Pengertian Teknologi

Posted on

Pengertian Teknologi – Mungkin kita semua sudah akrab dengan yang namanya teknologi. Karena teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Sebelum ada teknologi, orang melakukan sesuatu yang sepenuhnya manual.

Mulai dari mengirim surat, bekerja, dll. Pada zaman dulu, ketika orang hendak mengirim surat harus melalui kantor pos dan itupun sampainya bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Apa Itu Teknologi ?

Teknologi adalah semua fasilitas dan infrastruktur untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk bertahan hidup dan juga kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan konversi sumber daya alam yang menjadi berbagai alat sesederhana mungkin.

Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah meningkatkan ketersediaan berbagai jenis sumber makanan, sementara penemuan roda telah membantu manusia untuk bergerak yang memengaruhi perjalanan dan pengendalian lingkungan manusia itu sendiri.

Perkembangan teknologi terbaru telah meruntuhkan berbagai hambatan komunikasi fisik dan memungkinkan interaksi antara manusia dan makhluk lain dalam skala global.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian teknologi menurut beberapa para ahli:

1. Nasibit

Teknologi menurut Nasibit adalah objek atau benda dengan bahan dan bentuk yang berbeda dibandingkan dengan kemampuan diluar otak orang biasa.

2. Poerbahwadja

Menurut Poerbahwadja, teknologi mengacu pada sains yang meneliti jalur monyet dalam rekayasa dan merujuk pada sains yang digunakan di pabrik atau industri tertentu. Dimana definisi ini mengacu pada definisi praktis dari teknologi yang ditemukan di banyak pabrik dan industri tertentu.

3. Miarso

Teknologi menurut Miarso adalah bentuk proses yang dapat menambah nilai. Proses tersebut dapat membuat produk tertentu di mana produk tersebut tidak pertama kali dipisahkan dari produk lain yang ada. Menurutnya, teknologi merupakan bagian integral dari sistem tertentu.

Sejarah Singkat Teknologi

Pada Abad Pertengahan, berbagai jenis inovasi terus berkembang. Teknologi abad pertengahan menggunakan banyak mesin sederhana seperti tuas, baut, dan katrol untuk membuat perangkat lain yang lebih kompleks.

Pada masa Renaissance, mesin cetak diciptakan yang memungkinkan pengetahuan yang lebih baik tentang dokumentasi dan teknologi, juga semakin terkait dengan sains. Kemajuan teknologi di abad ini dikatakan lebih stabil yang juga akan membuat cadangan makanan dan barang lebih stabil.

Revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 adalah awal dari penemuan teknologi teknologi baru di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan lain sebagainya.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan penemuan berbagai konsep baru yang memungkinkan teknologi untuk berkembang ke arah yang lebih maju dan naik tingkat yang lebih tinggi daripada di era sebelumnya. Pada akhir abad ke-19 dan awal ke-20, teknologi transportasi seperti kereta api dan pesawat terbang mulai berkembang pesat.

Maka semakin banyak penemuan baru di abad ke-20. Fisi nuklir ditemukan di bidang fisika, yang memicu penemuan di bidang senjata nuklir dan tenaga nuklir. Komputer juga semakin kecil berkat transistor dan sirkuit terintegrasi. Selanjutnya, perkembangan teknologi informasi pada abad ke 21 sangat cepat, yaitu penemuan Internet yang mereformasi semua media informasi.

Teknik pembuatan dan desain yang rumit diperlukan untuk membuat dan memelihara semua teknologi terbaru saat ini. Anda juga ingat bahwa ada kewajiban untuk mendukung dan mengembangkan generasi terbaru.

Sehingga berbagai jenis perangkat muncul di bidang teknologi yang lebih kompleks. Teknologi modern sangat tergantung pada pendidikan dan pelatihan dan seringkali membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tertentu dari pengguna.

Jenis-jenis Teknologi

Ada lima jenis teknologi, yaitu:

1. Teknologi Konstruksi

Metode canggih dan semua jenis peralatan yang digunakan untuk membangun struktur bangunan, baik itu bangunan ringan atau bangunan berat. Pengguna alat konstruksi seperti traktor yang digunakan untuk menyiapkan tanah. Teknologi ini tentu sangat berguna untuk digunakan di era modern dan canggih ini.

2. Teknologi Informasi

Perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi atau alat teknologi informasi yang memungkinkan orang untuk menerima informasi yang tepat waktu dan tepat sasaran untuk melakukan tugas dan fungsinya.

Teknologi informasi ini mengacu pada jaringan internet dan sistem informasi yang menggunakan banyak pengkodean atau simbol-simbol tertentu dan hanya dapat dipahami oleh beberapa orang jika masih dalam bentuk mentah.

Keberadaan teknologi informasi ini akan sangat membantu orang dalam memenuhi tugas-tugas mereka, karena semua data yang disajikan diatur sedemikian rupa sehingga lebih mudah diakses dan diproses.

3. Teknologi Bisnis

Teknologi Bisnis merupakan bagian dari perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis dan meningkatkan bisnis yang saat ini tersedia secara luas melalui perantara internet. Selama ini, tidak jarang orang melakukan bisnis hanya dengan fasilitas internet yang memadai.

Tidak mengherankan, teknologi bisnis ini dikombinasikan dengan teknik pemasaran yang andal, menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi karena media pemasaran tidak terbatas pada satu bidang saja.

4. Teknologi Medis

Jenis teknologi ini digunakan untuk memperluas dan meningkatkan kehidupan manusia. Teknologi ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan penyakit pasien yang terkena.

Negara-negara industri pada umumnya telah sering menggunakan teknologi ini di sektor perawatan kesehatan, sehingga banyak orang dari negara-negara industri memiliki harapan kesehatan dan kehidupan yang lebih tinggi. Jenis teknologi ini tentunya didukung oleh kemajuan teknologi di bidang medis.

5. Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi digunakan untuk memberikan informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain untuk menyampaikan apa yang sedang dikomunikasikan dan memberikan informasi baru.

Teknologi komunikasi sangat dibutuhkan di zaman modern sekarang ini, di mana jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk terus bertukar informasi antara satu orang dengan orang lain. Contoh teknologi komunikasi adalah penggunaan ponsel, telepon, atau komputer dll.

Manfaat dan Fungsi dari Teknologi

Sebuah teknologi di sini tentunya mengandung berbagai kelebihan dan fungsi. Berbagai keunggulan dan fungsi teknologi dapat dibagi menjadi keunggulan umum dan keunggulan spesifik.

Keuntungan umum dari teknologi termasuk membuat pekerjaan lebih mudah bagi user atau penggunanya, membuat pekerjaan lebih singkat, lebih cepat dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Salah satu keunggulan khusus teknologi adalah berada di keluarga. Namun, ini akan membantu mendidik anak-anak sehingga mereka tidak bisa gagap tentang teknologi (Gaptek) dan berbaur dengan lingkungan mereka.

Selain itu, teknologi dapat digunakan sebagai alat eksplorasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan dan untuk menghubungkan efektivitas pemenuhan pesanan.

Contoh dari Teknologi

Mungkin Anda semua tidak menyadari bahwa kehidupan sehari-hari Anda tidak dapat dipisahkan dari yang namanya teknologi. Beberapa contoh teknologi yang akrab dengan kehidupan sehari-hari kita adalah:

  1. Komputer, yang bermanfaat membuat pekerjaan seseorang lebih mudah.
  2. Internet, berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan karena memberi kita akses ke berbagai informasi.
  3. Mesin Cuci, berguna untuk membuat mencuci pakaian Anda lebih mudah sehingga Anda tidak lelah dan harus repot-repot mengucek dan membilas pakaian.
  4. Jam Tangan, berguna untuk dijadikan skala waktu agar Anda tidak terlambat.
  5. Kipas, berguna untuk mengusir suhu panas yang menaungi tubuh.
  6. Dan lain-lain.

Demikianlah artikel tentang Teknologi intinya pada zaman sekarang ini manusia tidak bisa jauh dengan teknologi khususnya teknologi jenis komunikasi seperti smartphone, internet dll. Semoga bermanfaat terimakasih.

Baca Artikel Lainnya >>>