Pengertian Keyboard

Posted on

Pengertian Keyboard – Seperti yang anda ketahui, ada sekian banyak perangkat yang merangkai suatu komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Salah satu perangkat keras yang dipakai dalam sistem komputer yaitu keyboard. Sebagai perlengkapan komputer, keyboard memiliki pengertian dan fungsi tersendiri yang mesti dicerna terutama untuk mereka yang hidup di zaman canggih seperti saat ini.

Baik dalam komputer maupun laptop, peran keyboard tidak dapat dipisahkan sebab keyboard yakni perangkat input yang penting. Sama halnya dengan mouse, keyboard ini bermanfaat menerima inputan dari pemakai. Lebih jelas tentang pengertian keyboard dan fungsi keyboard bisa kamu simak dibawah ini:

Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan salah satu perlengkapan input komputer dimana keyboard berisi rangkaian huruf, angka, dan faedah kontrol yang lain.

Meskipun bukan satu-satunya perlengkapan input pada komputer, peran keyboard sangatlah penting sebab sebagian perintah yang berupa teks dan komando beda yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melewati keyboard.

Bentuk dan rangkaian keyboard pada komputer sebenarnya nyaris sama dengan keyboard pada sebuah mesin ketik, melulu saja ada sejumlah fitur beda yang ditambahkan.

Dengan kata lain, keyboard dipakai sebagai perangkat untuk mengucapkan data atau perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutnya data itu akan diolah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan lantas akan diproses secara seksama.

Papan keyboard canggih yang dipakai saat ini ialah hasil pengembangan keyboard yang dipatenkan oleh Christipher Scholes pada tahun 1868. Istilah keyboard ketika ini pun tidak melulu mengacu pada papan ketik pada komputer, melainkan pun mengacu pada keyboard laptop dan handphone.

Huruf yang tersusun pada masing-masing keyboard tidak jarang kali sama yaitu dalam rangkaian tombol Qwerty. Keyboard dengan konektor (port) PS/2 adalahjenis keyboard yang ‘agak’ jadul di masa sekarang.

Keyboard pun dapat dihubungkan pada CPU komputer lewat kabel USB maupun dengan perlengkapan lain seperti perlengkapan wireless atau Bluetooth yang pun menggunakan port USB.

Berbeda dengan keyboard yang memakai kabel sebagai penghubungnya, wireless keyboard atau keyboard tanpa kabel bisa menyala melulu dengan memakai baterai.

Meskipun demikian ketika ini pun dikenal virtual keyboard yang melulu mengandalkan aplikasi atau software tanpa adanya perlengkapan keras. Namun, virtual keyboard ini memiliki faedah yang terbatas dan kalah jauh bila dikomparasikan dengan keyboard sungguhan.

Jenis-jenis Keyboard Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis keyboard komputer.

1. Keyboard Qwerty

Tatak letak keyboard QWERTY ditemukan di tahun 1878. Nama QWERTY sendiri dipungut dari 6 huruf yang berurutan di baris ke-2 dari tombol alfanumerik pada keyboard. Kemudian keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial di tahun 1905.

2. Keyboard Dvorak

Keyboard Dvorak ditemukan pada tahun 1932. Jika memakai keyboard ini maka tangan kanan bakal lebih tidak sedikit terbebani pekerjaan bilamana dibandingkan dengan tangan kiri.

Kemudian tata letak keyboard Dvorak dirancang supaya 70% dari penakaran pada home row, jadi dapat mengurangi keletihan pada ketika pengetikan. Susunan huruf pada keyboar Dvorak sedemikian rupa.

3. Keyboard Alphabetic

Tombol yang terdapat pada keyboard alphabetic tersusun sama serupa seperti pada keyboard QWERTYdan keyboard Dvorak, melulu saja rangkaian pada hurufnya berurutan laksana halnya urutan pada huruf alphabet.

Bentuk keyboard ini jarang dipakai, sebab andai mengetik dengan keyboard ini kecepatan mengetiknya tidak cukup cepat.

4. Keyboard Klockenberg

Keyboard klockenberg dirancang dengan destinasi menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada sebelumnya. Bentuk penyempurnaannya yakni dengan mengasingkan kedua unsur dari keyboard, yaitu bagian kanan dan unsur kiri.

