Pengertian Algoritma : Kriteria, Pertimbangan dan Fungsinya

Pengertian Algoritma – Apa itu algoritma? barangkali pertanyaan ini sering kali sampai di pikiran Anda. Ya, untuk para pemula memahami dasar-dasar pemahaman algoritma menjadi urusan penting.

Sebagian orang mempelajari algoritma susah-susah gampang. Sebagian lainnya menyinggung algoritma tidak gampang dipelajari sebab untuk mempelajarinya dibutuhkan pemahaman tentang bahasa, proses, dan sebagainya. Ada pula yang melafalkan pelajaran ini tidak rumit.

Rumit tidaknya dalam proses pemahaman algoritma tergantung pada keterampilan seseorang dalam latihan ini. Algoritma bersangkutan dengan matematika dan pemograman.

Algoritma pun erat kaitannya dengan pemograman komputer. Orang-orang yang diwajibkan memahami konsep algoritma salah satunya merupakan programmer. Hal itu lantaran kegiatan seorang programmer bersangkutan dengan coding dan algoritma pada komputer.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan tahapan logis yang dipakai untuk menuntaskan suatu masalah. Singkatnya, suatu masalah mesti ditamatkan dengan sejumlah langkah yang logis. Dalam kehidupan sehari-hari, misal algoritma dapat digambarkan dengan sekian banyak macam hal. Salah satu contohnya ialah aktivitas memasak air.

Misalnya saja siapkan panci yang sesuai, masukkan air ke dalam panci tersebut, tutup panci, letakkan panci pada kompor, hidupkan kompor dengan nyala api sedang, bilamana air mendidih, matikan kompor, angkat panci dari kompor.

Deretan tahapan tersebut adalah algoritma dari akitivitas memasak air. Karena urutan yang jelas, tahapan diatas dirasakan proses yang logis.

Sementara itu, di dalam ilmu komputer dan matematika, algoritma didefinisikan sebagai formalitas dari sekian banyak macam tahapan penghitungan, penalaran secara otomatis, hingga pemrosesan data.

Algoritma juga ditafsirkan sebagai cara yang diekspresikan lewat susunan dan instruksi yang diulas untuk menghitung. Secara garis besar, algoritma dibuka dengan imput dan situasi awal, deskripsi, eksekusi, dan menghasilkan output.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Supaya bisa lebih mengetahui mengenai apa itu algoritma, maka kita dapat merujuk pada sejumlah pendapat para ahli dibawah ini:

1. Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi

Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (ahli matematika dari Uzbekistan) menyampaikan bahwa, definisi algoritma ini adalah suatu cara khusus yang dipakai di dalam menuntaskan permasalahan.

2. Donald Ervin Knuth

Donald Ervin Knuth berpendapat bahwa, pengertian algoritma ini adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang menyerahkan sederetan operasi-operasi di dalam menuntaskan suatu masalah tertentu.

3. S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi

Goodman serta Hedetniemi menyampaikan bahwa, definisi algoritma ini adalah suatu urutan terbatas dari operasi-operasi yang terdefinisi dengan baik, yang mana setiap membutuhkan kenangan serta masa-masa yang terbatas di dalam menuntaskan suatu masalah.

4. Seymour Lipschutz dan Marc Lipson

Seymour Lipschutz dan Marc Lipson (praktisi matematika serta komputer) menyatakan bahwa, definisi algoritma ini adalah suatu susunan langkah demi tahapan yang terhingga dari intruksi-intruksi yang terdefinisikan tersebut dengan jelas yang dipakai untuk bisa memecahkan persoalan tertentu.

5. Marvin Minsky

Marvin Minsky adalah pakar Artificial Intelligence menyatakan bahwa, definisi algoritma ini adalah seperangkat aturan yang memberitahukan untuk kita dari masa-masa ke waktu, tepatnya merupakan bagaimana guna bertindak.

6. Andrey Andreyevich Markov

Andrey Andreyevich Markov (ahli matematika dari Rusia) berpendapat bahwa, definisi algoritma ini adalah hal umum untuk dicerna ialah sebagai sebuah keputusan yang tepat guna dapat mendefinisikan proses komputasi yang menunjukkan dari data mula hingga hasil yang diinginkan.

