Pengertian General Manager : Syarat, Tugas, Wewenang dan Gajinya

Pengertian General Manager – Pada struktur perusahaan tentu ada suatu jabatan yang sangat diminati dan dihormati karena berada langsung di bawah arahan direktur. Posisi tersebut bisa disebut sebagai general manager.

General manager bertanggung jawab atas semua bagian fungsi perusahaan atau organisasi. General manager mengarahkan beberapa unit fungsional kerja yang mengelola beberapa atau semua fungsi manajemen.

Pengertian General Manager

General manager merupakan manajer yang memiliki semua tanggung jawab semua pejabat dalam suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa unit fungsional yang mengelola beberapa atau semua manajer fungsional dikelola oleh general manager.

General manager berkewajiban untuk memikul tanggung jawab dan membuat keputusan tentang pencapaian tujuan perusahaan serta fungsi utama dan kendali semua kegiatan perusahaan.

Gaji General Manager di Indonesia

Taksiran gaji berdasarkan 443 karyawan, pengguna, dan pekerjaan dalam 36 bulan terakhir. Terakhir diperbarui pada tanggal 27 Juni 2019.

Gaji rata-rata : Rp5.420.933/bulan

Namun, seiring waktu gaji general manager dapat meningkat, seperti yang ditunjukkan di atas, bahwa gaji hanya rata-rata tergantung pada perusahaan tempat ia tinggal. Gaji GM bisa mencapai 75 juta hingga 100 juta jika itu adalah perusahaan yang besar.

Tugas General Manager

Berikut adalah tugas-tugas general manager:

  1. Merencanakan dan mengendalikan kebijakan perusahaan sehingga mereka bekerja secara optimal
  2. Merencanakan, mengimplementasikan, mengoordinasikan, memantau dan menganalisis semua kegiatan komersial perusahaan
  3. Memimpin perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya
  4. Mengelola operasi perusahaan sehari-hari
  5. Memutuskan dan kembangkan pedoman untuk pengembangan lebih lanjut dari perusahaan
  6. Mengelola perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
  7. Merencanakan, mengelola, dan memantau proses penganggaran di perusahaan
  8. Mengelola anggaran keuangan perusahaan
  9. Menetapkan proses dan standar bisnis
  10. Membuat keputusan penting di bidang integrasi, aliansi, investasi, dan penjualan
  11. Merencanakan dan melaksanakan rencana strategis jangka menengah dan panjang untuk kemajuan bisnis
  12. Memelihara pengetahuan profesional dan teknis melalui partisipasi dalam seminar pendidikan; Tinjauan publikasi spesialis; membangun jaringan pribadi; Praktik pembandingan mutakhir; berpartisipasi dalam perusahaan profesional.
  13. Mengambil bagian dalam rapat, seminar, konferensi, dan kursus pelatihan
  14. Meningkatkan efektivitas manajemen dengan memilih, mengelola, mengajar, memberi nasihat, melatih, merekrut dan mendisiplinkan manajer; Mengkomunikasikan nilai, strategi, dan tujuan; Tetapkan tanggung jawab, tawarkan peluang pendidikan; dan perencanaan, evaluasi, pemantauan, hasil kerja; mengembangkan iklim untuk menawarkan informasi dan pendapat; Kembangkan insentif;
  15. Mengkoordinasikan berbagai upaya untuk menetapkan kebijakan dan praktik pengadaan, produksi, pemasaran, layanan lapangan, dan layanan teknis; Mengkoordinasikan tindakan dengan karyawan perusahaan.
  16. Melengkapi tujuan industri dengan membuat rencana, anggaran, dan hasil pengukuran. Alokasi sumber daya; Memeriksa kemajuan; Lakukan koreksi menjadi dua.
  17. Mengembangkan rencana strategis dengan memeriksa kemungkinan teknologi dan keuangan; Hipotesis sekarang; Rekomendasikan tujuan.
  18. Membangun citra perusahaan dengan bekerja bersama pelanggan, pemerintah, organisasi masyarakat, dan karyawan. Mendukung praktik bisnis yang etis.
  19. Kontribusi untuk kerja tim diperlukan untuk mencapai hasil yang sesuai.
  20. Mempertahankan kualitas layanan dengan menetapkan dan menerapkan standar organisasi.

Wewenang General Manager

  1. Berwenang untuk mengevaluasi dan memutuskan promosi, penurunan kualitas dan transfer bawahan kepada manajer produksi.
  2. Berwenang untuk memberikan saran kepada manajer produk atau penggunaan bahan baku, pertukaran, penambahan, perbaikan dan modifikasi mesin produksi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi.
  3. Berwenang untuk mengevaluasi, mengajukan proposal untuk promosi, kemunduran dan pemindahan bawahan di tingkat kepala departemen produksi.
  4. Berwenang untuk menandatangani dokumen, dokumen terkait produksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  5. Mencari hubungan yang saling menguntungkan dari pihak luar atau dalam perusahaan dalam konteks peran mereka.
  6. Membuat keputusan dan kebijaksanaan tentang arah dan tujuan yang ingin dicapai.
  7. Memeriksa dan mengevaluasi produksi secara teratur dalam hal biaya, kualitas dan waktu.
  8. Mengkoordinasikan tugas masing-masing bagian di bawah General Manager sesuai dengan struktur kerja yang ditentukan.
  9. Membuat peraturan internal perusahaan yang tidak bertentangan dengan perusahaan.

Syarat General Manager

Syarat untuk menjadi general manager tidaklah mudah. General manager memiliki sejumlah tugas penting dan tanggung jawab besar sehubungan dengan kelancaran perusahaan.

Tanpa kontrol yang baik dari seorang manajer, perusahaan dapat mencapai kinerja “negatif” baik dalam hal produktivitas orang-orang yang mendasarinya maupun secara tidak langsung di sisi keuangan.

Seorang general manager harus memiliki keterampilan dan gagasan yang cerdas untuk menyelesaikan berbagai masalah manajemen yang kompleks, bertanggung jawab atas perencanaan strategis kebijakan perusahaan, dan menerapkan kebijakan ini untuk bawahannya.

Keahlian yang Dibutuhkan General Manager

  1. Pakar dalam program pengoperasian komputer yang mendukung pembagian tugas utamanya, seperti perangkat lunak analisis, perangkat lunak presentasi dan perangkat lunak pengolah kata.
  2. Keterampilan presentasi dan analisis yang baik.
  3. Seorang general manager harus selalu sangat optimis agar selalu ditiru oleh semua manager bawahan maupun oleh semua karyawan.
  4. Melalui proses pemantauan semua bawahannya, ia harus mampu menjadi mesin sumber daya, motivator, pemecah masalah, dan pengatur strategi perusahaan.
  5. Kemampuan untuk memantau secara langsung dan tidak langsung semua bawahannya. Bawahan langsung, kepala departemen seperti manajer keuangan, manajer operasi, manajer produksi, dan manajer lainnya.
  6. Seorang general manager harus memiliki keterampilan manajemen dan kepemimpinan yang baik yang tidak sombong tetapi masih menunjukkan otoritas.
  7. Keahlian komunikasi yang baik, baik secara horizontal maupun vertikal.

Selain keahlian tersebut, lowongan pekerjaan manajer umum yang diterbitkan oleh perusahaan membutuhkan kandidat untuk memiliki beberapa tahun pengalaman sebagai kepala departemen, meskipun manajer latar belakang dapat berasal dari berbagai bidang.

Misalnya, Anda mendatangi manajer keuangan, akuntan, manajer produksi, atau manajer pemasaran.

Demikianlah penjelasan tentang General Manager dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.