Bagian kanan dan kiri pada keyboard ini diceraikan dengan sudut 15 drajat dan diciptakan miring ke unsur bawah. Selain tersebut keyboard ini memiliki tombol yang diciptakan lebih dekat dengan meja.

5. Keyboard Numeric

Keyboard numeric merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar. Tombol numeric lebih suka dipakai orang-orang sebab tata letaknya yang mudah dicapai menggunakan tangan, sampai-sampai terasa lebih nyaman ketika digunakan.

Baca juga: Pengertian Prototype

Susunan Tombol Keyboard

Susunan tombol pada keyboard atau struktur tombol keyboard ialah sebagai berikut ini:

  • Main Typing Keypad: Papan ketik utama yang isinya terdiri dari huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1 sampai 0 yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer, contohnya saat mengetik pada Microsoft Office atau di browser internet.
  • Directional Keys: 4 tombol ini ditandai dengan anak panah yang menuju empat sisi. Fungsi tombol ini yaitu dipakai untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.
  • Numeric/ Directional Keypad: Tombol yang isinya angka dan tombol pemindah kursor, seringkali letaknya sedang di sisi kanan main typing board. Tombol ini bisa berfungsi bilamana tombol faedah numeric key dihidupkan. Tombol ini dapat mempermudah dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.
  • Function Key: Letak tombol ini yakni berada di atas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Fungsi dari tombol-tombol ini yaitu guna mengatur sejumlah perintah laksana untuk menyimpan dokumen, menimbulkan menu help saat mengetik pada Microsoft Word dan lain-lain.
  • Special Keys: Letak tombol ini sedang di bagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Print Screen, Pause Break, Insert, Home, Page Up, Delete, End dan Page Down.
  • Modifier Keys: Tombol yang terdiri dari Ctrl, Alt, dan Shift. Sesuai dengan nama tombol tersebut, ketiga tombol ini bermanfaat memodifikasi atau merubah faedah suatu tombol beda dalam keyboard dan bisa ditekan secara bersamaan dengan tombol beda untuk memperlihatkan suatu perintah. Misal tombol Ctrl ditekan secara bersamaan dengan tombol C maka secara otomatis akan mencatat atau mengcopy data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi dari tombol-tombol itu biasa dinamakan dengan shortcut keys.
  • Status Light (Lock Keys): Indikator cahaya yang bermanfaat sebagai penanda bahwa sebuah tombol sedang dipakai untuk menata suatu fungsi. Misal tombol Caps Lock yang bisa memungkinkan data diketik dengan huruf Kapital dan numeric lock yang digunakan dalam menggiatkan tombol numeric key.
  • Windows keys: Umumnya keyboard pada komputer memiliki tombol yang berlogo Microsoft Windows. Fungsi tombol ini yakni untuk memperlihatkan menu pada jendela windows di komputer.

Fungsi dan Manfaat Keyboard

Pada umumnya, keyboard komputer memiliki fungsi untuk mengantarkan setiap intruksi dari masing-masing tombol huruf, angka, dan simbol yang diketikkan pemakai, kemudian diantarkan ke CPU (Central Processing Unit), dari perintah itu akan diproses menjadi sinyal-sinyal digital supaya dapat dijalankan oleh processor.

Maka dari itu keyboard memegang peranan urgen sebagai teknik pemakai guna memasukkan informasi dan menjalankan perintah pada program komputer.

