Pengertian Hubungan Internasional

Posted on

Pengertian Hubungan Internasional – Hubungan internasional sehubungan dengan hubungan lintas batas negara-bangsa. Ini membicarakan politik ekonomi internasional, pemerintahan global, hubungan antar budaya, identitas nasional dan etnis, analisis kepandaian luar negeri, studi pembangunan, lingkungan, ketenteraman internasional, diplomasi, terorisme, media, gerakan sosial dan tidak sedikit lagi.

Ini ialah bidang multidisiplin yang tidak memberi batas untuk satu pendekatan dan menggunakan sekian banyak metode tergolong analisis wacana, statistik dan analisis komparatif dan historis.

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional atau hubungan antarbangsa adalah sebuah interaksi insan antarbangsa baik secara pribadi maupun kumpulan yang dilaksanakan secara langsung maupun secara tidak langsung.

Hubungan internasional bisa berupa suatu persahabatan, persengketaan, permusuhan atau peperangan. Berdasarkan keterangan dari Tulus Warsito, hubungan internasional yakni sebuah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari sejumlah pelosok.

Hal ini tidak jauh bertolak belakang dengan pendapat Jeremy Bantham, yang mengungkapkan bahwa hubungan internasional, yaitu sebuah ilmu yang adalahsebuah kesatuan disiplin dan punya ruang lingkup serta sebuah konsep-konsep dasar.

Dengan kata lain, hubungan internasional tidak jarang kali diserupakan oleh para berpengalaman sebagai politik luar negeri, hubungan antarbangsa, atau politik internasional.

Hubungan internasional dilangsungkan sangat dinamis, berkembang sesuai pertumbuhan kehidupan sosial insan dan diprovokasi oleh perubahan situasi lingkungan antarbangsa.

Untuk lebih spesifik, kamu dapat membaca pengertian, tujuan, manfaat, asas, pola, serta sarana yang perlu diacuhkan dan dipahami.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi hubungan internasional menurut beberapa para ahli:

1. Anonymous

Hubungan internasional ialah suatu gejala sosial ataupun sebagai disiplin ilmu atau bidang studi.

2. Dr. Hilman Adil Cleland

Hubungan internasional adalah sebagai subjek akademi yang terutama menyimak sebuah hubungan politik antar bangsa.

3. Freddy L. Tobing

Hubungan internasional merupakan sebuah studi mengenai hubungan yang terdapat diantara suatu entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

4. Umar Suryadi Bakri

Hubungan internasional yaitu suatu kelompok dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai perhatian terhadap sebuah masalah-masalah internasional.

5. Spengler

Hubungan internasional ialah menjalankan sebuah politik guna menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam suatu bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

6. Edward Hallet Card

Hubungan internasional merupakan sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membicarakan tentang untuk membuat perdamaian dunia.

7. Robert Gilpin

Hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang lebih mengarah pada politik ketenteraman militer yang seimbang.

8. John Herz

Hubungan internasional yaitu mengidentifikasikan sebagai konsep yang membicarakan tentang suatu kepandaian luar negeri yang lebih mementingkan ketenteraman yang menjadi pusat perhatian untuk semua rakyatnya.

9. George Kennan

Hubungan internasional ialah lebih membahas untuk prinsip dan tingkah laku dalam suatu masyarakat sosial.

10. Henry Kissinger

Hubungan internasional adalah tentang Membahas pada kepentingan nasional dalam sebuah negara internasional.

Baca juga: Pengertian Banjir

Pola Hubungan Internasional

Pola hubungan internasional mempunyai tiga macam, yaitu:

1. Pola Penjajahan

Penjajahan pada hakikatnya adalah penghisapan oleh sebuah bangsa atas bangsa beda yang dimunculkan oleh pertumbuhan paham kapitalis, di mana penjajah memerlukan bahan mentah untuk industri atau pasar untuk hasil industrinya. Inti dari penjajahan di sini ialah penguasaan terhadap bangsa lain.

2. Pola Ketergantungan

Pola yang satu ini seringkali terjadi pada negara-negara berkembang yang kelemahan modal dan tekhnologi untuk membina negaranya.

