Pengertian Makalah

Posted on

Pengertian Makalah – Seorang dosen, peneliti, mahasiswa dan siswa pastinya pernah menemukan tugas dari sang pengajar atau pemandu untuk menciptakan karya ilmiah berupa makalah yang diserahkan dalam format individu maupun kelompok.

Menyusun makalah kegiatan yang gampang-gampang susah, sebab harus menyimak kaidah mencatat makalah yang benar seperti apa. Tidak mudah juga untuk menilai suatu tema makalah yang nantinya bakal menjadi pokok persoalan yang dibicarakan di dalam isi makalah.

Namun, masing-masing anak didik (pelajar) pernah salah dalam menciptakan makalah sampai harus merevisinya dan mengkonsultasikan ulang hasilnya untuk pembimbing. Kesalahannya pun berbagai macam misalnya seperti menilai kerangka ulasan yang tidak cukup tepat, terdapat kalimat rancu yang tidak cukup dimengerti, atau menciptakan kalimat yang tidak to the point, bentuk penulisannya salah, bahkan mengatur kembali dari mula karena subjek yang akan diciptakan serupa dengan makalah mula-mula dan masih tidak sedikit lagi rintangan yang harus dilalui.

Pengertian Makalah

Secara umum, definisi makalah merupakan jenis karya tulis yang membicarakan suatu persoalan atau topik tertentu secara ilmiah menurut hasil kajian teori atau kajian lapangan. Pendapat beda menuliskan makna makalah yaitu sebuah esai atau tesis, terutama yang diucapkan di kuliah akademik, seminar, atau diterbitkan dalam jurnal akademik.

Dengan kata lain, makalah adalah karya tulis yang diciptakan oleh kalangan pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pengamalan tugasnya. Di samping dari kalangan pelajar atau mahasiswa, makalah juga diciptakan oleh guru, dosen, kepala sekolah, rektor, pejabat pemerintah, dan profesi lainnya.

Dalam urusan ini, sejumlah profesi tersebut menciptakan makalah sebagai format laporan kerja dalam format argumentasi hasil riset dengan menambahkan hipotesis dan asumsi terhadap persoalan yang dibahas. Mengacu pada definisinya, suatu makalah bisa berperan sebagai sarana informasi, demonstrasi, dan pemahaman penulis tentang topik tertentu yang dibahas. Dalam penulisannya, makalah mesti merealisasikan suatu prosedur, prinsip, dan teori yang bersangkutan dengan pokok permasalahan.

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi makalah menurut beberapa para ahli:

1. Panuti Sudjiman

Makalah merupakan karangan prosa, bukan kisah rekaan yang merundingkan pokok tertentu. Yang seringkali makalah dimuat di majalah atau koran, namun makalah dapat pun adalahsebuah kitab antologi.

2. Tanjung Dan Ardial

Makalah yaitu karya tulis yang memuat pemikiran tentang sebuah masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

3. Surakmad

Makalah yakni segala jenis tugas kuliah yang mesti ditamatkan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan kitab maupun sebagai hasil karangan mengenai sesuatu pokok persoalan.

4. E. Zaenal Arifin

Makalah adalah karya tulis ilmuah yang menyajikan sebuah masalah yang pembahasannya menurut data di lapangan yang mempunyai sifat empiris-objektif.

5. A.E. Fachrudin

Makalah ialah jenis tugas kuliah yang mesti ditamatkan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan kitab “book report” maupun sebagai hasi karangan tentang sebuah pokok persoalan.

6. Drs. S. Imam Asy’ari “1984:17”

Makalah merupakan naskah semester, seringkali paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya bilamana semester akan dilangsungkan atau kuliah bakal berakhir. Karanga ini tidak begitu panjang barangkali 10-15 halaman ukuran folio.

7. Muhamad Ali “1984:61”

Makalah yaitu karya tulis ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada sebuah masalah tertentu. Biasanya bersangkutan dengan sebuah mata kuliah atau bidang spesialisi tertentu.

8. Siswoyo Harjodipuro

Makalah yakni suatu karya tulis, baik yang ditulis oleh semua mahasiswa sebagai pemenuhan tugas mata kuliah maupun yang ditulis oleh semua sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.

9. M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti

Makalah adalah suatu karya tulis yang dibentuk oleh seseorang atau kumpulan yang membicarakan suatu pokok kupasan yang adalahhasil riset di bidang edukasi dan kebudayaan.

Baca juga: Pengertian SPK

Ciri-ciri Makalah yang Baik

Suatu makalah mesti diciptakan dengan standar penulisan yang baik. Secara umum, makalah yang berbobot, baik, dan berkualitas mempunyai ciri-ciri seperti ini:

1. Menyeluruh dan Akurat

Sebuah makalah mesti membicarakan suatu persoalan secara lengkap (comprehensive), akurat, lengkap, dan tuntas. Dengan begitu, sekian banyak pertanyaan yang barangkali akan dikemukakan oleh calon pembaca dapat dibalas oleh isi makalah tersebut.

2. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya

Dalam setiap penciptaan makalah pastinya ada sumber beda yang dijadikan rujukan, baik tersebut karya tulis dari pengarang lain yang telah diterbitkan, ataupun dari sumber lainnya. Sumber informasi itu haruslah berasal dari pihak yang mempunyai kredibilitas di bidang tertentu dan isinya bisa dipercaya.

3. Seimbang

Setiap makalah yang baik akan membicarakan suatu persoalan secara objektif dan sebanding dengan menyimak kekuatan dan kelemahan sekian banyak pihak. Isi makalah yang baik tidak menyerahkan kritik tanpa dasar dan tidak bakal menyerang pihak beda dengan prasangka.

4. Penulisannya Kreatif

Dalam urusan ini, makalah yang baik tidak melulu menyajikan kenyataan secara ilmiah tetapi pun menyajikannya dengan teknik yang unik dan gampang dimengerti. Misalnya menyajikan fakta-fakta dengan tertata, dianalisis, dipadukan, dan dipakai sebagai dasar asumsi dengan teknik kreatif tetapi tetap orisinal.

5. Tertata Dengan Baik

Dalam penulisan suatu makalah yang baik mesti mempunyai tujuan yang jelas dan teratur dengan baik dan rapih. Penulisan kalimat trasisi yang tepat di masing-masing bagian dapat menolong mempermudah pembaca mengetahui isi sebuah makalah.

Struktur Makalah

Secara umum, dalam pembuatannya terdapat sejumlah poin urgen yang masuk dalam struktur makalah. Adapun sejumlah yang tergolong dalam struktur makalah ialah sebagai berikut:

  • Pendahuluan: yakni bagian yang menyatakan tentang topik yang dibahas, dan kenapa topik tersebut urgen untuk dibahas. Dalam makalah berbasis penelitian, hipotesis pun dapat disertakan pada unsur pendahuluan.
  • Batang Tubuh Makalah: yakni bagian yang menjadi isi dari makalah yang diciptakan menurut penelitian. Bagian ini umumnya dipecah menjadi sejumlah sub bagian, misalnya; bagian pelajaran dan cara penelitian, unsur hasil/ temuan penelitian, dan unsur pembahasan/ diskusi.
  • Ringkasan dan Kesimpulan: yakni bagian dari makalah yang melafalkan kembali ringkasan atau benang merah dari isi makalah. Pada unsur ini diciptakan secara ringkas tentang hipotesis yang diuji, pelajaran dan cara penelitian, serta hasil yang didapatkan.
  • Daftar Pustaka: yakni bagian makalah yang melafalkan sumber rujukan yang dipakai dalam penciptaan suatu makalah.