Baca juga: Pengertian Neraca

Tombol Keyboard yang Berfungsi secara Mandiri

  • Tombol Delete: cocok dengan namanya, tombol delete kegunaannya menghapus satu karakter yang terdapat di belakang kursor namun kamu dapat juga loh menghapus karakter di depan kursor, kamu dapat memencet ctrl + delete
  • Tombol End: fungsinya ialah untuk mengalihkan kursor ke baris akhir tapi bila kamu mencet nya CTRL + End maka langsung mengarah ke ke unsur akhir eksemplar kerja
  • Tombol Esc: fungsinya ialah untuk mengurungkan perintah yang telah dilakukan
  • Tombol Enter: dapat digunakan untuk mengalihkan ke baris selanjutnya atau pun untuk perintah tegas dilaksanakknya suatu perintah pada computer
  • Tombol Home: berkebalikan dengan tombol End, maka andai kamu memencet tombol Home, kursor bakal pindah ke sudut kiri atau mula baris. CTRL + Home dapat digunakan guna langsung mengarah ke ke bagian mula lembar kerja.
  • Tombol Page Up: bermanfaat menggerakkan baris satu layar ke atas
  • Tombol Page Down: bermanfaat menggerakkan baris satu layar ke bawah
  • Tombol Tab: dapat mengalihkan tabulasi ke arah kanan. Jika anda pencet terus menerus maka tabulasi bakal terus beralih ke arah kanan
  • Tombol Back Space: bermanfaat menghapus satu karakter dari belakang huruf, angka atau beda sebagainya. CTRL + Back Space dapat digunakan guna menghapus satu karakter dari depan
  • Tombol Caps Lock: dipakai untuk menimbulkan huruf kapital ketika mengetik
  • Tombol F1: Menjalankan faedah pertolongan yang terdapat pada Word
  • Tombol F2: Memindahkan teks atau objek yang dipilih
  • Tombol F3: Menjalankan AutoText
  • Tombol F4: Mengulangi perintah sebelumnya
  • Tombol F5: Menjalankan perintah Find and Replace atau Go to
  • Tombol F6: Menjalankan Perintah Other Pane
  • Tombol F7: Memeriksa kekeliruan ketik ataupun ejaan teks
  • Tombol F8: Awal perintah pemilihan teks atau objek
  • Tombol F9: Mengupdate Field (Mail Merge)
  • Tombol F10: Mengaktifkan Menu
  • Tombol F11: Memasukkan Field berikutnya (Mail Merge)
  • Tombol F12: Mengaktifkan dialog Save As
  • Windows : Mengktifkan Menu Start
  • Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
  • Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
  • Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
  • Alt : Penekanan tombol yang tidak digabungkan dengan tombol beda hanya
  • SHIFT saat Anda memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/autoplay)
  • TAB (Move forward melewati pilihan)
  • ENTER (Lakukan perintah untuk pilihan atau tombol aktif)
  • SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang andai pilihan yang aktif ialah check box)
  • BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat ke atas andai folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog)
  • Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts
  • Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start) bermanfaat untuk menggiatkan atau mengawali pemakaian menu bar.

Tombol Kombinasi Keyboard

  • Tombol CTRL + A: bikin memblok semua dokumen
  • Tombol CTRL + B: buat menyerahkan efek tebal pada huruf
  • Tombol CTRL + C: bikin mencopy dokumen
  • Tombol CTRL + D: buat memperbanyak data atau gambar
  • Tombol CTRL + E: bikin mengetengahkan dokumen
  • Tombol CTRL + F: buat menggali satu kata atau kalimat
  • Tombol CTRL + G: bikin tabulasi pada Office
  • Tombol CTRL + H: buat menggiatkan kotak History pada browser
  • Tombol CTRL + I: bikin memiringkan tulisan
  • Tombol CTRL + J: buat menggiatkan kotak download pada browser
  • Tombol CTRL + K: buat menggali cepat di kotak seacrh saat memakai Mozilla
  • Tombol CTRL + L: bikin memasukkan alamat web pada browser
  • Tombol CTRL + M: buat menggiatkan email klien pada Opera
  • Tombol CTRL + N: bikin membuka eksemplar baru
  • Tombol CTRL + O: bikin membuka dokumen
  • Tombol CTRL + P: bikin mencetak halaman
  • Tombol CTRL + Q: buat terbit secara cepat guna Open Office
  • Tombol CTRL + R: bikin meratakan dokumen sebelah kanan
  • Tombol CTRL + S: bikin menyimpan dokumen
  • Tombol CTRL + T: bikin membuka tab baru pada browser
  • Tombol CTRL + U: buat menyerahkan garis pada kata
  • Tombol CTRL + V: bikin menempelkan kata yang telah dicopy
  • Tombol CTRL + W: buat memblokir tab yang terdapat pada browser
  • Tombol CTRL + X: buat mengalihkan kata
  • Tombol CTRL + Y: buat membalikkan apa yang telah ada atau undo
  • Tombol CTRL + Z: buat membalikkan ke suasana seperti sebelumnya
  • Tombol CTRL + 1: buat menyerahkan 1 spasi
  • Tombol CTRL + 2: buat menyerahkan 2 spasi
  • Tombol CTRL + 5: buat menyerahkan 1,5 lines
  • Tombol CTRL + Esc: buat menyuruh tombol Start Menu
  • Ctrl + Shift + T – Menggeser tabulasi unsur bawah ke kiri.
  • Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama laksana mengklik kanan
  • Shift + Delete : Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menanam item dalam Recycle Bin
  • Ctrl + Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke mula kata berikutnya
  • Ctrl + Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke mula kata sebelumnya
  • Ctrl + Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke mula paragraf berikutnya
  • Ctrl + Up Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke mula paragraf sebelumnya
  • Alt + F4 : Menutup item aktif, atau terbit dari program aktif
  • Alt + Enter : Menampilkan properti dari objek yang dipilih
  • Alt + Spacebar : Buka menu shortcut guna jendela aktif
  • Ctrl + F4 : Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda guna memiliki sejumlah dokumen yang tersingkap secara bersamaan
  • Alt + Tab : Switch antara item yang terbuka
  • Alt + Esc : Cycle melewati item dalam urutan yang mereka sudah dibuka
  • Ctrl + Shift + Tab : Bergerak mundur melewati tab
  • Shift + Tab : Bergerak mundur melewati pilihan
  • SHIFT+DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menanam item dalam Recycle Bin)
  • CTRL seraya menyeret (men-drag) suatu item (Menyalin item yang dipilih)
  • CTRL + SHIFT seraya menyeret item (Buat teknik pintas ke item yang dipilih)
  • CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke mula kata berikutnya)
  • CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke mula kata sebelumnya)
  • CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke mula paragraf berikutnya)
  • CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke mula paragraf sebelumnya)
  • CTRL + SHIFT dengan di antara ARROW KEY (Sorot blok teks)
  • SHIFT dengan di antara ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam suatu jendela atau pada desktop, atau pilih teks dalam dokumen)
  • CTRL + A (Pilih semua)
  • ALT + ENTER (Melihat properti guna item yang dipilih)
  • ALT + F4 (Menutup item aktif, atau terbit dari program aktif)
  • ALT + ENTER (Menampilkan properti dari objek yang dipilih)
  • ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut guna jendela aktif)
  • CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda guna memiliki sejumlah dokumen yang tersingkap secara bersamaan)
  • ALT + TAB (Beralih antara item yang terbuka)
  • ALT + ESC (Cycle melewati item dalam urutan yang mereka sudah dibuka)
  • SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut guna item yang dipilih)
  • ALT + SPACEBAR (Tampilan menu Sistem guna jendela aktif)
  • CTRL + ESC (Menampilkan menu Start)
  • ALT + huruf digarisbawahi dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai) Surat digarisbawahi dalam nama perintah pada menu yang tersingkap (Lakukan perintah yang sesuai)
  • CTRL + TAB (Move forward melewati tab)
  • CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melewati tab)
  • SHIFT + TAB (Bergerak mundur melewati pilihan)
  • ALT + huruf yang digarisbawahi (Lakukan perintah yang cocok atau pilih pilihan yang sesuai)
  • Logo Windows + BREAK (Menampilkan System Properties dialog box)
  • Logo Windows + D (Menampilkan the desktop
  • Logo Windows + M (Meminimalkan seluruh jendela)
  • Logo Windows + SHIFT + M (Memulihkan jendela yang diminimalkan)
  • Logo Windows + E (Membuka My Computer)
  • Logo Windows + F (Mencari for a file atau folder)
  • CTRL + Windows Logo + F (Mencari for komputer)
  • Logo Windows + F1 (Menampilkan Windows Help)
  • Logo Windows + L (Mengunci keyboard)
  • Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)
  • Logo Windows + U (Membuka Utility Manager).

