Pengertian Instagram : Sejarah, Fungsi, Fitur dan Cara Menggunakannya

Pengertian Instagram – Salah satu sosial media ‘raksasa’ yang sudah tentu sebagian besar orang sudah memahami atau bahkan menggunakannya. Namanya ialah Instagram, kamu pasti telah mengetahuinya bukan? Instagram ini memang tergolong software medsos yang paling populer dan mulai menandingi software lainnya seperti Facebook, Twitter, BBM dan masih banyak lagi.

Kepopuleran yang diraih oleh Instagram disebabkan pemakaiannya yang mudah, anggun dan pasti saja disukai oleh banyak anak muda di semua dunia.

Meskipun sudah lumayan familiar tetapi dapat dijamin masih tidak sedikit orang yang belum memahami pengertian dari Instagram tersebut sendiri ataupun sejarah dan fungsi-fungsinya.

Pengertian Instagram

Instagram adalah suatu software sosial media yang berbasis Android untuk Smartphone, iOS untuk iPhone, Blackberry, Windows Phone dan bahkan yang terbaru ketika ini juga dapat dijalankan di komputer atau PC anda. Namun untuk pemakaian di dalam komputer tidak akan dapat sama sepenuhnya dengan yang terdapat pada perlengkapan mobile phone anda.

Pada lazimnya orang-orang memakai Instagram untuk saling mensharing atau membagikan potret maupun video. Prinsip yang satu ini memang cenderung bertolak belakang dengan software media sosial lainnya yang lebih menekankan pada pemakaian kata-kata atau kedudukan untuk diberikan ke publik.

Sama halnya seperti software media sosial lain, pada Instagram ini kamu dapat mencari tidak sedikit teman dengan memakai istilah Follow dan Follower atau Mengikuti dan Pengikut. Dengan banyaknya Follower maka menandakan akun kamu sudah memiliki tidak sedikit teman.

Interaksi dapat dilakukan dengan pekerjaan like atau saling komen pada postingan kamu ataupun rekan anda. Bisa juga dilaksanakan dengan memakai perpesanan atau Direct Message (DM) dan yang sangat popular ketika ini yaitu InstaStory yang berupa kegiatan membagikan video secara live atau langsung.

Sejarah Instagram

Setelah memahami pengertian dari Instagram maka bakal terasa tidak cukup pas bila kamu kurang mengetahui asal-usul atau sejarah terbentuknya Instagram tersebut sendiri.

Pada awalnya software Instagram yang dulunya masih mempunyai nama Burbn didirikan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai nama Burbn Inc. dan dipelopori oleh kedua CEO mereka yaitu Mike Krieger dan Kevin Systrom pada tahun 2010.

Burbn Inc. adalah suatu perusahaan startup yang memang bergerak di bidang pengembangan software untuk mobile phone.

Pada awalnya software ini melulu dapat dipakai oleh iPhone saja dan mempunyai terlalu tidak sedikit fitur tetapi akhirnya dikurangi oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom menjadi software untuk share foto, komentar dan pun menyukai. Inilah mula mula terbentuknya Instagram.

Dan kesudahannya pada tahun 2012 perusahaan Facebook secara resmi memungut alih pengelolaan Instagram. Dan setelah melalui waktu yang lumayan panjang pada tahun 2016 logo sah Instagram diolah dan diperkenalkan ke publik dengan tampilan yang lebih stylish serta anggun seperti yang anda jumpai saat ini.

Fungsi Instagram

Bagi semua pemakai pada umumnya barangkali memandang bahwa fungsi Instagram melulu sebatas interaksi sosial, mengerjakan share potret dan video serta menambah popularitas dengan banyaknya rekan atau followers.

Hal tersebut memang benar adanya namun fungsi Instagram secara luas lebih dari tersebut saja. Kecermatan serta pemahaman yang dipunyai pemakai pun menjadi urusan yang penting supaya dapat memanfaatkan setiap software secara keseluruhan. Dibawah ini kami bakal menjelaskan fungsi dari Instagram, yaitu :

1. Interaksi Antar Pemakai Instagram

Hal ini pastinya menjadi faedah utama setiap software social media. Sudah sempat diterangkan sebelumnya bahwa khusus guna Instagram interaksi dapat dilaksanakan dengan pekerjaan share potret atau video dan melewati perpesanan (Direct Message).

Saat ini pun terdapat kemudahan live record atau yang popular dinamakan dengan Insta Story yang memungkinkan perekam video dapat menyalurkan aktivitasnya melewati live video sekaligus berinteraksi dengan rekan yang ikut menontonnya.

2. Rekomendasi Lokasi Liburan

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa besar potret ataupun video yang diberikan di Instagram menyerahkan informasi dan keindahan sebuah tempat wisata. Setiap orang pasti mengharapkan perjalanan liburan atau rekreasinya diabadikan dalam potret atau video, sesudah itu diberikan ke Instagram.

