Pengertian Manajemen

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Pada kesempatan ini Ruang Pengetahuan akan membahas tentang Manajemen. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan tentang pengertian manajemen, Unsur-unsur, fungsi, Sifat Kepemimpinan Dalam Manajemen, beserta penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari secara singkat dan jelas. Untuk lebh jelasnya silahkan simak artikel tentang manajemen berikut ini.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Manajemen harus dilakukan untuk mencapai tujuan individu atau kelompok tersebut, bersama dengan sumber daya yang tersedia.

Dari pemahaman ini, ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengelola sesuatu sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat tercapai dengan sempurna. Bahkan, ini telah terjadi berkali-kali dalam kehidupan nyata. Setiap orang pasti telah mempraktikkan pengetahuan manajemen secara tidak langsung setiap hari.

Selain itu, manajemen juga dapat diartikan sesuai dengan etimologinya. Manajemen berarti seni yang mengatur dan mengimplementasikan, berdasarkan pada bahasa Prancis kuno. Manajemen juga dapat diartikan sebagai perencanaan, koordinasi dan pengelolaan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Dengan menerapkan pengetahuan manajemen, diharapkan bahwa sesuatu yang dilakukan dapat dilakukan tepat waktu dan tanpa sesuatu yang menjadi tidak dapat digunakan. Tujuannya tercapai karena terorganisasi dengan baik.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian Manajemen menurut beberapa para ahli:

1. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, pengertian manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur orang lain untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

2. George R. Terry

Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah proses khas yang terdiri dari beberapa tindakan yaitu merencanakan, mengatur, memobilisasi, dan mengendalikan suatu rencana. Semua ini telah dilakukan untuk mencapai tujuan yang harus dicapai melalui penggunaan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan lainnya.

3. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pemantauan / pengendalian sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi dan proses kontrol sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai jadwal, sementara efisien berarti tugas dilakukan dengan benar, terorganisir, dan diselesaikan tepat waktu.

5. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley, pengertian manajemen adalah keterampilan yang satu orang atau organisasi harus menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.

6. Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni perencanaan, pengorganisasian, perakitan, pengelolaan, dan pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

7. Hilman

Menurut Hilman, pengertian manajemen adalah fungsi mencapai tujuan dengan mengkomunikasikan kegiatan orang lain dan memantau upaya semua orang untuk mencapai tujuan yang sama.

8. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahujae, pengertian manajemen adalah mereka yang menawarkan layanan di bidang yang terkait dengan manajemen.

9. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian, pengertian manajemen adalah salah satu area bisnis layanan yang dikelola oleh para ahli yang terampil dan berpengalaman.

10. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A., pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial yang tepat, bukan tanggung jawab untuk kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, baik dari sisi perencanaannya.

11. James A.F.Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan sumber daya yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang sebelumnya ditentukan oleh organisasi.

Unsur-Unsur Manajemen

Unsur manajemen diperlukan untuk membentuk sistem manajemen yang baik. Semua unsur-unsur ini saling melengkapi satu sama lain, dan jika salah satu dari unsur ini hilang, hal ini dapat mempengaruhi hasil keseluruhan pencapaian suatu organisasi.

Berikut ini adalah unsur-unsur dari manajemen:

1. Manusia (Human)

Faktor penentu dalam manajemen adalah manusia. Dalam praktiknya, orang-orang menetapkan tujuan dan melaksanakan proses untuk mencapainya. Dengan kata lain, proses kerja tidak terjadi ketika ada elemen manusia di dalamnya.

2. Uang (Money)

Uang adalah unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dengan jumlah yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan melalui penggunaan rasional.

Penggunaan dana dalam suatu perusahaan melayani biaya operasi seperti gaji karyawan, pembelian dan pemeliharaan peralatan kantor dan peralatan lainnya yang diperlukan oleh perusahaan.

3. Materials (Bahan)

Bahan ini terdiri dari bahan baku (produk setengah jadi) dan bahan jadi. Elemen material merupakan faktor penting dalam dunia bisnis karena hasil yang baik hanya dapat dicapai jika bahan yang baik tersedia.

4. Mesin (Machines)

Manusia membutuhkan mesin untuk melakukan pekerjaan sulit yang lebih mudah dan lebih cepat. Penggunaan mesin meningkatkan hasil dan keuntungan dan membuat proses kerja lebih efektif dan efisien.

5. Metode (Methods)

Proses implementasi kerja hanya dapat dilakukan secara efektif dan efisien jika dilakukan dengan metode yang tepat. Metode kerja harus mempertimbangkan tujuan, fasilitas, waktu, uang, dan aktivitas bisnis.

Selain itu, mereka yang bertanggung jawab harus memahami metode yang benar dan baik. Dengan kata lain, suatu metode hanya dapat bekerja dengan baik jika orang terlibat.

6. Pasar (Market)

Proses pemasaran produk adalah unsur manajemen yang penting bagi perusahaan. Jika tidak ada pemasaran, barang tidak akan dijual. Suatu perusahaan dapat mendominasi pasar jika menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan daya beli konsumen. Oleh karena itu, proses pemasaran sangat erat kaitannya dengan kualitas barang yang dipasarkan.

