Pengertian Power Point

Posted on

Pengertian Power Point – Beberapa program dengan fungsi yang sudah disebutkan ialah Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint. Mereka adalah produk keluaran Microsoft Corporation yang menjadi satu paket. Tapi, yang berkeinginan penulis kupas kali ini ialah Microsoft PowerPoint. Pasti salah satu pembaca telah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut.

Pasalnya, Microsoft PowerPoint merupakan software yang sangat penting serta kerap digunakan untuk mengerjakan presentasi, baik oleh siswa, mahasiswa maupun perusahaan. Dengan program ini, pemakai bisa menampilkan berbagai tulisan, gambar hingga video.

Meski ada software sejenis di luar sana, tetapi Microsoft PowerPoint belum kehilangan popularitasnya. Hal tersebut dikarenakan dari sisi pemakaian, Microsoft PowerPoint lebih gampang alias user friendly. Microsoft PowerPoint pun memiliki sekian banyak kelebihan yang menyokong penyampaian presentasi. Apa saja? Simak artikel tentang Microsoft PowerPoint beserta fungsi dan kelebihan PowerPoint dibawah ini. . enjoy.

Pengertian Power Point

Microsoft PowerPoint merupakan software yang digunakan untuk merancang bahan presentasi dalam format slide. Berdasarkan keterangan dari Susilana, PowerPoint adalah program software presentasi dalam komputer. Dengan pertolongan software tersebut, seseorang dapat membuat format presentasi profesional dengan gampang dimana presentasi itu dapat dipakai sebagai bahan pembelajaran.

Dennis Austin dan Bob Gaskins ialah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint dipakai sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan lantas namanya diolah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi software Microsoft Office yang paling tidak sedikit digunakan di samping Microsoft Word dan Excel.

Sejarah Microsoft Power Point

Bob Gaskins dan Dennis Austin ialah orang yang kesatu kali mengembangkan software PowerPoint. Waktu itu, software dipakai sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang lantas namanya diolah menjadi Powerpoint.

Powerpoint versi pertama diluncurkan pada tahun 1987. waktu tersebut namanya PowerPoint 1.0 dan sistem operasi yang didukungnya ketika itu ialah Macintosh. saat tersebut PowerPoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan dapat membuat halaman teks dan grafik guna transparasi OHP (OverHead Projector).

Setahun lantas barulah PowerPoint hadir dengan memakai sokongan warna visual seiring timbulnya Macintosh berwarna ke pasaran.

Kemudian pada tahun 1990 Microsoft Windows versi ke dua dari PowerPoint (versi 2.0) hadir ke pasaran, seiring berkembangnya Microsoft Windows 3.0. PowerPoint sudah menjadi unsur standar yang tidak terpisahkan dalam paket software kantoran Microsoft Office System Sejak tahun 1990.

Hingga tahun 2000-an Microsoft meluncurkan sekian banyak macam versi Microsoft Office dan sampai sekarang masih tetap dipakai sebagai tumpuan aplikasi perkantoran modern.

Berbagai macam versi dari Microsoft Office yang masih tidak sedikit digunakan ketika ini antara beda Office 2000, Office XP (2002), Office 2003, Office 2007, Office 2010 dan yang terakhir hingga sekarang ialah Microsoft Office 2013 dan 2016.

Banyak software lain yang menyokong struktur data dari Microsoft PowerPoint, misalnya OpenOffice.org. OpenOffice.org dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga dipakai sebagai pilihan untuk PowerPoint.

PowerPoint mempunyai fitur guna memasukkan konten dari software lainnya yang menyokong Object Linking and Embedding (OLE), sejumlah presentasi paling bergantung pada platform Windows, jadi PowerPoint itu tidak bisa membukanya secara berhasil dalam Macintosh.

Hal ini menyebabkan pemakai ingin menggunakan bentuk dengan struktur data yang terbuka, laksana Portable Document Format (PDF) dan OpenDocument dari OASIS yang dipakai OpenOffice.org dan pastinya meninggalkan PowerPoint.

Pada bulan Januari 2013 Versi teranyar Microsoft Office PowerPoint 2013 (PowerPoint 15) ini diluncurkan. Microsoft menyerahkan kesan lompatan yang lumayan jauh dari sisi interface pemakai dan keterampilan grafik yang ditingkatkan.

Baca juga: Pengertian Kompensasi

Bagian-bagian Microsoft Power Point

Sebagaimana suatu program, Power Point pun mempunyai bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan darinya. Berikut ini bagian-bagian Microsoft Power Point dan penjelasannya secara lengkap:

  • Quick Acces Toolbar: Quick Acces Toolbar yakni ikon-ikon yang dipakai dalam mengakses perintah pemakai secara cepat. Defaultnya, ikon-ikon ini terdapat tiga ikon yakni – Save, Undo, Repeat.
  • Ribbon: Ribbon yakni menu yang terletak dari perintah-perintah menu utama program.
  • Title Bar: Title Bar yakni nama file dokumen yang sedang dibuka.
  • Slide Navigation Pane: yakni menu untuk menyaksikan dan bekerja pada slide presentasi. Slide yang dipilih bakal tampil di Slide Pane.
  • Ruler: Berada di unsur atas dan di unsur kiri yang bermanfaat untuk mempermudah dalam menyesuikan dokumen secara presisi.
  • Slides Pane: Slides Pane yakni menu yang dipakai untuk memperlihatkan thumbnail slide di dokumen.
  • Page Number in Slide: untuk memperlihatkan slide yang sedang diakses dari borongan slide.
  • Nos te: Klik untuk menambahkan daftar (notes), yang akan menolong dalam mempersiapkan atau mengucapkan presentasi.
  • Comments: Menambahkan komentar pada slide yang diakses
  • Tombol View: Tombol View yakni menu yang dipakai sebagai pengatur tampilan slide.
  • Slide Sorter : untuk memperlihatkan versi kecil dari seluruh slide pada presentasi
  • Reading View: untuk memperlihatkan mode baca, yang bakal menyembunyikan perintah edit guna memudahkan saat diperiksa.
  • Reading View : guna menunjukan mode baca, yang bakal menyembunyikan perintah edit guna memudahkan saat diperiksa.
  • Tombol Office: Tombol Office yakni tombol-tombol yang dipakai dalam mengakses perintah dasar yang bersangkutan dengan dokumen. Misalnya membuat, membuka, menyimpan, mencetak, dan beda sebagainya.
  • Tab Menu: Tab Menu yakni mengandung menu-menu yang mengindikasikan perintah-perintah untuk mengubah sebuah dokumen.
  • Status Bar: Status Bar yakni menu yang dipakai untuk mengindikasikan status dokumen. Misalnya tema atau jumlah slide yang digunakan dalam slide.
  • Slide Area: Slide Area yakni menu yang dipakai sebagai penampil slide dari dokumen.
  • Notes Pane: Notes Pane yakni menu yang dipakai sebagai penampil daftar dalam slide.
  • Zoom Controls: Zoom Controls yakni menu yang dipakai untuk menata ukuran slide – zoom in memperbesar dan zoom out memperkecil.

Format Data Microsoft PowerPoint

Untuk menyimpan suatu data PowerPoint, powerpoint menyediakan berbagai format data diantaranya yaitu:

  • *.PPT (PowerPoint Presentaion) Merupakan ekstensi untuk data biner dan terdapat dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  • *.PPS (PowerPoint Show) yaitu ekstensi untuk data biner dan terdapat dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  • *.POT (PowerPoint Template) yakni ekstensi untuk data biner dan terdapat dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation) ialah ekstensi untuk data dalam format XML dan melulu tersedia dalam versi PowerPoint 12.

Baca juga: Pengertian Pameran

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint

Seperti halnya program software yang lain, PowerPoint juga memiliki keunggulan dan kekurangan, di antaranya:

1. Kelebihan Microsoft PowerPoint

A. Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint mempermudah seseorang yang sering mengerjakan presentasi di depan umum, terutama menggunakan alat tolong seperti screen projector. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat menyiapkan slide presentasi yang berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

B. Dilengkapi Beragam Tools

Dalam software PowerPoint terdapat sekian banyak tools, laksana text art, image import, animation import, video import dan lain-lain yang akan menciptakan slide tampak menarik. Tak melulu itu, eksistensi fitur-fitur tersebut pun berguna untuk yang hendak menyisipkan suara guna menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangunkan emosi tertentu ketika dipresentasikan.

C. Template Bervariasi

Template adalah salah satu fitur yang ada pada PowerPoint. Template dipakai sebagai latar belakang guna mempercantik tampilan presentasi. Tidak melulu satu, background yang disediakannya bervariasi. Sehingga, pemakai bebas mengkreasikan slide dan tidak terfokus pada satu format tampilan.

D. Dapat Diexport ke PDF

Ketika berkeinginan mempresentasikan sesuatu, pasti Anda menyerahkan selebaran atau pegangan pada semua audience agar mereka mengetahui poin-poin yang sedang dibahas. Tapi, kadang sejumlah dari mereka tidak memakai platform Microsoft, sampai-sampai file yang sudah didistribusikan tidak dapat dibuka.

Nah, dengan adanya fitur ini, masing-masing audience dapat menyaksikan dokumen yang dibagikan. Di samping itu, fitur export file ke PDF sangat bermanfaat bila Anda bakal mem-print slide. Apalagi, bentuk PDF sudah disupport oleh sekian banyak platform, sampai-sampai Anda dapat mencetaknya melewati platform dan mesin apa saja.

E. Memiliki Fitur Kolaborasi

Ketika dikejar-kejar deadline, tentu Anda amat memerlukan pertolongan guna menyelesaikannya, bukan? Tidak butuh khawatir sebab software PowerPoint memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang dapat mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

F. Terdapat Fitur Cloud Service

Saat ini, Microsoft sedang gencar-gencarnya berupaya untuk mengenalkan produk mereka, yaitu One Cloud Service. Tak inginkan kalah dari kompetitornya, laksana Dropbox dan Google. Microsoft juga sengaja mencantumkan embedded service dari program itu ke Microsoft PowerPoint dengan meluangkan opsi save to one cloud dan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum pemakai menaruhnya ke local storage.

G. Fitur Authoring Sangat Advanced

Microsoft PowerPoint menawarkan sekian banyak solusi guna memproteksi dokumen dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan fitur authorisasi. Pengguna dapat menandai, memberi kata sandi hingga mengenkripsi file yang telah diciptakan menggunakan software tersebut.

2. Kekurangan Microsoft PowerPoint

A. Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft

Software pengolah data presentasi itu melulu dapat dioperasikan pada platform Windows. Microsoft pun belum menerbitkan software itu untuk OS lain, laksana Mac dan Linux. Sehingga, kegiatan yang sudah Anda rampungkan dengan PowerPoint tidak dapat diakses menggunakan platform di samping Windows.

B. Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi

Kekurangan yang satu ini sering dijumpai pada software-software nan dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya, file yang diciptakan pada versi lama, contohnya tahun 2007 tidak dapat digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya.

C. Harga Terlalu Mahal

Aplikasi ini terbilang mahal, terutama untuk pelajar, mahasiswa dan empunya usaha kecil. Sebab, Microsoft memang mengeluarkannya guna konsumen yang berasal dari kalangan pengusaha serta perusahaan besar. Tapi, dengan support dan pembaharuan aplikasi yang terus dilakukan, menciptakan produk mereka tetap digunakan oleh mayoritas masyarakat.

D. Tergolong Program yang Berat

Untuk dapat mengoperasikan PowerPoint, komputer mesti memiliki spesifikasi yang baik. PC jadul dengan spesifikasi perlengkapan keras yang rendah akan kendala dalam menjalankannya, bahkan mungkin merasakan hang atau crash.

Baca juga: Pengertian Variabel Penelitian

Fungsi Microsoft Powerpoint

Kegunaan atau fungsi dari microsoft powerpoint ialah sebagai berikut :

  • Sarana untuk mempermudah suatu presentasi.
  • Membuat suatu presentasi berbentuk softcopy sampai-sampai dapat diakses oleh sekian banyak perangkat komputer.
  • Membuat presentasi dalam format slide yang unik dan cantik dengan sokongan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template atau desain yang bakal dipergunakan.
  • Mempermudah dalam membuat, menata dan mencetak sekian banyak slide.

Manfaat Microsoft Power Point

Berikut adalah manfaat dari microsoft power point.

  • Dapat mempercepat pekerjaan bisa di selesaikan lebih cepat. Karena yang bakal di ketik ialah point pint urgen untuk presentasi tidak bertele-tele asalkan paham dengan pelajaran yang bakal kalian sampaikan.
  • Efisiensi waktu, andai presentasi sebelum memakai Microsoft Office Power Point mesti mempersiapkan berkas, dokument yang di perlukan dengan lengkap, dan lain-lain sebab membutuhkan masa-masa lama, maka dengan Microsoft Office Power Point bakal lebih cepat sebab penulisan materi bakal disingkat.
  • Mengasah keterampilan dalam memilih kata yang tepat supaya mudah di memahami oleh audience. Karena pada slide di ketik, slide bisa di isi dengan point-point atau keyword dari pembahasan, yang lantas pada ketika presentasi satu persatu point-point tersebut di sampaikan detailnya oleh orang yang presentasi supaya para audience lebih paham lagi dengan maksud dari point yang terdapat pada slide.
  • Presentasi menjadi tidak Monoton, dengan adanya varian transisi,template, dan tampilan yang tidak biasa dan presentasi yang lain dari biasanya. Para Audience bakal tertarik dan menyimak untuk memahami apa yang bakal di kupas atau selanjutnya bagaimana ulasan nya.
  • Alat mengajar publik speaking. Point-point yang terdapat pada slide tidak lumayan untuk menciptakan audience paham dengan maksud dari presentasi, sampai-sampai orang yang presentasi inginkan tidak mau menyatakan kembali. Orang yang presentasi yang tidak jarang bertatap muka dan main mata dengan audience untuk unik perhatian. Sering berbicara tidak sedikit di depan orang akan mengajar publik speaking tadinya canggung menjadi tidak canggung lagi.

Demikianlah penjelasan tentang Microsoft Power Point dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.