang Proposal semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.