Pengertian Teknologi Informasi

Posted on

Pengertian Teknologi Informasi – Semakin berkembangnya teknologi maka semakin tidak sedikit pula bidang yang perlu guna adanya pengembangan. Salah satunya ialah teknologi informasi. Ini adalah bidang yang sehubungan erat dengan pertumbuhan teknologi.

Tanpa adanya teknologi informasi barangkali perkembangan yang terjadi tidak bakal semaju ini. Dapat disebutkan bahwa teknologi informasi ialah berbagai kemudahan yang terdiri dari hardware dan aplikasi untuk menyokong dan menambah kualitas informasi untuk masyarakat dengan cepat dan berkualitas.

Dari keterangan singkat yang ada tentunya sudah bisa diketahui alangkah pentingnya teknologi informasi ini guna manusia. Untuk memahami pembahasan lebih lanjut tentang pengertian, fungsi, guna teknologi informasi maka simaklah artikelnya dibawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum definisi teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, sokongan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama perangkat keras (hardware) dan perangkat empuk (software).

Berdasarkan keterangan dari ITTA (Information Technology Association of America), Pengertian Teknologi Informasi ialah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, sokongan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada software perangkat keras dan perangkat empuk komputer.

Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat empuk komputer guna mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan mendapat informasi secara aman.

Teknologi informasi tidak melulu penting sebagai perangkat komunikasi via elektronik saja, tetapi adalahperangkat urgen yang seharusnya dipunyai dalam bisnis sebagai sarana guna berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

Teknologi Informasi diterapkan guna pengelolaan informasi yang pada ketika ini menjadi di antara bagian penting sebab meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi), perlunya masa-masa tanggap (response time) yang lebih cepat, tekanan dampak dari kompetisi bisnis.

Baca juga: Jurnal : Pengertian, Fungsi, Bentuk, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya

Fungsi Teknologi Informasi

Tentu saja adanya teknologi informasi memiliki faedah penting. Tidak barangkali bahwa dengan adanya teknologi informasi tidak dominan penting dalam kehidupan. Setidaknya ada enam faedah teknologi informasi yakni Menangkap (Capture), Menyimpan (Storage), Mengolah (Processing), Transmisi (Transmission), Mencari Kembali (Retrieval), Menghasilkan (Generating). Berikut ini ada penjabaran dari keenam faedah teknologi informasi tersebut:

1. Menangkap (Capture)

Menangkap disini dapat ditafsirkan sebagai menginput. Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan beda sebagainya. Fitur Capturing mungkin pun sudah tidak asing saat Anda memakainya guna menyimpan informasi tertentu.

2. Mengolah (Processing)

Fungsi teknologi informasi ini mengkompilasikan daftar rinci aktivitas, contohnya menerima input dari keyboard, scanner, mic dan sebagainya. Dengan adanya Processing Anda bakal lebih mudah mengubah file maupun data Anda. Mengolah atau memproses data masukan yang diterima guna menjadi informasi.

Pengolahan atau pemrosesan data bisa berupa konversi (pengubahan data ke format lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala format data dan informasi. Dengan Adanya Fungsi ini tentu akan lebih mempermudah User.

3. Menghasilkan (Generating)

Fungsi generating ialah dimana teknologi berperan sebagai alat guna mengorganisasikan sebuah informasi ke dalam sebuah format yang lebih terarah dan gampang dipahami. Contoh sederhananya ialah grafik dan table.

4. Penyimpan (storage)

Fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam sebuah media yang dapat dipakai untuk kebutuhan lainnya. Misalnya saja ditabung ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.

5. Kembali (Retrieval)

Fungsi teknologi informasi ini menelusuri, menemukan kembali informasi atau mencatat data dan informasi yang telah tersimpan, misalnya menggali supplier yang telah lunas dan sebagainya. Adakalanya data yang tersimpan susah untuk ditemukan sebab terlalu sarat dengan adanya faedah ini dapat mempermudah user serta menghemat masa-masa juga.

6. Transmisi (Transmission)

Fungsi teknologi informasi ini mengirim data dan informasi dari suatu tempat lain melewati jaringan komputer. Misalnya saja mengantarkan data penjualan dari user A ke user lainnya. Sehingga anda tidak perlu mencatat satu persatu lumayan dengan saling sharing saja.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi Informasi ialah untuk memecahkan sebuah masalah, membuka kreativitas, menambah efektivitas dan efisiensi dalam mengerjakan pekerjaan. Jadi dapat disebutkan karena dibutuhkannya solusi masalah, membuka kreativitas dan efisiensi insan dalam mengerjakan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi.

Dengan adanya teknologi informasi menciptakan pekerjaan insan menjadi lebih gampang dan efisien. Dengan kata lain, sebab sangat solusi, kreativitas, efektivitas dan efisiensi diperlukan dalam suatu sistem kerja maka teknologi informasi ini lantas diciptakan.

Baca juga: Moral : Pengertian, Macam, Komponen, Tujuan dan Contohnya

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam kegiatan sehari-hari paling penting. Manfaat ini dapat digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik disebabkan ada teknologi informasi yang dapat membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Manfaat ini bisa digolongkan menurut kebutuhannya laksana :

1. Untuk Pendidikan

Dengan adanya teknologi informasi di dunia edukasi terutama komputer, menciptakan siswa lebih efektif dalam belajar. Komputer ialah sarana yang mempermudah dalam menumbuhkan kreativitas murid sekaligus sumber informasi.

2. Untuk Industri dan Manufaktur

Teknologi informasi dapat menolong membuat rancangan desain suatu produk yang bakal dikeluarkan pada industri serta dapat mengontrol mesin buatan dengan ketepatan yang baik. Apalagi laksana yang anda ketahui industri memerlukan hal yang cepat untuk buatan dalam jumlah besar.

3. Untuk Bisnis dan Perbankan

Dengan teknologi informasi dapat membantu dalam transaksi, menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju. Serta akses nya bisa dikontrol dengan mudah lumayan dengan teknologi saja.

4. Untuk Militer

Dengan teknologi informasi yang maju, dapat dimanfaatkan guna navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar antariksa dengan kemudi atau tanpa kemudi. Dengan adanya teknologi Militer pun dapat menciptakan suatu akses saat berada dikeadaan genting.

5. Untuk Teknik dan Pengetahuan

Teknologi informasi dapat digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin dan pun cuaca dan dapat membantu dalam menghitung. Saat ini akses ilmu pengetahuan juga bertebaran dimana-mana dan bisa di akses dengan mudah lumayan dengan jaringan internet. Begitupun dalam bidang Teknik dan proyek-proyek tertentu.

6. Untuk Kedokteran

Bisa dimanfaatkan dalam mendiagnosa sebuah penyakit dan memungut gambar seluruh organ tubuh dengan komputer. Bahkan teknologi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan bidang kedokteran ketika ini seperti: scan, Radiologi, maupun Usg.

7. Untuk Pemerintahan

Teknologi informasi bisa diaplikasikan dalam mengubah suatu data dan informasi yang ditujukan untuk masyarakat. Bisa menambah hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya. Sehingga apa yang terjadi di suatu wilayah tertentu bisa diketahui dengan cepat memakai teknologi.

8. Untuk Hiburan dan Permainan

Teknologi komputer dapat digunakan untuk menciptakan animasi, periklanan, desain grafis dan pun audiovisual agar menjadi lebih baik dan menarik. Bahkan Kini tidak sedikit programer-programer tertentu sekaligus membuat lapangan kegiatan baginya.

9. Untuk Bidang Kriminal

Teknologi dapat membuat gampang aparat dalam menuntaskan permasalahan, dapat dengan gampang terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran kemudian lintas dan sidik jari. Bahkan untuk durjana sekelas cyberCrime sekalipun bisa dengan gampang dilacak lewat teknologi.

Baca juga: Definisi Tanah – Pengertian, Fungsi, Jenis, Karakteristik dan Komponennya

Kesimpulan

Penjelasan diatas tentunya sudah lumayan lengkap untuk meningkatkan wawasan Anda mengenai teknologi informasi. Adapun komponen yang dipakai dalam teknologi informasi diantaranya ialah Hardware, Software, Brainware (kecerdasan yang terdapat pada manusia/ user), Data, Informasi, dan Pengetahuan. Semua komponen tersebut telah menjadi satu kesatuan guna mewujudkan teknologi informasi tersebut.

Banyaknya akibat positif yang diserahkan dengan adanya teknologi informasi, ada sisi negatifnya. Dampak negatifnya ialah seperti generasi muda yang semakin kejangkitan serta ketergantungan dengan hadirnya pertumbuhan teknologi ini.

Oleh sebab itu, di tengah majunya pertumbuhan teknologi tersebut telah seharusnya kita menyikapi nya dengan bijak. Hal ini dilaksanakan untuk menghindari akibat negatif tersebut.

Demikianlah artikel tentang Teknologi Informasi ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimaksih.