Pengertian Hidroponik

Posted on

Pengertian Hidroponik – Kini teknik menanam tanaman sudah sangat canggih sehingga dapat dilakukan dengan sekian banyak cara. Satu diantara tidak sedikit cara yang mulai dipakai dalam menempatkan tanaman ialah metode hidroponik.

Teknik hidroponik di Indonesia telah mulai dikenal banyak orang, dan dipakai oleh semua petani. Pertanian hidroponik ini merupakan teknik tanam yang menggunakan pertolongan air, sampai-sampai tanaman tidak ditanam di atas tanah seperti teknik menanam pada umumnya.

Bukan melulu para petani saja yang memakai teknik bercocok tanam hidroponik. Tapi banyak juga semua pecinta tumbuhan atau orang-orang yang kegemaran menanam tanaman memakai teknik hidroponik tersebut. Pertanian hidroponik yaitu upaya menghasilkan tumbuhan yang berkualitas.

Pengertian Hidroponik

Hidroponik (hydroponics) adalah teknik bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya. Tanah merupakan sumber daya alam utama yang terdapat di planet bumi serta adalah kunci kerberhasilan makhluk hidup. Pengertian Tanah yakni lapisan tipis kulit bumi yang terletak sangat luar. Tanah terjadi sebab hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik.

Secara awam dikenal sebagai “bercocok tanam tanpa tanah”. Awalnya semua peneliti yang Mencoba air sebagai media tanam dengan destinasi uji jajaki bercocok tanam tanpa tanah. Uji coba itu ternyata berhasil. Setelah itu, media air diganti dengan media yang lebih praktis, tepat guna dan lebih produktif.

Cara kedua ini lebih mendapat sambutan dibandingkan teknik yang melulu menggunakan media air. Oleh karenanya, pada pertumbuhan selanjutnya, teknik tersebut disebut hidroponik. Metode ini lantas dikembangkan secara komersial.

Pengertian Hidroponik Menurut Para Ahli

Berikut merupakan definisi hidroponik menurut beberapa para ahli:

1. Rosliani dan Sumarni (2005)

hidroponik merupakan sistem penanaman tumbuhan tanpa memakai media tanam tanah dan memakai larutan nutrisi yang berisi garam organik guna menumbuhkan perakaran yang ideal.

2. Soeseno (1988)

hidroponik adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan sejumlah cara bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai media menempatkan tanaman.

3. Istiqomah (2007)

hidroponik yaitu cara budidaya tanaman memakai air yang sudah dilarutkan dengan nutrisi yang diperlukan tanaman sebagai media tumbuh tumbuhan pengganti tanah.

4. Prihmantoro (2003)

hidroponik yakni teknologi bercocok tanam tanpa memakai tanah. Media menempatkan digantikan dengan media tanam lain, laksana rockwool, arang sekam, zeolit, dan sekian banyak media enteng dan steril lainnya. Hal pentik pada penerapan hidroponik ialah pemakaian air sebagai pengganti tanah guna menghantarkan larutan hara ke akar tanaman.

5. Wulansari (2015)

hidroponik merupakan sistem budidaya yang mengandalkan air atau bercocok tanam tanpa tanah. Pada dasarnya bertanam secara hidroponik mempunyai tidak sedikit keunggulan dikomparasikan dengan bertanam dengan media lainnya. Di samping itu, kiat ini juga dapat dilakukan di lahan yang terbatas dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Pengertian Negosiasi

Sejarah Hidroponik

Hidroponik merupakan suatu teknik bercocok tanam tanpa memakai tanah sebagai tempat menempatkan tanaman. Perbedaan bercocok tanam dengan tanah dan hidroponik yaitu, bila dengan tanah, zat-zat makanan didapatkan tanaman dari dalam tanah. Sedangkan hidroponik, makanan didapatkan tanaman dari dalam air yang berisi zat-zat anorganik (Mikrajuddin 2007).

