Pengertian Pergaulan Bebas

Posted on

Pengertian Pergaulan Bebas – Di zaman yang semakin berkembang semakin banyak pula tingkah laku serta masalah sosial yang terjadi di masyarakat khususnya masalah remaja. Perkembangan teknologi saat ini sedikit tidak sedikit telah memberi pengaruh buruk yang menyeret remaja dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas atau kenakalan remaja tidak lepas dari hubungannya dengan orang tua. Di samping itu, pengaruh lingkungan pertemanan pun menjadi salah satu hal yang paling menilai. Tentunya anda sudah tidak jarang mendengar keluhan-keluhan mengenai betapa sulitnya mengejar solusi atas masalah tersebut.

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas merupakan salah satu format perilaku membias yang melalui batas kewajiban, tuntutan, aturan, kriteria,dan perasaan malu. Pengertian pergaulan bebas dipungut dari kata Pergaulan yang dengan kata lain proses interaksi antar pribadi atau pribadi dengan kelompok, sedang kata Bebas yang dengan kata lain terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama, dan pancasila.

Pergaulan bebas menurut keterangan dari agama, definisi pergaulan bebas menurut keterangan dari agama ialah proses dengan orang beda terlepas dari ikatan yang menata pergaulan. Pergaulan bebas tertuang dalam surah An-Nur ayat 30-31 bahwa hendaknya kita mengawal pandangan mata dalam bergaul.

Beberapa karena remaja mengerjakan pergaulan bebas yakni sikap mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa terhadap family yang tidak harmonis, kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan norma-norma pancasila.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pergaulan bebas menurut keterangan dari para ahli, antara lain:

1. Gunarsa (2004)

Pergaulan bebas yaitu sebagai pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi. Tidak terlampau menekankan pengelompokan yang kompak antara dua orang saja, namun antara tidak sedikit muda-mudi.

2. Wikipedia

Arti pergaulan bebas merupakan praktik tercebur dalam kegiatan seksual yang sering dilaksanakan dengan pasangan yang bertolak belakang atau tidak pandang bulu dalam memilih pasangan seksual. Istilah ini dapat membawa penilaian moral andai ideal sosial untuk kegiatan seksual ialah hubungan monogami.

3. Your Dictionary

Definisi pergaulan bebas yakni kurangnya arti diskriminasi dalam urusan seksualitas atau hubungan seks bebas sehingga situasi ini dirasakan sebagai salah satu format ancaman bila dilaksanakan secara berlebihan.

Baca juga: Pengertian Kepribadian

Ciri-ciri Pergaulan Bebas

Beberapa ciri khas tindakan yang umumnya dilaksanakan remaja dalam pergaulan bebas remaja, diantaranya:

  • Seks pranikah
  • Menggunakan narkoba (obat-obatan terlarang)
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Menonton pornografi
  • Tawuran antar kelompok sosial
  • Memakai pakaian terbuka
  • Menghalalkan segala teknik demi sebuah hal yang diharapkan.

Faktor Pergaulan Bebas

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang terjerumus dalam pergaulan bebas, antara lain:

1. Kurangnya Pendidkan Agama

Iman yang powerful dalam diri seseorang dapat dipengaruhi oleh kuatnya edukasi agamanya. Pendidikan agama itu dapat diperoleh dari kedua orang tua, sekolah, atau tempat-tempat beda yang mengajarkan pentingnya agama sehingganya urusan itu dapat menjadi benteng diri dari prilaku yang tidak baik.

Akan tetapi, andai yang terjadi kebalikannya atau dengan kata lain edukasi agama seseorang rendah, maka dia akan gampang terpengaruh oleh hal-hal negatif tergolong pergaulan bebas.

2. Taraf Edukasi yang Rendah

Di samping pada misal norma agama, edukasi juga dapat menjadi di antara benteng guna menjauhkan anda dari hal-hal yang tidak baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa, tingkat edukasi yang rendah dapat membuat seseorang mengalami kendala membedakan urusan baik dan buruk untuk dirinya sendiri, maupun untuk orang-orang yang terdapat disekitarnya.