Sejarah Algoritma

Ditinjau dari segi sejarahnya, algoritma sendiri mempunyai asal-usul yang tidak banyak rumit. Algoritma berasal dari kata “algorist” yang berarti tahapan menghitung dengan memanfaatkan angka arab. Sementara itu, orang dapat dikatakan algorist bilamana melakukan penghitungan dengan angka arab. Bagaimana dengan pendapat ahli lainnya?

Sejarah memperlihatkan kebanyakan berpengalaman mencoba mengejar asal kata yang tepat tetapi hasilnya tidak cukup memuaskan. Hingga pada akhirnya, ahli sejarah mematika mengejar asal kata algoritma.

Ahli sejarah tersebut menyatakan asal kata algoritma yakni berasal dari nama penulis kitab arab. Nama penulis kitab arab yang dimaksud ialah Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarismi.

Kemudian, Al Khuwarizmi dibaca oleh orang barat pada kala tersebut menjadi Algorism. Buku yang ditulis oleh Al Khuwarizmi yang lantas menjadi referensi dalam algoritma orang barat yait Al Jabar Wal Muqabala.

Bila diterjemahkan kitab tersebut merupakan kitab tentang pengurangan dan pemugaran. Konon dari judul kitab tokoh ternama itu masyarakat canggih mengenal istilah aljabar.

Lantas bagaimana kata algorism pulang menjadi algorithm dan menjadi algoritma pada kala itu? Perubahan itu terjadi seiring adanya kesalahan pada arithmetic. Dengan kata lain, akhiran –sm kemudian pulang menjadi –thm.

Karena dahulu penghitungan dengan angka arab ialah hal biasa, maka secara perlahan kata “algorithm” secara umum dipakai untuk cara perhitungan atau komputasi.

Sementara itu, di dalam Bahasa Indonesia kata “algorithm” merasakan penyerapan kata yang kemudian pulang menjadi algoritma. Seperti yang sudah dilafalkan di awal, algoritma disebutkan sebagai urutan tahapan logis dalam solusi masalah.

Bahkan kata logis dinamakan sebagai kunci dari algoritma tersebut sendiri. Dalam algoritma, terdapat sejumlah pertimbangan. Pertimbangan tersebut memprovokasi ouput yang dihasilkan.

Kriteria Algoritma

Algoritma ini memiliki 5 (lima) ciri utama yang saling bersangkutan satu dengan lainnya. Berdasarkan keterangan dari Donald E. Knuth, adapun kriteria algoritma ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ada Input, ini adalah suatu persoalan yang dihadapi serta bakal dicarikan solusinya. Algoritma ini memiliki nol atau lebih input (masukan).
  2. Ada Proses, adalah suatu rencana atau langkah-langkah yang mesti dilaksanakan untuk dapat menjangkau tujuan akhir.
  3. Ada Output, adalah suatu penyelesaian atau tampilan akhir yang diperoleh dari sebuah algoritma. Algoritma ini mempunyai minimal satu output.
  4. Ada Intruksi yang Jelas dan Tidak Ambigu, adalah suatu instrukti yang jelas di dalam algoritma sampai-sampai tidak terjadi kekeliruan di dalam menghasilkan output.
  5. Ada Destinasi Akhir yang Dicapai, adalah suatu akhir dari program yang mana program itu akan berhenti saat tujuan akhir tersebut telah tercapai.

Pertimbangan Dalam Algoritma

Algoritma dibentuk secara logis dan sistematis. Setiap tahapan di dalam algoritma mestilah mempunyai nilai benar maupun salah.

Dalam konteks tertentu, algoritma menjadi suatu urutan tahapan dalam mengerjakan pekerjaan khusus. Pertimbangan pemungutan algoritma pun menjadi urusan penting supaya output yang didapatkan baik.

Pertama yakni benar tidaknya algoritma. Hal ini memiliki makna yaitu algoritma nantinya dapat menyerahkan output yang diharapkan dari berbagai masukan yang telah ada.

