Pengertian Filogenetik, Klasifikasi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Filogenetik, Klasifikasi, Jenis dan Contohnya – Filogenetik merupakan salah satu cabang dari biologi yang berhubungan, mempelajari serta juga menentukan hubungan evolusioner, atau juga pola keturunan, kelompok organisme. Filogeni adalah sejarah evolusi kelompok organisme yang saling berhubungan. Hal tersebut diwakili oleh pohon filogenetik yang menunjukkan bagaimana spesies tersebut terhubunga satu sama lain dengan melalui nenek moyang yang sama. Clade adalah sekelompok organisme yang mengelilingi nenek moyang dan semua keturunannya.

Filogenetik adalah cabang biologi yang berkaitan dengan studi dan penentuan hubungan evolusi atau pola genetik kelompok organisme.

Filogenetik merupakan salah satu cabang dari biologi yang berhubungan, mempelajari serta juga menentukan hubungan evolusioner, atau juga pola keturunan, kelompok organisme.

Sebuah Klade yaitu sekelompok organisme yang melingkupi leluhur dan semua keturunannya. Filogeni adalah sejarah evolusi kelompok organisme yang saling terkait.

Klasifikasi Filogenetik

Linnaeus mengklasifikasikan organisme dengan berdasarkan ciri-ciri fisik yang jelas. Pada dasarnya, organisme ini dikelompokkan bersama-sama apabila mereka tampak sama. Setelah Darwin menerbitkan teori evolusi pada abad ke-19, para ilmuwan berusaha untuk mengklasifikasikan organisme yang memiliki filogenetik. Filogeni adalah sejarah evolusi kelompok organisme yang saling terhubung.

Salah satu cara untuk mengklasifikasikan organisme yang memiliki filogenetik adalah dengan menggunakan clade. Clade adalah sekelompok organisme yang mengelilingi kedua leluhur dan keturunannya. Clade ini didasarkan pada cladistics. Ini adalah metode untuk membandingkan karakteristik spesies terkait dalam menentukan hubungan leluhur serta keturunannya.

Pohon filogenetik ini menunjukkan bagaimana ketiga spesies hipotesis dihubungkan oleh nenek moyang yang sama. Apakah Anda melihat mengapa spesies 1 dan 2 lebih terkait erat dari pada spesies 2 dan 3?

Klade ini diwakili oleh kladogram, seperti pada Gambar di bawah ini. Kladogram tersebut merupakan klade mamalia serta juga reptil. Klade Reptil ini termasuk burung. Ini menunjukkan bahwa burung telah berevolusi dari reptil. Linnaeus mengklasifikasikan mamalia, reptil dan burung ke dalam kelas yang terpisah. Ini menyimpulkan hubungan evolusi mereka.

Jenis-jenis Filogenetik

  • Grup Monofiletik: Berisi leluhur dan semua keturunannya.
  • Grup Parafilik: Berisi leluhur, tetapi sedikit keturunan.
  • Grup Polifiletik: Berisi semua jenis organisme tanpa nenek moyang yang sama baru-baru ini.

Contoh Filogenetik

Filogeni ini akan menggambarkan masing-masing dari tiga jenis kelompok filogenetik. Keturunan D serta juga E (ungu) merupakan kelompok monofiletik.

Keturunan B dan C bersama-sama dalam jeruk untuk kelompok polyphyletic. Kelompok kuning yang mengelilingi keturunan B, C, D, dan E adalah kelompok parafilik.

Perlu diingat bahwa kelompok parafilik adalah kelompok yang memiliki leluhur yang sama tetapi tidak termasuk semua keturunan.

Dalam contoh ini, leluhur termuda dari kelompok parafilik adalah akar pohon. Anda dapat menentukan ini dengan mulai dengan keturunan (B, C, D, E) dan menelusuri cabang-cabangnya (ke arah akar) hingga bertemu.

Root memiliki lima keturunan (A, B, C, D, juga E), tetapi hanya empat dari mereka (B, C, D, E) yang termasuk dalam kelompok kuning.

Jadi kelompok kuning memiliki leluhur, tetapi hanya untuk sebagian keturunan mereka. Itulah yang dilakukan parafiletika.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Filogenetik, Klasifikasi, Jenis dan Contohnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

Pengertian Sintaksis, Fungsi, Ruang Lingkup dan Struktur Sintaksis

Pengertian Segmentasi, Tujuan dan Syaratnya

Pengertian Android Pie 9.0 dan Fitur-fitur Terbarunya