Pengertian Otak Kiri, Fungsi, Cara Kerja dan Strukturnya

Posted on

Pengertian Otak Kiri, Fungsi, Cara Kerja dan Strukturnya – Otak kiri adalah bagian dari otak besar atau cerebrum yang terletak pada bagian sebelah kiri otak. Otak kiri adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh karena mengendalikan sistem saraf dan struktur sel-sel saraf di pusat.

Pada otak kiri memiliki peran dan tugas unutk meregulasi sebagai tindakan yang dilakukan oleh tubuh dan juga mengatur berbagai fungsi beberapa organ tubuh.

Setiap manusia memiliki otak yang berfungsi sebagai pusat aktifitas di seluruh tubuh. Otak manusia itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, belahan kiri dan kanan yang masing-masing memainkan peran dalam berbagai jenis pemikiran.

Fungsi Otak Kiri

Dalam otak kiri juga memilki beberapa fungsi dalam kegiatan dan aktifitas manusia, sehingga orang tanpa otak kiri mungkin tidak dapat hidup dan berkembang dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa fungsi otak kiri:

1. Sebagai Pengontrolan

Otak kiri mengendalikan semua aktivitas dan perintah organ-organ tubuh. Jika ada gangguan atau kerusakan di otak kiri, ini tentu memiliki dampak yang besar yang menyebabkan sinyal kematian dan bahkan melumpuhkan sisi kiri tubuh.

2. Keterampilan Angka

Otak kiri juga bekerja di berbagai bahan dan bidang pembelajaran, terutama dalam konteks perhitungan. Ini dapat dengan hati-hati dihitung dan dianalisis di bagian belahan bumi kiri ini, seperti halnya dalam bidang fisika, kimia, matematika, sains dan sebagainya. Bagi orang yang mengendalikan bidang-bidang ini, hal ini berarti bahwa perkembangan otak kiri menjadi lebih dominan atau berpengaruh daripada otak kanan.

3. Sebagai Pengambil Tindakan

Otak kiri mengatur dan memutuskan apakah disiplin itu benar. Dan Memikirkan secara teknis dan teratur dengan menyesuaikan rasio yang ada. Dengan otak kiri Anda dapat memengaruhi alam bawah sadar manusia dan melakukan segalanya dengan berpikir secara logis dan relatif sistematis.

4. Pusat Inteligent Quotient (IQ)

Otak kiri juga bertindak sebagai pusat IQ. Hal ini adalah pusat intelijen yang mencakup kemampuan pikiran untuk berpikir, menyelesaikan masalah, berpikir secara abstrak, merencanakan dan memahami bahasa. Semua ini terkait erat dengan kemampuan kognitif masing-masing individu.

5. Obyektifitas

Bagi orang yang sering menggunakan aktivitas otak kiri, Anda biasanya memilih alasan atau semuanya dengan mengandalkan rasionalitas dan logika untuk menunjukkan penyebab berbagai masalah. Dengan begitu bagi orang yang menggunakan otak kiri akan berfikir bagaimana cara mengatasinya. Dalam arti orang tersebut detail oriented.

6. Menulis dan Membaca

Fungsi lainnya dari orak kiri yaitu kemapuan dalam membaca dan menulis yang merupakan kegiatan dan kegiatan yang kompilasi membutuhkan refleksi dan konsentrasi. Serta memahami kata-kata berbeda yang nantinya akan dimasukkan dalam memori. Kemudian itu menjadi bahan untuk berpikir lebih lanjut, melanjutkan secara rasional dan logis sesuai dengan pengetahuan dan pandangan sebelumnya.

Sejauh menyangkut membaca dan menulis, ini diperkenalkan di masa kanak-kanak, di mana ia kemudian dikembangkan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Kemampuan ini juga dipengaruhi oleh kinerja otak kiri.

Cara Kerja Otak Kiri

Bila Anda berfikir, bagaimana dan seperti apa cara kerja otak kiri sehingga dapat menghasilkan kecerdasan yang baik dan berbeda untuk setiap orang. Cara kerjanya dari belahan kiri adalah penggunaan memori yang memiliki sifat jangka pendek. Ini dapat mempengaruhi berbagai fungsi seperti berbicara, berbahasa, sains dan berhitung.

Dengan jutaan sel dalam otak kiri dapat memproses berbagai informasi dapat diproses secara linear, rasional, dan logis. Otak kiri juga memproses hal-hal berdasarkan realitas yang secara simbolis menghasilkan gambar abstrak. Untuk dapat melakukan tugas-tugas ini secara teratur dengan fakta dan detail.

Struktur Otak Kiri

Dalam struktur otak kiri mempunyai struktur yang kompleks. Otak kiri memiliki jutaan sel dari sistem sarap yang ada pada manusia, serta beberapa neuron yang bekerja bersama dan melakukan tugas mereka.

Bentuk dari otak kiri separuh dari bagian otak besar yang saling berhubungan di setiap saraf dan jaringan otak kanan. Tentu saja Anda sudah tahu bahwa jaringan sarage dikaitkan dengan bagian-bagian penting dari organ tubuh lainnya. Jika seseorang memiliki otak kiri yang sehat, itu tentu akan memaksimalkan fungsi berpikir dan meningkatkan kesehatan dalam tubuh.

Karena neuro yang satu dengan lainnya saling terhubung dan berkaitan erat, sehingga terlihat seperti rantai yang tidak terputus. Neuron-neuron ini membawa informasi lain tentang kenuron dan membawa bahan kimia yang disebut neuotransmitter dan chip dalam elektronik. Jutaan atau bahkan ratusan neuron terhubung dalam struktur otak kiri yang memiliki tugas mengangkut berbagai jenis informasi ke otak.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Otak Kiri, Fungsi, Cara Kerja dan Strukturnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Pengertian Hedonisme, Ciri-ciri, Penyebab dan Dampaknya

Pengertian Gaya Hidup, Faktor, Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup

Pengertian Masyarakat Madani, Pilar, Ciri dan Unsur-unsurnya