Karena itu, dari tahapan awal algoritma mestilah mempunyai kebenaran. Hal ini menilik sebagus apapun algoritma yang dibuat, bilamana hal tersebut menyerahkan output yang salah maka algoritma itu tidak baik.

Pertimbangan kedua yaitu estimasi pencapaian algoritma. Bagaimana pengertian algoritma secara umum? Algoritma ialah langkah yang mempunyai pencapaian baik.

Seberapa baik hasil yang didapat dari algoritma itu maka tahapan tersebut disebutkan berhasil. Bagi mendapatkannya, algoritma memelrukan aproksimasi atau hasil pendekatan. Algoritma yang bagus dapat memberikan hasil output sedekat barangkali dari nilai sebenarnya.

Pertimbangan ketiga yakni efisiensi dari algoritma tersebut sendiri. Efisiensi dalam algoritma dapat dilihat dari dua urusan diantaranya efisiensi kenangan dan waktu.

Meski algoritma akan menyerahkan hasil keluaran yang sangat mendekati dari hasil, akan namun Anda mesti menunggunya. Apabila hasil keluaran lama didapat bisa jadi tetap tidak dipakai. Hal ini mengingat tidak sedikit orang mengharapkan output yang cepat.

Begitu pula dengan kenangan yang dipakai pada algoritma. Semakin besar keperluan memori yang terpakai guna algoritma maka semakin buruk nilai algoritma tersebut.

Walaupun demikian, pada kenyataannya setiap orang dapat menciptakan algoritma yang tidak sama dalam menuntaskan sebuah permasalahan. Meski bertolak belakang penyusunan algoritma, seringkali output yang diinginkan dari masing-masing langkahnya ialah sama.

Perbedaan Algoritma dan Program

Saat ditanya mengenai algoritma, sejumlah orang terjebak dengan pengertiannya. Kesalahan intepretasi ini tidak jarang kali dikaitkan dengan definisi program. Padahal dua-duanya meski saling bersangkutan namun tetap saja mempunyai pemahaman yang berbeda.

Program sendiri ditafsirkan sebagai barisan dari pengakuan komputer. Sementara itu, algoritma adalah tahapan sekaligus cara yang sistematis dalam program. Hal ini juga disaksikan dari formulanya.

Formula yang dipakai untuk memisahkan program dan algoritma yakni program = algoritma + bahasa yang terdiri dari struktur data. Dalam urusan ini program adalah implementasi dari suatu bahasa pemograman.

Dari rumus tersebut, dapat dipungut kesimpulan bahwa baik algoritma maupun struktur data mempunyai hubungan yang paling erat dalam suatu program. Karena saling berbubungan, ketepatan struktur data dapat memprovokasi kualitas program.

Apabila struktur datanya tepat, program yang dipunyai juga menjadi baik demikian pula sebaliknya. Tidak melulu itu, seringkali pembuatan algoritma independen dari pemakaian bahasa pemograman sedangkan tugas komputer merupakan melaksanakannya.

Dalam prosesnya, notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam pelbagai bahasa pemograman. Karena itulah, terdapat istilah apapun bahasa pemogramannya, keluaran algoritma tidak jarang kali sama.

Algoritma pun dapat kita pelajari lewat teksnya. Teks dalam suatu algoritma merupakan tahapan penyelesaian masalah. Deskripsi solusi ini dapat ditulis dalam format notasi apa saja dengan kriteria dapat dicerna dan dimengerti.

Sifat notasi tersebut pun tidak baku layaknya bahasa pemograman. Dalam algoritma, notasi yang dipakai di dalamnya tidak jarang disebut sebagai notasi algoritmik.

Hal yang perlu dicerna yaitu, notasi algoritmik dalam algoritma bukanlah adalah bahasa pemograman. Dalam urusan ini, tiap orang yang membuatnya mempunyai aturan penulisan dan notasi yang tidak sama.

