Pengertian Visi dan Misi

Posted on

Pengertian Visi dan Misi – Ketika menegakkan sebuah organisasi, perusahaan, atau universitas, maka semua pendiri seringkali akan menggagas khayalan atau destinasi yang hendak dicapai. Selain destinasi utama, seringkali mereka memiliki usulan mengenai target-target jangka pendek dan target jangka panjang.

Mewujudkan seluruh itu, butuh ada usulan tertulis di dalam suatu sistem manajemen. Visi dan Misi masuk dalam bentuk-bentuk usulan atau pedoman tertulis tersebut.

Visi dan Misi mesti dituangkan dalam format tulisan supaya semua pihak memahami apa yang menjadi destinasi dari suatu organisasi, perusahaan, atau instansi tersebut. Ketika pembaca atau orang lain telah tahu dan yakin bakal langkah-langkah menjangkau target utama. Maka keyakinan pun dapat didapat.

Pengertian Visi dan Misi

Perbedaan visi dan misi yang kesatu yakni menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) visi bermakna untuk penglihatan, pengamatan, keterampilan untuk menikmati sesuatu yang tidak tampak melewati kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, keterampilan untuk menyaksikan pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Secara umum visi tersebut adalah serangkaian kata yang mengindikasikan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah kemauan sekelompok orang atau secara individu dengan pandangan yang jauh ke masa mendatang demi menjangkau sebuah destinasi yang diinginkan.

Pada dasarnya visi dijadikan sebagai panutan cerminan akan kondisi dan ciri khas mengenai arah kemana destinasi perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi dapat menjadi alarm guna selalu dapat eksis, antisipatif dan inovatif.

Visi tersebut dapat berubah dan berkembang cocok pengaruh dan pertumbuhan zaman yang tidak dapat diprediksi kedepannya. Oleh karena tersebut visi tidak jarang kali tidak ditulis secara detail, namun dicerminkan menerangkan detail cerminan sistem yang menjadi tujuannya.

Oleh karena tersebut ada sejumlah syarat suatu kata atau kalimat dapat dikatakan mengisi kriteria visi yakni tidak diciptakan menurut situasi pada ketika ini, berorientasi ke depan dan mengekspresikan kreativitas dan menurut pada prinsip nilai-nilai yang berisi penghargaan untuk masyarakat.

Makna kata misi: Misi lebih konsentrasi ke bagaimana langkah-langkah demi menjangkau visi yang telah ditentukan. What be believe we can do atau apa yang dapat dipercaya, akan dapat kita lakukan. Itulah perbedaan Perbedaan visi dan tujuan jika ditafsirkan secara harafiah.

Misi ialah suatu pengakuan tentang apa yang mesti digarap dalam usaha mewujudkan sebuah visi yang sudah dibuat. Misi tersebut ibarat langkah-langkah kecil yang dipecah untuk memudahkan serta format usaha nyata dalam menyerahkan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Dengan kata lain, makna misi ialah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan guna memberi tuntunan garis besar dalam mewujudkan suatu visi. Walaupun perbedaan visi dan misi lumayan membuat anda bingung, tetapi misi dan visi adalah suatu kesatuan yang mesti seiring sejalan. Jadi dapat diputuskan bahwa misi ialah pernyataan yang memutuskan tujuan dan sasaran, apa, kenapa dan bagaimana demi memicu adanya pencapaian visi utama.

Tujuan Visi dan Misi

Berikut merupakan tujuan dari Visi dan Misi:

1. Tujuan Internal

  • Membimbing pemikiran menajemen pada isu-isu strategis, khususnya pada saat evolusi signifikan.
  • Bantuan menilai standar kinerja.
  • Menginspirasi karyawan guna bekerja lebih produktif dengan memberikan konsentrasi dan umum tujuan.
  • Panduan pemungutan keputusan karyawan.
  • Membantu menyusun kerangka kerja guna perilaku etis.

2. Tujuan Eksternal

  • Menciptakan dukungan eksternal.
  • Menciptakan hubungan lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok dan partner aliansi.
  • Berfungsi sebagai perangkat hubungan masyarakat.

Baca juga: Artikel : Pengertian, Ciri, Jenis, Manfaat dan Sistematikanya

Perbedaan Visi dan Misi

Visi ialah suatu rancangan mengenai masa depan, inginkan jadi apa nanti perusahaan, atau organisasi. menilai visi berarti pun menilai cita-cita yang hendak diwujudkan.

Sedangkan Misi ialah apa saja yang dapat dilakukan untuk menjangkau visi tadi, laksana yang sudah diterangkan tadi Misi merupakan langkah, proses atau strategi apa untuk menjangkau visi tersebut.

bisa diputuskan bahwa visi dan misi ialah visi cerminan dan tujuan sebuah lembaga atau perusahaan di masa mendatang sedangkan misi ialah cara untuk menjangkau tujuan itu. terkadang misi butuh dirubah sedemikian rupa andai visi belum pun terwujud.

1. Kajian Visi

Visi ialah teknik pandang jauh ke depan di mana organisasi mesti dipungut dalam rangka guna eksis, antisipatif dan inovatif. Visi ialah cerminan yang menantang dari negara masa mendatang yang diharapkan organisasi.