Keterbatasan pengetahuan bisa menajadikan seseorang gampang terjerumus dan terpengaruh oleh orang-orang yang mengajaknya untuk melakukan hal-hal yang negatif, tergolong pergaulan bebas.

3. Keluarga yang Tidak Harmonis (broken home)

Keluarga yang tidak harmonis (disorganisasi keluarga) bisa menjadi penyebab seseorang terjerumus dalam pergaulan bebas, sebab kondisi family yang demikian menciptakan seorang anak akan menggali kebahagian di luar rumah, sampai-sampai dia merasa bakal lebih bahagia dengan kehidupan yang “liar”nya.

4. Keadaan Ekonomi Keluarga

Keadaan ekonomi yang rendah dapat mengakibatkan seseorang putus sekolah. Ketika dia tidak sekolah, maka dia akan kelemahan ilmu atau pembelajaran, sehingga situasi ini paling sulit memisahkan hal yang baik dan yang buruk untuk dirinya.

5. Lingkungan yang Tidak Cukup Baik

Kita pastinya tahu bahwa lingungan sangat dominan terhadap pembentukan jati diri seseorang. Seseorang yang bermukim di lingkungan yang baik, maka bisa jadi kepribadiannya pun bakal menjadi baik, demikian pula sebaliknya.

Misalnya seseorang yang bermukim di lingkungan orang-orang yang suka mabuk-mabukkan, maka dia dapat saja terpengaruh mengerjakan hal yang sama.

6. Penyalahgunaan Internet

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, dengan adanya Smartphone dan jaringan internet, mempermudah seseorang untuk menggali segala sesuatu secara online, tergolong hal yang tidak baik, yang dapat membuat seseorang itu menirunya.

Baca juga: Pengertian HIV

Dampak Pergaulan Bebas

Dampak yang dimunculkan karena pergaulan bebas, diantaranya yaitu:

1. Ketergantungan pada Obat-obat Terlarang

Konsumsi obat-obat terlarang dapat menyebabkan seseorang ketagihan, meskipun pada tadinya hanya coba-coba, namun lama-lama menjadi ketagihan atau ketergantungan. Hal tersebut sangat riskan karena dapat mengakibatkan kematian.

2. Terjadinya Seks Bebas

Seks bebas berujung pada kehamilan di luar nikah. Bahkan yang lebih parah lagi, seks bebas mengakibatkan seseorang dapat terkena penyakit HIV/AIDS.

Dampak ini terjadi sebab seks bebas dirasakan melewati batas kewajiban, aturan, tuntutan, kriteria, dan perasaan malu. Atau dengan kata beda seks bebas menjadi salah satu format perilaku membias yang melanggar norma agama maupun norma kesusilaan.

3. Meningkatnya Kriminalitas

Seseorang yang sudah terjerumus dalam pergaulan bebeas akan berjuang untuk menemukan segala urusan yang sangat diharapkan terlepas bagaimana caranya, misalnya saat sedang sakaw, tapi sebab tidak menemukan barang disebabkan materi yang tidak cukup. Hal ini dapat memicu terjadinya pelbagai contoh kriminalitas laksana pencurian, perampokan, dan lain-lain.

4. Tingkat Kesehatan Menurun

Sebelumnya telah dilafalkan bahwa, seks bebas dapat merangsang seseorang terserang penyakit berupa HIV/AIDS sebab mengerjakan hubungan seksl dengan pasangan yang berganti-ganti. Ketika penyakit telah menyerang, pastinya kesehatan seseorang bakal semakin memburuk dari hari ke hari.

5. Menurunnya Prestasi

Ketika seseorang sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas, maka dia akan ingin malas guna belajar dan meraih prestasi. Kondisi ini tentusaja dapat menjadi akibat kegagalan dalam jenjang edukasi formal seseorang dalam meraih impiannya.

6. Berdosa

Segala urusan yang melanggar makna norma agama nisacaya akan berdampak atau memunculkan dosa untuk pelakunya. Dosa berikut menjadi salah satu dampak melakukan pergaulan bebas yang berlebihan. Meski, dosa tergolong dalam kaidah agama tetapi dampak ini urgen untuk diperhatikan.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Untuk menanggulangi pergaulan bebas, terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Memperbaiki Teknik Pandang

Kita mesti tidak jarang kali berpikiran positif dan optimis. Kita jangan memikirkan hal-hal yang justru dapat membawa ke arah jalan yang salah.