Jika menghasilkan output yang sama, algoritmik mesti gampang ditranslasikan dalam notasi bahasa dalam pemograman tertentu. Oleh sebab itu, mesti terdapat korespondensi antara notasi algoritmik dan notasi bahasa pemograman.

Fungsi Algoritma

Fungsi dari algoritma, tentu menciptakan Anda sedikit tidak sedikit harus mengetahui kegunaannya pula. Algoritma pada umumnya dipakai untuk menolong setiap orang yang hendak mengonversikan sebuah persoalan ke bahasa pemograman.

Dari kegunaannya ini, algoritma ialah hasil dari pemikiran yang terkonsep sampai-sampai perintah dalam algoritma dapat dilakukan oleh komputer lewat bahasa pemograman.

Dalam pemanfaatannya, faedah pembuatan algoritma dipakai pada solusi masalah program yang rumit. Baik program sedergana maupun besar, sama-sama bisa dipecahkan dengan algoritma.

Fungi lainnya dari pemanfaatan algorima yakni pemakaiannya yang berulang kali. Algoritma pun memudahkan penciptaan program yang digarap programmer. Lewat algoritma, kita dapat mengerjakan pendekatan top down maupun divide and conquer.

Algoritma yang dipakai juga bisa meminimalisir kekeliruan dalam penulisan program yang berulang-ulang. Penggunaan algoritma pun dimanfaatkan supaya pemecahan masalah ditanggulangi secara urut dan dengan logika yang tepat.

Bahkan program yang telah ada bakal menjadi apik dan terstruktur dan gampang dikembangkan lewat pemanfaatkan algoritma yang benar. Apabila terjadi kesalahan, Anda dapat lebih cepat mengenalinya.

Bila dilihat dari sisi keuntungannya, algoritma adalah pemecah masalah yang efektif dan tepat guna digunakan. Algoritma melibatkan sejumlah hal diantaranya proses, poin dalam keputusan utama, dan variabel solusi masalah.

Lewat algoritma solusi masalah tersaji dengan jelas dan terperinci sehingga kekurangan dalam proses bisa teridentifikasi. Lebih dari itu, Algoritma menyerahkan kejelasan dalam evaluasi, kontrol sampai analisis.

Klasifikasi Algoritma

Algoritma ini bisa diklasifikasikan dengan menurut implementasinya. Mengacu pada definisi algoritma yang diuraikan di atas, berikut klasifikasi algoritma diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rekursi dan Iterasi

Algoritma rekursi ini adalah algoritma yang memanggil dirinya sendiri dengan secara berulang-ulang. Sedangkan guna algoritma iterasi ini merupakan algoritma yang menggunakan konstrukti berulang yang mana terkadang ada data ekstra pada struktur yang dibuat.

2. Logical

Algoritma logical ini adalah suatu algoritma yang bisa memposisikan diri laksana logika deduksi yang terkontrol.

3. Serial, Parallel, atau Terdistribusi

Algoritma serial ini adalah suatu algoritma yang menjalankan satu instruksi saja. Algoritam parallel ini adalah suatu algoritma yang dapat menggarap suatu perintah tersebut dalam masa-masa yang sama. Sedangkan algoritma terdistribusi ini adalah suatu algoritma yang memakai tidak sedikit mesin yang terkoneksi dengan jaringan.

4. Deterministik atau Non-deterministik

Algoritma deterministik ini adalah suatu algoritma yang dapat memecahkan sebuah masalah dengan keputusan yang tepat. Sedangkan guna algoritma Non-deterministik ini adalah suatu algoritma yang memecahkan sebuah masalah dengan cara penerkaan.

3. Tepat

Suatu algoritma tersebut mungkin saja memiliki solusi yang tepat, atau minimal mempunyai suatu estimasi yang mendekati penyelesaian yang benar. Dalam merumuskannya tersebut dapat dilaksanakan dengan strategi deterministic ataupun secara acak.

4. Quantum

Algoritma quantum ini adalah suatu algoritma yang memakai model realistik dari komputasi quantum.

Demikianlah penjelasan tentang Algoritma dari RuangPengentahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.

Baca juga artikel lainnya :