Pengertian Video

Posted on

Pengertian Video – Presentasi tidak mesti selalu dilaksanakan dengan memakai Power Point. Ada banyak cara lain untuk melakukan presentasi, salah satunya melalui video atau yang lebih dikenal dengan presentasi video.

Tentunya presentasi video bertolak belakang dengan jenis presentasi lainnya. Karena presentasi video memakai media audio dan visual untuk mengucapkan informasi untuk penontonnya. Agar lebih mengenal apa itu video, mari simak artikelnya di bawah ini.

Pengertian Video

Video merupakan teknologi ekspedisi sinyal elektronik dari sebuah gambar yang bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video yaitu laksana televisi, namun pun ia dapat juga dipakai dalam software lain di dalam bidang teknik, saintifik, buatan dan pun keamanan. Berdasarkan bahasa, kata video ini berasal dari kata Latin, “Saya lihat”.

Di samping itu, video adalahteknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serts mengatur ulang gambar bergerak. Yang mana seringkali menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.

Digital video sendiri adalahjenis sistem video recording yang bekerja memakai sistem digital dikomparasikan dengan analog dalam urusan representasi videonya. Dan seringkali digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melewati optical disc, contohnya seperti VCD dan DVD.

Pengertian Video Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi video menurut beberapa para ahli.

1. Sukiman

Video merupakan media yang dapat menunjukkan gambar, disertai dengan suara, dan diperlihatkan pada ketika yang bersamaan.

2. Azhar Arsyad

Video ialah media elektronik guna merekam, menyalin, memutar ulang, menyiarkan, dan memperlihatkan media visual bergerak.

3. Cecep Kustandi

Video yaitu alat yang dapat mengemukakan proses, menyajikan informasi, mengajarkan keterampilan, memprovokasi sikap, menyingkat atau memperlambat waktu, dan menyatakan konsep-konsep yang rumit.

4. Arief S. Sadiman

Video yakni suatu media pengirim pesan yang dapat memperlihatkan suara serta gambar bergerak. Pesan itu dapat berupa kenyataan (seperti berita atau kejadian dan peristiwa penting) maupun fiktif (misalnya sebuah kisah rekayasa) yang dapat mengedukasi atau hanya mempunyai sifat informasi.

5. Daryanto

Menurut daryanto video merupakan rekaman digital dari suatu gambar atau kelompok gambar (seperti film atau animasi).

6. Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo

Video yakni program, film, atau produk media visual lainnya yang memperlihatkan gambar bergerak, dengan atau tanpa audio, yang direkam dan ditabung secara digital.

Baca juga: Pengertian Filsafat Ilmu

Pengertian Video Dalam Multimedia

Dalam multimedia, pengertian video merupakan sumber multimedia visual yang menggabungkan sejumlah gambar menjadi satu kesatuan gambar yang dapat bergerak. Video mengantarkan sinyal ke layar dan memproses urutan tangkapan layar yang mesti ditampilkan.

Pengertian Video Digital

Video digital yaitu jenis sistem perekaman video memakai sinyal digital, yang seringkali dibuat oleh industri komputer.

Video digital dapat dicatat berkali-kali, tidak terdapat penurunan kualitas, dan bisa diedit memakai perangkat empuk yang telah tersedia.

Jenis video ini dipakai tidak melulu untuk televisi digital, tapi pun untuk telepon genggam, sistem konferensi video, dan media penyaluran internet.

Fungsi Video

Berdasarkan keterangan dari penelitian, tampilan visual dan suara dari video menarik untuk khalayak luas dan menciptakan setiap pemirsa dapat memproses informasi dengan teknik yang alami dan efisien, sehingga diputuskan bahwa fungsi video ialah sebagai berikut:

  • Menciptakan empiris sensorik yang lebih unik daripada memakai materi cetak atau suara
  • Meningkatkan pengalaman
  • Menambah wawasan atau ilmu
  • Bisa menyaksikan dunia luar tanpa mesti datang ke lokasi
  • Menyediakan sumber daya yang dapat disaksikan dari mana saja dengan koneksi internet, dan bisa diakses di tidak sedikit perangkat tergolong laptop, tablet, dan smartphone
  • Meningkatkan retensi pengetahuan, sebab dapat dihentikan dan diputar ulang sejumlah yang diperlukan
  • Sangat menolong dalam pembelajaran seluruh mata latihan dan bidang pekerjaan
  • Meningkatkan keahlian dalam literasi dan komunikasi digital.

Baca juga: Pengertian Kualitas Pelayanan

Jenis-jenis Video

Berdasarkan tujuan pembuatannya, video dipisahkan menjadi sejumlah jenis yaitu :

  • Berita : video yang mengucapkan sebuah berita
  • Cerita video : tujuannya ialah memaparkan suatu cerita
  • Pendidikan : video yang dipungut untuk tujuan edukasi atau pembelajaran
  • Periklanan : jenis video ini sangat sering disaksikan sebagai iklan TV, yaitu sebuah perusahaan mengiklankan produknya secara kreatif guna memikat calon pembeli.
  • Dokumenter : berikut jenis video yang subjeknya didokumentasikan atau direkam (bisa orang atau sebuah kejadian) dan seringkali digunakan untuk riset atau studi.
  • Presentasi video : video yang diciptakan dengan maksud mengkomunikasikan suatu usulan atau gagasan kepada seseorang, sekelompok orang, atau sebuah organisasi
  • Video acara : video jenis ini ialah salah satu yang sangat terkenal, yang direkam sekitar acara khusus, laksana pesta, resepsi pernikahan, ulang tahun, atau lainnya.
  • Musik video : adalah sebuah peragaan yang direkam dalam format video dan ada suatu lagu yang sedang dinyanyikan. Video-video jenis ini seringkali mempunyai tema, ada peragaan tari, dan disertai pelbagai visualisasi keren.
  • Demo produk : video jenis ini serupa dengan iklan namun lebih detail. Video demo produk menunjukkan untuk klien bagaimana produk tertentu bekerja dengan mempertontonkan dan mendokumentasikannya dalam suatu video guna dipelajari klien.
  • Video drone : video yang diciptakan menggunakan drone, dengan destinasi mendapatkan pemandangan dari atas dan menggeser tempat dengan mulus tanpa memakai alat berat.
  • Real estat : video ini mengindikasikan real estat serta fitur dan keindahannya guna memikat calon klien supaya membelinya.
  • Testimonial : video mengandung rekaman pelanggan tentang suatu produk atau layanan yang baru saja dibeli atau digunakan.
  • Video travelling : jenis video ini seringkali dibuat oleh blogger atau traveller. Video travelling ialah rekaman arsip suatu perjalanan seseorang atau sekelompok orang pada periode masa-masa tertentu ke tempat tertentu. Video ini pun sering diciptakan oleh agen perjalanan sebagai format promosi bisnis, yang memperlihatkan perjalanan ke tempat-tempat wisata, kegiatan apa yang mesti dilakukan, serta tarifnya.
  • Walkthrough : video jenis ini seringkali terlihat di game. Seorang gamer menciptakan video petunjuk untuk menolong gamer lain ketika bermain game, dapat berisi suatu trik, teknik, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian Manajemen Pemasaran

Sedangkan jenis video menurut formatnya adalah :

  • MPEG 1
  • MP4
  • MOV
  • AVI (Audio Video Interlaced)
  • MKV (Matroska Video Container)
  • 3GP (3rd Generation Partnership Project)
  • ASF (Advance Streaming Format).

Berdasarkan sejumlah definisi video di atas, dapat diputuskan bahwa video merupakan gambar bergerak yang mempunyai suara dan dapat diputar ulang berkali-kali.

Jenisnya sangat banyak mulai dari video travelling, demo produk, sampai dokumenter. Sedangkan fungsi utama dari video yaitu membantu manusia menyerap informasi dengan lebih cepat dan menyenangkan.

Demikianlah penjelasan tentang Video dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.