2. Memiliki Pekerjaan yang Positif

Memperbanyak pekerjaan yang positif bisa menghindarkan anda dari pergaulan bebas, karena waktu anda lebih tidak sedikit kita pakai untuk mengerjakan hal positif tersebut.

3. Menjadi Individu yang Taat

Kita mesti menjadi peribadi yang taat, maksudnya yakni taat pada perintah-Nya, dan menjauhi larangannya supaya tidak sekali-kali mengupayakan hal yang berlawanan sesuai dengan syariat agama.

4. Perbanyak Membaca

Semakin tidak sedikit kita membaca, maka secara langsung akan meningkatkan ilmu dan wawasan kita. Hal tersebut menjadikan anda mempunyai pemahaman yang lebih supaya tidak gampang terjerumus ke dalam urusan yang negatif.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Menjalin komunikasi yang baik ialah suatu tahapan yang baik untuk kita supaya terhindar dari pergaulan yang merugikan. Alasannya sebab pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi bisa menjadikan investasi dalam membina jaringan sosial yang dimilikinya.

Baca juga: Pengertian Generasi Milenial

Contoh Pergaulan Bebas

Beberapa contoh pergaulan bebas yang marak di kalangan remaja, misalnya:

1. Seks Bebas

Seks bebas yaitu salah satu misal pergaulan bebas yang marak di kalangan remaja. Salah satu penyebabnya ialah media. Apabila mereka semakin tidak sedikit disuguhi dengan pemerasan seks di media, maka tidak menutup bisa jadi mereka semakin berani mengupayakan seks di umur muda.

Secara umum, kumpulan remaja yang memiliki desakan seksual lebih besar sebab pengaruh media ingin melakukan seks pada umur 15 hingga dengan 17 tahun 2 kali lebih tinggi dibandingkan makna remaja beda yang lebih tidak banyak melihat pemerasan seks dari media.

2. Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya, yang terdiri atas sejumlah macam, yaitu:

  • Opiat (heroin, morfin, ganja)
  • Amfetamin (shabu, ekstasi, inex)
  • Kokain
  • Benzodiazepin (pil nipam, BK, mogadon).

Tujuan seseorang memakai narkoba seringkali untuk membuatnya merasa lebih percaya diri. Akan tetapi, urusan tersebut justru bisa menyebaban seseorang ketagihan, saat tidak mengonsumsinya, maka perasannya menjadi tak tenang atau gelisah.

Apabila konsumsinya obat-obat itu tidak dihentikan maka bisa merusak kesehatan, yang berujung kematian. Bahkan, yang lebih parah lagi, pemakaian obat-obatan juga dapat menyebabkan seseorang terjangkit virus HIV/AIDS bilamana dia memakai jarum suntik secara bergantian.

3. Minuman Keras (Alkohol)

Alkohol (etanol atau etil alkohol) merupakan bahan yang ditemukan, contohnya dalam bird an anggur yang mengakibatkan mabuk. Sebenarnya, alkohol digolongkan sebagai ‘obat penenang hipnosis’, yang berarti obat ini mengurangi sistem saraf pusat dengan takaran tinggi.

Pada takaran rendah, alkohol dapat beraksi sebagai stimulan, mendorong perasaan euforia dan tidak sedikit bicara, namun minum terlalu tidak sedikit alkohol pada satu sesi dapat mengakibatkan kantuk, depresi pernapasan (di mana pernapasan menjadi lambat, dangkal atau berhenti seluruhnya), koma atau bahkan kematian.

4. Kehidupan Malam

Pergaulan bebas dalam kehidupan malam identik dengan menafsirkan gaya hidup dengan seks bebas, alkohol dan obat terlarang. Itu mustahil dipungkiri ketika mewabahnya ekstasi dan shabu-shabu. Obat terlarang jenis ini tidak sedikit ditemui di klub-klub malam, demikian pula alkohol yang bisa dengan gampang dijumpai di klub-klub malam.

Demikianlah penjelasan tentang Pergaulan Babas dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.