Fungsi Manajemen

Berikut ini adalah lima (5) fungsi dari manajemen:

1. Perencanaan

Perencanaan ini berorientasi di masa depan dan menentukan arah perusahaan. Ini adalah cara yang rasional dan sistematis untuk membuat keputusan yang mempengaruhi masa depan perusahaan. Dengan perencanaan ini, semua kegiatan yang akan dan akan dilakukan satu hari dapat diatur sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian ini bermanfaat untuk mengoordinasikan berbagai kegiatan dalam perusahaan. Ini sangat penting untuk memudahkan memantau sumber daya sehingga mereka dapat melakukan kegiatan secara efektif dan efisien. Organisasi menjadi lebih mudah untuk menentukan tugas-tugas yang dilakukan di masing-masing pihak.

3. Kepegawaian

Penempatan kepegawaian ini digunakan untuk merekrut dan mempertahankan karyawan sesuai dengan persyaratan perusahaan di tingkat manajemen dan non-manajemen. Dalam hal ini juga sehubungan dengan pelatihan, pengembangan, remunerasi dan evaluasi karyawan serta pemeliharaan tenaga kerja ini sebagai insentif dan motivasi yang tinggi. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa manusia adalah faktor terpenting dalam proses manajemen. Penting untuk merekrut orang yang tepat.

4. Pengarahan

Fungsi pengarahan berkaitan dengan kepemimpinan, komunikasi, motivasi dan pengawasan, sehingga karyawan melakukan kegiatan mereka seefisien mungkin untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Komunikasi yang baik diperlukan untuk pengarahan agar pekerja dapat menyerap informasi dengan baik. Selain itu, memberikan motivasi akan berdampak besar pada kinerja karyawan.

5. Pengontrolan

Fungsi pengontrolan terdiri dari kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa karyawan mematuhi tugasnya. Kegiatannya terdiri dari menetapkan standar yang harus diterapkan pekerja untuk memperbaiki penyimpangan yang dilakukan oleh pekerja yang ada di perusahaan.

Sifat Kepemimpinan Dalam Manajemen

Manajemen bukan hanya unsur penting yang diorganisasikan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Lebih dari itu, manajemen adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Mempertahankan hidup tidak jauh berbeda dengan menjalankan suatu organisasi atau perusahaan.

Keterampilan kepemimpinan harus diatur dengan baik. Beberapa ciri kepemimpinan yang baik dalam menjalankan suatu organisasi atau perusahaan adalah:

  1. Mendorong karyawan untuk memberikan kontribusi yang efektif.
  2. Mendukung karyawan dalam koordinasi dan kolaborasi.
  3. Jangan memaksakan pekerjaan yang memadai untuk para anggotanya.
  4. Selalu berikan instruksi kepada anggota.
  5. Jalin ikatan yang erat dengan para anggota.
  6. Seorang pemimpin harus menjadi andalan bagi para anggotanya.
  7. Dapat menyelesaikan permasalahan.
  8. Jangan terlalu mempersulit anggota.
  9. Bisa jadi contoh yang baik untuk anggotanya.

Ada berbagai cara memahami manajemen, tetapi pada dasarnya manajemen menggunakan definisi yang mengatur. Manajemen sebagai sains ada sekitar abad ke-19. Namun pada kenyataannya, manajemen telah diterapkan pada orang-orang dalam kehidupan sejak orang-orang ada di Bumi.

Bagaimana tetap hidup, berinteraksi dengan orang lain, bagaimana hidup dalam kelompok adalah bagian dari manajemen. Hanya saja manajemen ilmiah telah ditemukan kembali sebagai ilmu dan bagian dari penelitian.

Fungsi Manajemen Bagi Organisasi Atau Perusahaan

Peter F. Drucker, yaitu otoritas manajemen terkenal, telah menekankan pentingnya manajemen untuk kehidupan sosial. Hampir 25 tahun yang lalu, ia mengatakan bahwa manajemen yang efektif adalah sumber utama dunia maju.

Dia juga mengatakan bahwa manajemen yang efektif adalah sumber daya yang paling dibutuhkan untuk negara-negara berkembang. Berdasarkan uraian di atas tentang pengertian manajemen dan fungsinya, kita tahu bahwa manajemen sangat penting bagi organisasi atau perusahaan. Selain itu, pentingnya manajemen untuk organisasi atau perusahaan yaitu untuk:

  1. Membantu mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
  2. Mengoptimalkan sumber daya.
  3. Mendukung organisasi atau perusahaan yang baik.
  4. Menciptakan keseimbangan.
  5. Meminimalkan biaya.

Penerapan Manajemen dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah kita melakukannya atau tidak, setiap orang harus melakukan kegiatan manajemen. Setiap kebiasaan yang dipraktikkan setiap hari adalah hasil dari penerapan ilmu manajemen. Contoh paling sederhana adalah cara Anda mengelola keuangan Anda.

Kelola pendapatan dan pengeluaran seimbang. Tidak besar pasak daripada tiang, yang membuat keuangan Anda tertekan. Ini adalah bukti nyata bahwa Anda menggunakan ilmu manajemen setiap hari. Manajemen waktu tidak hanya masalah uang, tetapi juga tidak bebas dari pengetahuan manajemen dalam kehidupan sehari-hari.

Anda memiliki 24 jam dalam sehari. Selama waktu ini, Anda perlu menetapkannya untuk istirahat, bekerja, relaksasi, dll. Untuk memastikan bahwa Anda dapat melakukan semua kegiatan ini setiap hari selama periode waktu terbatas, pastikan untuk menerapkan ilmu manajemen.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Manajemen, Unsur-Unsur, Fungsi dan Penerapannya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>