Pengertian Teater, Sejarah, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Posted on

Pengertian Teater, Sejarah, Fungsi, dan Jenis-jenisnya – Teater merupakan istilah lain dari drama, tetapi berbeda dengan artian secara luas yaitu pertunjukan atau penikmatan dari umum. Disamping itu, kata teater dapat diartikan sebagai sebuah drama cerita yang berupa sebuah naskah yang di pertunjukan di atas panggung yang disaksikan oleh banyak orang guna untuk menyampaikan pesan moral yang bermanfaat.

Kata drama sendiri yaitu berasal dari bahasa yunani kuno DRAOMAI yang berarti berbuat atau bertindak sedangkan dalam bahasa prancis DRAME menjelaskan tatakrama kehidupan seseorang. Dari deskripsi diatas bisa disimpulkan bahwa istilah DRAMA berkaitan dengan naskah cerita dialog yang di pertunjukan sedangkan TEATER yaitu berkaitan dengan pertunjukan, jadi teater merupakan pandangan dari drama yang dipertunjukan di atas panggung kemudian di saksikan oleh banyak orang.

Mengenal Sejarah Teater

Seni teater mulai berkembang sejak tahun 2500an namun disetiap negara berbeda-beda. Banyak jenis teater di dunia ini antara lain adalah seni teater islam timur tengah, seni teater asia, seni teater afrika, seni teater prancis, seni teater periode emas spanyol, seni teater english-elizabethan, seni teater zaman renaissance, seni teater eropa barat, seni teater yunani dan seni teater roma.

Sedangkan di indonesia sendiri sudah ada sejak lama dan dipercaya sejak manusia mengenal interaksi dengan manusia lainnya dan dahulu seni teater ini hanya digunakan sebagai upacara adat atau acara keagamaan saja namun seiring berjalanya waktu fungsi seni teater sekarang digunakan untuk hiburan dan pembelajaran. Dalam sejarah nya seni teater sering dikaitkan dengan upacara bentuk syukur kepada allah swt karena telat di beri dan diberkati makanan dari hasil buruan.

Selain itu juga fungsi seni teater juga dahulu nya dipergunakan untuk mengingatkan masyarakat pada kepercayaan animisme dan dinamisme, memanggil kekuatan ghoi, memperingati nenek moyang, memperingati leluhur dan sebagainya.

CONTOH TEATER RAKYAT

Seiring berkembangnya zaman menimbulkan ilmu maupun hal-hal baru yang tentunya berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Hal baru itu juga bisa termasuk dengan ilmu karya seni teater. Dengan adanya perubahan tersebut tentu nya membuat karya seni teater menjadi lebih baik dan lebih sempurna dari sebelumnya. Yang paling menonjol dari perubahan seni teater ini adalah dari segi fungsi nya yang mana dulu karya seni Cuma dinikmati keindahannya saja namun sekarang dinikmati kegunaanya juga contohnya karya seni terapan dan sebagainya.

Seni teater atau biasa disebut juga teater daerah karena asal dari seni teater itu sendiri berasal dari daerah itu sendiri. Salah satu manfaat seni teater daerah yaitu sebagai penyampaian pesan dan moral kepada masyarakat luas. Berikut contoh-contoh teater rakyat umum yang terkemuka di indonesia.

1. Wayang orang

Wayang orang merupakan ciptaan sultan Hamangkurat pada tahun 1731. Wayang orang merupakan seni teater yang berasal dari daerah jawa tengah. Bahasa dan logat nya pun menggunakan bahasa jawa, wayang orang biasa disebut orang jawa yaitu wayang wong. Seni wayang orang ini persis seperti wayang pada umum nya yang dimainkan oleh dalang, namun bedanya wayang orang ini dilakoni oleh orang yang mengenakan kostum seperti layaknya wayang pada umumnya. Yang termasuk di dalam seni wayang ini merupakan seni vokal, tarian, serta kostum.

2. Randai

Dahulu awal muncul nya randai ini adalah untuk mengiringi gurindam saja. Randai merupakan karya seni yang berasal dari daerah minangkabau. Inti sari seni randai ini yaitu sebagai hiburan sekaligus pembelajaran yang mengandung nasihat-nasihat. Cerita yang dibawakan merupakan cerita sehari-hari daerah minangkabau ataupun cerita rakyat setempat.