Baca juga: Pengertian Cerita Rakyat

Accessibility Tombol Keyboard Shortcuts

  • Right SHIFT sekitar delapan detik (Beralih FilterTombols on atau off)
  • LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN (Beralih High Contrast on atau off)
  • LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK (Mengaktifkan MouseTombols on atau off)
  • SHIFT lima kali (Mengaktifkan StickyTombols on atau off)
  • NUM LOCK sekitar lima detik (Mengaktifkan ToggleTombols on atau off)
  • Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)
  • Windows Explorer Tombolboard Shortcuts Windows Explorer Tombolboard Shortcuts
  • END (Menampilkan unsur bawah jendela aktif)
  • HOME (Menampilkan unsur atas jendela aktif)
  • NUM LOCK + Asterisk sign () (Tampilkan seluruh subfolder yang sedang di bawah folder yang dipilih)
  • NUM LOCK + Plus sign (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
  • NUM LOCK + Minus sign (-) (Collapse folder yang dipilih)
  • LEFT ARROW (Collapse pilihan ketika ini andai diperluas, atau pilih folder utama)
  • RIGHT ARROW (Menampilkan pilihan ketika ini, atau pilih subfolder kesatu)
  • Shortcut Tombols for Character Map Tombol pintas guna Peta Karakter
  • Setelah kita klik dua kali pada grid karakter karakter, Anda bisa bergerak melewati grid dengan menggunakan teknik pintas tombolboard:
  • RIGHT ARROW (Pindah ke kanan atau ke mula baris berikutnya)
  • LEFT ARROW (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)
  • UP ARROW (Pindah ke atas satu baris)
  • DOWN ARROW (Pindah ke bawah satu baris)
  • PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
  • DOWN (Pindah ke bawah satu layar pada satu waktu)
  • HOME (Pindah ke mula baris)
  • END (Pindah ke akhir baris)
  • CTRL + HOME (Pindah ke karakter kesatu)
  • CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)
  • SPACEBAR (Beralih antara yang lebih banyak dan Normal saat seorang karakter yang dipilih).

Microsoft Management Console (MMC) Main Window Tombol Board Shortcuts

  • CTRL + O (Open yang ditabung konsol)
  • CTRL + N (Buka konsol baru)
  • CTRL + S (Save the open console)
  • CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)
  • CTRL + W (Buka jendela baru)
  • F5 tombol (Update konten dari seluruh jendela konsol)
  • ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)
  • ALT + F4 (Close the console)
  • ALT + A (Menampilkan the Action menu)
  • ALT + V (Menampilkan the View menu)
  • ALT + F (Menampilkan the File menu)
  • ALT + O (Menampilkan the Favorites menu).

Konsol MMC Window Tombol Board Shortcuts

  • CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau aktif pane)
  • ALT + tanda Minus (-) (Menampilkan menu jendela jendela konsol yang aktif)
  • SHIFT + F10 (Menampilkan the Action menu shortcut guna item yang dipilih)
  • Tombol F1 (Membuka topik Bantuan, andai ada, guna item yang dipilih)
  • Tombol F5 (Update konten dari seluruh jendela konsol)
  • CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
  • CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
  • ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties, andai ada, guna item yang dipilih)
  • Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)
  • CTRL + F4 (Close jendela konsol yang aktif. Ketika suatu konsol melulu mempunyai satu jendela konsol, jalan pintas ini akan memblokir konsol).

Remote Desktop Connection Navigation

  • CTRL+ALT+END (Open the mcro$oft Windows NT Security dialog box
  • ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)
  • ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)
  • ALT + INSERT (Cycle melewati program-program yang terakhir digunakan)
  • ALT + HOME (Menampilkan menu Start)
  • CTRL + ALT + BREAK (Beralih komputer klien antara jendela dan layar penuh)
  • ALT+DELETE (Menampilkan the Windows menu) ALT + DELETE (Menampilkan the Windows menu)
  • CTRL + ALT + Minus sign (-) (Membuat snapshot dari jendela aktif klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan faedah yang sama dengan mengurangi PRINT SCREEN pada komputer lokal.)
  • CTRL + ALT + Plus sign (+) (Membuat snapshot dari semua area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan faedah yang sama dengan mengurangi ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal).

Internet Explorer Navigation Internet Explorer navigasi

  • CTRL + B (Membuka kotak dialog Atur Favorit)
  • CTRL + E (Open the Mencari bar)
  • CTRL + F (Start the Find utility)
  • CTRL + H (Open the History bar)
  • CTRL + I (Open the Favorites bar)
  • CTRL + L (Buka kotak dialog Open)
  • CTRL + N (Start misal lain dari browser dengan alamat Web yang sama)
  • CTRL + O (Membuka kotak dialog Buka, sama laksana CTRL + L)
  • CTRL + P (Membuka kotak dialog Print)
  • CTRL + R (Memperbarui halaman Web ini)
  • CTRL + W (Close jendela aktif).

Demikianlah penjelasan tentang Keyboard dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.