Pengertian SEO

Posted on

Pengertian SEO – Banyak langkah bisa dilaksanakan buat tingkatkan trafik pengunjung web, satu diantaranya dengan mengaplikasikan SEO (Search Engine Optimization) dalam web yang kamu urus.

Bila kamu ialah seorang pemula dalam pengendalian web, SEO ialah hal yang wajib kamu kuasai, kamu telah seharusnya ketahui SEO apa itu, faedah, langkah kerja sampai beberapa jenis SEO yang nanti akan menolongmu dalam pahami SEO tersebut.

Pasti karena ada artikel berikut akan menolongmu dalam mengenali SEO lebih terang dan tentunya akan gampang kamu ketahui.

Apa Itu SEO?

SEO ialah kependekan dari Search Engine Optimization, yakni cara optimisasi yang sudah dilakukan supaya web ada pada hasil paling atas mesin perayap, khususnya Google.

Nach, menjadi dapat diambil kesimpulan jika SEO adalah aspek khusus yang hendak tentukan keberhasilan web Anda, khususnya untuk Anda yang ingin manfaatkan web sebagai fasilitas pemroduksi uang.

Jika SEO web Anda bagus, nanti web Anda akan secara langsung ada di halaman pertama hasil pencarian saat calon pengunjung cari keyword (kata kunci) tertentu di Google. Dengan demikian, web Anda akan penuh oleh pengunjung.

Disamping itu, SEO dapat menjadi taktik digital pemasaran yang efisien dan irit untuk menolong Anda tingkatkan trafik web dan alterasi. Di artikel berikut, kami akan mengulas apakah itu SEO, langkah kerja SEO, dan jalinan SEO dan kecepatan web. Selamat membaca!

Tipe-Jenis SEO

Saat ini kami akan mengulas beberapa jenis SEO yang terdapat sekarang ini . Maka, Search Engine Optimization dipisah jadi empat tempat, yakni On-page, Off-page, Technical, dan Local.

Supaya lebih terang, kami akan ulas satu demi satu.

1. On-page SEO

Pemahaman SEO On-page ialah usaha optimisasi yang sudah dilakukan langsung setiap halaman web untuk mengoptimalkan isinya supaya bisa menolong meningkatkan rangking web. Konsentrasi intinya berada pada content dan HTML source kode, seperti judul tag, header tag, dan meta description. Info berikut yang hendak diperlihatkan di SERP.

Disamping itu, diaplikasikannya on-page SEO akan memudahkan website crawler mengananlisis dan mengindeks content.

Berikut beberapa hal yang terhitung dalam SEO on-page:

  1. Content. Google memakai frame-work E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness) untuk memandang kualitas content, halaman, dan web. Content berkualitas yang dibikin oleh faksi (author) tepercaya dan dipublikasi di web yang tepercaya lebih diutamakan . Maka, jika ingin web ada di halaman pertama Google, Anda harus pastikan tiap isinya penuhi persyaratan frame-work.
  2. Optimisasi kata kunci. Menambah keyword akan memudahkan algoritme mesin perayap dalam mengenali info yang ada. Kami anjurkan untuk mencari keyword sasaran memakai tool SEO, seperti Ahrefs Kata kunci Explorer atau Google Kata kunci Planner. Selanjutnya, bikinlah content memakai keyword itu. Tetapi harus diingat, pemakaiannya harus senatural mungkin. Bila tidak, Google akan memberikan finalti karena kata kunci stuffing.
  3. Judul tag. Tulislah judul tag atau judul halaman (page judul) yang unik, menarik, dan berbeda dari lainnya. Ditanggung web akan memetik semakin banyak click. Trafik organik yang dibuat akan tinggi. Janganlah lupa untuk selipkan keyword di judul.
  4. Header tag. Ringankan pembaca dan website crawler dengan membagikan fragmen posting memakai header. Tag ini nanti menolong mesin perayap dalam tampilkan info yang sesuai search intent . Maka, header benar-benar bermanfaat tidak cuma untuk membikin content kelihatan lebih rapi, tetapi juga membenahi perform di Google.
  5. Gambar alt teks. Tidak boleh anggap deskripsi gambar tidak punyai peranan yang berarti. Peranan SEO ini akan menerangkan isi gambar dan menolong beberapa orang yang alami masalah pandangan. Dengan alt teks, screen reader akan memberitahukan mesin perayap jika gambar yang digunakan ialah sisi dari content Anda. Penggunaan gambar alt teks akan memberikan kesempatan untuk nongkrong pada posisi atas di hasil penelusuran gambar Google.
  6. Meta description. Tempatnya pas di bawah page judul dan singkat, cuma terdiri dari beberapa watak saja dan memiliki kandungan keyword. Meta description yang baik akan memancing semakin banyak click dan kurangi bounce rate, apa lagi jika infonya sesuai yang dicari pemakai internet.

