Pengertian Strategi Pembelajaran

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Strategi pembelajaran berasal dari bahasa Latin yakni “Strategia” yang artinya seni penggunaan rencana dalam meraih suatu tujuan.

Awalnya istilah ini sering digunakan di dunia militer, tetapi sekarang istilah ini telah banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk pembelajaran.

Strategi pembelajaran didefinisikan dengan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang dibentuk dalam suatu tindakan (serangkaian kegiatan) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, metode dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Definisi lain dari strategi pembelajaran adalah rencana untuk serangkaian kegiatan untuk menggunakan metode dan menggunakan semua sumber daya atau kekuatan untuk tujuan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana yang berisi serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Dari pengertian di atas, dua hal yang perlu dipertimbangkan: Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan (serangkaian kegiatan), termasuk penggunaan metode dan penggunaan sumber daya atau kekuatan yang berbeda dalam pembelajaran. ini berarti penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari startegi pembelajaran menurut ahlinya.

1. Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977)

Memahami Strategi Pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril adalah strategi untuk mengatur isi pelajaran yang disebut sebagai strategi struktural, yang merujuk pada cara mengurutkan dan membongkar fakta, konsep, prosedur, dan prinsip terkait.

2. Gerlach dan Ely (1980)

Memahami Strategi Pembelajaran menurut Gerlach dan Ely Learning Strategies ialah metode yang dipilih untuk mengkomunikasikan konten dalam lingkungan belajar yang diberikan yang terdiri dari sifat, ruang lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberikan siswa pengalaman belajar.

3. Frelberg dan Driscoll (1992)

Pemahaman tentang strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll yakni untuk mencapai tujuan yang berbeda dengan menyediakan konten pelajaran pada tingkat yang berbeda untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda.

4. Dick dan Carey (1985)

Memahami Strategi Pembelajaran menurut Dick dan Carey yaitu seperangkat bahan dan praktik pembelajaran yang digunakan bersama untuk memberikan hasil belajar kepada siswa.

5. Kemp

Memahami Strategi Pembelajaran menurut Kemp merupakan kegiatan belajar yang perlu dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Jenis-jenis Strategi Pembelajaran

Adapun jenis-jenis dari strategi pembelajaran, adalah sebagai berikut:

1. Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran dengan kadar memiliki pusat kepada guru yang paling tinggi, tetapi strategi ini sering digunakan. Contoh strategi pembelajaran langsung adalah: kuliah, pertanyaan deduktif, pengajaran dan praktik eksplisit, dan demonstrasi.

2. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran yang menunjukkan keterlibatan siswa yang terkuat, karena guru memiliki tugas untuk menyelidiki, mendapatkan data, dan merumuskan hipotesis.

3. Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Jenis strategi pembelajaran interaktif mengarah pada bentuk diskusi dan pertukaran antar siswa.

4. Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Strategi pembelajaran melalui pengalaman adalah strategi pembelajaran dengan urutan induktif yang mengarah ke pusat siswa dan orientasinya terhadap suatu kegiatan.

5. Strategi Pembelajaran Mandiri

Belajar mandiri adalah jenis strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian dan peningkatan diri.

Fungsi dan Tujuan Strategi Pembelajaran

Fungsi dan tujuan dari strategi pembelajaran antara lain sebagai berikut:

  • Memberikan isi pembelajaran kepada pembelajar.
  • Menyajikan informasi atau bahan-bahan yang dibutuhkan dalam belajar untuk menunjukkan unjuk kerja.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Strategi Pembelajaran, Jenis, Fungsi dan Tujuannya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>