Pengertian Komoditas Perdagangan

Posted on

RuangPengetahuan.Co.Id – Komoditas adalah sesuatu atau objek nyata yang biasanya mudah diperdagangkan, dapat dirasakan secara fisik dan dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu dan dapat ditukar dengan produk lain dari jenis yang sama yang biasanya dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Komoditas adalah produk yang diperdagangkan, termasuk di dalamnya terdapat instrumen keuangan, valuta asing dan indeks.

Karakteristik Komoditas

Komoditas memiliki salah satu karakteristik bahwa harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan, bukan oleh penjual atau dealer. Misalnya, perhitungan harga didasarkan pada setiap harga untuk setiap pelaku yang tidak terbatas pada produk pertanian dan mineral (minyak, gula, beras, etanol, aluminium, kopi, gandum, emas, berlian, perak). Ada juga produk yang disebut commoditized seperti komputer.

Istilah komoditas mulai dikenal di Inggris pada abad ke-15. Istilah ini memiliki asal kata “komodit” dari bahasa Perancis yang artinya sesuatu yang menyenangkan dalam layanan dan kualitas. Dalam bahasa Latin, istilah “komoditas” mengacu pada berbagai cara untuk mengukur berbagai hal secara akurat. Kondisi atau keadaan waktu yang cocok, kualitas yang baik, kemampuan untuk menghasilkan properti atau sesuatu dan keuntungan atau nilai tambah.

Di Jerman, istilah komoditas disebut sebagai die Ware, yang artinya produk atau barang yang ditawarkan untuk dijual. Kemudian disebut produk dasar, misalnya bahan baku industri, energi dan barang.

Barang-barang di Indonesia, misalnya barang dagangan, barang yang dapat dibedakan berdasarkan kualitasnya sesuai dengan standar perdagangan internasional (gandum, kopi, karet, dll.) Dan bahan baku.

Perdagangan Komoditas Antar Negara

Risiko dalam perdagangan komoditas memiliki risikonya tersendiri seperti janji-janji yang gagal karena fluktuasi harga. Harga juga ditentukan oleh penawaran dan permintaan di pasar bahan baku. Permintaan ditentukan oleh pertumbuhan populasi, peningkatan penggunaan dan tujuan substitusi baru.

Tawaran itu dibuat karena peningkatan kapasitas produksi (total area yang ditanami atau pabrik baru sedang dibangun), musim, cuaca baik atau buruk, larangan atau insentif pemerintah, bencana alam, karena perang atau perdamaian. Begitu banyak faktor yang tidak dapat diprediksi.

Hal ini telah menyebabkan kebutuhan untuk melindungi nilai. Kebutuhan akan nilai ditanggung oleh kontrak luar di bursa saham. Awalnya, kebutuhan untuk melakukan lindung nilai hanya dalam perdagangan ternak, tetapi semakin lama kebutuhan untuk semua jenis barang, perbankan, cuaca, termasuk keuangan dan ekonomi.

Untuk semua orang yang membuat kontrak. Beberapa kontrak diperdagangkan di bursa yang disebut Bursa Komoditas, meskipun disebut Bursa Kontrak.

Beberapa barang yang diperdagangkan dengan barang kontrak di beberapa negara, misalnya di:

  1. Kamar Dagang New York (NYBOT)
  2. London Commodity Exchange sekarang disebut Euronext LIFFE
  3. Chicago Board of Trade sekarang terintegrasi dalam CME
  4. London Metal Exchange
  5. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ)
  6. Pertukaran Komoditi Winnipeg
  7. Chicago Mercantile Exchange
  8. Pertukaran Multi Komoditas India
  9. Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) (Indonesian Commodity and Derivatives Exchange-ICDX).

Jenis Komoditas yang Dibuatkan Dasar Kontrak Untuk Diperjualbelikan di Berbagai Bursa Dunia

1. Komoditas Perdagangan Makanan

2. Komoditas Ternak Hidup dan Daging

3. Komoditas Bahan Bakar

4. Komoditas Logam

5. Komoditas Logam Industri

Demikianlah artikel tentang Pengertian Komoditas Perdagangan, Karakteristik, Industri dan Jenis Bahan Bakarnya ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>