Pengertian Prakerin

Posted on

Pengertian Prakerin – Sejalan dengan era baru yang belakangan ini marak di perbincangkan baik di dalam maupun di luar negeri, Perusahaan merupakan salah satu pelaku ekonomi yang berperan besar dalam penambahan daya saing nasional maupun internasional untuk menghadapi era pasar bebas dunia.

Tujuan diadakannya prakerin yakni menjadikan SiswaI bisa lebih bertanggung jawab dalam mengemban tugas dan dapat bekerja cocok dengan bidangnya.

Kegiatan prakerin memiliki tujuan lain yakni sebagai study banding antara ilmu yang didapatkan dari sekolah dengan fakta yang terdapat di lingkungan kerja dan semua siswa menemukan pengetahuan dan empiris serta wawasan yang lebih luas mengenai dunia kerja.

Pengertian Prakerin

Prakerin (Praktek Kerja Industri) merupakan suatu pekerjaan pendidikan yang mesti di ikuti guna siswa/siswi SMK, pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia industri atau lingkungan kerja dalam upaya pendekatan

Ataupun untuk menambah mutu siswa-siswi SMK dengan kompetensi atau kemampuan siswa cocok bidangnya dan menambah bekal masa depan guna memasuki lingkungan kerja yang semakin tidak sedikit dan ketat dalam persaingannya.

Dalam pelaksanaanya di kerjakan dengan formalitas tertentu, untuk siswa yang bertujuan guna magang di sebuah lokasi kerja baik di dunia usaha ataupun dunia industri paling tidak telah mempunyai keterampilan dasar cocok dengan bidang yang di gelutinya atau telah mendapatkan bekal dari pemandu di sekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang bakal di lakukan dalam dunia usaha atau dunia industri.

Alasan utama kenapa para siswa-siswi SMK mesti memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar cocok bidangnya supaya dalam pengamalan praktek kerja industri tidak mengalami tantangan dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang bisa jadi besar dalam proses praktek kerja industri menemukan ilmu-ilmu baru yang tidak di ajarkan oleh kejuruan bersangkutan.

Dalam pengamalan prakerin ini diinginkan setiap siswa/siswi dapat mengikuti serta memahami pekerjaan kerja yang di kerjakan di dunia usaha atau juga di dunia industri supaya siswa atau murid tersebut bisa menjangkau serta menemukan sesuatu yang baik dan berguna untuk dirinya serta supaya siswa dan siswi tersebut dapat menunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang sudah di kerjakan nya sekitar berada didunia usaha atau dunia industri.

Landasan Hukum Prakerin

KEPMEN Pendidikan Dan Kebudayaan No.323/u/1997, Tentang UU No.20 tahun 2003 Tentang sistem edukasi Nasional : pendidikan ialah usaha dasar terencana guna mewujudkan keadaan belajar dan proses pembelajaran supaya peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri nya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan kemampuan yang dibutuhkan diri nya, masyarakat Bangsa Dan Negara, dan penyelengaaraan Prakerin SMK.

Baca juga: Pengertian Ras

Manfaat Prakerin

Setelah mendalami tentang definisi prakerin, berikutnya penting untuk memahami apa manfaat yang dapat didapatkan dari pengamalan prakerin tersebut.

Walaupun murid mengeluh sebab penerapan prakerin tersebut, tetapi ada guna yang dapat dirasakan semua siswa jika maksimal mengemban prakerin atau Praktik Kerja Industri ini.

1. Menambah Keterampilan

Manfaat prakerin yang kesatu yaitu dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.

Pengetahuan dan kemampuan ini tentunya paling bermafaat guna siswa saat sudah terjun ke dunia industri. Pasalnya murid tentunya telah menguasai gagasan-gagasan seputar dunia industri melewati prakerin.

2. Membentuk Pola Pikir

Manfaat prakerin berikutnya yaitu dapat menyusun pola pikir, siswa/ siswi supaya terkonstruktif baik serta menyerahkan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja. Pengalaman sangat diperlukan ketika mengawali terjun ke dunia industri. Pengalaman tersebut dapat didapatkan dari mengekor prakerin.

3. Mengenalkan Siswa Pada Pekerjaan Lapangan

Manfaat prakerin selanjutnya yakni memperkenalkan siswa-siswi pada kegiatan lapangan di dunia industri dan usaha sampai-sampai pada saatnya mereka terjun ke lapangan kegiatan yang bahwasannya dapat beradaptasi dengan cepat.

4. Menjalin Kerja Sama

Manfaat prakerin tak hanya dialami oleh semua siswa namun pun sekolah. Manfaat prakerin yakni membuat kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan bersangkutan, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri.

5. Mengasah Keterampilan

Manfaat prakerin berikutnya yaitu dapat menolong mengasah kemampuan siswa yang diserahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Keterampilan murid dapat semakin terasah dengan mengekor dan menjalani prakerin atau Praktik Kerja Lapangan tersebut.

6. Menghasilkan Sumber Daya Manusia

Manfaat prakerin berikutnya yaitu dapat menghasilkan sumber daya insan yang memiliki kemahiran profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang cocok dengan tuntutan zaman.

7. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat prakerin berikutnya yaitu dapat mempersiapkan sumber daya insan yang berbobot | berbobot | berkualitas yang cocok dengan keperluan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini.

Seiring dengan pertumbuhan zaman tentunya diperlukan sumber daya insan yang dapat mengikuti pertumbuhan zaman. Oleh sebab tersebut para siswa ditajamkan dan dibimbing supaya bisa berkembang sesuai keperluan di era teknologi.

8. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga

Manfaat prakerin berikutnya yaitu dapat menambah efisiensi masa-masa dan tenaga dalam mendidik dan mengajar tenaga kerja yang berkualitas.

9. Memberikan Keuntungan Pihak Sekolah

Manfaat selanjutnya yakni menyerahkan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa-siswi tersebut sendiri, sebab keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat didunia usaha/industri.

10. Sebagai Bentuk Penghargaan

Manfaat prakerin berikutnya ini ialah sebagai format pengakuan dan penghargaan bahwa empiris kerja sebagai unsur dari proses pendidikan. Di samping materi, empiris kerja sangat diperlukan sebelum terjun ke lapangan.

Baca juga: Pengertian Reformasi

Tujuan Di Adakannya Prakerin

Tujuan prakerin atau PKL yang sangat utama merupakan meningkatkan kompetensi murid dalam melatih keterampilan dalam dunia kerja.

Di samping itu, destinasi lainnya merupakan wadah untuk menambah kualitas murid SMK menurut keterangan dari jurusan masing-masing. Kegiatan ini di tujukkan guna memantapkan pekerjaan di lingkungan kerja sebelum memasuki lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Berikut ini tujuan diselenggarakan prakerin :

  • Mengimplementasikan pelajaran yang sekitar ini diperoleh di sekolah.
  • Membentuk Pola pikir yang membina siswa dan siswi prakerin.
  • Melatih murid untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara profesional di dalam lingkungan kerja yang sebenarnya.
  • Membentuk motivasi kerja yang baik untuk siswa/siswi praktek kerja industri.
  • Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dipunyai oleh murid dan siswi prakerin cocok bidangnya masing masing.
  • Menambah jenis kemampuan yang di miliki oleh siswa supaya dapat dikembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri ataupun dunia usaha.

Baca juga: Pengertian Teks Ulasan

Kewajiban Siswa Ditempat Prakerin

Berikut adalah kewajiban apa saja yang harus dilakukan oleh siswa/ siswi di tempat prakerin.

  • Melaksanakan tugas pokok yang sudah disepakati
  • Mematuhi masing-masing Instruksi ditempat kerja
  • Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan (Almamater), Dunia Usaha dan Dunia Industri
  • Melakukan Observasi dan Penelitian yang memiliki tujuan Positif
  • Bertanya untuk pihak yang berkompten bilamana kurang paham dan dimengerti.

Demikianlah penjelasan tentang Prakerin dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.