Pengertian Ikhtisar, Tujuan, Ciri dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Ikhtisar, Tujuan, Ciri dan Fungsinya – Ikhtisar adalah sebuah penyajian singkat dari sebuah karangan asli yang tidak perlu memberikan seluruh isi dari karangan asli tersebut dengan secara proporsional atau dengan kata lain ikhtisar adalah sebuah bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan juga rekomendasi.

Ikhtisar tersebut adalah mengandung topik persoalan serta juga dengan bekerja melalui topik.

Dalam hal tersebut, menurut para ahli, ikhtisar adalah sebuah penulisan dari pokok-pokok masalah penulisannya tidak diharuskan berurutan, tetapi dapat disajikan secara acak atau bahkan dalam bahasa penulis ringkasan, tanpa mengubah subjek wacana. Tinjauan umum ini berfungsi sebagai garis besar masalah dalam wacana pendek atau menengah.

Ikhtisar merupakan suatu bagian dari tulisan yang menyampaikan suatu informasi yang penting dari sebuah tulisan dalam bentuk yang sangat singkat. Ikhtisar adalah bagian yang sangat penting setelah kesimpulan diambil dan rekomendasi dibuat. Ikhtisar berisi tema masalah dan tujuan yang ingin dicapai oleh topik.

Ikhtisiar adalah penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, bisa acak atau disajikan dalam bahasa penulis ikhtisar, tanpa mengubah subjek wacana. Ikhtisiar berfungsi sebagai garis besar masalah dalam wacana pendek atau menengah. Ikhtisiar adalah presentasi singkat dari esai asli yang tidak mencerminkan konten semua esai secara proporsional.

Pada dasarnya Penulis ikhtisar dapat langsung mengemukakan inti atau pokok masalah dan problematik pemecahannya. Untuk mengilustrasikan beberapa bagian atau isi dari beberapa bab, Anda dapat menjelaskan masalah aktual atau masalah utama sebelumnya, sementara mengabaikan bagian atau bab yang kurang penting.

Tujuan Ikhtisar

Adapun tujuan dari ikhtisar adalah sebagai berikut:

  1. Ikhtisar dibuat untuk ditempatkan pada awal artikel sebagai penjelasan. Namun, tinjauan umum dapat berdiri sendiri.
  2. Ikhtisar merupakan bagian yang sangat penting menurut kesimpulan dan rekomendasi.

Ciri-Ciri Ikhtisar

Dibawah ini adalah ciri-ciri ikhtisar yang diantaranya adalah:

  1. Tidak mempertahankanl pada urutan ide.
  2. BBebas mengkombinasikan kata dengan syarat tidak menyimpang dari intinya.
  3. Tujuannya adalah untuk mengambil sebuah inti.

Cara Membuat Ikhtisar

Langkah-langkah menyusun ikhtisar hampir sama dengan langkah- langkah dalam menyusun rangkuman. Hanya saja setelah membaca bacaan yang akan dirangkum, penulis dapat langsung menambahkan pengetahuan yang ada dalam bacaan yang akan dirangkum sesuai dengan materi pembelajaran. Hasil penggabungan tersebut kemudian dirangkum dalam ringkasan yang koheren.

Berikut ini cara membuat ikhtisar, yaitu:

  1. Membaca naskah asli beberapa kali (setidaknya dua kali).
  2. Buat bingkai bacaan dengan menuliskan ide utama skrip.
  3. Kemudian tulislah ikhtisar.

Fungsi Ikhtisar

Pentingnya iktisar dikarenakan kegunaan serta manfaatnya dalam mengambil sebuah inti pokok Ikhtisar. Di bawah ini adalah kegunaan dari iktisar, antara lain sebagai yaitu berikut :

  1. Untuk dapat mengembangkan ekspresi dan menyimpan kata.
  2. Memahami dan mengetahui isi buku.
  3. Membimbing seseorang untuk memahami esensi suatu konten.

Struktur Kebahasaan Ikhtisar

  1. Tidak mempertahankan sebuah gagasan tertentu.
  2. Bebas menggabungkan kata selama tidak menyimpang dari intinya.
  3. Tujuannya adalah untuk mengambil inti.

Sekian artikel tentang Pengertian Ikhtisar, Tujuan, Ciri dan Fungsinya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

Pengertian Lidah, Bagian, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Tulang Rusuk, Struktur dan Fungsinya

Pengertian Sel Surya, Prinsip Kerja, Struktur dan Jenisnya