Pengertian Budget – Dalam semua bidang kegiatan baik dalam cakupan kecil maupun besar, budget dan budgeting memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup perusahaan.
Dengan membuat pengaturan budget dan budgeting yang benar, dimungkinkan bertujuan untuk mengukur dan memprediksi pendapatan dan pengeluaran perusahaan dengan baik.
Pengertian Budget
Budget merupakan rencana keuangan berkala berdasarkan program yang disetujui. Budget adalah rencana tertulis kegiatan organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dalam bentuk moneter selama periode waktu tertentu.
Pada dasarnya, budget adalah alat yang digunakan di perusahaan atau organisasi bisnis untuk mengekspresikan, mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan yang direncanakan dalam unit kuantitatif, serta untuk mengelola kegiatan operasional dan mengevaluasi kinerja manajemen dalam organisasi bisnis.
Menurut Harahap, budget adalah konsep yang membantu manajemen, larut dalam fungsi manajemen, dan membuatnya lebih mudah untuk mencapai tujuan.
Budget terdiri dari serangkaian perkiraan yang dapat digunakan sebagai program bisnis untuk periode tertentu, terutama di masa depan.
Tujuan Budget
- Menentukan jenis sumber pendanaan yang dibutuhkan dan jenis reksa dana untuk memfasilitasi pengawasan.
- Mencatat semua proposal pembiayaan, analisis, dan putuskan.
- Sederhanakan sumber untuk hasil maksimal.
- Masukkan batas jumlah dana yang diminta dan digunakan.
- Perbaiki rencana yang disiapkan karena anggaran lebih jelas dan lebih terlihat.
- Digunakan sebagai dasar hukum formal ketika memilih sumber dan reksa dana.
Fungsi Budget
Ada tiga fungsi budget, yaitu:
1. Fungsi Perencanaan
Budget adalah alat perencanaan tertulis yang membutuhkan evaluasi yang cermat dan memberikan gambaran unit dan uang yang lebih realistis dan jelas.
Misalnya, melalui perencanaan laba setinggi mungkin. Dalam budget, rencana dengan laba tertinggi diatur dengan cermat dan jelas.
2. Fungsi Pelaksanaan
Budget adalah pedoman untuk pekerjaan yang harus dilakukan, sehingga setiap pesanan yang terlibat dalam kegiatan perusahaan dapat bekerja bersama secara harmonis untuk mencapai tujuan yang ditentukan.
Oleh karena itu, budget penting untuk koordinasi semua bagian kegiatan, pemasaran, umum, produksi dan keuangan.
Jika satu bagian dari departemen saja tidak dapat melakukan tugas sesuai dengan rencana, bagian lain dari departemen tidak dapat melaksanakan tugas mereka secara harmonis, langsung dan terkoordinasi sesuai dengan rencana atau sesuai dengan kesepakatan dalam anggaran.
Hal tersebut menunjukkan peran aktif dari akun tahunan sebagai alat untuk mengoordinasikan pekerjaan dukungan manajemen dalam memenuhi peran dan tanggung jawab mereka.
3. Fungsi Pengawasan
Budget bertindak sebagai alat kontrol yang mengevaluasi setiap pelaksanaan pekerjaan dengan membandingkan implementasi dengan rencana anggaran, jika perlu dengan mengambil langkah-langkah perbaikan (jika ada perbedaan yang merugikan).
Sasaran Budget
1. Meliputi Semua Kegiatan Perusahaan
Hal ini mencakup semua kegiatan yang dilakukan oleh semua bagian perusahaan. Pada dasarnya, kegiatan perusahaan dapat dibagi menjadi lima kelompok, yaitu kegiatan pemasaran, kegiatan produksi, kegiatan keuangan, kegiatan administrasi dan kegiatan manajemen personalia.
2. Dinyatakan Dalam Satuan Keuangan
Unit yang dapat dengan mudah digunakan dalam berbagai kegiatan bisnis. Unit mata uang di Indonesia adalah unit “Rupiah”.
3. Berlaku Untuk Jangka Waktu Tertentu
Budget berlaku untuk masa depan dengan tenggat waktu tertentu. Budget yang dipermasalahkan tidak berlaku di luar batas waktu, sehingga tidak dapat digunakan sebagai arah kerja, sebagai instrumen untuk mengoordinasikan pekerjaan dan bukan sebagai instrumen evaluasi untuk pekerjaan karyawan.
Manfaat Budget
Berikut adalah manfaat dari budget:
1. Menjadi Pedoman Kerja
Budget membantu pekerjaan manajemen sejalan dengan tujuan awal, yang merupakan tujuan jangka panjang.
Dengan cara ini, tujuan perusahaan masih tercapai dengan baik, karena tidak semua orang memiliki tujuan mereka sendiri.
2. Review Keuntungan
Sangat mudah untuk melihat sumber penghasilan perusahaan melalui budget. Setiap bagian yang tidak produktif juga terlihat jelas, sehingga manajemen dapat melakukan sesuatu tentang hal itu, baik itu langkah menuju peningkatan diri atau untuk meningkatkan efisiensi karyawan.
3. Mengevaluasi Kerja
Anda dapat bekerja dengan karyawan Anda untuk mencapai tujuan mereka dalam periode tertentu atau Anda dapat memberikan insentif dan bonus jika mereka mampu mencapai tujuan mereka. Ini juga menawarkan karyawan kesempatan untuk berkembang lebih baik di masa depan.
4. Membantu Koordinasi Kerja
Jika semua karyawan mengejar tujuan yang sama, setiap karyawan dapat berkoordinasi dengan baik dan bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan ini.
Dukungan dan kolaborasi timbal balik adalah kunci keberhasilan perusahaan dan tidak diragukan lagi dicapai oleh perusahaan yang memperkenalkan anggaran ke dalam proses bisnis mereka.
Demikianlah penjelasan tentang Budget dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.