Pengertian Promosi : Tujuan, Jenis dan Contohnya

Pengertian Promosi – Kata-kata promosi tentu sudah tidak jarang sekali anda lihat dan anda dengar masing-masing hari di dekat kita, mulai dari obrolan rekan atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau papan billboard di jalan, dari radio, dari televisi, dari internet, dan masih banyak lagi.

Tetapi barangkali masih banyak orang yang belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh kongkret tentang promosi ini. Dalam artikel berikut ini akan diterangkan mengenai promosi tersebut.

Jika Anda hendak memahami konsep, jenis, serta definisi promosi menurut keterangan dari para ahli, maka artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda. Karena ulasan ini mencakup sejumlah yakni definisi, tujuan, jenis dan contoh dari promosi.

Pengertian Promosi

Promosi adalah alat pemasaran, dipakai sebagai strategi guna berkomunikasi antara penjaja dan pembeli. Melalui promosi, penjaja mencoba memprovokasi dan meyakinkan pembeli untuk melakukan pembelian produk atau jasanya.

Promosi menolong dalam menyebarkan berita mengenai produk atau layanan atau brand perusahaan untuk orang-orang. Perusahaan memakai proses ini untuk menambah citra publiknya.

Teknik pemasaran ini membuat minat pada pola pikir pelanggan dan pun dapat menjaga mereka sebagai pelanggan setia. Promosi adalahkomponen mendasar dari bauran pemasaran (marketing mix), yang mempunyai 4 Ps: Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi).

Promosi pun adalah elemen urgen dari rencana atau gabungan promosi, yang merangkum periklanan, promosi diri dan penjualan, publisitas pemasaran langsung, pameran dagang, acara, dan lain-lain.

Beberapa metode formalitas ini mengandung penawaran, diskon kupon, penyaluran sampel gratis, penawaran eksperimen (free trial offer), melakukan pembelian dua item dengan harga satu, kontes, diskon festival, dan lain-lain.

Promosi sebuah produk urgen untuk menolong perusahaan menambah penjualan sebab pelanggan bakal bereaksi terhadap diskon dan penawaran yang mempunyai sifat impulsif (prilaku beraksi cepat dan tiba-tiba).

Dengan kata lain, promosi yaitu alat pemasaran yang melibatkan pencerahan dan pemahaman pelanggan mengenai barang dan jasa yang ditawarkan oleh sebuah organisasi.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi promosi menurut beberapa para ahli:

1. Harper Boyd

Berdasarkan keterangan dari pendapat Boyd, pengertian promosi ialah upaya merayu orang guna menerima produk, konsep dan gagasan.

2. Swastha

Berdasarkan keterangan dari pendapat Swastha, definisi promosi yaitu persuasi satu arah yang dibikin untuk memprovokasi orang beda yang bertujuan pada perbuatan yang membuat pertukaran dalam pemasaran.

3. Boone & Kurtz

Berdasarkan keterangan dari pendapat Boone dan Kurtz, pengertian promosi merupakan proses menginformasikan, membujuk, dan memprovokasi suatu keputusan pembelian.

4. Tjiptono

Berdasarkan keterangan dari pendapat Tjiptono, makna promosi yakni bentuk komunikasi pemasaran yang berjuang menyebarkan informasi, mempengaruhi/ merayu dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya supaya bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

5. Kotler

Berdasarkan keterangan dari pendapat Kotler, definisi promosi ialah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai teknik untuk berkomunikasi dengan pasar dengan memakai komposisi bauran promosi “promotional mix”.

6. Gitosudarmo

Berdasarkan keterangan dari pendapat Gitosudarmo, definisi promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk memprovokasi konsumen supaya mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mereka dan lantas mereka menjadi senang lalu melakukan pembelian produk tersebut.

