Pengertian Konsep

Posted on

Pengertian Konsep – Apa yang dimaksud dengan Konsep? Pada kehidupan keseharian sebelum mengerjakan atau menciptakan suatu pekerjaan aktivitas, kita membutuhkan sebuah konsep guna melakukannya, supaya kegiatan kegiatan yang akan anda jalani bisa terurut secara baik.

Contoh laksana seseorang yang hendak membuat sebuah bangunan berupa Rumah, Gedung, atau Taman, pasti membutuhkan suatu konsep yang menggambarkan format atau rupa dari bangunan yang diinginkan.

Oleh karena tersebut pada peluang kali ini, kita akan bersama-sama membicarakan dan mengetahui tentang Konsep beserta Komponen-komponen yang berhubungan didalamnya.

Pengertian Konsep

Konsep merupakan istilah yang dapat digunakan untuk mencerminkan secara abstrak dari sebuah objek untuk destinasi mengklasifikasikan ataupun mengkategorikan suatu kumpulan dari sebuah benda serta usulan ataupun peristiwa.

Konsep pun dapat membulatkan sejumlah benda laksana gagasan, peristiwa maupun gejala menjadi satu kesatuan. Sehingga dengan suatu konsep dapat menuliskan sejumlah benda, gagasan, serta peristiwa ataupun gejala dengan lebih simpel.

Konsep ialah Abstrak, Entitas mental yang merangkum Universal merujuk pada kategori kelas dari suatu entitas, Kejadian atau Hubungan. Konsep adalah sebuah abstraksi dari sebuah ide atau gambaran Mental, yang ditetapkan dalam suatu kata atau simbol-simbol. Konsep juga ditetapkan sebagai unsur dari Ilmu Pengetahuan yang di bina dari sekian banyak macam karakteristik.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi konsep menurut beberapa para ahli:

1. Soedjadi

Pengertian konsep adalah suatu gagasan abstrak yang dapat digunakan untuk dapat melakukan klasifikasi atau pun penggolongan yang pada lazimnya itu ditetapkan dengan sebuah istilah atau pun rangkaian kata (lambang bahasa).

2. Bahri

Pengertian konsep adalah satuan makna yang mewakili sebanyak objek yang mempunyai ciri yang sama. Konsep sendiri pun dapat dicerminkan didalam format suatu kata (lambang bahasa).

3. Singarimbun dan Effendi

Pengertian konsep merupakan generalisasi dari sekelompok gejala tertentu, sehingga dapat dipakai guna dapat mencerminkan segala macam gejala yang sama. Konsep tersebut adalah suatu kesatuan pengertian tentang suatu urusan atau pun persoalan yang dirumuskan.

4. Aristoteles

Didalam bukunya “The classical theory of concepts” Aristoteles tersebut menjelaskan makna konsep tentang penyusun utama didalam pembentukan pengetahuan ilmiah serta filsafat pemikiran manusia.

Baca juga: Definisi Hardware – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Ciri-ciri Konsep

Di dalam suatu konsep memiliki sejumlah ciri-cir, yaitu:

  • Konsep mempunyai sifat abstrak dan merupakan cerminan mental mengenai benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  • Konsep merupakan kumpulan dari benda-benda yang mempunyai ciri khas ataupun kualitas secara umum. Jadi yang terdapat di dalam konsep terdapat sejumlah hal yang dapat di satukan.
  • Konsep memiliki sifat personal, pemahaman orang tentang konsep “kelompok” andaikan mungkin bertolak belakang dengan pemahaman orang lainnya.
  • Konsep dipelajari melewati sebuah empiris dengan belajar.
  • Konsep bukanlah persoalan makna dari suatu kata laksana yang terdapat di dalam kamus, kamus sendiri mempunyai makana beda yang lebih luas.

Fungsi Konsep

Secara garis besar, konsep tersebut memilik faedah untuk bisa memberikan cerminan besar atau pun penjelasan tentang sesuatu. Dibawah ini merupakan sejumlah fungsi dari konsep.

1. Fungsi Kognitif

Dalam urusan ini kognitif ini merupakan keterampilan manusia guna dapat beranggapan optimal sepanjang hidupnya. Dengan menciptakan konsep tersebut maka faedah kognitif seseorang bakal menjadi lebih baik.

2. Fungsi Evaluatif

Dalam menciptakan konsep terdapat sebuah proses evaluatif, adalah proses yang dilaksanakan manusia didalam menilai nilai sebuah hal.

3. Fungsi Operasional

Didalam proses pelaksanaan diperlukan suatu dasar yang kuat guna melakukannya. Dengan adanya konsep maka proses operasional tersebut menjadi lebih efektif serta efisien.

4. Fungsi Komunikasi

Seperti yang telah dipaparkan di atas, di dalam konsep tersebut ada proses komunikasi yang mana ada penjelasan, gagasan, ide, atas sebuah benda atau pun peristiwa.

Baca juga: Ragam Kebudayaan Yang Terdapat Di Indonesia

Unsur-unsur Dalam Konsep

Di dalam menciptakan sebuah konsep pasti terdapat sejumlah unsur di dalamnya. Dibawah ini adalah unsur-unsur konsep tersebut:

1. Nama

Nama ialah konsep yang mewakili kata tunggal guna dapat menjelaskan gagasan atau ide.

2. Contoh

Dalam mengucapkan ide, terdapat sejumlah contoh analisis yang membandingkan misal positif serta negatif dan pun karakteristiknya.

3. Karakteristik Pokok

Karaktersitik pokok ini dipakai untuk dapat membuat serta pun menilai suatu misal dalam kelompok konsep atau pun bukan konsep.

4. Rentang Karakteristik

Ini adalah suatu konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya serta mempunyai rentang ciri khas yang memberi batas konsep, diantaranya:

  • Super ordinat (adalah konsep yang dihubungkan/ dikaitkan dengan konsep yang lebih luas)
  • Koordinat (adalah konsep yang setara serta saling berkaitan/ berhubungan satu dengan lainnya)
  • Subordinat (adalah sub kelompok atau pun bagian kecil dari suatu konsep)
  • Kaidah.

Baca juga: Kedudukan Wawasasan Nusantara Bagi Indonesia

Karakteristik Konsep

Tiap-tiap konsep tersebut tentu memiliki karakteristik khas yang membuatnya dapat dikenali. Dibawah ini adalah karakteristik konsep diantaranya adalah:

  • Konsep memiliki sifat abstrak yang merupakan cerminan mental mengenai benda, kegiatan, serta pun peristiwa.
  • Secara umum, konsep adalah kumpulan sekian banyak benda dengan ciri khas serta kualitas tertentu.
  • Konsep mempunyai sifat personal, sampai-sampai pemahaman seseorang tentang suatu urusan bisa bertolak belakang dengan pemahaman orang lain.
  • Konsep dapat diketahui dengan melewati proses belajar serta empiris seseorang.

Demikianlah artikel tentang Konsep ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi kalian, terimakasih.