FHS (Floating Hidroponik System) atau rakit apung adalah salah satu system budidaya secara hidroponik tumbuhan (sayuran) dengan teknik menanam tumbuhan pada lubang sterofoam. Sterofoam tersebut mengambang diatas permukaan larutan nutrisi dalam bak penampung sampai-sampai akar tumbuhan terendam dalam larutan nutrisi. Larutan nutrisi tidak tersirkulasikan tetapi tidak dipedulikan menggenang dan larutan itu tertampung pada bak.

Kelebihannya yakni dapat memanfaatkan lahan sempit, yaitu sistem hidroponik yang paling gampang dan sederhana, tidak memerlukan kemahiran mendalam, dan irit listrik. Kekurangannya ialah kemungkinkan tumbuhan akan kelemahan oksigen, cepat terjadi penambahan suhu, membutuhkan pemantauan pH dan kepekatan lebih rutin, dan perkembangan akar tidak jarang terganggu.

Cara Menanam Hidroponik

Hidroponik diambil dari 2 kata berasal dari kata Yunani yakni hydro yang berarti air dan ponos yang dengan kata lain daya ( wikipedia ). Intinya bagaimana bercocok tanam tanpa memakai media tanah dan memakai media air sebagai penggantinya. Menggunakan media air sebagai media tumbuh tanaman. Pada prinsipnya seluruh tanaman dapat ditanam memakai sistem hidroponik. Ada sekian banyak teknik hidroponik yang bisa kamu pilih untuk menempatkan secara hidroponik.

Apa saja yang butuh disiapkan untuk menempatkan tanaman secara hidroponik? teknik menanam hidroponik prinsipnya ialah tidak memakai media tanah namun memakai media air dengan nutrisi yang dibutuhkan tanaman guna tumbuh dan berkembang. Nah bila hendak memulai menempatkan secara hidroponik.

1. Semai Embrio Tanaman

Awal sebelum menempatkan tanaman pasti saja anda memerlukan embrio tanaman guna ditanam, kesatu kali ialah semai embrio tanaman guna menjadi bibit tumbuhan yang siap dipindah tanam. Anda dapat menanam sayuran dengan masa-masa panen yang singkat agar cepat panen,, bayam, kangkung, sawi misalnya. Persiapan ini sebisa barangkali 2 minggu sebelum tanam dan sistem hidroponik dipilih.

2. Sistem Hidroponik

Ada tidak sedikit sistem hidroponik yang bisa kamu pilih untuk menempatkan secara hidroponik, sistem wick, NFT, fertigasi. Jika diawal masih skala kegemaran paling mudah memakai sistem wick / sumbu. gampang dan murah.

3. Media yang Diperlukan

Untuk menempatkan hidroponik pasti saja membutuhkan media sebagai lokasi tumbuh tanaman, nah ada sejumlah peralatan dan perangkat yang perlu kamu siapkan sebelum mengawali berhidroponik.1) Media tanam, kamu bisa memakai media tanam laksana rockwool, cocopeat, sekam bakar, pasir dll. 2)set hidroponik, kamu bisa melakukan pembelian starter kit guna wick sistem ini atau kamu juga dapat membuatnya sendiri.

4. Nutrisi Hidroponik

Nutrisi hidroponik sangat urgen untuk keberhasil dalam menempatkan hidroponik, sebab tanpa nutrisi hidroponik pasti saja kamu tidak dapat menanam secara hidroponik. nutrisi hidroponik adalahhara makro dan mikro yang mesti ada untuk perkembangan tanaman. Anda dapat membeli atau menciptakan sendiri juga, guna skala kegemaran saya yakin melakukan pembelian jauh lebih murah dikomparasikan dengan menciptakan sendiri.

5. Pemeliharaan

Jika seluruh sudah siap, bibit siap ditanam secara hidroponik langkah selanjutnya ialah masa pemeliharaan tanaman. Usahakan nutrisi cocok dengan keperluan tanaman supaya perkembangan optimal laksana yang diharapkan.