Tujuan Promosi

Orang mengerjakan promosi untuk menjangkau suatu destinasi tertentu, adapun destinasi promosi menurut rangkuman dari sekian banyak sumber ialah :

  1. Untuk menyebarkanluaskan informasi sebuah produk untuk calon konsumen yang potensial
  2. Menemukan konsumen baru dan untuk mengawal loyalitas konsumen tersebut
  3. Untuk mendongkrak penjualan serta laba/keuntungan
  4. Memisahkan dan mengunggulkan produknya dikomparasikan dengan produk kompetitor
  5. Untuk branding atau menyusun citra produk di mata konsumen cocok dengan yang diinginkan
  6. Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang sebuah produk

Kesimpulannya, destinasi utama dari promosi adalah produsen atau penyalur akan mendapatkan eskalasi angka penjualan dan menambah profit atau keuntungan.

Jenis-Jenis Promosi

Ada banyak sekali jenis dan teknik orang mengerjakan promosi, lain produk atau jasa lain pula teknik dan media promosinya. Berikut ini ialah jenis-jenis promosi yang biasa anda lihat laksana dikutip dari Wikipedia:

1. Promosi secara Jasmani

Promosi dapat diselenggarakan di lingkungan jasmani yang seringkali dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event eksklusif yang diselenggarakan di sebuah tempat laksana pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya.

Biasanya semua penjual membuka semacam “stand” atau “booth” untuk memperlihatkan dan menawarkan produk atau jasanya.

Kelebihan jenis promosi secara jasmani dan langsung ialah dapat mencapai langsung semua calon konsumen, mereka bisa secara langsung menyaksikan produk atau jasa yang ditawarkan, dan bisa langsung bertanya segala sesuatu hal tentang produk atau jasa tersebut, dan dari pihak penjaja hal ini dimanfaatkan untuk merayu dan membujuk calon konsumen supaya membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat tersebut juga. Ya, interaksi di lapangan paling memungkinkan orang langsung mengerjakan pembelian.

Kekurangan teknik promosi secara fisik ialah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen sebab hanya diselenggarakan di lingkungan atau lokasi tertentu laksana perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Yang dimaksud jenis promosi lewat media tradisional yaitu via media cetak laksana koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik laksana radio dan televisi, serta media di luar ruangan laksana iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.

Kelebihan jenis promosi melewati media tradisional ialah dapat mencapai lebih tidak sedikit calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena cakupan media yang memang lumayan luas.

Kekurangan teknik promosi melewati media tradisional ialah membutuhkan ongkos yang paling besar, sebab melibatkan media-media besar laksana televisi, penyedia papan billboard, dan beda sebagainya.

3. Promosi Melalui Media Digital

Jenis promosi lewat media digital merangkum media internet dan social media atau jejaring social. Ini ialah cara canggih untuk berpromosi sebab memungkinkan orang menyaksikan produk atau jasa yang dipromosikan melewati teknologi terkini laksana ponsel atau laptop.

Banyak semua pengusaha yang sudah berpindah menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka sebab memang media digital ketika ini merupakan teknik paling efektif untuk mencapai konsumen mereka masing-masing hari.

Lebih dari 2,7 miliar orang memakai internet di semua dunia, yakni sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari seluruh pemakai internet secara global memakai media sosial.

Kelebihan promosi memakai media digital ialah dapat mencapai orang secara paling luas dengan masa-masa dan ongkos yang efisien.

Kekurangannya berpromosi dengan media digital ialah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang lumayan berat untuk para pemasar supaya lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini supaya lebih unik calon konsumen dikomparasikan kompetitor.

Dari sejumlah jenis promosi diatas, promosi melewati media digital ialah yang paling tidak sedikit dilakukan ketika ini, karena hal efisiensi ongkos dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.

Promosi Terbaik Saat Ini

Kini terdapat suatu software baru yang mempunyai nama Cashbac, yaitu software yang menyerahkan rewards pada masing-masing transaksi melakukan pembelian barang dan makan.

Tidak laksana program rewards beda dimana konsumen mesti menantikan lama guna mendapatkan rewards, Cashbac app menyerahkan rewards secara langsung atau instan yang otomatis dapat langsung di pakai di puluhan merchant dan restoran mitra yang telah bekerjasama.

Jadikan pengalaman santap dan melakukan pembelian barang kamu menjadi lebih menyenangkan.

Contoh Kegiatan Promosi

Ada banyak sekali jenis pekerjaan promosi penjualan yang bisa Anda lakukan. Tidak laksana iklan, promosi penjualan tidak tidak jarang kali menunjukkan ongkos di muka.

Kegiatan promosi penjualan yaitu hal biasa di pasar konsumen dan bisnis-ke-bisnis, dan dapat menolong pelanggan kita dalam proses pemungutan keputusan mereka. Berikut ialah beberapa misal promosi penjualan guna Anda jadikan referensi dalam mengerjakan promosi produk Anda.

1. Promosi Melalui Google

Tahukah kita bahwa Anda dapat mendapatkan promosi cuma-cuma di Google melewati profil Google Bisnisku?

Google Bisnisku memungkinkan Anda menciptakan empat jenis pos sosial: Apa yang Baru, Acara, Penawaran, dan Produk. Gunakan Panduan Posting Google Bisnisku guna mengidentifikasi teknik terbaik untuk menciptakan promosi kita diketahui.

Tentu saja, supaya promosi Anda menemukan pemaparan, profil Anda mesti hadir di hasil pencarian. Gunakan alat cuma-cuma kami inilah ini untuk meyakinkan profil Google Bisnisku kita dioptimalkan guna ditemukan di penelusuran Google.

2. Hadiah Gratis

Ada banyak cara guna memanfaatkan kiat promosi penjualan eksklusif ini. Sebuah restoran, misalnya, bisa menawarkan makanan penutup cuma-cuma dengan pembelian makanan.

Toko elektronik barangkali menawarkan baterai cuma-cuma kepada pelanggan. Restoran cepat saji semacam KFC pun sering ini mengenalkan promosi populer di mana mereka menawarkan 100 pelanggan kesatu cuma-cuma DVD Film Indonesia.

3. Sampel Produk Gratis

Banyak produk telah memakai metode ini dengan paling sukses. Dengan menyerahkan sampel untuk semua pelanggan di toko, terlepas dari apakah mereka melakukan pembelian sesuatu, mereka mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang barangkali belum mereka pertimbangkan sebelumnya.

Usaha kecil tidak memiliki perkiraan seperti Yakult misalnya, namun masih dapat menyerahkan sampel cuma-cuma kepada pelanggan.

Apakah kita mempunyai produk baru yang hendak Anda jual? Berikan sampel! Ini paling sesuai untuk makanan namun juga dapat digunakan di spa dan salon dengan lotion dan parfum tester atau produk aromaterapi.

Jika kita mempromosikan produk wajah baru, biarkan orang mencobanya! Orang menyenangi sesuatu yang dapat mereka jajaki sebelum membeli.

4. Harga Diskon

Semua orang menyenangi kesepakatan, dan laksana Black Friday dan Cyber ​​Monday secara konsisten mengindikasikan tahun demi tahun, konsumen bakal tergila-gila pada harga yang baik.

Gunakan liburan dan acara di Kalender Pemasaran kami guna keuntungan kita dengan mempunyai penjualan atau spesial di bisnis Anda.

5. Promosi Bersama

Promosi bareng dapat dilaksanakan antara brand yang dipunyai oleh satu perusahaan, atau antara brand yang dipunyai oleh perusahaan yang terpisah.

Promosi bareng itu mudah andai Anda mengenal empunya bisnis beda dalam industri yang serupa atau bersangkutan.

Tawarkan mereka sejumlah produk atau layanan Anda guna dibundel ke dalam paket di bisnis mereka dan tawarkan bundel yang sama pada Anda. Ini ialah promosi cuma-cuma untuk Anda setiap di bisnis empunya lainnya.

6. Voucher dan Kupon

Kedua jenis promo ini ditawarkan di majalah, koran, kemasan produk, dan secara online. Anda bisa menawarkan voucher dan kupon melewati email ke susunan email kita atau sebagai perkataan terima kasih saat orang berlangganan blog atau newsletter email Anda.