Negara-negara berkembang darurat mengandalkan pertolongan negara-negara maju yang hasilnya akan menyebabkan ketergantungan pada negara-negara maju tersebut. Pola hubungan yang satu ini dikenal pun sebagai neo-kolonialisme (penjajahan dalam format baru).

3. Pola Hubungan Sama Derajat

Pola hubungan ini sangat sulit diwujudkan. Akan tetapi, pola hubungan yang amat ideal dikarenakan berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan bersama, cocok bunyi sila kedua Pancasila.

Pola hubungan sama derajat menuntut penghormatan arah kodrat insan sebagai makhluk yang sederajat tanpa memandang ideologi, format negara maupun sistem pemerintahannya.

Sarana Hubungan Internasional

Sebuah hubungan internasional akan memerlukan sarana yang dapat digunakan oleh negara yang menjalin hubungan internasional. Berikut ini sejumlah sarana urgen dalam membina hubungan internasional menurut keterangan dari J. Fradhel:

  • Diplomasi
  • Propaganda
  • Ekonomi, Sosial, dan Budaya
  • Kekuatan Militer.

Baca juga: Pengertian Pelayanan

Asas Hubungan Internasional

Ada tiga asas dalam hubungan internasional yang saling memengaruhi, yakni:

1. Asas Teritorial

Asas ini didasarkan pada dominasi negara atas daerahnya. Berdasarkan keterangan dari asas ini, negara mengemban hukum untuk semua orang dan seluruh barang yang terdapat di wilayahnya. Jadi, terhadap seluruh barang atau orang yang sedang di luar distrik tersebut, berlaku hukum asing (internasional) sepenuhnya.

2. Asas Kebangsaan

Asas ini didasarkan pada dominasi negara untuk mengayomi warga negaranya. Asas ini memiliki kekuatan eksteritorial. Artinya hukum dari negara itu tetap berlaku juga untuk warga negaranya, meski berada di negara asing.

3. Asas Kepentingan Umum

Asas yang satu ini didasarkan pada wewenang negara untuk mengayomi dan menganut sebuah kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam urusan ini, negara bisa menyesuaikan diri dengan semua suasana dan peristiwa yang bersangkut paut kepentingan umum. Jadi, hukum tidak terbelenggu pada batas-batas wilayah sebuah negara.

Manfaat Hubungan Internasional

Berikut ini sejumlah manfaat hubungan internasional untuk Indonesia, antara lain:

  • Manfaat ideologi, yaitu untuk mengawal dan menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.
  • Manfaat politik, yakni guna menunjang pelaksanaan kepandaian politik dan hubungan luar negeri yang dipakai untuk kepentingan nasional, khususnya untuk kepentingan pembangunan di segala bidang.
  • Manfaat ekonomi, yakni guna menunjang upaya menambah pembangunan ekonomi nasional.
  • Manfaat sosial dan budaya, yakni guna menunjang upaya pembinaan dan pengembangan nilai-nilai sosial kebiasaan bangsa dalam upaya penanggulangan terhadap setiap format ancaman, tantangan, hambatan, gangguan, dan durjana internasional dalam rangka pengamalan pembangunan nasional.
  • Manfaat perdamaian dan ketenteraman internasional, yakni guna menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan, dan stabilitas internasional.
  • Manfaat kemanusiaan, yakni guna menunjang upaya pencegahan dan penanggulangan setiap format bencana serta rehabilitasi akibat-akibatnya.
  • Manfaat lainnya, yaitu untuk menambah peranan dan citra Indonesia di forum internasional dan hubungan antarnegara serta keyakinan masyarakat internasional.

Baca juga: Pengertian Peta

Tujuan Hubungan Internasional

Berikut ini terdapat sejumlah tujuan hubungan internasional, antara lain:

  • Untuk memacu dalam perkembangan ekonomi masing-masing negara.
  • Membuat rasa saling definisi antarbangsa dalam membangun dan mendirikan suatu perdamaian.
  • Untuk membuat sebuah keadilan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat di dunia.
  • Menjalin hubungan internasional antarnegara yang bersangkutan.
  • Untuk menjalin kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
  • Mengisi suatu keperluan warga negaranya.
  • Untuk membuka kesempatan dalam pemasaran produk domestik ke luar negeri.
  • Memperlancar suatu hubungan ekonomi antarnegara.

Demikianlah penjelasan tentang Hubungan Internasional dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..