Pengertian Kreativitas

Posted on

Pengertian Kreativitas – Dalam kehidupan ini kreativitas adalah sesuatu yang paling penting, sebab kreativitas tersebut sangat berarti sekali dalam proses kehidupan manusia. Setiap manusia pasti memiliki potensi kreativitas, kemudian apa itu kreativitas?

Nah untuk teman-teman yang belum tahu mengenai apa yang dimaksud kreativitas, maka di sini dapat kalian temukan tentang pengertian kreativitas, selain itu disini juga kami kupas tentang definisi kreativitas menurut keterangan dari para ahli, ciri-ciri kreativitas dan juga contoh kreativitas.

Pengertian Kreativitas

Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru. Baik dalam format gagasan maupun dalam format sebuah karya nyata. Jika kreativitas ini bersangkutan dengan suatu karya maka dapat saja menjadi penggabungan antara karya yang telah lama diciptakan dengan karya yang baru dibuat. Pada dasarnya masing-masing orang mempunyai tingkat kreativitasnya masing-masing.

Bahkan sering dari kreativitas ini tidak sedikit orang yang mengejar sebuah inovasi baru dan sangat berfungsi untuk kehidupan kini maupun kehidupan yang bakal datang.

Kreativitas sendiri dapat dibentuk dari ciri-ciri aptitude maupun non aptitude. Tidak jarang pun ada yang memandang andai kreativitas ialah ide-ide baru yang paling hebat dan mencengangkan.

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi kreativitas menurut beberapa para ahli.

1. Munandar

Munandar mengatakan pengertian kreativitas merupakan kemampuan guna mengkombinasikan, memecahkan atau membalas masalah, dan gambaran kemampuan operasional anak kreatif.

2. Havvel

Havvel berasumsi bahwa kreativitas yaitu kemampuan untuk dapat menciptakan sebuah komposisi dan pun sistem yang baru.

3. Semiawan

Lalu menurut keterangan dari Semiawan, kreativitas yakni keterampilan untuk menyerahkan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam solusi masalah. Kreativitas mencakup baik ciri-ciri aptitude laksana kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kemurnian (originality) dalam pemikiran, maupun ciri-ciri non aptitude, laksana rasa hendak tahu, senang mengemukakan pertanyaan dan selalu hendak mencari pengalaman-pengalaman baru.

4. James R. Evans

Pengertian kreativitas menurut keterangan dari James R. Evans ialah kemampuan untuk mengejar hubungan baru, keterampilan untuk menyaksikan subjek dari sudut pandang yang berbeda, serta menggabungkan konsep yang telah mindstream di masyarakat dirubah menjadi sebuah konsep yang lumayan berbeda.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Berdasarkan KBBI, makna dari kreativitas adalah kemampuan untuk membuat atau suatu daya cipta. Kreativitas juga dapat diartikan sebagai kreasi teranyar dan masih orisinil yang tercipta. Ini sebab kreativitas sebuah proses mental yang menarik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, bertolak belakang dan orisinil.

Baca juga: Pengertian Startup

Manfaat Kreativitas

Manfaat Kreativitas tentunya dipunyai oleh seluruh orang. Dimana masing-masing orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda sampai-sampai produk yang didapatkan pun berbeda. Sedangkan manfaat dari kreativitas merupakan:

1. Kualitas dan Taraf Hidup Meningkat

Kreativitas memiliki guna untuk menciptakan kualitas dan taraf hidup meningkat. Hal ini pasti saja di sebabkan sebab kreativitas dapat melahirkan inovasi baru. Dimana inovasi baru ini dapat sangat berfungsi untuk kehidupan masing-masing orang sampai-sampai taraf hidup masyarakat dapat meningkat.

2. Awal Timbulnya Perubahan

Selain dapat meningkatkan taraf hidup di masyarakat, kreativitas juga berfungsi untuk mengawali sebuah evolusi baru di dalam kehidupan. Karena hasil dari kreativitas dapat berupa buah pemikiran ataupun sebuah karya yang masih paling baru dan belum terdapat sebelumnya.

3. Menjadi Hal Kesuksesan Dalam Usaha

Kreativitas juga dapat menjadi salah satu hal dalam mensukseskan usaha yang dipunyai seseorang. Inilah kenapa sebuah perusahaan atau lokasi usaha mestilah mempunyai karyawan yang kreatif. Sehingga usaha yang di jalankan pun dapat lebih fasih dengan adanya sejumlah inovasi baru dari semua pegawai ini.