7. Kontes dan Hadiah Media Sosial

Membeli sebuah produk meluangkan jalan masuk konsumen ke hadiah-hadiah ini. Promosi penjualan seperti tersebut sangat populer dengan dagangan makanan laksana keripik dan minuman soda, yang menyerahkan hadiah berhubungan dengan bisnis di dalam kemasan atau menawarkan kode pada tutup botol.

Tetapi kita dapat mengerjakan hal yang sama dengan hadiah Facebook atau Instagram untuk menciptakan pelanggan baru tertarik pada bisnis Anda.

8. Perdagangan yang Adil, Buatan Lokal

Produk yang diperdagangkan secara adil atau berkontribusi untuk destinasi amal ialah alat promosi penjualan yang jarang diakui. Namun, produk seperti tersebut tidak melulu menguntungkan amal, tetapi pun bisnis yang menjualnya juga.

GAP dan Apple, misalnya, dua-duanya menerima sambutan spektakuler terhadap produk bermerek (MERAH) mereka, persentase yang harga jualnya dipakai untuk menyokong program HIV / AIDS di Afrika.

Tetapi usaha kecil pun dapat mengerjakan promosi ini. Jika produk kita diproduksi atau diproduksi di dalam negeri, beri nama bisnis kita sebagai “Buatan Indonesia.” Jika kopi di kedai kopi kita bebas dari perdagangan, buatlah diketahui!

Orang-orang menggali bisnis yang nilainya selaras dengan nilai mereka sendiri sehingga andai ada sesuatu yang penting untuk Anda, kemungkinan tersebut penting untuk pelanggan.

9. Beli Satu Dapat Dua (Gratis Satu)

Penawaran beli satu dapat cuma-cuma satu ialah salah satu cara promosi yang paling tidak sedikit digunakan. Di kalangan bisnis, mereka tidak jarang disebut sebagai promosi “melikuidasi diri” sebab mereka mendorong pembersihan stok.

Namun, jarang mengerjakan promosi beli-satu-dapatkan-satu-gratis ongkos bisnis apa pun. Bahkan, mereka dirancang untuk menambah pendapatan. Misalnya, biayanya bisnis 10 sen guna menghasilkan sepotong roti.

Jika roti itu dipasarkan dengan harga dua guna 1, bisnis tersebut masih menghasilkan untung. Bahkan, untungnya melonjak sebab lebih tidak sedikit roti yang dijual.

10. Program Pelanggan Loyal

Kartu pelanggan merupakan contoh umum dari insentif hubungan pelanggan. Misalnya, pelanggan mendapat cap untuk masing-masing minuman kopi yang ia beli, dan sesudah cap ke-6, ia berhak menemukan minuman gratis.

Program retensi dan loyalitas pelanggan lainnya tergolong klub orang dalam di mana ada sedikit ongkos tambahan yang menyerahkan diskon tambahan kepada pelanggan dan opsi layanan kesatu serta program rujukan klien.

Kesimpulan

Sekarang kita telah sampai pada tahap benang merah dan kami sadar bahwa strategi promosi yang kita lakukan, paling menilai volume penjualan.

Kami tahu bahwa Anda paling berkomitmen untuk mengetahui konsep dan jenis promosi, urusan tersebut Anda buktikan dengan selesainya kita membaca tulisan sepanjang 2000an kata. Secara garis besar, pembahasan saya dan anda bisa kita simpulkan sebagai berikut:

  1. Promosi adalah proses strategi pemasaran sebagai teknik untuk berkomunikasi dengan pasar, merayu calon pelanggan sampai mempengaruhi keputusan pembelian.
  2. Tujuan dasar promosi yaitu untuk menyebarkan informasi untuk pelanggan potensial, sampai-sampai volume penjualan ikut meningkat.
  3. Jenis promosi mencakup Iklan, Pemasaran Langsung, Penjualan Personal, Promosi Penjualan/ Publisitas dan Humas/ public relation.
  4. Contoh pekerjaan promosi mencakup kampanye di google, hadiah gratis, sampel produk, potongan harga/ diskon, voucher dan kupon, beli 1 cuma-cuma 1, program pelanggan loyal.

Demikianlah penjelasan tentang Promosi dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.

Baca juga artikel lainnya :