3. Makyong

Makyong merupakan seni teater yang berasal dari daerah riau melayu tradisional yang berkembang pesat pada kerajaan johor. Gabungan yang ada pada seni ini merupakan tari, vokal, instrumen, tari dan unsur ritual di dalamnya. Seni teater rakyat ini selain sebagai adat istiadat di daerah riau, makyong ini juga di pakai sebagai upacara adat.

4. Mamanda

Seni teater mamanda ini berasal dari daerah kalimantan selatan. Seni mamanda ini ada hubungannya antara pemain dan penonton dengan bertujuan untuk seni ini berkesan hidup dan tidak monoton saja. Mamanda ini mengikuti alur cerita kerajaan dan cenderung kaku. Cerita yang dibawakan mamanda ini memiliki nilai pendidikan sekaligus hiburan.

5. Ludruk

Seni ludruk ini merupakan seni yang berasal dari jawa timur yang menceritakan kehidupan sehari-hari dengan diiringi musik gamelan dan ditampilkan dengan bahasa khas surabaya. Sebelum mulai seni ludruk ini biasanya diawali dengan tari remo. Seni ludruk ini mirip dengan ketoprak yang membedakan adalah kalau ludruk membawakan cerita kehidupan sehari-hari jika ketoprak membawakan cerita rakyat.

6. Lenong

Lenong merupakan seni teater yang membawakan cerita sehari-hari. Lenong ini berasal dari suku betawi di jakarta. Seiring membawakan cerita lenong diiringi dengan musik dari gembang kromong. Dengan dibawakan nya cerita khas betawi lenong ini diselingi dengan pesan moral yang bermanfaat tentunya. Bahasa yang digunakan ketika membawakan cerita lenong ini yaitu mengikuti bahasa dari daerah nya yaitu bahasa betawi.

7. ketoprak

Seni teater ketoprak ini merupakan seni yang berasal dari daerah jawa tengah surakarta. Dahulu seni ketoprak ini hanya di mainkan dengan diiringi alat tumbuh padi atau lesung ini namun seiring berkembangnya zaman ketoprak sekarang dimainkan dan diiringi dengan alat musik gamelan. Semakin kesini seni teater ketoprak ini jarang peminatnya dan berkurangnya penonton ketoprak karena dianggap ceritanya yang terlalu kuno dan ketinggalan teknologi. Adapun cerita yang dibawakanya yaitu tentang cerita legenda masyarakat setempat yang mengandung nilai moral nya, karena itulah kenapa ketoprak sekarang jarang peminatnya.

8. Arja

Arja merupakan jenis teater yang unik karena memiliki perpaduan antara dialog yang berbentuk nyanyian dengan tarian yang pemainnya keluar masuk panggung. Jenis pola yang dibawakan teater arja ini menggunakan konsep seni teater arena. Sedangkan cerita yang dibawakan yaitu cerita dari cerita panji yang dikenal di bali sebagai malat.

9. Gambuh

Gambuh merupakan seni teater yang berasal dari bali. Seni gambuh ini merupakan seni yang dikenal sebagai salah satu gaya yang diminati karena drama dan tariannya. Gambuh ini termasuk salah satu seni yang tua di bali. Pertunjukan seni gambuh ini dipentaskan di panggung yang berbentuk segi empat. Tempat yang biasa untuk memisahkan antar pemain dan penonton biasa disebut tangluk. Jumlah pemain seni gambuh ini cukup banyak yaitu berkisaran antara 25 sampai 40.

10. Longser

Seni teater longser mulai terkenal pada tahun 1920 sampai 1960 an. Seni longser ini berasal dari jawa barat. Arti kata dari longser ini merupakan barang siapa yang menyaksikan seni longser ini maka jiwa atau hati nya akan tergugah. Longser juga seperti umumnya seperti cerita rakyat lainnya yang mengandung jenaka, hiburan dan pendidikan. Teater longser merupakan cerita rakyat yang biasa dipertunjukan di tempat-tempat keramaian.

CONTOH TEATER MODERN

Jika kamu penggemar teater tentu kamu mengetahui grub teater yang terbaik di indonesia,

Mari kita ulas secara lengkap mengenai teater medern.

1. Sanggar Merah Putih Makassar

Kelompok ini berdiri pada tahun 1978 di pulau sulawesi, kelompok-kelompok teater yang berdiri di makassar saat ini yaitu berkat salah satu sanggar merah putih makassar ini. Proses latihanya yang begitu rutin dan fokus sehingga membuahkan seniman-seniman yang berbakat dan dihormati.

2. Teater Ruang

Teater ini di pimpin oleh salah satu orang yang terkenal ini solo yaitu Joko Bibit Sentosa, Kelompok ini berasal dari daerah surakarta.

3. Teater Satu Lampung

Teater ini berasal dari sumatra yang di pimpin oleh Iswadi Pratama yang menciptakan karya baru Khusus nya pada pementasan “Burried Child” hasil karya sam sephard yang di modifikasi dengan bagus sehingga mengantarkan kelompok teater satu lampung ini menjadi salah satu grub indonesia versi majalah tempo.

4. Teater Garasi

Munculnya Teater Garasi ini Juga memberikan suasana dan warna baru bagi indonesia, teater garasi ini berasal dari yogyakarta dengan menciptakan nama-nama yang akhirnya disegani dan dihormati seperti Gunawan Maryanto, Naomi Srikandi, Yudi Ahmad Tajudin dan sebagainya.

5. Teater Gandrik

Teater ini Didirikan serta dipimpin oleh Butet Kertaradjasa anak dari Bagong Kusudiarjo. Teater ini bermainan yang karikatural sehingga membuat penonton jadi terinspirasi. Anda bisa menyaksikan teater gandrik ini di yogyakarta.

6. Teater Dinasti

Teater Dinasti Ini Didirikan dan dipimpin oleh Cak Nun(Emha Ainun Nadjib) teater ini bertempatan di yogyakarta dengan kemunculan kelompok teater dinasti ini membuat indonesia semakin lebih bewarna dan beragam.

7. Teater Payung Hitam

Teater payung hitam ini bertempatan di kota bandung yang didirikan oleh Rahman Sabur yang terkenal dengan penulis naskah yang profesional, bukan hanya dari hasil tulisan naskahnya di pentaskan oleh payung hitam tetapi pentasan grub lainnya juga. Seiring berkembang nya zaman teater payung hitam ini bukan hanya di pentaskan di bandung saja tetapi juga diseluruh indonesia.

8. Teater Bumi

Teater bumi ini didirikan Wisran Hadi pada tahun 1978 di sumatra barat. Wisran Hadi ini seorang tokoh asal padang yang sangat di segani dan dihormati. Teater bumi ini menampilkan tampilan monumental sehingga mendapatkan apresiasi dari berbagai penggemar teater dari seluruh indonesia.

9. Teater Keliling

Teater keliling ini didirikan oleh dua orang yaitu Derry Sirna dan Rudolf Puspa di jakarta. Teater keliling ini menjadi teater yang produktif sehingga pernah memecahkan rekor MURI untuk Pementasan dan menampilkan seni nya di kota seluruh indonesia. Seperti nama dari teater ini yaitu sering keliling-keliling indonesia bahkan dunia.

10. Bengkel Muda Surabaya

Seni ini membawakan naskah-naskah tokohnya seperti Basuki Rahmat dan Akhudiat. Seni Teater ini muncul karena perpaduan antara teater modern dan teater tradisional yaitu paduan teater epik bertold brecht dengan ludruk khas surabaya.

11. Teater Mandiri

Teater mandiri ini didirikan oleh Putu Wijaya siapa yang tidak kenal beliau? Seniman asal bali ini merupakan mantan anggota bengkel teater rendra. Tulisan naskah Putu Wijaya ini begitu sedemikian kuat sehingga teater mandiri ini banyak dikagumi dan disukai di khalayak masyarakat luas.

12. Teater Kecil

Teater kecil ini didirikan oleh Arifin C Noer beliau terkenal dengan penulis naskah yang produktif. Banyak masalah naskah-naskah yang akan di pentaskan oleh grub teater amatiran, namun Arifin C Noer ini dikenal kerap menjadi penulis naskah yang berhasil mementaskan dengan lancar sehingga mendapatkan nilai positif dari banyak kritikus.

13. Teater Koma

Teater koma ini didirikan oleh Nano Riantiarno beliau di kenal sebagai sutradara, aktor dan seniman teater yang di segani di indonesia. Teater ini diknal dengan produktifnya baik di panggung maupun di balik layar kaca. Keluarga Nano Riantiarno juga dikenal sebagai seniman istrinya Ratna Riantiarno juga dikenal sebagai tokoh teater yang di hormati di indonesia.

14. Teater Populer

Teater populer ini didirikan oleh Teguh Karya beliau mendirikan teater ini tidak sendirian tetapi juga dengan anggotanya diantara nya yaitu Nano Riantiarno, Slamet Rahardjo, Christine Hakim, El malik, Dan lainnya. Dan ketika Teguh Karya meninggal dunia, anggota beliau pindah ke industri per FILM an.

15. Bengkel Teater Rendra

Bengkel teater rendra ini didirikan oleh WS Rendra, teater ini berdiri di dua tempat yaitu di yogyakarta pada tahun 1961 dan di depok pada tahun 1986. WS Rendra juga di kenal menjadi barometer seni pertunjukan teater modern di indonesia, itulah sebabnya semua teater oleh kelompoknya juga ikut menjadi barometer seni pertunjukan teater modern.

FUNGSI SENI TEATER MODERN

Dulu fungsi seni teater hanya dipakai untuk acara sarana upacara persembahan kepada dewa dyonesos dan upacara pesta untuk dewa apollo. Namun seiring berkembangnya zaman, fungsi teater pun mengalami perubahan yang cukup signifikan seperti ada nilai-nilai pendidikan, seni dan sebagainya. Seni teater kini berperan di masyarakat sebagai nilai yang afektif.

Bagian-bagian dari fungsi teater antara lain:

1. Teater Sebagai Media Pendidikan

Seni teater merupakan sebuah pertunjukan yang di kerjakan oleh sebuah tim dan tidak bisa dikerjakan oleh individual, maka seni teater ini bisa disebut seni yang kolektif. Tujuan dari pertunjukan teater yaitu menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalam nya kepada penonton maka diharapkan kerja tim yang harmonis dapat kerja maksimal dalam menyampaikan alur cerita kepada penonton. Penonton pun lebih cepat menangkap sebuah intisari cerita dengan menonton pertunjukan ketimbang hanya membaca saja.

2. Teater Sebagai Media Hiburan

Tentu saja teater salah satu tujuanya yaitu untuk sarana hiburan. Teknik-teknik yang dilakukan kerja tim pun harus pandai membaca situasi sekitar panggung sebelum seni teater di pertunjukan harus di campuri dengan adegan-adegan lelucon agar penonton tidak jenuh dan dapat menghibur.

3. Teater Sebagai Media Ekspresi

Dalam hal ini seniman berperan sepenuhnya dalam mengekspresikan dialog maupun gerakan tubuh didalam seni teater nya. Media ekspresi ini termasuk yang berfokus utama pada dialog dan tingkah laku seniman. Dalam praktiknya pun diperlukan latihan yang maksimal agar pesan-pesan yang di sampaikan pun bisa maksiamal tersampaikan kepada penonton.

4. Teater Sebagai Sarana Upacara

Awal mula dari munculnya seni teater adalah hanya untuk sebuah acara upacara dan mengandung sifat-sifat yang amat religius dalam sejarah seni teater dahulu nya untuk upacara persembahan kepada dewa apollo dan dewa dyonesos. Walaupun dikatakan sebagai sarana upacara fungsi teater ini tidak memerlukan penonton, namun peserta upacara itu sendiri sudah menjadi bagian dari penonton.

Fungsi teater juga salah satunya bisa untuk menambah saudara, wawasan serta percaya diri karena didalam seni teater secara tidak langsung terdapat sifat sosialisasi biasanya para seniman cenderung lebih sering berbincang-bincang dengan seniman/pemain lainnya.

Tentunya dengan adanya seni teater ini sangat bermanfaat dan membantu khusus nya dikalangan anak muda sekarang yang cenderung bergaul di dunia maya atau sosial media ketimbang bersosialisai langsung kepada orang lain.

Sekian artikel tentang Pengertian Teater, Sejarah, Fungsi, dan Jenis-jenisnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

Pengertian Onkologi, Jenis, Cara Kerja dan Tips Memilih Ahli Onkologi

Mengenal Android 8.0 Oreo, Fitur dan Cara Mendapatkannya

Mengenal Obat Penisilin, Manfaat, Cara Kerja dan Harganya