Pengertian Media Massa

Posted on

Pengertian Media Massa – Kita tentu sudah tidak jarang mendengar atau menuliskan “orang media”, “liputan media”, atau “awak media”. Yang dimaksud “media” dalam istilah-istilah tersebut yaitu media massa atau media komunikasi massa. Pada jaman sekarang ini anda sering memakai jasa media massa guna mengetahui sekian banyak macam informasi yang terbaru, namun apakah itu media massa?

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah mempunyai ketergantungan dan keperluan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi sebab pilihan mereka yang terbatas. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai media massa.

Pengertian Media Massa

Media merupakan bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yakni mass yang berarti kumpulan atau kumpulan. Dengan demikian, definisi media massa merupakan
perantara atau alat-alat yang dipakai oleh massa dalam hubungannya satu sama beda (Soehadi, 1978).

Berdasarkan keterangan dari Leksikon Komunikasi, media massa ialah “sarana penyampai pesan yang bersangkutan langsung dengan masyarakat luas contohnya radio, televisi, dan surat kabar”.

Berdasarkan keterangan dari Cangara, media yaitu alat atau sarana yang dipakai untuk mengucapkan pesan dari komunikator untuk khalayak, sedangkan definisi media massa sendiri perangkat yang dipakai dalam paparan pesan dari sumber untuk khalayak dengan memakai alat-alat komunikasi laksana surat kabar, film, radio dan televisi.

Media massa yakni sarana komunikasi massa, yaitu paparan pesan, gagasan, atau informasi untuk orang tidak sedikit (publik) secara serentak melewati saluran atau perantara media cetak, penyiaran, ataupun media online.

Laman Study menafsirkan media massa sebagai teknologi yang ditujukan untuk mencapai khalayak massa. Ini ialah alat komunikasi utama yang dipakai untuk mencapai sebagian besar masyarakat umum. Platform yang sangat umum guna media massa ialah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet.

Media massa mengacu pada teknologi yang dipakai sebagai saluran untuk sekelompok kecil orang guna berkomunikasi dengan lebih tidak sedikit orang.

Karakteristik Media Massa

Media massa merupakan bentuk transportasi komunikasi massa, yang bisa didefinisikan sebagai penyebaran pesan secara luas, cepat, dan terus menerus untuk khalayak yang luas dan pelbagai dalam upaya untuk memprovokasi mereka dengan teknik tertentu.

Saat tersebut media paling banyak, tergolong media sosial (social media). Sebuah media dapat disebut media massa andai memiliki ciri khas tertentu.

Karakteristik media massa menurut keterangan dari Cangara (2006) ialah sebagai berikut:

  • Bersifat melembaga. Pihak yang mengelola media terdiri dari tidak sedikit orang, yaitu mulai dari pengumpulan,pengelolaan hingga pada penyajian informasi.
  • Bersifat satu arah. Komunikasi yang dilaksanakan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik, seringkali memerlukan masa-masa dan tertunda.
  • Meluas dan serempak. Media ini dapat menanggulangi rintangan masa-masa dan jarak sebab ia mempunyai kecepatan.
  • Bergerak secara luas dan simultan. Informasi yang dikatakan media ini diterima oleh tidak sedikit orang dalam masa-masa yang sama.
  • Memakai perlengkapan teknis atau mekanis.
  • Bersifat terbuka. Pesan yang dikatakan melalui media ini bisa diterima oleh siapa saja dan di mana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

Baca juga: Pengertian Konsumen

Berdasarkan keterangan dari Djafar H. Assegaf (1991), media massa mempunyai lima ciri, yaitu:

  • Komunikasi yang terjadi dalam media massa mempunyai sifat searah di mana komunikan tidak dapat menyerahkan tanggapan secara langsung untuk komunikatornya yang biasa dinamakan dengan tanggapan yang tertunda (delay feedback).
  • Media massa menyajikan susunan atau ragam pilihan pelajaran yang luas, bervariasi. Ini menunjukka bahwa pesan yang terdapat dalam media massa berisi susunan dan ragam pilihan pelajaran yang luas untuk khalayak atau semua komunikannya.
  • Media massa dapat mencapai sejumlah besar khalayak. Komunikan dalam media massa berjumlah besar dan menyebar di mana-mana, serta tidak pernah bertemu dan bersangkutan secara personal.
  • Media massa menyajikan pelajaran yang dapat menjangkau tingkat intelek rata-rata. Pesan yang disajikan dengan bahasa yang umum sampai-sampai dapat dicerna oleh semua lapisan intelektual baik komunikan dari kalangan bawah hingga kalangan atas.
  • Media massa diselenggrakan oleh lembaga masyarakat atau organisasi yang terstruktur. Penyelenggara atau pengelola media massa ialah lembaga masyarakat/organisasi yang tertata dan peka terhadap persoalan kemasyarakatan.

Karakteristik utama media ialah melembaga. Artinya, media ini didirikan dan dikelola oleh suatu lembaga, yaitu perusahaan pers sebagaimana diputuskan dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 mengenai Pers.

Disebutkan dalam UU Pers tersebut, perusahaan pers ialah badan hukum Indonesia yang mengadakan usaha pers mencakup perusahaan media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara eksklusif menyelenggarakan, menyiarkan, atau mengalirkan informasi. Dalam UU tersebut, media massa diistilahkan dengan pers.

Pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan pekerjaan jurnalistik mencakup mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan mengucapkan informasi baik dalam format tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam format lainnya dengan memakai media cetak, media elektronik, dan segala jenis drainase yang tersedia.

Jadi, dalam bahasa legal-formal, media massa ialah pers atau “media pers” (press media) sebagai drainase penyebaran informasi hasil pekerjaan jurnalistik. Ini pula yang memisahkan media massa dengan media sosial.

Baca juga: Pengertian Implikasi

Jenis-jenis Media Massa

Media massa diklasifikasikan untuk tiga kategori yaitu: cetak, elektronik, dan online.

1. Media Cetak (Print)

Media cetak merupakan media yang produksinya melewati proses cetak, yakni surat kabar atau koran, tabloid, dan majalah.

2. Media Elektronik

Disebut pun media penyiaran (broadcasting), media elektronik yaitu media yang proses dan aksesnya memerlukan perangkat elektronik, yakni televisi, radio, dan film.

3. Media Online

Media online yakni media yang tersaji dan melulu dapat diakses melewati koneksi internet. Media online dalam konteks media massa ialah situs web berita (news website) atau media berita online yang didirikan dan dikelola perusahaan pers. Media online dalam konteks media massa atau lembaga pers disebut pun media siber (cyber media).

Fungsi Media Massa

Adapun fungsi media massa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai pemberi informasi – pemberi informasi untuk masyarakat umum, secara tepat waktu.
  • Sebagai pemungutan keputusan – berperan dalam menghantarkan informasi untuk memungut keputusan.
  • Sebagai bahan diskusi, memperjelas permsalahan yang dihadapi serta mengucapkan pesan-pesan semua pemuka masyarakat.
  • Sebagai pendidik – sebagai pemberi pendidikan untuk masyarakat melalui sekian banyak macam informasi.

Peran Media Massa di Era Globalisasi

Media massa mempunyai peran urgen di era yang serba modern. Salah satu peran urgen media ialah sebagai penentu identitas sebuah bangsa. Perkembangan yang terjadi dalam dunia media massa ketika ini seperti pertumbuhan teknologi dunia elektronik, pemakaian internet secara luas dan pemakaian telepon seluler, yang secara tidak langsung memfasilitasi proses globalisasi dalam dunia jurnalistik. dengan adanya internet, atau pemakaian telepon genggam yang pun memiliki kemudahan internet, segala sesuatu dari dunia luar begitu gampang masuk ke Indonesia.

Oleh sebab itu, dengan sisi positif dengan adanya globalisasi, media massa bisa berperan dalam mencerdaskan masyarakat. urusan inilah yang menjadi kegiatan terbesar media massa. Selanjutnya, media massa bisa menjadi penggerak kegiatan sosial masyarakat. Sebagai instrumen pemberi warta tentunya suatu koran, misalnya, mempunyai sebuah kekuatan persuasif tersendiri untuk menyuruh masyarakat mengerjakan sesuatu.

Peran propaganda suatu media massa sangatlah kuat. Daya pengaruh ini dapat memobilisasi masyarakat untuk menolong penderitaan korban bencana, misalnya. Atau pun pembentukan posko keprihatinan. Saat ini sejumlah media baik cetak, radio maupun televisi sudah membuka sekian banyak posko maupun pundi amal. Langkah ini hendaknya diperluas dalam sekian banyak segmen aktivitas: sosial, budaya, ekonomi, politik.

Baca juga: Pengertian Persepsi

Media Massa Sebagai Media Sosialisasi

Media massa merupakan format komunikasi dan rekreasi yang mencapai masyarakat secara luas sampai-sampai pesan informasi yang sama bisa diterima secara serentak dan sesaat. Media massa terdiri dari media cetak (surat kabar, brosur, baleho, buku, majalah, tabloid) dan media elektronik (radio, televisi, video, film, piringan hitam, kaset, CD/DVD).

Media massa diidentifikasikan sebagai media sosialisasi yang dominan pula terhadap perilaku masyarakat. Pesan-pesan yang ditayangkan melewati media elektronik dapatmengarahkan masyarakat ke arah perilaku prososial maupun antisosial.

1. Faktor Pemilihan Media Massa Sebagai Media Sosialisasi

  • Media massa, terutama televisi, sudah begitu memasyarakat
  • Media massa dominan terhadap proses sosialisasi
  • Orang-orang lebih mengandalkan informasi yang berasal dari media massa daripada dari orang lain
  • Para orang tua dan pendidik, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama, bisa meminimalisasikan pengaruh negatif mediamassa dan mengoptimalkan akibat positifnya.

2. Buah efek pemanfaatan media massa

  • Efek kehadiran media massa,yaitu mencantol pengaruh keberadaanmedia massa secara fisik
  • Efek kognitif,yaitu tentang terjadinya evolusi pada apa yangdiketahui, difahami, atau dipersepsi siswa
  • Efek afektif,yaitu berkaitan dengan timbulnya evolusi pada apayang dirasakan, disenangi, atau dibenci siswa
  • Efek behavioral,yaitu sehubungan pada perilaku nyata yang dapatdiamati, yang merangkum pola-pola perbuatan kegiatan, atau kelaziman berperilaku.

Demikianlah penjelasan tentang Media Massa dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.