2. Off-page SEO

Off-page SEO ialah usaha optimisasi yang sudah dilakukan di luar web untuk meningkatkan rangking di mesin perayap. Kegiatan ini diakui Google sebagai tanda untuk ketahui berapa bagus web, usaha, atau produk Anda di mata audience.

Hasil aplikasinya akan membenahi page authority dan rangking.

SEO off-page meliputi:

  1. Link building. Usaha ini untuk memperoleh link dari web lain ke web Anda. Tiap link yang ditujukan akan meningkatkan integritas situs. Tetapi, jangan mengasal bangun link. Lihat kualitas website dan web yang dibawa kerja-sama karena akan mempengaruhi algoritme.
  2. Media sosial pemasaran. Ada peranan penting dimainkan sosial media untuk usaha Buat account dan bangun rekam jejak merek yang baik di sosial media. Upload posting yang mengikutsertakan warganet, misalkan menanyakan masalah warna favorite bila usaha Anda sekitar make up atau baju. Posting content terkini yang diedarkan di web atau website Anda. Dengan ini, beberapa orang yang hendak singgah dan Google akan menyaksikan integritas situs.
  3. Influencer outreach. Rajutlah kerja-sama dengan merek atau influencer populer. Sistem marketing ini dipercayai dapat bawa pelanggan baru untuk usaha Anda.
  4. Komunitas. Kesempatan lain untuk jalankan kampanye off-page dengan tergabung di komunitas. Quora, Reddit, dan Stack Overflow ialah contoh komunitas di mana Anda dapat mengawali topik dan berunding dengan audience. Mereka dapat mengetahui sampai mana integritas Anda dapat dipertanggungjawabkan. Disamping itu, Anda bisa juga menyelipkan link untuk datangkan semakin banyak trafik organik.

Walau link building sebagai tehnik SEO yang terbanyak dilaksanakan, tetap aktivitas yang lain ikut mendukung perform website.

3. Technical SEO

Technical SEO ialah usaha untuk optimasi aspek tehnis pada web supaya sesuai persyaratan algoritme mesin perayap. Faktor itu mencakup optimisasi kecepatan loading, mobile-friendly, dan arsitektur web.

Jika faktor teknisnya teroptimasi secara baik, web akan ada di halaman paling atas penelusuran.

Selainnya perform, technical SEO jamin kenyamanan pemakai dalam menelusuri web. Selalu prioritaskan keamanan dan kecepatan loading supaya Google dan pengunjung tidak beralih dari web Anda.

Berikut sejumlah hal yang harus dipahami saat lakukan optimisasi:

  1. Kecepatan loading. Web yang perlu waktu yang lama untuk terbuka akan menyebabkan bounce rate yang lebih tinggi. Maka dari itu, Anda perlu aktifkan cache web, mengompresi gambar, dan kurangi jumlah halaman yang diarahkan. Anda dapat memakai tool GTmetrix atau PageSpeed Insights untuk cari tahu apa yang harus dioptimalkan berkaitan kecepatan loading,.
  2. Schema markup. Tambah tag ini ke code HTML untuk memudahkan mesin perayap dalam mengenali content. Selain itu, schema markup akan perkuat penampilan snippet pada hasil penelusuran. Misalkan, pemakaian peringkat atau ulasan. Dengan tambahan ini, beberapa orang akan berminat untuk bertandang. Hasilnya, click-through rate (CTR) web akan bertambah.
  3. Intern link. Tehnik ini memakai hyperlink untuk menyambungkan satu halaman dengan halaman yang lain di web yang serupa. Karena ada intern link, crawler semakin lebih gampang saat lakukan penelusuran dan pengindeksan. Disamping itu, page authority akan bertambah, navigasi menjadi lebih mudah, dan pengunjung semakin lebih lama tinggal.
  4. XML sitemap. Simpelnya, XML sitemap ialah kelompok URL halaman web. Peranannya sebagai roadmap atau peta untuk percepat crawler dalam mencapai halaman-halaman yang perlu. Bila Anda pemakai WordPress, install plugin Yoast SEO untuk membuat XML sitemap. Langkah lain untuk membikin XML sitemap yakni dengan menggunakan tool gratis, seperti InSpyder atau Screaming Frog.
  5. Accelerated Mobile Pages (AMP). Frame-work ini tampilkan versus lite halaman web hingga bisa lebih cepat terbuka di piranti mobile. Bila AMP diaktifkan, Google akan munculkan halaman lewat cache tertentu. Waktu loading-nya akan menyusut.
  6. Sertifikat SSL. Web yang memasangkan sertifikat SSL akan mempunyai HTTPS pada awal URL-nya. Itu bermakna peralihan info di antara web Anda dan browser pengunjung akan ditangkap dan dienkripsi. Pemakaian SSL jadi factor yang disaksikan Google . Maka, kami anjurkan untuk aktifkan SSL supaya rangking dapat semakin bagus. Sertifikat SSL umumnya telah diikutkan dalam paket hosting.

