Pengertian Sistem

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Pada kesempatan kali ini Ruang Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian sistem. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan tentang pengertian sistem, jenis-jenis, unsur-unsur, elemen dan tujuannya secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dalam memahaminya silahkan simak artikel tentang pengertian sistem berikut ini.

Pengertian Sistem

Sistem adalah sebuah unit, baik objek nyata maupun abstrak yang terdiri dari berbagai komponen atau elemen yang saling terkait, saling bergantung, saling mendukung dan secara bersama-sama bersatu untuk mencapai tujuan spesifik secara efektif dan efisien.

Ada juga yang mengatakan bahwa definisi suatu sistem adalah paduan yang terdiri dari beberapa elemen yang dihubungkan sebagai satu elemen, sehingga aliran informasi dan material atau energi dipermudah untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian sistem secara umum adalah kumpulan benda, elemen atau bagian dengan makna berbeda yang memiliki hubungan timbal balik, saling bekerja sama, saling mempengaruhi, dan terikat pada rencana yang sama untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan yang kompleks.

Istilah “sistem” sering digunakan di bidang yang berbeda, sehingga artinya bervariasi tergantung pada bidang yang dibahas. Namun secara umum, kata “sistem” mengacu pada sekelompok objek yang terkait.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian sistem menurut beberapa para ahli:

1. Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo, pengertian sistem adalah kombinasi dari objek-objek yang memiliki hubungan fungsional dan hubungan antara sifat-sifat setiap objek secara keseluruhan dengan entitas yang saling terkait.

2. Indrajit

Menurut Indrajit,pengertian sistem adalah kumpulan komponen yang memiliki unsur interelasi.

3. Jogianto

Menurut Jogianto, pengertian sistem adalah kumpulan elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu, menggambarkan banyak peristiwa dan kesatuan yang nyata seperti tempat, benda dan orang yang benar-benar ada dan terjadi.

4. Colin Cherry

Menurut Colin Cherry, pengertian sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian yang berbeda atau kumpulan sifat dan bagian yang berbeda.

5. R. Fagen dan A. Hall

Menurut R. Fagen dan A. Hall, pengertian sistem adalah kumpulan benda yang memiliki hubungan antara masing-masing objek, termasuk hubungan dengan sifat-sifat yang mereka miliki.

6. Jerry FitzGerald

Menurut Jerry FitzGerald, pengertian sistem merupakan jaringan dari proses yang koheren yang disatukan untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk mencapai tujuan tertentu.

7. Andri Kristanto

Menurut Andri Kristanto, pengertian sistem adalah jaringan proses yang saling terkait yang disatukan untuk melakukan kegiatan atau mencapai tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Sistem

Pada prinsipnya, jenis sistem dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. Berdasarkan Keterbukaan

  • Sistem Terbuka, yaitu sistem yang dapat dipengaruhi oleh orang luar karena aksesnya terbuka.
  • Sistem Tertutup, yaitu sistem yang tidak bisa dipengaruhi oleh orang luar karena aksesnya tertutup.

2. Berdasarkan Komponen

  • Sistem Fisik, yaitu sistem dengan energi dan komponen material.
  • Sistem Non Fisik, yaitu sistem yang bentuknya abstrak, misalnya dalam bentuk ide, konsep dan hal lainnya.

Unsur-Unsur dan Elemen dalam Sistem

Seperti disebutkan dalam paragraf pertama, sistem terdiri dari elemen-elemen tertentu. Setiap sistem terdiri dari empat elemen, yaitu:

  1. Obyek, dalam sistem terdapat sejumlah objek (fisik / abstrak) dalam bentuk elemen, bagian atau variabel.
  2. Atribut, yang menentukan kualitas atau jenis kepemilikan suatu sistem dan objeknya.
  3. Hubungan Internal, setiap elemen terhubung ke satu unit.
  4. Lingkungan, lokasi atau wilayah tempat sistem itu berada.

Sedangkan elemen-elemen yang membentuk suatu sistem dapat dibagi menjadi tujuh bagian, yaitu:

  1. Tujuan, sistem adalah untuk mencapai tujuan tertentu yang ingin dicapai (output).
  2. Input atau Masukan, yaitu segala sesuatu yang memasuki sistem yang akan diproses, baik objek fisik maupun abstrak.
  3. Proses, yaitu transformasi input-ke-output yang memiliki nilai lebih, seperti produk atau informasi. Tetapi itu juga bisa menjadi hal yang tidak berguna, seperti pemborosan.
  4. Biaya atau Pengeluaran, adalah hasil pengolahan, di mana formulir bisa dalam bentuk informasi, saran, laporan cetak, produk dan lain-lain.
  5. Batas, yang memisahkan sistem dari luar sistem. Dalam hal batasan menentukan konfigurasi, ruang lingkup, dan hal-hal lain.
  6. Kontrol dan umpan balik, Mekanisme ini dapat dilakukan dengan umpan balik ke output untuk mengontrol input dan proses.
  7. Lingkungan, apa pun di luar sistem yang mempengaruhi sistem, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Tujuan Sistem

Menurut Azhar Susanto (2013: 23) dalam buku “Sistem Informasi Akuntansi”, tujuan dari sistem adalah target atau sasaran akhir yang harus dicapai suatu sistem. Untuk mencapai tujuan sistem, tujuan atau target pertama-tama harus diketahui tentang sifat dan kriterianya.

Tanpa mengetahui karakteristik atau ciri-ciri tujuan yang ingin dicapai oleh suatu sistem, ada kemungkinan bahwa tujuan ini tidak akan pernah tercapai. Karakteristik dan ciri-ciri ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan suatu sistem dan sebagai tolok ukur untuk proses kontrol.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Sistem, Jenis, Unsur, Elemen dan Tujuannya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: