Pengertian Lidah, Bagian, Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Pengertian Lidah, Bagian, Fungsi dan Jenisnya – Lidah merupakan organ yang termasuk ke dalam pancaindera dan juga sebagai organ yang menunjang sistem pencernaan. Lidah bertindak sebagai indera perasa, memberi rasa pada benda apa pun yang masuk ke mulut kita. Selain itu, lidah juga mendukung mengunyah dan menelan. Lidah juga sering disebut sebagai bahasa (Latin) atau glossal (Yunani). Lidah adalah jaringan otot bergaris (otot rangka) yang ditutupi oleh selaput lendir.

Lidah merupakan kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah juga sering disebut sebagai bahasa (Latin) atau glossal (Yunani). Lidah adalah jaringan otot bergaris (otot rangka) yang ditutupi oleh selaput lendir.

Lidah dikenal sebagai sensasi rasa, yang memiliki banyak selera. Lidah juga membantu berbicara dan membantu menyerap makanan di mulut.

Lidah adalah organ yang dimiliki oleh panca indera dan juga organ yang mendukung sistem pencernaan. Lidah bertindak sebagai indera perasa untuk memberi rasa pada benda apa pun yang memasuki mulut. Selain itu, lidah mendukung mengunyah dan menelan.

Proses Pengecapan Lidah

Makanan serta minuman yang menyentuh lidah itu akan mengaktifkan reseptor pengecap yang peka terhadap rangsangan kimia. Stimulus ditransmisikan ke otak dalam bentuk impuls saraf dari sel-sel saraf di lidah. Otak menerima informasi ini dan menerjemahkannya sehingga kita dapat mencicipi minuman dan makanannya.

Bagian Lidah

Lidah terdiri dari sekumpulan otot dan tidak memiliki tulang sama sekali. Satu-satunya tulang yang berhubungan langsung dengan lidah adalah tulang hyoid. Tulang ini terletak di antara leher dan dagu bagian dalam. Lidah juga memiliki bagian lain yang disebut Frenulum. Bagian ini menghubungkan lidah ke rongga mulut dan bertindak sebagai penyangga lidah.

Secara garis besar, permukaan lidah bisa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Ujung dan tepi lidah. Sesuai namanya, bagian ini meliputi lidah bagian depan (ujung) serta kanan dan kiri (tepi). Ujung lidah bisa bergerak bebas ke depan, ke belakang, ke kanan atau ke kiri.
  2. Pangkal lidah. Bagian ini terletak di sisi belakang lidah yang dekat dengan tenggorokan. Di pangkal lidah ada banyak sel yang membantu fungsi lidah untuk merasakan dan menyentuh sesuatu yang masuk ke mulut.
  3. Dasar lidah. Bagian ini terletak di sisi bawah lidah. Pangkal atau akar lidah bisa bergerak, tetapi gerakannya tidak bisa sebebas ujung lidah. Seperti di bawah ini, pangkal lidah tidak terlihat dari luar mulut.

Seluruh bagian lidah ditutupi jaringan berwarna merah muda yang disebut dengan mukosa. Di atas selaput lendir terdapat papila, sejenis bercak kecil yang membuat permukaan lidah terasa kasar. Permukaan papilla terdiri dari ribuan indera perasa, yang merupakan sel-sel saraf yang terhubung ke saraf yang masuk ke otak. Terkadang lidah tampak memiliki kerak. Kondisi ini normal dan lebih sering terjadi pada lansia.

Bagian-bagian lidah yang disebutkan di atas punya peran yang sangat penting dalam membantu lidah untuk menjalankan fungsinya. Jika masalah terjadi di bagian mana pun lidah mungkin tidak berfungsi dengan benar.

Fungsi Lidah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lidah memiliki fungsi utama sebagai indera pengecap, alat bantu berkomunikasi, mengunyah, dan menelan makanan. Untuk informasi lebih lanjut tentang fungsi lidah, lihat penjelasan berikut.

  1. Alat pengecap. Lidah memiliki reseptor rasa untuk merasakan makanan, minuman, atau apa pun yang masuk ke dalam mulut. Dengan cara ini, Anda dapat membedakan antara rasa manis, asin, pahit, lezat maupun tidak enak.
  2. Membantu berkomunikasi. Lidah bekerja sama dengan bibir dan gigi untuk membuat suara yang keluar dari tenggorokan jernih dan mudah dimengerti oleh orang lain. Tanpa lidah, kata-kata seseorang akan sulit dimengerti.
  3. Membantu mengunyah. Karena bisa bergerak bebas di dalam mulut, itu membantu untuk mengolah makanan dan minuman dari keras ke lunak, sehingga mudah menelan.
  4. Membantu menelan. Setelah makanan dikunyah dan menjadi hancur, lidah mendorong makanan ke tenggorokan, lalu masuk ke perut dan diproses oleh alat pencernaan.
  5. Membantu mengisap. Fungsi lidah sebagai alat bantu mengisap cairan yang masuk ke dalam mulut paling jelas pada bayi. Bayi menggunakan lidah mereka saat mengisap ASI.
  6. Membantu menyentuh. Ujung lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Ujung lidah digunakan untuk merasakan atau mengenali makanan yang diterima dan untuk membersihkan makanan yang tersisa di mulut.
  7. Melindungi mulut dari kuman. Di dasar lidah, terdapat kumpulan sel-sel pelindung bernama tonsil lingual. Sel-sel ini berada di belakang rongga mulut dan bersamaan dengan amandel dan melindungi tubuh dari menghancurkan kuman yang dapat masuk melalui mulut.

Setelah mengenali bagian lidah dan fungsinya, ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan lidah demi menjaga kesehatan mulut, karena sikat gigi saja tidak cukup. Kebersihan dan kesehatan lidah akan membantu Anda menghindari diri dari ancaman berbagai macam penyakit.

Jenis-jenis Papila Pada Lidah

Ada beberapa jenis papila yang menampung ujung pengecap yang tersebar di seluruh permukaan lidah. Papilla adalah sel epitel bersilia yang berbentuk seperti tonjolan. Pada manusia, ada sekitar 10.000 papila. Ada 4 jenis papila berdasarkan bentuknya, termasuk:

1. Papila Filiformis

Papila Filiformis adalah papila berfilamen (fili = benang). Papilla ini didistribusikan secara merata di atas permukaan lidah. Fungsi filiform papiler untuk mempertahankan stimulasi dan rasa sentuhan.

2. Papila Sirkumvalata

Papila sirkumvalata yaitu papila yang berbentuk bulat dan tersusun seperti huruf V di belakang lidah. Pada lidah manusia, jumlah papilla terbatas biasanya sekitar 8-14 lembar.

3. Papila Fungiformis

Papila fungiformis yaitu papila yang memiliki bentuk seperti jamur (fungi = Jamur). Papilla fungiformis didistribusikan di sisi lidah dan permukaan ujung lidah.

4. Papila Foliata

Papila foliata yaitu papila yang sangat sedikit terdapat pada manusia, beberapa bahkan mengatakan bahwa manusia tidak memiliki papillae jenis ini. Papilla ini memiliki bentuk kelengkungan daun di lidah.

Sekian artikel tentang Pengertian Lidah, Bagian, Fungsi dan Jenisnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

Pengertian Kornea, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Pengertian Tulang Rusuk, Struktur dan Fungsinya

Pengertian Sel Surya, Prinsip Kerja, Struktur dan Jenisnya