4. Local SEO

Local SEO ialah taktik untuk tingkatkan visibility usaha Anda di search result lokal. Anda dapat mempromokan merek, produk, dan service pada komune atau warga di tempat.

Sebagai contoh, Anda menuliskan ‘kopi nikmat Jakarta’ atau ‘beli makanan kucing paling dekat’. Nach, Google akan mengenali lokasi usaha atau toko lewat alamat IP mereka dan tampilkan hasil penelusuran yang Anda harapkan.

Penampilan penelusuran berbentuk peta dan tiga hebat usaha. Misalkan, untuk keyword “membeli makanan kucing paling dekat”, Google akan munculkan tiga petshop terbaik dan peringkat dan snippet lokasi di Google Maps.

Berikut empat point yang penting jadi perhatian saat Anda merencanakan mengaplikasikan taktik ini:

  1. Profile Google My Business (GMB). Peta yang diperlihatkan di search result lokal diambil dari profile GMB . Maka, Anda harus buat account lebih dahulu. Beri data yang komplet dan tepat, seperti nama, alamat, dan nomor telephone usaha. Data ini nanti mempengaruhi rangking SEO. Selain itu, rangking profile GMB akan ditetapkan dari jarak lokasi usaha Anda ke lokasi calon konsumen, keunggulan, dan kecocokan keyword penelusuran.
  2. Kerjakan penelitian keyword lokal. Bikinlah daftar keyword yang menggambarkan produk atau service yang dijajakan, lalu tambah lokasi. Misalkan, kopi nikmat (keyword) + Jakarta (lokasi). Agar lebih cepat dan mudah, Anda dapat memakai SEO tool, seperti Ahrefs. Tool ini akan menolong Anda ketahui berapa bagus keyword yang ditarget berdasar volume penelusuran (search volume) dan tingkat kesusahannya (difficulty).
  3. Content yang mengarah pasar lokal. Kuasailah pasar lokal dengan membuat content yang detil dan jawab pertanyaan audience. Misalkan, Anda memulai usaha kopi. Bikinlah content yang mengulas asal mula kopi, ketertarikan warga di tempat pada kopi, langkah pilih biji kopi terbaik, dan lain-lain.
  4. Pembahasan pelanggan. Pembahasan memperlihatkan tingkat keyakinan usaha Anda, yang nanti akan diperhitungkan oleh Google. Minta pelanggan untuk menulis ulasan, misalkan lewat e-mail atau mungkin dengan sediakan halaman khusus ulasan. Karena Google pertimbangkan pembahasan yang diberi lewat faksi ke-3 , pastikan selalu untuk mengawasi ulasan online Anda.

Ketidaksamaan SEO dan SEM

Jika barusan Anda telah pelajari apakah itu SEO dan pengertiannya, saat ini kami akan mengulas apakah itu SEM atau Search Engine Pemasaran dan bedanya dengan SEO.

SEM ialah taktik marketing yang dipakai usaha untuk mencapai audience mereka lewat hasil mesin perayap.

Ketidaksamaan SEO versus SEM berada pada taktik yang dipakai, SEO dilaksanakan dengan alami (organik), dan SEM memakai taktik berbayar supaya web selalu ada di halaman awalnya mesin perayap. Waktu yang diperlukan untuk capai hasil berlainan, SEO biasanya semakin lama dan perlu stabilitas, dan SEM langsung bisa kelihatan.

Agar semakin detilnya kurang lebih semacam ini:

  1. SEO memercayakan trafik organik, yakni jumlah lawatan yang dari mesin penelusuran seperti Google atau Bing hingga butuh waktu dan usaha yang stabil.
  2. SEM memakai trafik berbayar, yakni dengan bayar beberapa ongkos untuk memasangkan iklan di Google Ads atau basis lain hingga hasilnya langsung bisa ada.

Walau ke-2 nya berlainan, SEO dan SEM tidak dapat jalan masing-masing. SEO yang bagus akan menjadi dasar yang kuat untuk kesuksesan taktik SEM. Misalkan, optimisasi dengan kata kunci yang pas akan meningkatkan Score Kualitas Google dan visibility web.

Langkah Kerja SEO

Ada tiga tingkatan yang sudah dilakukan mesin pencari untuk kumpulkan, mengurus, dan tampilkan info.

Berikut langkah kerja SEO:

1. Crawling

Mesin perayap mempunyai website crawler, atau juga bisa disebutkan spiderbots atau bots, yang perannya untuk cari dan kumpulkan info supaya halaman web dapat diindeks.

2. Indexing

Tingkatan ini memerlukan info yang telah dihimpun oleh website crawler. Misalkan, keyword dan apa content telah diperbaharui atau memang belum. Kemudian, halaman web akan dipertambah ke indeks penelusuran. Nanti saat keyword diketik di browser, mesin perayap akan ambil (fetch) web yang sudah diindeks.

3. Rangking

Hasil penelusuran akan tampilkan web yang ada dalam indeks penelusuran. Posisinya diawali dari yang paling berkaitan ke yang tidak berkaitan.

Search Engine Optimization tentukan perform web di mesin perayap. Sebagai contoh, intern link yang terancang akan memudahkan website crawler dalam menganalisis landing page. Crawler bisa menelusuri website dan mengindeks content lebih dalam.

Factor yang lain mempengaruhi langkah kerja SEO dan algoritme mesin perayap ialah kecocokan keyword, kualitas back-link, dan content yang diperbarui.

Faedah SEO

Sekitar 53,3% trafik tiba dari penelusuran organik. Tidaklah aneh jika factor ini benar-benar jadi perhatian dalam internet marketing. Kesempatannya tinggi untuk mengonversi pengunjung jadi konsumen.

Tetapi, untuk datangkan trafik organik, Anda tidaklah cukup cukup dengan pahami apakah itu SEO. Anda harus juga lakukan beberapa taktik dan optimasi beberapa bagian web supaya penuhi persyaratan algoritme penelusuran yang terus-terusan berbeda.

Search Engine Optimization terdiri dari bermacam taktik yang fokus pada visibility web di mesin perayap. Makin naik posisinya, makin bertambah traffic yang tiba.

Usaha ini penting, apa lagi untuk web usaha. Merek Anda menjadi lebih dikenali dan pemasaran dan revenue akan turut semakin bertambah.

Algoritme Google mempertimbangkan beragam factor SEO saat menganalisis dan tampilkan web pada hasil penelusuran.

Bila web sukses berada di pucuk hasil penelusuran, integritas merek usaha akan turut naik.

Factor Penting pada Search Engine Optimization

Turun-naiknya rangking ditetapkan faktor-faktor SEO yang tetap diperbaharui bersamaan dengan penyempurnaan algoritme penelusuran. Maksudnya, supaya content yang diperlihatkan berkaitan sama yang dicari pengunjung internet.

Berikut factor rangking dan tanda khusus SEO:

1. Kecepatan loading (page speed)

Merujuk dalam jumlah waktu yang diperlukan web sampai terbuka prima. Makin cepat loadingnya, makin tinggi juga posisinya di mesin pencari. Oleh karena itu, Anda wajib mengawasi perform situs secara periodik memakai tool PageSpeed Insights Google atau Pingdom Speed Tes.

2. Mobile-friendly

Web disebutkan mobile-friendly jika ukuran dengan cara otomatis meng ikuti ukuran monitor piranti yang dipakai untuk searching, misalkan tablet atau handphone. Untuk menghitung tingkat responsive design, Anda dapat gunakan Mobile-Friendly Tes Google.

3. Kualitas content

Bikinlah content yang berkaitan, detil, dan menjawab keinginantahuan pembaca. Lihat panjangnya, susunan, keyword yang ditempatkan, dan info yang diberi. Beberapa hal ini yang nanti dipelajari oleh Google. Content yang unik dan orisinal akan menarik lebih beberapa pengunjung dan tingkatkan visibility web.