6. Panen Hidroponik

Keenam urusan diatas adalah tahapan teknik menanam tumbuhan secara hidroponik, guna skala kamu bisa memilih inginkan skala kegemaran atau skala produksi.

Baca juga: Pengertian Web Server

Jenis Tanaman Hidroponik

Nah inilah sejumlah contoh jenis tumbuhan hidroponik yang tidak jarang dibudidayakan contohnya seperti:

1. Selada

Selada merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tidak jarang ditanam dengan teknik hidroponik, tumbuhan selada tergolong gampang untuk dibudidayakan, serta tidak sedikit orang yang mengkonsumsinya maka tidak heran andai tumbuhan ini menjadi pilihan guna ditanam secara hidroponik sebab mempunyai nilai ekonomis.

2. Cabai

Tanaman cabai termasuk di antara jenis tumbuhan yang tidak jarang ditanam dengan teknik hidroponik pun karena mempunyai nilai hemat yang tinggi. Selain tersebut cabai tergolong buah yang tidak sedikit dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, cabai sering dipakai untuk bumbu-bumbu masakan atau sebagai bahan dalam menciptakan sambal.

3. Kangkung

Kangkung yaitu jenis sayuran yang tidak sedikit di konsumsi oleh orang Indonesia, makanan kangkung secara hidroponik tergolong lumayan mudah, bakal menghasilkan kualitas yang unggul sehingga tidak sedikit orang yang menanamnya.

4. Bayam

Di samping kangkung bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak jarang dikonsumsi orang Indonesia, menempatkan bayam secara hidroponik tentunya bakal menghasilkan kualitas bayam yang unggul, maka sayuran ini tidak jarang menjadi pilihan guna ditanam secara hidroponik.

5. Timun

Timun sesuai ditanam dengan teknik hidroponik timun tidak jarang di konsumsi guna menu pelengkap atau sebagai coel sambal oleh masyarakat Indonesia, maka tak heran andai sering dijadikan pilihan guna di budidayakan secara hidroponik sebab mempunyai nilai hemat yang tinggi juga.

6. Strawberry

Banyak orang yang membudidayakan tumbuhan buah yang satu ini dengan teknik hidroponik, sebab mempunyai nilai hemat yang bagus juga.

7. Semangka

Buah yang mempunyai kandungan air yang cukup tidak sedikit ini dan mempunyai rasa yang manis sehingga tidak sedikit di gemari guna dikonsumsi oleh masyarakat. Tanaman buah semangka bisa menjadi pilihan guna ditanam secara hidroponik sampai-sampai dapat menghasilkan buah semangka dengan kualitas yang unggul.

Metode Sederhada Membuat Tanamann Hidroponik

  • Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)
  • Lubangi unsur atas (daerah leher botol) guna pemasangan sumbu dan aliran udara
  • Pasang sumbu pada unsur bawah botol
  • hidroponik
  • Masukkan unsur atas botol ke unsur bawah botol dengan teknik dibalik.
  • hidroponik
  • Isi unsur atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling gampang didapat. Karena faedah media ini melulu untuk pijakan akar supaya tidak rebah
  • Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tumbuhan ke dalam media tanam
  • hiddroponik
  • Siram dengan larutan nutrisi hidroponik
  • Simpan di lokasi yang tidak terpapar hujan namun masih dapat mendapat sinar matahari.

Baca juga: Pengertian Transportasi

Manfaat Hidroponik

Adapun sejumlah manfaat hidroponik yang dapat didapatkan diantaranya yaitu:

  • Untuk menemukan atau menghasilkan kualitas tumbuhan yang lebih baik
  • Tanaman bisa terhidar dari hama
  • Penggunaan pupuk menjadi lebih hemat
  • Hemat tempat sebab tidak membutuhkan lahan tahan yang luas untuk menempatkan tanaman
  • Tanaman bisa tumbuh dengan cepat
  • Hemat tenaga dan waktu.

Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik

Adapun keunggulan dan kelemahan hidroponik diantaranya yaitu:

1. Kelebihan Hidroponik

  • Produksi tumbuhan lebih tinggi bila dikomparasikan dengan cara tanam dengan tanah
  • Tanaman bisa terbebas dari penyakit dan pun hama
  • Pemakaian pupuk lebih irit dan tumbuh tumbuhan lebih cepat
  • Dapat mengganti tumbuhan dengan mudah
  • Mempermudah kegiatan maupun perawatan tanaman
  • Tanaman akan menyerahkan hasil secara berkelanjutan.

2. Kekurangan Hidroponik

  • Memerlukan ongkos lebih diawal-awal terutama andai berencana untuk menempatkan tanaman secara hidroponik dalam sekala besar
  • Membutuhkan alat-alat khusus, alat-alat guna metode tanam hidroponik masih jarang ditemukan di dekat kita
  • Memerlukan pengetahuan dan kemampuan khusus sebab metode tanamnya tidak pada lahan tanah
  • Membutuhkan kecermatan yang lebih, sebab nutrisi untuk tumbuhan harus benar-benar diperhatikan secara cermat.

Bahan yang Dibutuhkan Hidroponik

Bahan-bahan untuk Hidroponik – Pot yang ukuran besarnya dicocokkan dengan tumbuhan yang bakal dijadikan maskot, dapat berupa tumbuhan sayur laksana terong dan sebagainya. Bisa pun tanaman tahunan laksana kedondong, jambu ataupun pun bunga-bungaan. Pot yang dipakai usahakan pot bertingkat, yang dilengkapi dengan wadah penampung air dibagian dasarnya. Bahan pot bisa dari tanah liat dan pun plastik, dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pot dari tanah liat contohnya memiliki kelebihan mampu mengawal stabilitas temperatur media, akan namun cepat berlumut dan gampang rusak. Sementara pot dari plastik lebih tahan lama namun tidak dapat melewatkan air dari dinding potnya sampai-sampai stabilitas media tidak stabil.

Kemudian sebagai media tanam diantaranya dapat dipakai pasir, batu apung putih, batu zeolit, pecahan batu bata, batu kali dan kawat kasa nilon. Untuk mengawal sterilitas bahan, usahakan seluruh bahan direbus dulu sebelum dijadikan media tanam. Sedangkan tanamannya, dipungut tanaman yang sudah tumbuh di dalam polybag dan siap direplanting kedalam pot.

Hidroponik Terbesar di Indonesia

Bukan melulu perusahaan hidroponik berskala besar saja, tapi tidak sedikit juga penghasil sayuran atau tumbuhan hidroponik di Indonesia yang telah ternama dan skalanya pun besar. Berikut ini sejumlah toko hidroponik terbesar di Indonesia yang butuh Anda ketahui, yaitu :

1. Waroeng Hidroponik

Waroeng hidroponik ini sudah menjadi di antara toko hidroponik di Indonesia berskala besar, yang meluangkan segala perlengkapan dan perangkat budidaya hidroponik yang memang disediakan untuk semua petani atau orang-orang yang senang bercocok tanam.

Perlengkapan dan keperluan hidroponik di sini dapat untuk semua pemula yang berskala kecil, atau dapat juga guna skala besar untuk buatan atau semua pebisnis. Waroeng Hidroponik hendak mewujudkan kemandirian pangan, khususnya budidaya hidroponik sayuran/buah.

Bahkan mereka pun mau berbagi pengetahuan mengenai hidroponik pada semua masyarakat Indonesia. Warung hidroponik ialah solusi guna segala fasilitas dalam berkebun/bertani dengan teknik hidroponik.

Beberapa produk khusus guna hidroponik yang dipasarkan di lokasi ini diantaranya yaitu pelbagai merk benih, modul hidroponik, nutrisi AB mix, perangkat ukur hidroponik, media tanam dan beda sebagainya.

2. Golden Farm 99

Salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang agribisnis ini mengutamakan bidang hidroponik ialah Golden Farm 99. Perusahaan ini pun menyuplai hasil tumbuhan hidroponiknya ke sejumlah toko hidroponik di pasaran, laksana media tanam, pupuk, embrio dan sebagainya.

Mereka pun memberikan pengetahuan tentang bercocok tanam dan budidaya hidroponik, khususnya dalam skala bisnis yang masih hendak belajar mengenai hidroponik.

Pengetahuan ini berupa foto, promo menarik, informasi lengkap sampai tutorial teknik menanam dengan kiat hidroponik.

Bagi kita yang sedang menjalani kegemaran baru atau mengawali usaha/bisnis hidroponik ini dapat belajar dari Golden Farm 99, untuk mendapat pendapatan dari hasil tanam atau hasil kebun dengan teknik tanam hidroponik.

Hidroponik sudah menjadi penyelesaian yang tepat guna berkebun, untuk mereka yang melulu mempunyai lahan sempit. Maka dari itu, Golden Farm 99 menjadi media yang tepat untuk Anda yang hendak juga mempunyai usaha atau bisnis tumbuhan hidroponik ini.

3. Hidroponik Net

Salah satu ahli hidroponik yang sudah menggeluti bidang hidroponik ini semenjak tahun 1995 silam, menjadi co-founder dalam usaha hidroponik di Indonesia yang telah berkembang semakin pesat.

Hidroponik net ini pun memenuhi segala keperluan hidroponik berskala kecil, bahkan skala besar atau yang setara dengan penciptaan greenhouse. Bagi kita yang hendak membuka usaha/bisnis berskala besar di bidang hidroponik dapat mampir ke hidroponik.net.

Ahli hidroponik yang satu ini yakin bahwa sistem dan cara hidroponik di Indonesia bakal semakin berkembang lebih baik. Apalagi andai didukung oleh penciptaan green house yang dapat mengembalikan investasi yang dilaksanakan pebisnis dengan deviden yang besar.

4. Amazing Farm

Salah satu merk dagang perusahaan hidroponik besar di Indonesia ialah amazing farm, yang sudah berdiri semenjak tahun 1998. Perusahaan ini bahkan menjadi perusahaan greenhouse kesatu di Indonesia yang menempatkan sayuran dengan memakai teknologi hidroponik.

Perusahaan ini berdiri di waktu kritisnya ekonomi Indonesia, namun mereka memperlihatkan bahwa perusahaan pertanian dapat melewati krisis ekonomi apapun. Tak heran bila perusahaan pertanian di luar negeri telah semakin berkembang dan modern sampai saat ini.

Awalnya greenhouse yang diciptakan di Amazing Farm ini diciptakan dari bahan besi dan pun bambu. Bagi bak tanamnya diciptakan dari bahan fiberglass. Sayuran yang diproduksi di amazing farm pun sangat berbobot | berbobot | berkualitas karena memakai teknologi tumbuh cepat.

Bahkan sayurannya pun bebas dari hama dan pestisida sampai-sampai rasanya berbeda, sebab jauh lebih segar dan sehat. Di samping menghasilkan sayuran hidroponik, Amazing Farm pun menghasilkan sayuran organik yang kualitasnya pun unggulan.

Kesimpulan

Jadi yang dimaksud hidroponik yaitu teknik menanam tumbuhan tanpa memakai tanah sebagai media tanamnya, namun dengan teknik memanfaatkan air dan menyimak asupan nutrisi untuk tanaman. Kelebihan yang dapat di dapatkan contohnya tanaman bebas hama dan penyakit, irit tempat, tumbuhan tumbuh lebih cepat, dan lain-lain.

Sedangkan kekurangannya contohnya memerlukan ongkos yang besar di awal-awal, memerlukan pengetahuan dan kemahiran khusus, membutuhkan alat-alat khusus, dan lain-lain. Lalu jenis tumbuhan yang tidak jarang di budidayakan secara hidroponik contohnya kangkung, bayam, selada, cabai, tomat, paprika, strawberry, melon, semangka, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang Hidroponik dari RuangPengetahuan.Co.Id semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sampai jumpa…