Visi merupakan pandangan atau pemikiran tentang masa mendatang (tujuan masa depan) tujuan sedang atau akan mengerjakan apa yang telah ada dalam visi.

2. Kajian Misi

Misi ialah pernyataan yang menyematkan tujuan serta sasaran organisasi yang bakal dicapai. Pernyataan tujuan organisasi diangkut ini maka bakal fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi tersebut ada, apa yang dilakukan, dan bagaimana melakukannya.

Misi ialah sesuatu yang mesti dilaksanakan oleh organisasi supaya tujuan organisasi dapat terwujud. Dengan pengakuan misi yang dikatakan dari seluruh karyawan dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan menilai peran dan program dan hasilnya bakal didapat di masa yang bakal datang.

Baca juga: Hipotesis : Pengertian, Konsep, Fungsi, Manfaat, Syarat dan Pengujiannya

Manfaat Visi dan Misi Untuk Perusahaan

Perusahaan yang mempunyai visi dan tujuan yang jelas bakal lebih gampang dan cepat dalam menjalankan usahanya. Berikut ini manfaat visi dan misi untuk perusahaan.

1. Manfaat Visi

  • Menjadi perangkat yang menjembatani situasi organisasi ketika ini dan masa depan.
  • Menumbuhkan rasa memiliki.
  • Meningkatkan dan menumbuhkan standar, tanggung jawab dan etos kerja yang lebih baik.

2. Manfaat Misi

  • Menciptakan lingkungan organisasi yang lebih sehat.
  • Mendorong perusahaan guna berinovasi.
  • Menjadi pedoman dalam merancang rencana bisnis.
  • Menentukan destinasi dasar perusahaan.
  • Membantu anggota organisasi guna mengidentifikasi destinasi perusahaan.
  • Membantu dalam pemungutan keputusan.
  • Menerjemahkan destinasi dasar perusahaan sampai-sampai parameter biaya, waktu, dan kinerja bisa dievaluasi dan dikontrol.

Baca juga: Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Aturan, Ukuran dan Tekniknya

Contoh Visi dan Misi

Berikut adalah contoh-contoh visi dan misi yang dipungut dari sejumlah perusahaan, instansi, atau organisasi.

1. Contoh Visi dan Misi Organisasi

Visi

  • Mewujudkan generasi muda yang tangguh, mandiri, terampil dan berakhlak mulia

Misi

  • Mengadakan kegiatan-kegiatan kepemudaan di masyarakat.
  • Mengadakan pelatihan-pelatihan bisnis pertanian, perdagangan dan bisnis kreatif.
  • Membantu dalam pengabdian dan mengawal lingkungan.
  • Meningkatkan prestasi baik dalam bidang olahraga maupun bidang keilmuan lainnya.
  • Mempererat tali persaudaraan dengan pertemuan-pertemuan berkala.

2. Contoh Visi dan Misi Kemenristekdikti

Visi

  • “Terwujudnya edukasi tinggi yang berbobot serta keterampilan iptek dan inovasi untuk menyokong daya saing bangsa”

Misi

  • Meningkatkan akses, relevansi, dan mutu edukasi tinggi guna menghasilkan SDM yang berkualitas.
  • Meningkatkan keterampilan Iptek dan inovasi guna menghasilkan nilai tambah produk inovasi.

3. Contoh Visi dan Misi Indosatooredoo

Visi

  • Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia.

Misi

  • Layanan dan Produk yang Membebaskan.
  • Jaringan Data yang Unggul.
  • Memperlakukan Pelanggan Sebagai Sahabat.
  • Transformasi Digital.

4. Contoh Visi dan Misi Universitas Indonesia (UI)

Visi

  • Mewujudkan Universitas Indonesia menjadi PTN BH yang berdikari dan unggul serta dapat menyelesaikan masalah dan kendala pada tingkat nasional maupun global, mengarah ke unggulan di Asia Tenggara

Misi

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta edukasi dan pengajaran yang berkualitas.
  • Menyelenggarakan pekerjaan Tridharma yang berbobot dan relevan dengan kendala nasional serta global.
  • Menciptakan alumni yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu berlomba secara global.
  • Menciptakan iklim akademik yang dapat mendukung perwujudan visi UI.

5. Contoh Visi dan Misi Alfamart (bahasa inggris)

Visi

  • “To be Indonesia’s largest and globally competitive widely owned retail distribution network that empowers small entrepreneurs and fulfills customer needs and expectations”

Misi

  • To satisfy customer needs and expectations by focusing on high quality products and services.
  • To implement ethical business practices, to be the best in all of our actions.
  • To develop entrepreneurial spirits and skills in the Company and the society.
  • To develop a reliable, healthy and growing organization which benefits all stakeholders.

Kesimpulan

Perusahaan yang mempunyai visi dan misi yang jelas bakal lebih gampang dalam menjalankan bisnisnya, berinovasi, dan bersaing secara sehat. Visi dan misi adalah suatu konsep dasar yang mesti ditanamkan oleh pribadi dan organisasi.

Demikianlah penjelasan tentang Visi dan Misi dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..