4. Back-link

Kerap menyaksikan artikel koran digital yang menyelipkan link, misalkan ke Wikipedia? Nach, link dari artikel yang ke arah Wikipedia berikut yang disebutkan back-link.

Nama yang lain ialah inbound link. Jika beberapa blog dan web yang menyelipkan link web Anda di tengah content mereka, itu bermakna situs Anda dipercayai untuk sumber yang berkaitan. Back-link yang berkualitas, dan sudah pasti tiba dari web tepercaya, akan mempengaruhi perform situs di mesin pencari.

5. Pengalaman pengguna

Bounce rate dan waktu tinggal (dwell time) ialah dua dari demikian hal yang diukur Google dalam memandang kenyamanan pengunjung saat ada di situs Anda. Bila tidak ada seseorang juga yang tinggal semakin lama, Google akan memandang website Anda tidak berkaitan. Kebalikannya, bila mereka ingin lama-lama, Google akan memandang info di website Anda berkaitan dan berguna.

6. Keamanan web

Tanda ini meliputi semua perlakuan membuat perlindungan web dan pengunjung dari teror atau bahaya online. Disamping itu, penggunaan HTTPS pada URL jadi standard keamanan.

Web yang terdapat pertanda Not Secure tidak dipercayai baik oleh mesin pencari atau pengunjung. Maka dari itu, sangat penting untuk setiap webmaster untuk aktifkan sertifikat SSL.

Type Trafik SEO

Sesudah ketahui pemahaman SEO, seterusnya masuk pada ulasan berkenaan beberapa macam type traffic dari SEO. Untuk saat ini, terdapat tiga tipe traffic yang bisa dikelompokkan sesuai peranan dan performanya masing – masing.

1. Quality Trafik

Type yang pertama ialah quality trafik ataupun lebih dikenali traffic yang berkualitas. Untuk tentukan nilai kualitas traffic, bisa diukur dari berapa besar nilai dari alterasi yang dibuat dari data pengunjung yang masuk pada web anda.

Untuk web usaha, makin bertambah pengunjung website yang ganti jadi konsumen, karena itu makin baik juga kualitas traffic dari web anda. Secara umum, pengunjung akan menyaksikan dan cari tahu apa produk yang anda menawarkan. Hingga, hal itu terhitung ke traffic dengan memakai kontribusi keyword transaksi bisnisonal.

2. Quantity of Trafik

Jumlah dari sebuah traffic juga diakui untuk tingkatkan perform sebuah web. Makin bertambah pengunjung yang masuk pada tiap halaman web anda, karena itu makin bertambah besar nilai traffic yang bisa anda dapatkan.

Maka saat anda meningkatkan website usaha, karena itu anda perlu perbanyak halaman dengan content yang berkualitas. Di mana, anda mendapat membuat kelompok artikel berbentuk website yang memiliki kandungan kata kunci yang memiliki sifat infoonal.

3. Organic Trafik

Dan type yang paling akhir ialah traffic organik, di mana benar-benar dicintai oleh pemilik web karena tidak memerlukan ongkos atau cuma-cuma. Dengan traffic organik, bisa datangkan jumlah pengunjung yang semakin lebih banyak dan tingkatkan alterasi.

Sebagai contoh, saat seorang menuliskan keyword dalam mesin perayap dalam suatu browser, dan seterusnya pemakai itu akan mengeklik link yang diperlihatkan di hasil penelusuran. Nach, lawatan link itu yang disebut sebuah organic trafik.

Hal-Hal yang Perlu Jadi perhatian untuk SEO

Sesudah pahami apakah itu SEO dan factor-faktornya, Anda saat ini tentu mulai mempunyai deskripsi yang semakin lebih terang mengenai taktik seperti apakah yang hendak Anda aplikasikan.

Ya, Anda harus cermat saat menentukan taktik. Jika salah tentukan atau justru menggunakan langkah lama, tidak cuma rangking tetapi trafik dan alterasi akan turun.

Antara beragam hal, beberapa yang penting jadi perhatian dalam SEO ialah pemakaian long-tail kata kunci, membuat content yang sama sesuai search intent, mendapat back-link, dan selalu mengawasi peralihan atau up-date pada algoritma Google.

Algoritma Google belakangan ini mengikutkan pengalaman halaman web sebagai pemikiran dalam SEO. Nach, untuk pengalaman halaman ini, ada yang bernama Core Website Vitals, yakni rangkaian metrik yang menghitung loading, interaktivitas, dan kestabilan visual.

Metrik Core Website Vitals meliputi 3 hal:

  1. Largest Contentful Paint (LCP) – memberikan laporan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk berisi content paling besar halaman, terhitung gambar dan video. Waktu loading yang bagus ialah 2,5 detik.
  2. First Input Terlambat (FID) – menghitung waktu semenjak pemakai pertama kalinya berhubungan dengan halaman, seperti mengeklik link atau mengetok knop, sampai saat browser mengolah keinginan itu. FID yang dianjurkan ialah kurang dari 100 milidetik.
  3. Cumulative Lay-out Shift (CLS) – hitung keseluruhan perubahan lay-out yang tidak tersangka pada halaman sepanjang babak loading. CLS menahan pengunjung mengeklik komponen yang mendadak berbeda posisi. Untuk pengalaman pemakai terbaik, web harus mempunyai score CLS kurang dari 0,1.

Web Untuk Belajar SEO

Pelajari segala hal mengenai apakah itu SEO dari sejak awalnya memerlukan waktu yang tidak singkat. Selainnya pemahaman SEO, Anda harus juga pahami beberapa dasar digital pemasaran dan langkah kerja mesin perayap atau mesin pencari.

Berikut daftar web yang telah kami mengumpulkan untuk Anda yang ingin pelajari SEO:

  1. Google Webmaster Central Website. Website ini selalu berisi info terkini sekitar peralihan algoritme Google. Tidak itu saja, Anda pun akan memperoleh info mengenai factor SEO terkini, tren, praktek SEO, dan feature terkini di penelusuran Google dan core up-date.
  2. Ahrefs. Website Ahrefs mempunyai banyak artikel dan tutorial sekitar SEO dan marketing. Isinya sendiri selalu diperbaharui dan dicatat oleh ahli SEO dan pegiat pemasaran.
  3. MOZ. Selainnya tawarkan tool dan software SEO, Moz mempunyai website dan pusat evaluasi yang sediakan trik dan tips SEO, data pasar terbaru, dan beragam topik untuk mempertajam kemampuan pemasaran.
  4. Search Engine Journal. Basis ini sediakan info, analytics, dan tutorial SEO terkini. Isinya bermacam dimulai dari panduan SEO untuk yang baru memulai sampai taktik dan praktek SEO tingkat menengah. Web ini tawarkan eBook, podcast, dan seminar-online.
  5. Search Engine Roundtable. Web ini kumpulkan beragam thread dari komunitas SEO dan mendatangkan info berkaitan yang semakin lebih mendalam. Akhirnya, pemakai dapat belajar topik SEO terkini dari banyak komunitas berlainan cuma di satu tempat saja.
  6. Backlinko. Website pemasaran ini cukup terkenal di kelompok pegiat SEO. Apa lagi didalamnya Anda dapat temukan training SEO dan taktik link building. Tidak itu saja, content Backlinko juga menolong pemakai yang ingin meningkatkan usaha onlinenya. Topiknya bermacam, dimulai dari panduan dan tehnik SEO, sampai study kasus.

Ringkasan

Usai! Di artikel berikut, Anda telah pelajari apakah itu SEO dan segala hal mengenainya. SEO ialah usaha yang perlu terus digerakkan supaya perform web selalu terlindungi. Ada beberapa factor dan taktik yang penting jadi perhatian, dan tentu saja disamakan algoritme yang kelihatannya terus akan diperbaharui.

Web yang teroptimasi SEO akan gampang diketemukan. Traffic akan terus banyak yang datang.

Berikut kami ingat lagi beberapa jenis SEO:

  1. On-page SEO – fokus pada komponen content di halaman web, seperti image-alt, judul tag, dan meta description.
  2. Off-page SEO – mengikutsertakan usaha yang sudah dilakukan di luar web, misalkan link building, outreach pemasaran, dan guest post.
  3. Technical SEO – mencakup aspek tehnis untuk memaksimalkan kecepatan loading, cocok tidaknya web dengan piranti, keamanan, dan usability atau keringanan pemakaian.
  4. Local SEO – Taktik SEO untuk tingkatkan visibility web pada hasil penelusuran lokal.

Demikian artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mempelajari SEO lebih baik lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca juga artikel lainnya :