Pengertian Internet

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Pada kesempatan kali ini Ruang Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Internet. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan tentang pengertian internet, sejarah, manfaat, fungsi, tujuan dan dampaknya secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel tentang pengertian internet berikut ini.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan media elektronik dengan media lain. Standar teknologi pendukung yang digunakan di seluruh dunia adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat TCP / IP).

TCP / IP ini adalah protokol pertukaran paket (Switching Communication Protocol di luar negeri) yang dapat digunakan untuk milyaran pengguna lain di seluruh dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara / proses menghubungkan koneksi internet dan penerapan aturan yang disebutkan di atas.

Di kota-kota besar, kita sering melihat bahwa Internet memiliki dampak besar pada semua kegiatan. Mulai dari kantor dengan teknologi canggih yang dapat mengatur semua aktivitas kantor lebih cepat dan lebih efisien. Ini karena Internet dapat menawarkan solusi yang tepat untuk berbagai masalah.

Bahkan, kita bisa melihat di mall, taman bermain hingga restoran memiliki teknologi canggih. Misalnya bermain dengan keluarga di taman hiburan. Tidak jarang bagi kita untuk melihat orang tua sibuk mengambil gambar dan video anak-anak mereka di layar ponsel dan mengunggahnya di media sosial.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian internet menurut beberapa para ahli:

1. Onno Purbo

Menurut Onno Purbo, Internet pada dasarnya adalah media yang mengoptimalkan proses komunikasi yang terhubung melalui berbagai aplikasi seperti web, VoIP dan email.

2. Oetomo

Menurut Oetomo, Internet adalah singkatan untuk jaringan internasional, yang juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang sangat besar yaitu jaringan komputer yang terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling berhubungan.

3. Supriyanto

Menurut Supriyanto, Internet adalah hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di seluruh dunia yang memiliki sistem operasi dan aplikasi yang berbeda, hubungan tersebut mengambil keuntungan dari pengembangan lebih lanjut perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar untuk membuat koneksi komunikasi yaitu protokol TCP / IP (Transmission Control / Internet Protocol).

4. Harjono

Menurut Harjono, Internet adalah kumpulan dari beberapa komputer yang dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung dan terkoneksi. Untuk menghubungkan komputer bersama, media diperlukan untuk menghubungkan komputer. Media yang digunakan dapat menggunakan kabel / fiber, satelit atau koneksi telepon.

5. Ramdhani

Menurut Ramdhani, Internet adalah istilah untuk kumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs web akademik, pemerintahan, komersial, organisasi dan individu.

6. Sibero

Menurut Sibero, Internet atau singkatan dari Inter-Connected Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer secara global.

7. Drew Heywood

Menurut Heywood, Internet adalah istilah teknologi yang pertama kali muncul pada akhir 1960-an ketika Departemen Pertahanan AS membutuhkan standar baru untuk melakukan komunikasi internetworking. Standar baru ini harus menjadi standar yang dapat menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, lembaga penelitian atau komputer ilmiah seperti universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tidak rusak sehingga dapat beroperasi dalam kondisi minimal karena bencana atau perang.

Sejarah Singkat Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency atau disingkat ARPA memelopori sistem jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET ini adalah asalnya sebelum dasar teknologi internet. Barulah pada 1980-an Internet digunakan oleh kalangan terbatas dan melakukan tugasnya dengan menghubungkan berbagai lokasi atau universitas populer di Amerika Serikat.

Protokol standar TCP / IP sendiri diterbitkan pada tahun 1982. Keberadaan nama domain juga digunakan empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1984. Kemudian National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET Ini Dimulai untuk menggantikan peran ARPANET sebagai forum untuk penelitian terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di banyak negara akhirnya didirikan dan terhubung melalui NSFNET.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Bahkan, internet yang dihasilkan dari perkembangannya terus tumbuh sejauh ini. Di masa lalu, informasi yang dapat diakses melalui Internet hanya informasi berbasis teks. Dan pada tahun 1990, CERN memulai lagi dengan pengembangan layanan berbasis tampilan grafis serupa yang disebut WWW (World Wide Web). InterNIC pun didirikan pada tahun 1993 untuk memungkinkan pendaftaran nama domain di depan umum. Sekitar tahun 1994 barulah internet datang ke negara kita yaitu negara Indonesia.

Manfaat Internet

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet:

1. Manfaat Internet untuk Bisnis

Kata belanja online dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi. Mulai dari pemilik bisnis yaitu penjual yang tidak perlu memiliki toko atau ruko untuk membuka tokonya, tetapi cukup mendaftarkan tokonya di media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang mereka inginkan tanpa harus membeli barang yang mereka inginkan secara langsung.

2. Manfaat Internet untuk Belajar

Internet dengan metode pembelajaran online memudahkan siswa untuk berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang mereka inginkan melalui otodidak. Media pembelajaran online dari matematika, bahasa Inggris dll dapat dengan mudah dipelajari di Internet. Sebagai contoh: E-learning, tutorial dan kursus juga ditawarkan di berbagai media.

3. Manfaat Internet untuk Hiburan

Internet untuk mencari informasi dengan cepat, kita sering menggunakan Internet untuk mencari hiburan, seperti Youtube, Facebook dan Instagram. Kita dapat menggunakan fasilitas jenis ini secara gratis atau dengan biaya untuk menggunakan berbagai opsi hiburan di Internet.

Fungsi dan Tujuan Internet

Berikut ini adalah fungsi dari penggunaan internet:

1. Memudahkan Mengakses Informasi

Sekarang kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi melalui Internet. Memang, jika kita sering mengeluh di masa lalu tentang tidak bisa belajar karena kita tidak punya buku dengan harga tinggi. Sekarang kita dapat mempelajari berbagai hal dengan menggunakan Internet di mana saja dan kapan saja.

2. Memudahkan Komunikasi

Jika dahulu kita ingin berkomunikasi dengan teman atau kerabat dari negara atau kota yang berbeda, pertama-tama kita perlu bertemu secara langsung untuk dapat berkomunikasi dan mengambil banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, sekarang dapat berkomunikasi dengan Internet kapan saja.

3. Memudahkan Pekerjaan

Banyak perusahaan menggunakan internet sebagai solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat dan efisien. Melalui sistem yang saling berhubungan, perusahaan dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaannya.

Dampak Internet

Dampak dari penggunaan internet sendiri dibagi menjadi 2 yaitu dampak positif dan dampak negatif, Berikut penjelasannya:

1. Dampak Positif

  • Memudahkan Mendapatkan Informasi

Salah satu hal paling menyenangkan di Internet adalah bahwa banyak informasi hanya tersebar di tangan ponsel atau laptop. Itu berbeda pada zaman dahulu yang harus pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.

  • Membantu dalam Menyelesaikan Masalah dan Tugas

Ini juga terlihat bagi mahasiswa atau siswa. Ada banyak informasi, bahkan ada aplikasi pembelajaran yang menggunakan Internet dan yang dapat diakses dengan cepat, mudah dan interaktif.

  • Sarana Hiburan

Kita tentu tahu bahwa ada banyak opsi hiburan yang bisa kita gunakan di Internet, apakah itu hiburan seperti menonton video di YouTube, mendengarkan lagu di Spotify dan lainnya.

  • Memudahkan Bisnis

Perkembangan Internet juga mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini. Siapa yang tidak memiliki media sosial saat ini? Situs web? atau fasilitas internet lainnya? Ini adalah saluran di mana orang dapat menjual untuk bisnis online mereka melalui Internet.

  • Memudahkan Proses Komunikasi

Apakah Anda menyadari bahwa sangat mudah untuk bersatu kembali sekarang? Ini karena internet memudahkan kita berkomunikasi satu sama lain.

2. Dampak Negatif

  • Terjadinya Cyber Bulliying

Ini adalah sesuatu yang terkadang suka disakiti karena ada begitu banyak masalah cyber bullying di Internet yang dalam hal ini privasi juga sangat sulit disembunyikan di Internet.

  • Perilaku Negatif dan Konten yang Tidak Baik untuk Dilihat

Internet mengharuskan kita menggunakan Internet dengan bijak. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak menggunakan Internet untuk kegiatan yang tidak berguna.

  • Maraknya Isu Hoax dan Penyebaran Hoax

Itu sering terjadi, siapa yang tidak pernah bercanda? Saya pikir Anda semua pasti telah menerima berita internet palsu atau kita sering menyebutnya HOAX. Semoga tidak banyak berita HOAX yang akan menyebar. Saya harap kalian adalah pengguna internet yang lebih pintar.

  • Adanya Cyber Crime yaitu Kejahatan Internet

Siapa yang suka berbelanja online di sini? Nah, salah satu efek negatif dari internet adalah memungkinkan penipuan atau kita sering menyebutnya cyber crime. Kita harus terus berhati-hati ketika menggunakan fasilitas internet yang kita gunakan.

  • Budaya Asli Mulai Ditinggalkan

Ini seharusnya tidak terjadi, tetapi teknologi mengembangkan celah terbuka yang berarti kita harus meninggalkan kebiasaan baik yang bisa kita lakukan sebagaimana mestinya.

Internet Positif di Indonesia

Pada saat itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama yang unik yaitu Circle of Friends Network. Circle of Friends Network juga berarti mirip dengan namanya, di mana semangat kekeluargaan atau kolaborasi di antara para anggota pengembang teknologi begitu ketat.

Ini sangat berbeda dengan suasana perkembangan internet saat ini di Indonesia yang tentunya lebih sesuai dengan tujuan komersial. Namun tentu saja tidak hanya sisi negatifnya yang dapat dirasakan, pertumbuhan e-commerce dan perusahaan komersial lainnya telah meningkat secara dramatis dan juga membantu membangun ekonomi nasional.

Pada waktu itu, RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto dan Onno Purbo adalah beberapa nama tokoh pengembang internet legendaris yang tercatat dalam sejarah internet awal Indonesia tepatnya antara tahun 1992 dan 1994. Setiap pengembang memiliki Keahliannya sendiri untuk membangun sejarah TI di Indonesia yang diperkenalkan dan digunakan.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Dampaknya ini semoga bisa memberi manfaaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>