4. Motivasi Hidup Meningkat

Sedangkan guna dari kreativitas yang dapat di rasakan oleh perseorangan pribadi ialah motivasi dan motivasi hidup menjadi meningkat. Ini sebab seseorang yang memiliki daya kreativitas tinggi akan tidak jarang kali merasa hendak membuat suatu inovasi yang baru. Jadi hidupnya dapat lebih energik dari sebelumnya.

5. Lebih Menghargai Orang Lain

Suatu inovasi yang terdapat tidak tidak jarang kali berasal dari kreativitas seseorang saja. Namun inovasi ini dapat berasal dari ide sejumlah orang yang digabung menjadi satu. Karena hasil dari kreativitas ini berasal dari orang yang berbeda-beda maka masing-masing orang dapat saling menghargai. Selain tersebut setiap orang yang mempunyai kreativitas dapat saling berkolaborasi untuk membuat inovasi yang baru.

Ciri-ciri Kreativitas

Kreativitas pun memiliki sejumlah ciri-ciri yang akan menciptakan Anda lebih gampang mengenali seseorang yang memiliki daya kreativitas tinggi. Adapun ciri-ciri orang kreatif, yaitu:

1. Senang Berimajinasi atau Mengkhayal

Orang yang senang memiliki mimpi atau berkhayal tidak tidak jarang kali berarti orang yang malas atau tidak suka beraktivitas. Justru kreativitas yang hebat dapat berasal dari orang yang senang berimajinasi.

2. Suka dengan Tantangan

Biasanya orang yang mempunyai daya kreativitas tinggi tidak akan gampang puas dengan hasil kreativitas yang ia miliki. Seseorang yang sudah sukses menciptakan sebuah kreativitas akan tidak jarang kali merasa tidak cukup dan bakal terus berjuang menciptakan inovasi baru. Ini sebab orang kreatif paling suka sekali dengan tantangan.

3. Logika ialah Landasan Utama pada Pikiran

Ketika di hadapkan pada posisi yang membingungkan maka orang yang kreatif akan memakai logikanya untuk memungut keputusan. Karena orang laksana ini selalu memiliki pikiran yang logis dan melalaikan perasaannya.

4. Mudah Beradaptasi

Ciri-ciri orang kreatif selanjutnya ialah mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sehingga saat ia pindah ke lokasi yang baru maka orang kreatif tidak akan keadaan bingung saat bersosialisasi dengan orang lain.

5. Senang Berfikir

Sebuah inovasi baru yang hadir dan dapat sangat berfungsi tentunya tidak berasal dari benak biasa saja. Inilah dalil mengapa orang kreatif bakal lebih suka berfikir untuk membuat sesuatu yang baru.

6. Mudah Bosan

Karena orang kreatif senang beranggapan dan pikirannya tidak jarang kali out of the box maka orang kreatif bakal merasa cepat bosan. Sehingga orang-orang laksana ini selalu berjuang menciptakan inovasi baru guna mengusir kejemuan yang ia rasakan.

7. Selalu ingin Tau

Selalu hendak tahu pun menjadi ciri-ciri dari orang yang kreatif. Dimana saat orang kreatif tidak memahami tentang sebuah hal maka ia akan berjuang tanya ke siapapun dan pun mencari informasi dari sekian banyak sumber.

Baca juga: Pengertian Lingkungan Hidup

Perilaku Kreativitas

Sebuah proses kreativitas melulu akan terjadi bila dibangunkan melalui masalah yang memacu pada lima macam perilaku, sebagaimana yang dipaparkan oleh Parnes (dalam Nursito: 2000) sebagai berikut:

  • Fluency (kelancaran), yaitu keterampilan mengemukakan gagasan yang serupa untuk memecahkan sebuah masalah.
  • Flexibility (keluwesan), merupakan keterampilan untuk menghasilkan sekian banyak macam gagasan guna memecahkan sebuah masalah di luar kelompok yang biasa.
  • Originality (keaslian), yakni keterampilan memberikan respons yang menarik atau luar biasa.
  • Elaboration (keterperincian), ialah keterampilan menyatakan pengarahan gagasan secara terperinci guna mewujudkan gagasan menjadi kenyataan.
  • Sensitivity (kepekaan), adalah kepekaan menciduk dan menghasilkan masalah sebagai tanggapan terhadap sebuah situasi.

Faktor Yang Mempengaruhi Kreativitas

Dari pembahasan yang singkat di atas maka kami juga akan memberikan hal dalam mekanisme guna mengungkapkan sebuah kreativitas yang tinggi. Berikut faktor-faktor yang memprovokasi Kreativitas merupakan:

  • Faktor desakan untuk mengisi potensi anak suoaya menjadi kreatif dan bisa menilai masa mendatang nya.
  • Faktor sarana yang mesti disediakan untuk memicu penelitian dan eksplorasi pada unsur yang penting.
  • Faktor lingkungan family dan sekolah mesti bisa mendorong kreativitas dan dapat menyerahkan panduan untuk menciptakan remaja menjadi kreatif.
  • Faktor keunggulan dan pengetahuan yang bisa mengembangkan benak yang positif.
  • Faktor waktu urusan yang semacam ini bisa mengembangkan gagasan yang terdapat di kalangan remaja.

Bentuk Kreativitas

Pada ulasan yang telah kami kupas di atas maka kami juga akan memerikan sejumlah bentuk yang bisa mewujudkan kreativitas diantaranya yaitu.

1. Gagasan

Gagasan merupakan salah satu format Kreatifitas yang dapat pun mewujudkan dari sekian banyak ide dan usulan untuk menanggulangi masalah yang ada.

2. Ide

Ide yaitu salah satu format kreativitas yang bisa menghasilkan gagasan yang unik sampai-sampai dapat pun menciptakan penyelesaian yang baru pada kehidupan di masyarakat.

3. Produk

Produk yakni salah satu format kreativitas yang didapatkan sehingga terjadinya proses guna memenuhi keperluan dari konsumen.

Usaha Mengembangkan Kreativitas

Dari sejumlah ulasan yang telah kami kupas di atas maka kami pun akan menyerahkan usaha guna mengembangkan kreativitas serta menyerahkan pemahaman nya. Berikut sejumlah usaha dalam mengembangangkan kreativitas merupakan:

  • Anak-anak atau murid dapat mengetahui latar belakang dan empiris serta berprilaku yang baik pada masing-masing kalangan pribadi atau secara berkelompok yang bisa mengembangkan potensi mereka.
  • Guru dan orang tua dapat membuat suasana serta bisa dipromosikan guna menghilangkan hambatan dalam mengerjakan kreativitas yang bakal dikembangkan.
  • Anak-anak atau murid memiliki peluang untuk berlatih dalam beranggapan pada keadaan yang terkendali.
  • Para orang tua bisa mengembangkan khayalan anak-anak dan bisa meningkatkan kepintaran dalam menghasilkan ide-ide yang berguna.
  • Para guru dan orang tua perlu meluangkan pengajaran dengan teknik semantik guna menggunakan khayalan yang dapat menimbulkan potensi pertumbuhan remaja.

Baca juga: Pengertian Tasawuf

Contoh Kreativitas

Berikut merupakan contoh dari kreativitas.

1. Inovasi Daur Ulang Sampah

Dulu belum terdapat inovasi guna mendaur ulang sampah, utamanya daur ulang sampah plastik. Namun sekarang sudah terdapat inovasi baru mengenai daur ulang sampah dengan sekian banyak macam teknologi canggih. Biasanya sampah ini bakal di daur ulang menjadi barang-barang berfungsi seperti lampion, tas, dan masih tidak sedikit lagi.

2. Produk Sambal Kemasan

Contoh dari kreativitas selanjutnya yaitu terbentuknya produk sambal yang dikemas dalam botol plastik ataupun kaleng kecil. Sehingga sekarang untuk orang yang tidak dapat masak sambal sendiri dapat membeli di antara produk sambal brand terkenal.

3. Bumbu Masak Instan

Hasil dari kreativitas pun termasuk ke dalam bidang makanan, salah satunya ialah pembuatan bumbu masak instan. Dimana sekarang semua orang dapat memasak tanpa mesti ribet menciptakan resep sendiri.

Demikianlah penjelasan tentang Kreativitas dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.