Pengertian Pemasaran

Posted on

Pengertian Pemasaran – Suatu produk yang diproduksi tentunya dibuat untuk tujuan komersial atau dimaksudkan untuk dijual kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan.

Usaha menjual produk yang dilakukan dalam proses pembuatan disebut penjualan produk. Karena disini pengusaha akan terus melakukan kegiatan produktif selama kegiatan tersebut menghasilkan atau menguntungkan.

Pada dasarnya, orientasi utama sebuah pabrikan di bidang manufaktur adalah menghasilkan produk sebaik mungkin dan mendapatkan keuntungan sebesar mungkin. Dalam kegiatan ini, konsumen biasanya cenderung tidak membeli produk yang tidak penting.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran atau marketing adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengiklankan suatu produk atau jasa. Pemasaran ini meliputi promosi, penjualan dan pengiriman produk ke konsumen atau bisnis lain.

Saat melakukan promosi, mereka menunjukkan kepada masyarakat yang menyetujui produk yang dipasarkan. Mereka biasanya juga melibatkan selebritis, selebgram, atau orang populer lainnya untuk mempromosikan produk tersebut. Tidak hanya itu jurusan yang mempunyai tugas di bidang pemasaran ini menghasilkan packaging atau desain yang menarik untuk periklanan, sehingga banyak yang tertarik.

Selain itu pemasaran juga sangat menguntungkan konsumen. Ini memudahkan mereka menemukan produk yang memenuhi persyaratan mereka. Jika pemasaran mencapai tujuannya, perusahaan akan memiliki banyak pembeli dan memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian pemasaran menurut beberapa para ahli:

1. Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko

Pemasaran menurut Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko adalah proses perencanaan kegiatan dalam pengelolaan barang dan jasa, penentuan harga barang dan jasa tersebut, hingga proses periklanan dan distribusi yang menjadi tujuan seluruh proses pemasaran. Puaskan kebutuhan pelanggan dan dapatkan keuntungan.

2. Joe F. Hair dan Carl McDaniel

Pemasaran menurut Joe F. Hair dan Carl McDaniel adalah proses perencanaan dan penerapan konsep, mempromosikan harga dan menyebarkan ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang akan memuaskan konsumen dan mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: Pengertian Sampah

3. William J. Stanton

Pemasaran menurut William J. Stanton adalah keseluruhan sistem dari berbagai kegiatan komersial atau bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, mengevaluasi, mempromosikan, mendistribusikan, dan menyenangkan konsumen atas barang atau jasa.

4. Philip Kotler

Pemasaran menurut Philip Kotler adalah kegiatan sosial dan kesepakatan oleh individu atau kelompok orang dengan tujuan untuk mencapai tujuannya dengan membuat produk dan menukarnya dengan pihak lain dengan jumlah nominal tertentu.

5. John Westwood

Pemasaran menurut John Westwood adalah upaya terintegrasi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan laba atau keuntungan bagi bisnis.

6. Jay Abraham

Pemasaran menururt Jay Abraham merupakan sarana untuk mencapai kesuksesan dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen.

7. Tung Dasem Waringin

Definisi pemasaran menurut Tung Dasem Waringin merupakan sarana mengkomunikasikan nilai tambah yang lebih besar.

Jenis-jenis Pemasaran

Jenis pemasaran dibagi menjadi empat, yaitu:

1. Internet Atau Online

Internet sudah menjadi salah satu media pemasaran yang paling populer. Hampir setiap orang telah menggunakan internet, sehingga pasarnya sangat besar. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan email, situs web, atau iklan. Target pasar juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa periklanan yang memiliki fitur ini.

2. Multi-Level Marketing

Pemasaran dengan menggunakan Multi-Level Marketing adalah bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang, di mana perusahaan merekrut dan menjual produknya. Pemasaran multilevel juga dikenal sebagai pemasaran jaringan karena perwakilan penjualan menerima komisi atas produk yang mereka jual dan komisi atas penjualan melalui jaringan.

3. Iklan Siaran

Menggunakan radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang paling umum. Pemasaran pelanggan adalah potensi besar saat menggunakan radio, karena pendengar di radio benar-benar mendengar apa yang dikatakan penyiar. Selain itu, media TV bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau pelanggan secara luas.

4. Branding

Produk dan jasa harus memiliki target pasar dan nama atau “merek” agar dapat dikenali. Branding adalah salah satu bentuk pemasaran yang berfungsi sebagai periklanan jangka panjang. Ini sangat membantu membuat produk atau layanan lebih menarik dan populer. Pencitraan merek sering kali menyertakan nama, slogan, dan logo.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer

Fungsi Pemasaran

Berikut adalah fungsi dari pemasaran:

1. Pengenalan Produk

Pengenalan merupakan fungsi utama pemasaran bagi perusahaan. Pemasaran memudahkan pelanggan untuk mengenali produk. Pemasar perlu menonjolkan keunggulan produk yang dipasarkan. Sehingga bisa menarik perhatian lebih dari produk kompetitornya.

2. Riset

Riset memungkinkan pemasar mendapatkan informasi yang akurat tentang pasar sasaran suatu produk. Beberapa hal yang biasanya perlu diteliti adalah popularitas, usia, jenis kelamin, kebutuhan, dan lain sebagainya. Produk yang diproduksi kemudian dapat disesuaikan dengan target pasarnya.

3. Distribusi

Distribusi yang baik memastikan bahwa produk dapat dengan mudah dibawa dari tempat produksi ke pasar yang lebih luas melalui darat, air dan udara. Ini juga memastikan bahwa produk dapat dengan mudah diperoleh pelanggan. Sebagai pemasar, Anda juga perlu merencanakan hal-hal seperti armada dan keuangan dalam proses penjualan.

4. Layanan Purnajual

Layanan purnajual sangat diperlukan. Pemasar perlu membantu pelanggan setelah mereka membeli produk. Misalnya, seperti pada produk mesin, pelanggan mungkin memiliki masalah dengan mesin yang mereka beli. Tugas pemasar adalah memastikan mesin bekerja dengan baik.

Baca juga: Pengertian Zakat

Tugas Pemasaran Secara Umum

Ujung tombak semua perusahaan terletak pada keberhasilan pemasaran mereka. Sebagus apapun produk tersebut, tidak akan berhasil tanpa strategi pemasaran yang baik.

Beberapa kegiatan pemasarannya adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Produk

Tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran adalah memperkenalkan kepada masyarakat suatu produk yang dikembangkan oleh suatu perusahaan.

2. Mencapai Target Penjualan

Sasaran penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim pemasaran harus menemukan cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan memperhatikan kebutuhan dan aktivitas pasar.

3. Memastikan Kepuasan Konsumen

Di samping tujuan penjualan, kepuasan pelanggan adalah penting dan menjadi prioritas bagi tim pemasaran. Dengan memastikan bahwa konsumen puas dengan produknya, proses pemasaran itu sendiri dianggap berhasil.

4. Membuat Strategi Lanjutan

Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat digunakan tim pemasaran untuk memasarkan produknya kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah pemberian diskon.

Strategi lanjutan ini bertujuan untuk mencapai target laba yang lebih tinggi daripada strategi sebelumnya dengan menawarkan produk lain kepada konsumen dengan harga yang lebih murah.

5. Bekerjasama Dengan Mitra

Pemasaran juga berperan penting dalam membangun hubungan dengan mitra bisnis. Selain itu, tim pemasaran mempunyai tugas membangun hubungan yang baik dengan masyarakat khususnya dengan pelanggan dan menghubungkan hubungan perusahaan dengan lingkungan luar.

6. Membuat Rekapitulasi Penjualan

Tim pemasaran harus meringkas data penjualan dengan benar dan terstruktur. Data penjualan dibutuhkan oleh perusahaan untuk menentukan tujuan dan strategi pemasaran di masa depan.

Kesimpulan

Pemasaran penting di setiap perusahaan. Semakin baik strategi pemasaran untuk perusahaan Anda, semakin cepat pula pertumbuhan perusahaan Anda. Namun jangan lupakan pembukuan, karena pembukuan merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis.

Jika strategi pemasaran Anda bagus tanpa dibarengi dengan pembukuan yang terstruktur, bisnis Anda akan berantakan. Untuk menjalankan proses penagihan yang baik, diperlukan pencatatan transaksi secara berkala untuk menghasilkan laporan keuangan yang bertanggung jawab.

Demikianlah artikel tentang Pemasaran ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.