Bagi rekan atau pemakai lain urusan tersebut tentunya menjadi deviden tersendiri karena dapat mengetahui keindahan sebuah tempat wisata tanpa butuh repot-repot menggali di internet.

3. Mencari dan Berbagi Info atau Ilmu Pengetahuan

Diantara banyaknya pemakai di Instagram pastinya kamu akan menjumpai sebuah akun non personal/ pribadi dengan kegiatan share info atau ilmu pengetahuan di bidang tertentu.

Contohnya seperti akun yang menyalurkan info kesehatan, info tujuan wisata, info menarik atau misteri dan beda lain-lain. Penggunaan video pun dapat dimanfaatkan guna berbagi tutorial meskipun waktunya dibatasi. Hal ini tentunya bisa menjadi nilai positif tersendiri dari pemakaian Instagram.

4. Sebagai Sarana Pemasaran (marketing online)

Di dalam era canggih saat ini tidak sedikit pebisnis atau penjaja produk/ jasa yang mulai memanfaatkan pemasaran secara online (marketing online). Tidak melulu melalui situs resmi kamu juga dapat memanfaatkan sosial media.

Dan dengan semakin populernya Instagram pastinya memberi deviden tersendiri andai produk atau jasanya dijual disini, diperbanyak lagi dengan fitur posting potret yang bisa mendeskripsikan secara jelas produk yang kamu tawarkan.

Dengan adanya Instagram, saya dan anda bisa dengan gampang membagikan potret atau video dengan mudah, bahkan saya dan anda bisa menggunakan Instagram guna mempromosikan produk kita.

Cara Menggunakan Instagram

Berikut ini ialah beberapa tahapan mudah guna mulai memakai instagram:

1. Membuat Akun

Hal pertama yang mesti dilaksanakan untuk mulai memakai IG ialah membuat akun terlebih dulu. Supaya dapat buat akun, silakan instal aplikasinya melewati Play Store atau App Store di smartphone Anda.

Bila proses instalasi selesai, silakan langsung klik Kumpulan dan isilah kolom yang terdapat dengan informasi yang benar. kita mungkin perlu alamat email dan nomor HP aktif untuk mengerjakan pendaftaran. Silakan disiapkan dulu.

2. Memakai Instagram Sebagai Jejaring Sosial

Setiap akun IG mempunyai fitur follower atau pengekor sendiri-sendiri. Jika Anda hendak menggunakan IG sebagai media guna berinteraksi secara sosial di dunia maya, maka silakan atur profilnya ke publik. Dengan begitu, kita akan mendapat teman dan pengekor yang banyak.

Namun, jika Anda hendak membatasi orang-orang yang dapat melihat profil, maka silakan setting private. Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang yang terpilih saja.

3. Cara Merealisasikan Filter dan Edit Artikel Instagram

Setelah membuat akun, Anda dapat langsung mengunggah artikel dengan klik tombol + yang terdapat di aplikasinya. Silakan langsung unggah potret yang dipilih, lakukan filter guna mengedit gambar agar lebih bagus.

Pengguna juga dapat mengatur ukuran gambar dengan zoom in atau zoom out. Isikan caption yang cocok dengan isi gambar. Kemudian silakan diposting andai semuanya telah siap.

4. Bagikan Artikel ke Orang Lain

Pada saat memposting sesuatu, kita juga dapat tag pemakai lain atau menyertakan tagar pada caption. Ini akan menciptakan postingannya memiliki cakupan yang lebih luas.

Pengguna beda yang kita tag atau menggali sesuai dengan tagar yang dituliskan di caption dapat melihat postingannya asalkan akun ditata publik. Pengguna juga dapat membagikan link artikel ke media sosial lain guna mendapatkan lebih tidak sedikit engagement.

5. Instagram Stories

Di samping feed, pemakai juga dapat membuat instastory. Di sini, ada tidak sedikit filter sampai boomerang. Di samping foto, video, atau boomerang, pemakai dapat memposting teks sampai membuat polling tertentu.

Terakhir, instagram memang menjadi di antara platform media sosial yang kaya bakal fitur. Jadi, pembahasannya paling kompleks mengekor perkembangan aplikasinya.

Fitur-fitur Instagram

Terus bertambahnya Instagram tak jauh dari peran fitur-fitur istimewa yang di tawarkan oleh Instagram. Instagram ialah media sosial yang memungkinkan pemakainya membagikan potret dan video untuk para pengikutnya. Berikut fitur-fitur unggulan yang dipunyai Instagram :

1. Berbagi Foto dan Video

Fitur yang sangat utama dari Instagram yaitu sebagai lokasi untuk berbagi potret dan video untuk pemakai lainnya. Foto yang hendak diunggah dapat didapatkan melalui galeri album potret maupun langsung dari fitur kamera bawaan software Instagram.

pemakai dapat menyerahkan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain tersebut pemakai pun dapat mengerjakan tag atau menandai pemakai beda yang tercebur dalam potret tersebut.

Yang unik dari Instagram ialah pemakai bisa mengedit potret yang hendak diunggah dengan efek atau filter yang sudah tersedia di Instagram. Pada versi awalnya, Instagram mempunyai 15 efek potret yang dapat dipakai oleh semua pemakai pada ketika mereka berkeinginan menyunting fotonya. Namun ketika ini Instagram sudah mempunyai lebih dari 15 filter.

2. Komentar dan Like

Pada potret atau video yang diunggah, pemakai beda dapat menyerahkan komentar dan like. Instagram mempunyai sebuah fitur tanda suka yang kegunaannya memiliki keserupaan dengan yang disediakan Facebook, yakni sebagai penanda bahwa pemakai yang beda menyukai potret yang sudah diunggah.

Durasi masa-masa dan jumlah suka pada sebuah potret di dalam Instagram bisa menjadi hal khusus yang memprovokasi kepopuleran potret tersebut. Jumlah pengikut pun menjadi di antara unsur yang urgen membuat potret menjadi terkenal.

Bila sebuah potret menjadi terkenal, maka secara langsung potret tersebut bakal masuk ke dalam halaman popular tersendiri.

3. Explore

Pada Juni 2012, Instagram mengenalkan fitur Explore. Explore pada Instagram merupakan sebuah tab di dalam software yang memperlihatkan foto-foto populer, potret yang dipungut di tempat terdekat, dan pencarian.

Tab ini kemudian dimodernisasi pada Juni 2015 untuk memperlihatkan tag dan lokasi yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan keterampilan untuk menggali lokasi.

Pada April 2016, Instagram menambahkan drainase “Videos You Might Like” ke tab dibuntuti oleh drainase “Events” pada bulan Agustus, memperlihatkan video dari konser, permainan olahraga, dan acara langsung lainnya.

4. Instagram Story

Pada bulan Agustus 2016, Instagram mengenalkan Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pemakai guna mengambil potret dan video, menambahkan efek dan layer dan lantas menambahkannya ke kilas kisah Instagram mereka.

Konten yang diunggah ke Instagram story bakal hilang sesudah 24 jam. Media mencatat keserupaan fitur ini dengan Snapchat. Fitur ini semakin berkembang dengan ditambahkannya keterampilan membagi lokasi, stiker, dan efek dari potret dan video yang di unggah ke Instagram Story.

Pada bulan November, Instagram menambahkan fungsionalitas video langsung atau Live Video ke Instagram Stories, yang memungkinkan pemakai guna menyiarkan diri mereka secara langsung, dengan video menghilang segera sesudah mengakhirinya.

5. IGTV

IGTV pada Instagram yaitu fitur video vertikal yang dikenalkan oleh Instagram pada Juni 2018. Fungsionalitas dasar pun tersedia dalam software dan website web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi sampai 10 menit dengan ukuran file sampai 650 MB.

Bagi pemakai yang diverifikasi dan populer diperbolehkan untuk mengunggah video berdurasi sampai 60 menit dengan ukuran file sampai 5,4 GB. Fitur ini secara otomatis mulai memutar video segera sesudah diluncurkan.

Kantongi 1 Miliar Pengguna di Seluruh Dunia

Pada Juni 2018, Instagram resmi memberitahukan bahwa mereka telah mengantongi satu miliar pemakai dari semua dunia. Jumlah ini jelas terbilang paling besar dengan penambahan yang signifikan, menilik pada September 2017 mereka tetap mempunyai 800 juta pemakai.

Dengan demikian, melulu dalam waktu sejumlah bulan, media sosial berbagi potret dan video kepunyaan Facebook ini dapat meraup perkembangan 200 juta pemakai baru.

CEO dan pendiri Instagram Kevin Systrom pun menyerahkan tanggapannya terhadap jumlah pemakai Instagram yang sebegitu besar. Menurutnya, pencapaian ini ialah hal yang paling menakjubkan.

Namun demikian, Kevin tak mengungkap dalil di balik perkembangan pesat pemakai baru ini. Kalau pada tahun lalu, perkembangan pemakai baru dirangsang oleh peluncuran fitur Instagram Stories.

Bisa jadi, perkembangan pemakai baru ini disebabkan sejumlah fitur anyar yang meluncur di Instagram belakangan ini, laksana kehadiran fitur GIF, Emoji Slider, serta polling di Instagram Stories.

Demikianlah penjelasan tentang Instagram dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa.

Baca juga artikel lainnya :