Jenis-jenis Makalah

Secara umum, ada sejumlah jenis makalah yang tidak sedikit kita temukan di lingkungan edukasi dan kehidupan sosial. Berdasarkan sifatnya, adapun jenis-jenis makalah ialah sebagai berikut:

  • Makalah Deduktif: yakni makalah yang diciptakan menurut kajian-kajian yang teoritis dan relevan dengan topik yang dibicarakan dalam makalah.
  • Makalah Induktif: yakni makalah yang diciptakan menurut data-data pengalaman yang mempunyai sifat objektif, cocok dengan yang didapatkan di lapangan, dan relevan dengan topik yang dibahas.
  • Makalah Campuran: yakni makalah yang diciptakan menurut data-data pengalaman dan pun kajian-kajian teoritis. Ada sejumlah yang tergolong dalam makalah campuran, diantaranya; makalah kerja, makalah ilmiah, makalah analisis, makalah posisi, makalah kajian, dan makalah tanggapan.

Baca juga: Pengertian Arsip

Tujuan dan Manfaat Makalah

Pada dasarnya, destinasi dari penulisan makalah ialah untuk mengevaluasi sebuah hasil kerja sampai-sampai dapat dijadikan acuan. Di samping itu, makalah pun harus dikatakan di depan umum supaya dapat dicerna dan bermanfaat untuk orang beda dalam menimbulkan usulan baru.

Adapun sejumlah manfaat yang diperoleh dari menciptakan sebuah makalah ialah sebagai berikut:

  • Memberikan kesempatan untuk seseorang guna mempelajari dan memahami suatu persoalan atau topik tertentu.
  • Membuka cakrawala beranggapan seseorang sampai-sampai dapat mengetahui suatu persoalan dan menggali solusinya.
  • Memberikan kesempatan untuk seseorang untuk merealisasikan pengetahuan dan wawasannya untuk menolong menyelesaikan sebuah permasalahan.

Syarat-syarat Isi Makalah

Dalam penulisan suatu makalah mesti mempunyai syarat-syarat eksklusif yang wajib diisi oleh pengarang makalah yang mempunyai kriteria-kriteria tertentu. Berikut sejumlah kriteria-kriteria yang mesti dipenuhi:

  • Cermat, suatu makalah yang sedang digarap, mesti dikuasai segala isinya dengan teknik penuh perhatian terhadap objek yang diteliti, diacuhkan secara cermat dan bekerjanya memakai kecermatan yang kuat.
  • Tepat waktu, proses pengerjaan untuk menuntaskan sebuah makalah harusnya cocok dengan jadwal/ on time. Tidak boleh menunda masa-masa penggarapannya, sebab setiap makalah mempunyai rentan masa-masa yang sudah ditentukan, dapat saja makalah yang masih dalam proses penciptaan yang belum berlalu tepat waktu, objek riset yang dipakai sudah basi atau tak pantas untuk diteruskan proses penelitiannya.
  • Memadai, dengan kata lain isi makalah mesti mengandung informasi yang memadai, lengkap, akurat dan menurut kenyataan yang ada, datanya pun didapatkan menurut hasil observasi bukan semata-mata dipungut dari sana-sini menggunakan sumber yang tidak kredibel dari sekian banyak segi cakupan.
  • Sederhana, memakai tata bahasa yang formal, tetapi mudah dicerna dan mengisi sistematika yang sederhana.
  • Jelas, dengan kata lain makalah mesti dapat menyajikan kenyataan dengan paparan yang jelas, ringkas, padat gaya yang tepat, supaya isi makalahnya tersampaikan dengan benar oleh pembaca.

Baca juga: Pengertian Puasa

Fungsi Makalah

Pembuatan makalah memiliki tidak sedikit fungsi untuk berbagai pihak, baik untuk penulis maupun untuk pembacanya. Mengacu pada definisi makalah, adapun sejumlah fungsi makalah ialah sebagai berikut:

  • Membuat suatu makalah bakal melatih keterampilan seseorang dalam merangkai suatu karya ilmiah dengan baik dan benar.
  • Dengan menciptakan makalah maka pengarang akan memperluas wawasan dan pengetahuannya di bidang tertentu.
  • Makalah yang berbobot, Baik, dan berkualitas akan menyerahkan sumbangan benak yang baik untuk masyarakat, baik berupak konsep teoritis maupun konsep praktis.
  • Makalah dapat menyerahkan manfaat untuk perkembangan konsep keilmuan maupun teknik pemecahan sebuah masalah.

Demikianlah penjelasan tentang Makalah dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa..