Pengertian Modernisasi, Ciri-ciri, Contoh dan dampaknya

Posted on

Pengertian Modernisasi, Ciri-ciri, Contoh dan dampaknya – Modernisasi dalam ilmu sosial dapat didefinisikan dengan bentuk perubahan (transformasi) dari terbelakang ke kondisi yang lebih baik dengan harapan bahwa masyarakat yang lebih sejahtera, makmur, dan juga bermartabat.

Modernisasi juga sering diungkapkan sebagai perkembangan ilmu teknologi atau pengetahuan yang berkembang. Penduduk kota dan desa juga semakin mempengaruhi perubahan teknologi.

Modernisasi adalah suatu proses perubahan atau transformasi dari keadaan tradisional ke masyarakat yang lebih maju atau modern.

Tujuan utama dari modernisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup orang pada umumnya. Selain itu, modernisasi bertujuan untuk meningkatkan pemikiran di berbagai bidang kehidupan agar dapat beradaptasi dengan kehidupan yang dinamis.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang modernisasi, berikut ini adalah beberapa pengertian modernisasi menurut para ahli, diantaranya yaitu:

1. Widjojo Nitisastro

Menurut Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah proses transformasi total dan tradisional atau pramodern yang hidup bersama dalam pengertian atau konteks teknologi bahkan organisasi.

2. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah bentuk perubahan sosial yang dilakukan ke arah yang didasarkan pada rencana yang biasa disebut perencanaan sosial.

3. Wilbert E Moore

Menurut Wilbert E. Moore, modernisasi dapat dinyatakan sebagai transformasi total dari kehidupan bersama tradisional menuju pola ekonomi dan strategis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Ciri-Ciri Modernisasi Secara Umum

Setelah mengetahui pengertian modernisasi, selanjutnya kita perlu tahu ciri-ciri dan dampaknya. Untuk mengenali karakteristik modernisasi, kita dapat melihatnya dari segi aspek sosio-demografis dan aspek struktur organisasi sosial.

1. Aspek Sosio Demografi

Perubahan dalam psikologi sosial, ekonomi dan manusia. Perubahan bergerak dalam pola baru melalui sosialisasi dan pola perilaku dalam aspek kehidupan modern, seperti urbanisasi, pendapatan dan penggunaan teknologi.

2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Perubahan elemen sosial dan juga norma sosial itu diwujudkan karena hubungan antar warga di masyarakat. Perubahan-perubahan ini biasanya dikaitkan dengan norma sosial, strata sosial, interaksi sosial, otoritas, lembaga sosial, dan kekuasaan.

Contoh Modernisasi

Di bawah ini adalah contoh dari modernisasi:

1. Bidang Komunikasi

Dengan munculnya modernisasi, maka komunikasi dari tiap-tiap individu pun semakin cepat. Tidak ada intervensi atau hambatan yang lebih membosankan dalam implementasi komunikasi jarak jauh. Teknologi ini juga memudahkan kita untuk dengan cepat mengakses atau mencari informasi dari bagian lain dunia.

Namun, terlepas dari kemajuan dalam komunikasi dan teknologi, jarang setiap individu dikomunikasikan secara langsung. Ini tentu saja memperburuk kualitas interaksi sosial di masyarakat.

2. Bidang Pekerjaan

Pada masa pra-industri, masyarakat itu selalu mengerjakan segala sesuatu dengan cara tradisional, baik dengan kekuatan manusia mereka sendiri atau dengan bantuan pekerja hewan dan makhluk hidup lainnya yang tersedia di Bumi. Tetapi karena modernisasi ini, berbagai jenis mesin diciptakan oleh manusia untuk memudahkan pekerjaan mereka sehingga memungkinkan untuk melakukan berbagai hal secara efisien tanpa menghabiskan banyak waktu.

3. Bidang Pendidikan

Dengan munculnya juga modernisasi, dulunya orang-orang belajar segala sesuatu tentang sains dengan menggunakan buku (membaca, menulis) yang mengkonsumsi banyak kertas dan mudah rusak dan terbuang sia-sia. Karena modernisasi ini, sekarang lebih mudah untuk mengakses buku-buku dalam bentuk elektronik, sehingga dapat dibawa ke mana saja dan sulit rusak.

Dampak Modernisasi

Dibawah ini adalah dampak positif dan negatif dari modernisasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Dampak Positif

  • Perubahan nilai dan sikap, perubahan ini terjadi di masyarakat, dibuktikan dengan adanya pola pikir yang berubah dari tidak rasional ke rasional.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan ini masyarakat lebih mudah bergerak dan merangsang pemikiran.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan semakin membentuk dirinya dalam perjalanan modernisasi.
  • Standar hidup yang lebih baik, menggunakan pengembangan teknologi pengetahuan dapat meningkatkan cara kehidupan bekerja dan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Dampak Negatif

  • Ketidaksetaraan sosial memanifestasikan dirinya dalam fenomena munculnya kelompok-kelompok sosial seperti PKL, penganggur dan sebagainya. Selain itu, modernisasi juga memperkuat kesenjangan antara pendidikan dan non-pendidikan, modernisasi dapat menyebabkan perubahan dalam tatanan sosial di masyarakat.
  • Kesenjangan ekonomi tercermin dalam kesenjangan antara miskin dan kaya, dalam munculnya budaya konsumen, dalam munculnya budaya efek demonstrasi (seperti demonstrasi) dan sebagainya.
  • Polusi Dengan membangun pabrik industri dari berbagai jenis, tidak dapat dihindari bahwa pencemaran lingkungan di lingkungan pabrik disebabkan oleh pengolahan barang-barang industri.
  • Munculnya kejahatan berdasarkan keinginan masing-masing orang untuk mengalahkan orang lain dilakukan dengan berbagai cara, termasuk peradilan pidana.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Modernisasi, Ciri-ciri, Contoh dan dampaknya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pengertian Ghoper, Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Manajemen Kelas, Prinsip, Tujuan dan Karakteristiknya

Pengertian Solvabilitas, Jenis, Manfaat dan Tujuanya