Pengertian Metode Penelitian

Posted on

Pengertian Metode Penelitian – Riset kini semakin berkembang dan dipakai dalam sekian banyak bidang untuk mengejar pertemuan baru. Penemuan baru ini dipakai sebagai format menciptakan pengetahuan baru atau sebagai format memperbaiki penemuan sebelumnya yang mana dalam faktanya mesti terdapat pembaharuan. Dalam penelitian tidak pernah lepas dari namanya metode riset yang digunakan.

Metode riset sendiri sering dipakai oleh banyakn instansi edukasi untuk keperluan dalam mengerjakan riset mereka secara dalam. Pada artikel ini kita akan membicarakan secara detail apa itu metode riset serta bagaimana menciptakan metode riset yang baik dan benar.

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah suatu teknik ilmiah guna mendapatkan data yang valid dengan destinasi dapat ditemukan, dikembangkan, atau dibuktikan, sebuah pengetahuan tertentu sampai-sampai pada gilirannya dapat dipakai untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang tertentu.

Jenis-jenis metode riset dapat dikelompokan menurut keterangan dari bidang, tujuan, metode, tingkat eksplanasi, dan waktu. Berdasarkan keterangan dari bidang, riset dapat dipisahkan menjadi riset akademis, profesional dan institusional. Dari segi tujuan, riset dapat dipisahkan menjadi riset murni dan terapan.

Dari segi cara penelitian, dapat dipisahkan menjadi riset survey, riset expofacto, eksperimen, naturalistik, policy research, evaluation research, action research, sejarah, dan Research and development.

Dari level of expalanation dapat dipisahkan menjadi riset deskriptif, komparatif dan asiosiatif. Dari segi masa-masa dapat dipisahkan menjadi riset cross sectional dan longitudinal. Dibawah bakal diuraikan jenis metode riset menurut keterangan dari tujuan, metode, dan tingkat eksplanasi.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami tentang cara penelitian, maka yang dapat dilakukan ialah mempelajari definisi dari semua ahli, yaitu:

1. Prof. Dr. Sugiyono

Metode penelitian menurut Prof. Dr. Sugiyono ialah suatu teknik atau proses ilmiah dengan tujuan mendapat data dengan manfaat dan destinasi tertentu.

2. Muhiddin Sirat

Metode penelitian menurut Muhiddin Sirat merupakan teknik yang dipakai untuk menilai sejumlah topik serta penentuan judul dalam sebuah penelitian.

3. Prof M.E. Winarno

Metodologi penelitian menurut Muhiddin Sirat merupakan pekerjaan secara ilmiah dilaksanakan menggunakan kiat yang sistematik dan teliti.

4. Hery Rahyubi

Metode penelitian menurut Hery Rahyubi yaitu di antara model yang dapat digunakan guna melakukan pekerjaan belajar melatih untuk tercapainya proses yang baik.

5. Nasir

Metode penelitian menurut Nasir ialah cara yang utama dan umumnya dipakai oleh peniliti dengen tujuan menjangkau pemecahan masalah serta mengejar jawaban atas masalah yang ada.

Baca juga: Jurnal : Pengertian, Fungsi, Bentuk, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya

Jenis-jenis Metode Penelitian

Metode penelitian sendiri ada sejumlah jenis dan lazimnya peneliti memakai metode penelitian tersebut dengan teknik masing-maisng dicocokkan dengan masalah yang di ambil.

Dengan demikian data dari lapangan pun mengikuti cara yang digunakan, sampai-sampai tidak heran andai tidak seluruh orang menguasai tidak sedikit metode penelitian. Umumnya peneliti bakal lebih memehami jenis cara yang memang dia kuasai, namun tidak dapat dipungkiri terdapat yang menguasai segala jenis cara tersebut.

1. Penelitian Historis

Penelitian ini seringkali digunakan dengan mengerjakan penyelidikan, pemahaman, dan keterangan terhadap suatu suasana di masa lalu. Contoh persoalan tentang: pertumbuhan ekonomi Islam di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

2. Penelitian Korelasional

Penelitian ini seringkali identik dengan mencocokkan antara satu variable dengan variabel yang lainnya dalam riset tersebut. Contoh permasalahannya tentang: bagaimanakan hubungan antara relegiusitas dengan sikap terhadap bunga bank.

3. Penelitian Kausal Kontributif

Penelitian ini seringkali digunakan sebagai tuntunan arah antara hubungan variabel bebas dengan variabel terikat, pun seberapa besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat.

Contoh permasalahannya tentang: pengaruh dari pendapatan, pendidikan, pandangan terhadap bunga bank, pemaham produk terhadap minat menyimpan uang di bank, dan beda sebagainya.

4. Penelitian Eksperimental

Penelitian ini biasanya dipakai untuk menguji satu variabel terhadap akibat munculnya variabel yang lain. Contoh permasalahannya tentang: penerapan incentive compatible constraints terhadap masalah agency pada pembiayaan mudharabah.

5. Metode Deskriptif

Metode penelitian ini memiliki tujuan menyatakan peristiwa tertentu yang sedang terjadi di masa kini dan pada masa lampau. Ada dua jenis metode penelitian dalam cara deskriptif ini, yakni Longitudinal atau sepanjang aktu serta Cross Sectional atau dalam masa-masa tertentu. Contoh permasalahannya tentang: bagaimana tingkat kepuasaan nasabah terhadap pelayanan bank syariah.

Baca juga: Moral : Pengertian, Macam, Komponen, Tujuan dan Contohnya

Data yang Digunakan Dalam Metode Penelitian

Berdasarkan keterangan dari jenis data yang dipakai dalam masing-masing metode penelitian seringkali dibedakan menjadi dua garis besar, yaitu:

1. Data kualitatif

Data jenis ini penyajiannya tidak memakai angka, sebagai misal penelitian sehubungan dengan sikap konsumen terhadap pelayanan yang diserahkan oleh perbankan syariah “Berkah” paling negative, layanan yang diserahkan oleh BMT sungguh memuaskan, produk perbankan syariah yang disukai masyarakat DIY ialah tabungan wadiah dan beda sebagainya.

2. Data kuantitatif

Data jenis ini seringkali disajikan dalam format angka, grafik, dan umumnya memakai rumus statisika dalam perhitungannya. Misalkan, rata-rata jumlah pembiayaan yang dijalankan oleh Bank syariah sebesar 20%, penjualan kitab “Pengantar Akutansi” dalam rata-rata bulan ini menjangkau angka 25%, dan beda sebagainya.

Baca juga: Teknologi Informasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Kesimpulan

Metode Penelitian penelitian adalah salah satu unsur yang akan dapat lepas dari tidak sedikit hal disaat ini khususnya di intansi edukasi dimana Metode Penelitian adalah salah satu unsur yang urgen untuk dapat meyakinkan bagaimana proses penilitian berlangsung.

Ada tidak sedikit metode yang dapat kamu kerjakan untuk dapat menjalankan praktek dari Metode Penelitian yang efektif dan tepat guna untuk riset kamu, selain tersebut juga metode pendataan dan pengelolaan data pun menjadi dasar yang sangat di simaklah untuk dapat memaksimalkan hasil dari Metode Penelitian yang anda lakukan.

Penggunaan metode penelitian sangat penting, sampai-sampai dalam setiap penelitian hal inlah yang menjadi kunci keberhasilan penelitian. Begitu juga dengan data yang dikoleksi harus mengisi kriteria data yang sesuai. Dengan demikian, penelitian dapat semakin baik dan berkualitas.

Demikianlah artikel tentang Metode Penelitian ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.